Cara Delete dan Capslock di Keyboard Laptop Chromebook

saya telah membeli Chromebook beberapa hari yang lalu dan di sini saya mendapati beberapa tombol yang biasanya ada di keyboard, ternyata tidak ada bro...

 

 


 

delete dan capslock chromebook

 

{getToc} $title={Table of Contents}




 

Tidak ada Tombol Delete dan Capslock di Keyboard Chromebook


Contohnya saja seperti tombol capslock dan tombol delete, seperti yang saya highlight pada judul artikel ini.


Kedua tombol itu tidak ada di chromebook loh! Lalu bagaimana caranya untuk kita melakukan capslock dan melakukan delete (penghapusan)?



Pentingnya Tombol Capslock


kita tahu betapa pentingnya tombol capslock bagi penulis, untuk mengubah huruf kapital menjadi huruf kecil maupun sebaliknya.



Pentingnya Tombol Delete


sedangkan tombol delete pun juga penting, tidak hanya untuk menghapus angka dan huruf (walau ini bisa pakai backspace) tetapi anda dengan tombol delete/del tersebut untuk menghapus folder maupun file dengan cepat... ne? sedangkan untuk backspace, tidak bisa untuk menghapus file atau folder, hanya bisa menghapus karakter aja ketika anda menulis, itupun kalo tidak anda blok karakternya, maka backspace hanya mampu menghapus karakter satu persatu kebelakang. Kalau di blok sih, fungsi backspace untuk penulisan huruf maupun angka, ya.... sama seperti tombol delete, cuman bedanya si backspace ini hanya membalikkan waktu saja... makannya namanya backspace... hehe, dia tidak bisa difungsikan untuk menghapus folder atau file.



Tombol Lain yang juga Tidak ada, Tapi Umum sih kalo di Laptop


Selain kedua tombol tersebut, sebenarnya anda juga tidak dapat menemukan tombol INSERT, HOME, END, PAGE UP, PAGE DOWN.


Tetapi wajar sih kalo di laptop.. tombol insert, home, end, page up, page down tidak ada, tetapi kedua tombol capslock dan delete itu berganti...



Shortcut Capslock dan Delete di Chromebook


tetapi dengan menghilangnya kedua tombol itu maka kita tidak berarti kehilangan fungsi capslock dan Delete yang ada di chromebook melainkan, disini kita di diberikan model shortcut yang lain untuk fungsi Delete dan capslock.


  • SEARCH + ALT = shortcut yang digunakan untuk pengganti Tombol Capslock
  • ALT + BACKSPACE = shortcut inilah yang digunakan untuk mengganti tombol delete yang telah berubah menjadi tombol power di chromebook, tombol delete pun biasa digunakan untuk menghapus karakter setelah cursor, jadi kebalikan dari backspace yang menghapus karakter sebelum cursor.
  • CTRL + BACKSPACE = jika anda menekan backspace itu hanya untuk menghapus satu karakter sebelum kursor, maka dengan menambahkan ctrl, maka anda bisa langsung menghapus kata, dan ini sangat menghemat waktu anda ketimbang anda harus melakukan blok kata terlebih dahulu misalnya melakukan kesalahan penulisan.
  • SHIFT + ALT + BACKSPACE = shortcut ini sangat berfungsi untuk menghapus data autofill yang biasanya merekam jawaban anda sebelumnya, atau jawaban isian otomatis pada formulir online.
  • ALT + UP (PANAH ATAS) = ini merupakan shortcut pengganti tombol page up, jadi yang ditujukan untuk memindah kursor ataupun menuju ke bagian atas halaman.
  • ALT + DOWN (PANAH BAWAH) = ini merupakan shortcut pengganti page down, jadi yang ditujukan untuk memindah kursor ataupun menuju ke bagian bawah halaman
  • SEARCH BUTTON + LEFT = ini digunakan sebagai pengganti tombol home
  • SEARCH BUTTON + RIGHT = ini digunakan sebagai pengganti tombol end



Wah, untuk delete dan caps lock jadi 2 kombinasi, jadi lebih ribet?

 

Yup! apalagi ketika anda perlu untuk mengetik cepat, tentu ini akan menghambat..

 

 

Cara Alternatif untuk mendapatkan Tombol Capslock kembali

 

Memang untuk Capslock atau Caps Lock, yang merupakan singkatan dari capitals lock, yaitu sebuah tombol pada keyboard yang memiliki fungsi untuk mengubah semua huruf yang diketik menjadi huruf besar ketika diaktifkan. 


Tombol ini biasanya letaknya didekat huruf A tepatnya di samping kiri, diatasnya Shift dan dibawahnya Tab, tetapi di Chromebook ini tombol yang seharusnya untuk capslock berganti menjadi tombol Search dengan lambang kaca pembesar, seperti icon icon search pada umumnya.


Lalu, bagaimana cara alternatif untuk mendapatkan tombol Capslock kembali seperti laptop pada umumnya?


Caranya :

  1. Anda pergi ke bagian "Setting"
  2. Pada bagian Navigasi Search, anda bisa ketikkan Keyboard atau anda bisa langsung pergi ke tab Device > Keyboard 
  3. Silahkan pada bagian Search diganti pilihannya menjadi Capslock.
  4. Setelah itu maka tombol search akan diubah fungsinya menjadi Capslock, artinya anda bisa menggunakan Capslock seperti biasanya


Hanya saja anda kehilangan tombol Search, dan beragam Shortcut yang menggunakan tombol Search akan tidak berfungsi, karena tombol Search sekarang berubah menjadi Capslock.


Setelah selesai mengetik, anda bisa ubah kembali tombol Search menjadi Search.






 

 

 

 

Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال