Tutorial Pemrograman Website HTML, PHP, CSS, XML Menggunakan Chromebook (Install Editor Text, Server Lokal sampai CMS Wordpress)

 


Beberapa hal sudah saya ekplore tentang Chromebook dengan menggunakan Samsung Chromebook 4 di Channel ini :) , seperti "Cara Personalisasi Chromebook" yang pernah saya bahas beberapa hari yang lalu, 

 

Yup! kita coba untuk memaksimalkan Chromebook kita untuk berbagai keperluan.. salah satunya sebagai alat untuk mendukung pemrograman web (atau lebih ke pembuatan website kali ya) sehingga sobat bisa buat belajar maupun bekerja langsung... :)



 

 



Manfaatkan yang ada, sebaik mungkin...



Oke! betewe..
di Video dengan durasi hampir satu Jam ini.. kita ngebahas lumayan komplit..

Dari Proses Pengenalan berbagai Tool yang akan kita gunakan dan kita coba performanya di Chromebook,
Mengatasi Berbagai permasalahan yang muncul ketika dalam proses mencapai tujuan, yaitu dapat melakukan pemrograman website sekaligus test langsung di server lokal, sebelum nantinya bisa kita proses di Server Hosting Shared Maupun VPS.

Sekaligus, kita coba performanya, ketika kita melakukan Installasi dan Try and Error terhadap CMS Wordpress! yup! Wordpress versi terbaru!

Selain itu disini kita bahas juga, bagaimana ketika kalian ingin mengakhiri itu, artinya kita unninstal dengan bersih.. :)

bagaimana juga kita install update


Hehe. kita kira seperti itu dulu pengantarnya.. :) langsung aja cek di video.



Video Uji Coba Chromebook untuk Mendukung Pemrograman Website



TimeStamp in Progress...

  • - Intro | 00:00
  • - Pengenalan Tool | 00:45
  • - Cara Download dan Install Atom Editor (HTML, PHP, CSS, XML dan lainnya) | 01:42
  • - Cara Setup Server Web Local (Localhost) Apache HTTP, MySQL (MariaDB), PHP | 03:23
  • - Penjelasan dan belajar sedikit tentang CHMOD (Perijinan di Linux), apa itu maksud kode 755 | 05:36
  • - Folder OPT tuh dimana? | 14:00


    Relevan di sesi ini, cara Install dan Menggunakan File Manager di Linux Chromebook https://www.youtube.com/watch?v=e7m-NKm-0Z4&t=12s

  • - Cara Install dan Menyiapkan Web Browser Firefox ESR (Extended Support Release atau Rilis Cepat untuk keamanan dan perlindungan data yang komprehensif) | 14:47
  • - Tampilan Firefox ESR di Linux Chromebook | 15:13
  • - Cara Mengaktifkan / menghidupkan Localhost | 15:50
  • - Cara Menonaktifkan / Mematikan Localhost di Chromebook | 16:45
  • - Uji Coba Load HTML di Localhost Chromebook | 17:45
  • - Cara Mengatasi Error dalam Penulisan File ke HTDOCS |  19:00
  • - Menambah Heading dan Paragraf di HTML untuk di load pada server lokal / localhost | 24:30
  • - Cara Download Install dan Setup Wordpress CMS (Content Management System) di Chromebook | 27:30
  • - Cara Uninstall Semuanya ( CLEAR! ) | 40:43
  • - Closing | 46:20
  • - Special Quote | 47:35



#pemrograman #chromebook #web


 

 

 

 

Dulu pernah ada yang tanya semacam ini di channel ini, bagaimana jika chromebook digunakan untuk Pemprograman, jadi dulu saya belum bisa memastikan ini bisa atau tidak, karena pada kenyataannya, kita tidak bisa membuat server lokal di layer atas, agar kita bisa menggunakan chromeos.

Ya, cuman sepertinya tidak masalah jika kita menggunakannya di lingkungan linux, hanya aja.. kita butuh browser sendiri di lingkungan linux tersebut, saya udah coba lacros, tapi gak bisa..

Oke deh, tanpa berlama lama, berikut saya langsung aja bahas
"Chromebook" untuk keperluan "Pemprograman Website"

Apa aja yang akan kita gunakan?
Perlu saya tekankan.. ini untuk keperluan website ya, bukan pemprograman aplikasi mobile atau diluar website, karena pemprograman itu luas, masih ada bidangnya masing masing, ada web, mobile apps, ada juga pemprograman software desktop memakai c++ maupun phyton.. hehe

Contoh yang berkaitan dengan pemprograman web,
CSS, PHP, JAVASCRIPT, MYSQL, HTML

Lah, bedanya ama Codeigniter, Laravel, Zend, YII, Cake PHP apa bang?
Oei... itu Framework.. macam template la... kerangka kerja.. itu juga memakai bahasa pemprograman seperti diatas... hehe

Lah, kalo Joomla, Wordpress...?
Ini beda lagi.. kalo ini untuk manajemen konten biasa disebut CMS, misalnya saya adalah seorang blogger, tentu saya gak pengen capek capek ngoding, koneksikan satu  file ke file lain, membangun hubungan antarmuka dengan server... ah pusing, jadi dengan adanya CMS tuh, kita jadi lebih fokus untuk buat artikel bro!

Intro dulu...


Apa aja yang akan kita gunakan disini..

  • 1. Software Editor, kali ini kita pakai Atom Editor
  • 2. Software server lokal yang udah bundling, udah ada Apache HTTP Server, PHP, MYSQL DATABASE, dimana semua itu bisa kita dapatkan dalam satu pack di Xampp, tapi apakah bisa dipasang di Chromebook? bisa, cuman saya belum nemu agar nih xampp bisa berjalan di layer atas... jadi hanya sebatas di lingkungan linux
  • 3. Browser, kali ini kita pakai Firefox aja deh


Langsung aja ya, ke pembahasan..

First, mari kita Install Atom!
Caranya lumayan gampang.. hehe, buka browser kalian misal disini chrome browser, kemudian langsung aja pergi ke website atom.io
abis itu download versi linux yang .deb , itu adalah ekstensi debian..

Tunggu aja sampai proses download selesai, abis itu tinggal menuju ke folder tempat menyimpan file hasil download.
Klik 2x pada installer .deb

loh kok bisa?
chromebook ini ketika lingkungan linux udah diaktifkan, maka kita bisa langsung install software dengan ekstensi .deb, kayak ketika kita install software .exe di windows gitu loh!

cara aktifkan linux di chromebook sudah saya bahas ya...

Kalo udah selesai, tinggal open aja...

Sekarang kita udah berhasil text editor untuk pemprograman, yaitu atom, dia mendukung banyak bahasa pemprograman, dan bisa auto complete juga.


Selanjutnya kita akan install web server lokal, yang udah satu pack dengan PHP, MySql server... jadi gak perlu install satu persatu,
langsung aja menuju ke situs Xampp, lalu download yang versi linux .run.

Kita bisa menggunakan panduan yang tersedia di situs xampp untuk installasi xampp di linux, termasuk menghidupkan server xampp, maupun menghentikan server xampp.

Untuk mempermudah kita, kita perlu copy file xampp hasil download dengan ekstensi .run tadi dan pindahkan ke folder linux / ke area linux chromebook.

Habis itu, agar memudahkan kita juga, kita perlu rename file, menjadi xampp.run

Agar nanti tidak ketik panjang panjang.

Setelah itu buka terminal linux.

 

dan Ikuti Video dibawah ini... untuk lebih jelasnya.

 


 

Pembelajaran Pemrograman dasar di Chromebook :) GRATISSS! Materi terstruktur.

 



Referensi Text Editor Pemrograman Website yang Lancar di jalankan di Chromebook (Test by RahmanCyber.NET)


sesi Text Editor pemrograman web ini, kami gunakan untuk menampilkan rekomendasi text editor untuk keperluan pemrograman web yang sudah kita coba dan uji di chromebook.

sebenarnya ada banyak bro.. tetapi kita coba melakukan pengujian... dan yang sudah sukses dan lancar.. kita posting disini, untuk memudahkan kalian pengguna chromebook yang mungkin berada di bidang ini, supaya dapat menggunakan chromebook untuk kebutuhan yang khusus, seperti pemrograman website.

Kalian bisa request disini.



ATOM Editor


Atom adalah editor kode sumber dan teks sumber terbuka dan gratis untuk macOS, Linux, dan Microsoft Windows dengan dukungan untuk plug-in yang ditulis dalam JavaScript, dan Kontrol Git yang disematkan. Dikembangkan oleh GitHub, Atom adalah aplikasi desktop yang dibangun menggunakan teknologi web.


DI Chromebook, Atom EDitor berjalan di lingkungan linux, artinya anda perlu mengaktifkan lingkungan linux terlebih dahulu.


Tutorial mengaktifkan lingkungan linux sudah saya buat di Channel Rahmancyber, anda bisa berkunjung kesana.


Saat ini, saya belum menemukan Atom Editor versi APPIMAGE. sehingga untuk sementara, jika anda ingin menggunakan Atom Editor, maka perlu melakukan instalasinya.

Tutorial instalasi sudah ada di video diatas ya, tepatnya pada sesi instalasi atom editor web.




Referensi Web Server Lokal (localhost) di Chromebook


Ini sangat diperlukan sebagai simulasi ketika web kita nantinya di jalankan di web server internet atau yang udah dapat diakses di internet oleh warga net.. :)

Ya.. bisa dibilang ketika kalian nanti taruh web kalian di web hosting atau tempat web tersebut nantinya dipancarkan.

Kenapa gak mancarin sendiri? oei.. untuk membuat website live 24 jam x 7 hari itu, butuh perangkat, listrik dan berbagai macemnya.. :) dengan kita percayakan ke penyedia layanan hosting yang legal dan terjamin alias gak abal abal... 

maka kita menghemat banyak bro...

apalagi kalo ada trobel juga.. udah ada yang menangani maintenance servernya.. :)


Oke, kembali ke chromebook.. disini kita kasih referensi ke sobat, web server lokal yang sudah kita coba.. mmmm dalam bentuk paket ya bro..

artinya agar kita gak perlu repot repot install satu persatu... walau sebenarnya bisa juga sih, install http servernya sendiri, phpnya, abis itu maria db (dulunya milik pembuat mysql sebelum mysql diakuisisi oracle.)


XAMPP


XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri, yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.


Dari dulu hingga sekarang, saya cukup nyaman memakai ini, kalo dulu di windows ya gan... sekarang ternyata malah saya coba di chromebook linux.. alhasil bisa! tinggal ngikutin aja panduan dari official XAMPP Nya.. hehe



Referensi Web Browser yang dapat berjalan dengan baik di Chromebook


Untuk melihat hasil coding web kita, atau bisa dibilang user interface, kita perlu browser.. ini beberapa referensi web browser di linux yang sudah saya coba dan sekarang cukup lancar... walau tak selancar bawaan chromeos.. :)


Firefox ESR


Ini peramban Firefox Extended Support Release atau Rilis Cepat untuk keamanan dan perlindungan data yang komprehensif.

bisa kalian install melalui APT debian.










Semoga Bermanfaat




Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال