Cara Mengaktifkan Lacros (Linux and Chrome OS) yang Merupakan Browser kedua di ChromeOS Chromebook

RahmanCyber.NET Chromebook - Oke Sob jadi disini kita akan membahas tentang LACROS yang merupakan browser kedua yang experimental di Chrome OS.


Browser Kedua Official ChromeOS Super Ringan buat Chromebook!






Kali ini kita bahas Fitur Terbaru di Chromebook v100 yang udah Stabil ini dan Sangat Cocok untuk Produktifitas Sobat BLOGGER dalam buat Artikel dan Mengelola Blog... Bisa juga sih buat Admin Website Hosting Sendiri... begitupun pula buat Admin Toko Online...  :) No Worry... be Happy!



Ini project saya seminggu ini, akhirnya kelar bisa saya upload hari ini.. :)

Disini saya mengenalkan fitur yang mungkin enggak bisa dibilang baru lah ya... karena udah beberapa tahun dikembangkan, cuman ini baru stabil di ChromeOS v100 ini...

dan disini saya langsung beritahukan kepada sobat yang udah pakai Chromebook.. maupun Belum.. :)

Tenang aja, untuk ini saya kemas hanya 13 Menit aja kok.. :)


Apa yang akan dipelajari?
1. Fitur Baru
2. Kok bisa berguna bagi Blogger dan Admin Toko Online?
3. Kelebihannya Apa, kok bisa sangat fantastis? Total ada 13 Kelebihan saya sematkan di video ini.
4. Apa aja fungsinya?

dll


Moga Manfaat buat Sesama Pengguna Chromebook!
#ChromebookExperience
Terutama... ehem... Samsung Chromebook 4... hehehehe (Enggak enggak ding..., sesama pengguna chromebook...saling mendukung kan ya... :)

Agar Pengguna Chromebook bisa NEXT LEVEL!
Walau sebagian besar aplikasi dan Software GRATIS... tapi tak kalah POWERFULnya dengan Aplikasi/Software Berbayar... ea kan... :)

Terlebih untuk Perangkat Komputasi yang terjangkau ini... (Gak apa apa... kita bisa maksimalkan untuk hal produktif!)



#chromebook



Apa itu LACROS di Chromebook ChromeOS


sejak tahun 2020 Google telah berupaya memisahkan browser Chrome dari platform Chrome OS sehingga disini terbentuklah LaCrOS yang merupakan singkatan dari Linux And ChRome OS.

kita pun dapat menguji LACROS yang pada dasarnya merupakan browser Chrome untuk Linux yang berjalan di ChromeOS.

Akhirnya sayapun melakukan pengujian browser eksperimental ini. Anda bis melihat dokumentasi resmi Lacros disini, terutama jika kalian ingin mengetahui detail secara teknis dalam pembentukan browser Lacros ini,


sebelumnya kita tahu bahwa ketika kita menjalankan browser di Linux, dulu saya juga pernah bilang di channel Rahmancyber. bahwasannya, ketika kita membuka tab, terus browsing, itu rasanya lemot dan tentu juga dulunya tidak ada Chrome browser yang tersedia di Linux di repository utama atau APT debian dan alhasil saya pernah menginstal browser, tetapi disitu Ya seperti yang saya katakan, bahwa saya mengalami pengalaman yang kurang baik yaitu lemot.


makanya ketika terdapat fitur baru eksperimental di Chrome OS tentang browser ini, terutama di Chrome OS versi 100 keatas ini yang melahirkan lacros yang katanya sudah cukup stabil sebagai browser kedua Chrome OS dan gabungan chromeos dan linux di Chrome OS versi 94 versi stabil dan saya rasa untuk pengguna channel beta, pasti udah ngerasain duluan Lacros ini tahun lalu, cuman saya tidak mau resiko, karena chromebook saya gunakan untuk bekerja, bukan untuk uji coba... ehehe, sehingga disini saya nunggu aja versi channel stabil dan alhasil ya... datang juga, ChromeOS V94, versi 96 udah ada tuh Lacros di channel stable, dan tepat di pembaharuan Chrome OS ketika posting ini dibuat, dan dari ngeliat review review yang udah duluan mencoba, katanya fitur ini udah siap dan setelah banyak upaya pengkodean dan pengujian dari Google pada solusi Lacros.


saya penasaran dong seperti apa performanya, terutama di versi ChromeOS 100 ini katanya sudah cukup banyak perubahan besar terutama bagian migrasi profil, dari berbagai media mengabarkan hal itu. Sehingga saya pun mencoba ini, terlebih saya adalah seorang blogger yang membutuhkan browser lebih dari satu termasuk mode privat juga saya butuhkan, sehingga dalam satu browser, biasanya saya buka dua mode, yaitu mode biasa dan mode privat.


lalu sayapun mencobanya...

Browser LACROS.... yang betewe ini iconnya mirip Chrome Canary warna kuning... hmmm


Faktanya, ada banyak perbaikan dan penambahan fitur akhir-akhir ini untuk membuat Lacros berfungsi seperti pengalaman browser Chrome OS saat ini.



Bagaimana dengan Peralihan Profil di Lacros browser?


seperti ketika saya melakukan penyimpanan gambar akun saya,  terus pengaturan akun Google saya seperti bookmark dapat dipindahkan dengan baik, sehingga disini saya berkesimpulan bahwa fitur pengahlian profil telah ditingkatkan,  tetapi Walaupun demikian Lacro ini juga masih dalam eksperimental sehingga tentu kedepan masih banyak dilakukan improvisasi sehingga untuk kedepan, ini bisa menjadi lebih sempurna.


Selain itu Semua ekstensi saya sebelumnya, tersedia dan semuanya memiliki fungsi yang sama juga seperti di browser chrome.  Ini seharusnya tidak terlalu mengejutkan: Ekstensi Chrome apa pun untuk browser umumnya harus berfungsi di platform apa pun.  Dan jika tidak, pengembang akan memberi tahu Anda platform mana, dalam hal ini Linux, yang tidak didukung.  Alat Desktop dan Tangkapan Layar yang baru saja diperbarui yang ditambahkan di Chrome OS 98 yang terintegrasi dengan Lacros.  Jadi Anda dapat dengan mudah mengubah tempat menyimpan gambar layar atau mengaktifkan mikrofon untuk perekaman layar.



Bagaimana Cara Mengaktifkan LACROS


untuk mengaktifkannya sebenarnya mudah banget karena ini masih eksperimental sehingga disini kalian bisa mengaktifkannya di FLAG.


arahkan saja browser Chromebook Anda ke chrome://flags/ dan cari Lacros.  Kemudian aktifkan yang Anda inginkan.


Sejauh ini, saya suka apa yang saya lihat.  Tidak ada fungsi utama yang hilang dan browser Lacros berjalan secepat browser Chrome saat ini.  Beberapa bulan yang lalu, saya mungkin dapat mengatakan bahwa kinerja Lacros lamban dan terlihat seperti berjalan di sistem Linux.  Ada masalah font dan item UI lainnya, tetapi saat ini Saya akan mengatakan sebagian besar item itu tidak lagi menjadi masalah meskipun saya yakin masih ada sedikit bug di sana-sini. Saya merasa performa lacros sudah menyerupai chrome browser di chromebook, seperti yang saya katakan sebelumnya.


Terlebih, yang membuat saya yakin menjalankan browser ini kedepan, karena browser Lacros ini sudah dapat memulihkan semua tab saya yang sebelumnya terbuka tanpa masalah dari pembaharuan yang baru saja saya update.  Saya rasa Ini adalah inti dari proyek Lacros.  Dengan memisahkan browser dari platform, pembaruan browser dapat didorong ke Chromebook secara mandiri, tanpa memerlukan pembaruan Chrome OS lengkap.


Bagaimana, Anda sudah menjalankan Lacros, dan jika demikian, seperti apa pengalaman Anda sejauh ini?







Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال