Cara Merekam Layar, Mengatur Audio, tempat Penyimpanan Screencapture ChromeOS

RahmanCyber Chromebook - Ye Hoo! Sepertinya Chromebook ini emang sudah menjadi pembahasan utama di RahmanCyber, seperti halnya Blogger.. hehe.. Gak kerasa udah banyak banget pembahasannya... entah itu artikel maupun video di Channel Youtube Resmi RahmanCyber.

Ini sebenarnya udah kita bahas jauh jauh hari untuk Screen Capture yang merupakan daya tarik penting di Chromebook, anda bisa baca artikel tentang Cara Screenshot dan Screecapture di Chromebook yang sudah saya sertakan juga gambar pendukung, bahkan juga sudah saya sematkan juga Videonya untuk memudahkan anda dalam memahami pembahasan.

 

Lalu kenapa buat halaman lagi?

 

Ya tentulah untuk memperkaya Keyword.. ^_^ sobat blogger pasti tau kan.. ini yang juga sering saya bahas di Pembahasan Blogger

Ini bagian dari Link Building kan.. : :) anda bisa baca artikel tentang Link Building disini, tentunya saya rasa artikel itu juga tidak perfect perfect amat, itu bersumber dari pemahaman dan pengalaman saya pribadi, juga dari belajar ke situs - situs lain yang mungkin memang ekspert dibidang itu.

Oke bro...kenapa disini saya kolaborasikan Chromebook dengan Blogger... tentu bukan karena tidak ada alasannya... banyak banget alasannya..

Kalo anda subscribe dan mengikuti pembahasan saya di Channel Youtube, saya sering utarakan juga alasannya, kenapa kok saya bahas Chromebook, ada apa Chromebook dengan Blogger?

 



Itu salah satunya...

 

Sebenarnya Tujuan dan Target saya adalah buat Sobat yang memang memiliki Budget minim, dan sobat juga seorang Blogger... 

Apalagi jika yang sobat miliki adalah Chromebook.

Saya ingin sobat tidak putus semangat, apalagi membandingkan dengan orang yang memiliki Privilage.

Yap! tiap orang memiliki jalannya masing - masing.


Perlu sobat ketahui, orang - orang yang saat ini memiliki privilage itu merupakan hasil perjuangan, mungkin orang tua atau yang berjuang dari nol... jadi lebih baik sobat fokus ke diri sobat sendiri..

Jika memang sobat memulai dari nol, mungkin dengan itu, sobat bisa menjadi pemberi privilage untuk generasi generasi sobat selanjutnya. 

Setiap orang menanggung dan mengunduh apa yang ia usahakan, tidak usah pusing, tak perlu mencampuri dunia orang lain yang tidak bersinggungan dengan dunia kita.

Cukup kita fokus ke diri kita, memperbaiki diri..

sembari berusaha membangun hubungan yang baik dengan Allah SWT dan hubungan yang baik pula dengan sesama manusia dimuka bumi ini.

Berhati - hati juga dalam berguru di era digital ini...anda harus punya prinsip, jangan jadi fanatik.. kita bebas bisa berguru dengan siapa aja, tapi yang paling penting.. kita memiliki gerbang untuk membiarkan ilmu itu masuk melewati gerbang, atau menahan agar ilmu itu hanya ada di luar gerbang aja. Kita memiliki wewenang atas diri kita sendiri.


Ok.

Disini, sobat bisa memaksimalkan perangkat yang sobat miliki... untuk menggunakannya dalam mempermudah kita untuk membentuk karir kita.


Salah satunya adalah adanya fungsi ScreenCapture ini.


Di Chromebook, sobat tak perlu repot repot lagi untuk mencari software untuk screencapture, karena disini sudah ada dan gratis tanpa iklan.

Screenshot bisa, screen recording juga bisa!


Ya.. oke saat ini OBS emang gak bisa berjalan di Container Linux Chromebook, tapi gak masalah juga.. karena di Chromebook udah tersedia fasilitas untuk Merekam Layar secara gratis, mudah banget disesuaiin untuk pindah device perekaman suara internal maupun eksternal, bisa juga kita bermain rekam pake webcam dan banyak lagi lainnya...

 

Dan tentunya, anda tak perlu terbebani masalah biaya lisensi! karena itu semua bisa anda dapatkan gratis di Chromebook.

Di Channel kita, saat ini Chromebook menjadi pembahasan utama, anda bisa Subscribe/ berlangganan untuk itu. Cuman disini tidak hanya pembahasan tentang Chromebook aja, karena pada dasarnya Channel RahmanCyber itu membahas tentang teknologi.

 

Apa Pentingnya ScreenCapture?

 

Ya banyak.. 

Berkaitan dengan blogger, Screencapture ini berfungsi untuk membuat materi bergambar, nanti kita bisa kolaborasikan dengan watermark.

Kita bisa buat gambar dengan watermark menggunakan Inkscape, yang merupakan software Gratis Opensource untuk desain vektor.

Saya sudah bahas di Cara Install Inkscape dan Menggunakannya di Chromebook.

 

Jika sobat bermain Youtube, dan menjadi Content Creator di Youtube, tentu ini penting juga untuk ngebangun Konten sobat.

 

 

Bagaimana Agar saya Mendapatkan Perekaman Suara yang Bagus?


Tentu ada banyak faktor, dan ini anda pun juga bisa menggunakan Microphone Eksternal, karena untuk mic internalnya agak kurang deket dan membutuhkan ruangan yang bener bener clean untuk menghasilkan perekaman suara yang bagus.


Faktor - faktor yang berperan untuk Menghasilkan Perekaman Suara yang Bagus

 

1. Ruangan

Semakin kedap suara ruangan tersebut, tentu anda bisa lebih mengekspresikan diri anda lebih, ketimbang ruangan yang tidak kedap.

Saya pun ingin punya ruangan khusus, agar saya bisa menjadi lebih bebas untuk ngomongnya, enggak ditahan tahan. Saya masih suka Overthinking.. entar jadi bahan pembicaraan orang.

2. Kualitas Mic

Ya, ini juga berpengaruh.. tentu semakin baik kualitas mic juga akan menghasilkan perekaman suara yang lebih bagus.

3. Suara kita

Ya, tiap orang memiliki suaranya masing - masing.. 

Bang suara saya jelek.. saya enggak pede..

Sob, mulai aja dulu.. kamu latihan terus sembari menghasilkan sesuatu, sehingga kamu enggak rugi cuman latihan - latihan... Ingat, ini berlaku jika sobat sedang berusaha dari nol.. maka waktu itu adalah kesempatan..

Jika gagal memanfaatkan waktu... maka kita banyak mengalami kerugian... rugi terhadap kesempatan untuk membangun.

Gak masalah lah jika ada yang bilang A, B atau membandingkan dengan si A, B, C...

itu nanti kamu memperbaiki secara bertahap...

4. Persiapan

Ternyata dengan adanya persiapan sebelumnya, apa aja yang mau dibahas dan dibicarakan, dapat membuat kita mudah menata intonasi maupun cepat lambatnya suara kita.



Cara Merekam Layar, Mengatur Audio, tempat Penyimpanan Screencapture


Dulu saya udah pernah buat video lengkap untuk cara capture, screenshot bahkan juga shortcutnya.. tetapi sekarang ini ada update baru untuk chromeos versi 100, walau sebenarnya sih tidak beda jauh dan hanya mengubah layout, tetapi disini saya juga update cara mengatur perekaman suara.


Berikut ini videonya.

 



Itulah gan, untuk pembahasan kali ini, moga dapat bermanfaat untuk pengguna chromebook yang belum mengetahui cara tersebut maupun para calon pengguna chromebook... hehe









 

 

 

 


 



Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال