Review dan Spesifikasi Laptop Chromebook 4 Samsung dengan 32Gb eMMC dan 4GB RAM

Hari ini, saya mulai menjalankan Chromebook, ya... mungkin kedepan bakalan sebagian besar menggunakan Chromebook dengan Chrome OS nya yang memiliki berbagai nuansa baru bagi saya...! yup, karena baru kali ini saya menggunakan Chrome OS yang menjadi sistem Operasi Perangkat laptop Chromebook ini.

 

review samsung chromebook 4 berdasarkan pengalaman pake

 

 

Tetapi bukan berarti saya 100 persen pake Chromebook ya.. bukan..

 

Saya fleksibel mah.. ;) asalkan bisa membantu pekerjaan saya menjadi lebih ringan sih.. saya pake...

 


Paket laptop Chromebook saya dapat dari pembelian yang ngejar diskon seperti biasanya, sehingga saya mendapatkan laptop ini dengan harga yang lumayan terjangkau kantong, yaitu 2,6 jt an.. dipotong cashback yang saya dapat dari beberapa belanjaan bulan lalu sebesar 250rb dan potongan cashback yang saya dapat dari pembelian, sehinggan kalo di bulatkan :) , saya mendapatkan Chromebook 4 Samsung dengan warna Platinum Titanium, Made in Vietnam seharga 2,5jt an.
 



Wah murah ya? hmmm, tapi butuh penantian gan.. :) dan bisa saja nanti bakal naik kembali, saya gak tau, karena tahun ini bukannya harga laptop mahal mahal.. dan mungkin di bulan ini november desember, sudah mulai ada penurunan kali ya.. tetapi saya lihat untuk laptop lainnya masih berkurang sedikit, atau masih tinggi kisaran harganya.



{getToc} $title={Table of Contents}
 






Apa saja isi dalam Paket yang UNBOXING



Didalam kardus package, kita mendapatkan 3 item ditambah 2 buku... rinciannya seperti ini :

  • 1. Laptop Chromebook 4 Samsung Ram 4gb dan Penyimpanan 32GB eMMC yang telah diisi chrome OS didalamnya.
  • 2. Kabel USB Type C to Type C yang kelihatannya cukup kuat dan panjang berwarna hitam.
  • 3. Adapter Charger Chromebook 4 yang memiliki port sambungan USB Type C.
  • 4. Buku Manual Chromebook 4
  • 5. Buku Garansi Chromebook 4 (durasi garansi 1 tahun)


Seperti apa Samsung Chromebook 4?



Mungkin sudah banyak gambar yang berseliweran tentang Samsung Chromebook 4 ini, terutama di materi promosi, lalu bagaimana penampakannya secara langsung oleh konsumen? yup! saya disini seorang konsumen.. jadi ini adalah foto samsung chromebook 4 yang saya dapatkan.



chromebook 4 samsung 2021 intel celeron n4020


itu adalah Chromebook yang saya tempatkan tepat diatas kardus packagingnya, dengan kondisi sudah saya setting dan berhasil masuk ke chrome os desktop dengan akun google saya.


Karena di Chrome OS kita bisa dalam Mode Tamu juga yang tidak memerlukan password untuk login ke desktop chrome OS kita. tetapi fitur memang terbatas untuk browsing saja deh.


btw, ini saya ngetik dan desain watermark photo memakai chrome OS loh... eh Chromebook.. jadi saya sepertinya sudah mulai terbiasa nih dengan sekretaris baru saya ini.. hehe
Chromebook yang katanye standar militer nih... 
 
 

Jadi cocok kan dibawa kemana mana.. udah murah lagi dan terjangkau..
 
Kuat? Coba aja dulu deh, moga awet...



Chromebook untuk Pendidikan?



Ya! seperti halnya windows bukan? bisa digunakan untuk menunjang pendidikan, tetapi jika di khususkan untuk pendidikan saja.. hmmm, enggak juga lah, kenapa? Chromebook ini malah menurut saya juga cocok untuk mendukung bisnis yang membutuhkan mobilitas tinggi dan lebih banyak mengerjakan pekerjaan secara online internet... dan tapi bukan berarti untuk desainer grafis tidak bisa ya, ternyata bisa juga kok.... Karena adanya google play yang menandakan beberapa aplikasi android dapat berjalan di Chrome OS.
 
Tentu ini angin segar untuk konsumen yang memiliki budget terbatas seperti saya ini....
 
 
Dengan dukungan terhadap aplikasi android, saya rasa Chromebook ini tidak bisa dipandang sebelah mata.
 
Karena banyak aplikasi android pada canggih canggih... bahkan bisa buat ngedit video..
 
 
Oh iya.. sebagai informasi..
Kinemaster sebagai Editor Video populer di android, bisa berjalan di Chrome OS loh...
 
Saya udah coba, dan cukup lega tampilannya..
 

Chromebook pun bisa instal Pixellab, yang merupakan aplikasi desain cukup digemari di android, tentunya dengan tampilan layar yang lebih lega. Cuman, saya menemukan masalah untuk bagian pengaturan efek dan berbagai tool lainnya masih belum dapat berjalan dengan baik, hehe... 
 
 
cuman jika konsen ini kedepan diperhatikan, sehingga nantinya Android bisa x sama Chrome OS, ini akan banyak menarik perhatian...bisa multi device (Smartphone, Tablet, Laptop) menjadi ekosistem teknologi yang cukup kuat, ditambah dengan beragam Cloud Computing yang sudah cukup mapan.
 
Jika anda beli aplikasi Android, nggak perlu keluarin duit lagi untuk dijalanin di Laptop.. kan enak..
 

Apalagi adanya LINUX BETA, dimana Chrome OS bisa dimungkinkan untuk dapat menjalankan aplikasi yang berbasiskan LINUX, walau ini masih beta, tetapi saya rasa Masa depan Chrome OS pun bisa bersinar dengan ini... 



Apalagi Infinite Design dan infinite Paint bisa diinstal juga, itu udah cukup bagus menurut saya untuk desain grafis ringan, 
 
 
Oh iya... KRITA versi android juga bisa gan di Instal di Chrome OS, tetapi saya menemukan ada Lag lag gitu deh..
 
 
Tapi dengan bisanya aplikasi tersebut di install di laptop, tentunya tampilan layar laptop jadi lebih lega jika dibandingkan dengan smartphone kan.. ^_^
 


Yup! Layar Chromebook saya ukuran layar 11,6inch, dan saya cukup nyaman... karena enteng juga dibawa kemana mana... dan tidak nampak penuh di tas. 
 
 
 

Walau cukup berat sih.. hehe, 1.18kg untuk berat si Chromebook 4 ini loh.. eh, itu ringan ya ^_^



Dari segi software dan aplikasi pun Ketika saya lihat, banyak banget aplikasi android yang support.. walau anda tidak bisa bertemu microsoft office offline, tetapi ada banyak juga penggantinya kok.. :), selain itu jika anda berlangganan office 365, maka anda bisa pake di chromebook menggunakan mode browser dan online.



Buat yang memiliki perekonomian terbatas seperti saya, chromebook bisa menjadi pilihan...  karena tidak semua orang memiliki posisi yang sama, kemampuan perekonomian yang sama.




Jadi bro, Chromebook ini bisa digunakan tidak hanya didunia pendidikan melainkan di dunia bisnis yang dijalankan secara online di browser maupun aplikasi pendukung bisnis seperti google keep, juga bisa, asalkan yang tidak terlalu berat ya dan pekerjaannya bisa tercover di chromebook.... 
 
 
 
kan ada ya, aplikasi keuangan misalnya yang hanya bisa berjalan di OS Windows, yang membutuhkan database khusus... kecuali jika itu bisa diakses secara online... saya rasa banyak device yang mampu deh... (tolong bedakan ini ya dengan aplikasi keuangan yang memang membutuhkan pemprosesan database khusus secara offline) hehe 



Kuncinya sih, untuk pekerjaan komputer yang ringan, karena processor chromebook 4 ini celeron intel n4020, yang memang untuk kelas entry level.
 
 
Untuk desain grafis ringan atau sekedar display, okelah.. apalagi si chromebook ini dapat tahan hingga setengah hari loh, berbeda banget dengan laptop pada umumnya kan.. ^_^, tak perlu khawatir cari cari colokan karena battery yang boros, karena memang arsitektur laptop ini dirancang untuk hemat energi, ngirit daya.... seperti halnya smartphone.
 
 
 
 
Chrome OS + Android = Powerful!
Chrome OS + Android + Linux = Superior Ecosystem! 

Apakah bisa gan? bagaimana menurut anda jika itu benar benar terjadi?
 









Penyimpanannya dikit?



Tak bisa dipungkiri bahwa perangkat yang saya beli ini, memiliki penyimpanan yang terbatas, malahan lebih banyak smartphone saya.


Penyimpanan Samsung Chromebook 4 ini memakai eMMC (Embedded Multi-Media Controller) yang memiliki kapasitas 32Gb, dan sudah terpotong untuk sistem sebanyak 13Gb an..

Awalnya sih saya pikir.. dikit amat ini mah, ntar diinstal beragam aplikasi, jadi penuh..

Eh ternyata, enggak... 


status penyimpanan chromebook 32gb




Mungkin bisa jadi untuk beberapa tahun kedepan, ukuran kapasitas 32Gb ini "mungkin" akan terbilang kecil, tetapi untuk saat ini saya rasa belum.


Oh iya, kenapa kok gak pake Harddisk saja? saya kurang paham, yang jelas eMMC itu dibawahnya SSD, dan diatasnya Harddisk, jadi dengan eMMC inipun dapat menjadikan ukuran laptop menjadi lebih ramping, karena penyimpanan internal ini tertanam atau di embed langsung ke board... 

Pernah bongkar Smartphone? yang keluaran lama dah, yang masih eMMC bukan UFS(Universal Flash Storage).. walau keduanya juga sama sama di tempel ke board.. hehe, jadi tidak mudah untuk melepas dan memasangnya, kecuali memiliki alat khusus.. dengan metode khusus.

Berbeda dengan harddisk yang bisa kita preteli dan jika trouble, maka bisa diganti dengan harddisk lain... :)



Tenang aja, kita bisa menambah dengan memori eksternal kok.. MicroSD Card..

Rencana sih, mau tak pasang MicroSDXC yang memiliki ukuran lebih dari 32GB, biasanya diatas 64Gb.


Saya biasanya cari yang sudah memiliki transfer rate diatas 100mbps, sekarang pun udah ada kan yang kecepatannya 170mbps..

wait wait.. buat apa coba, hehe, cocoknya buat smartphone gw tuh mah...

Yang bisa ngrekam 4K dengan lancar...

Kalo untuk laptop ini sih, saya rasa 100Mb udah cukup, tinggal sesuaikan ukurannya saja, misal 128Gb? yup! itu udah cukup lumayan buat nampun file multimedia bukan :)





Spesifikasi Detail Samsung Chromebook 4




Operating System

    Chrome OS

Processor / Chipset

    Intel® Celeron® Processor N4020 (1.10 Ghz up to 2.70 Ghz 4 MB L2 Cache)

Graphic

    Intel® UHD Graphics 600

Display

    11.6" HD LED Display (1366 x 768), Anti-Reflective

Memory

    4 GB LPDDR4 Memory (On BD 4 GB)

Storage

    32 GB e.MMC

Optical Drive

    None

Color

    Platinum Titan

Multimedia

    Stereo Speakers ( 1.5 W x 2 )
    Internal Digital Mic
    720p HD Camera

Network

    802.11 ac wave2 2X2
    Bluetooth

Ports

    1 USB-C®
    1 USB3.0
    MicroSD Multi-media Card Reader
    1 Headphone out/Mic-in Combo

Input

    Island-type keyboard
    Touchpad

Security


    Slim Security Slot
    TPM (Trusted Platform Module)*

Power

    39 Wh
    * Adapter is different depend on system
    30 W / 45 W / 65 W USB-C® Adapter*

Dimension (W x D x H)


    287.9 x 202.3 x 16.7 mm (11.33" x 7.96" x 0.66")

Weight


    1.18 kg (2.60 lbs)















1 Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال