Pengertian OBS (Open Broadcaster Software) dan tujuan kegunaannya

Selamat datang di RahmanCyber Broadcasting, disini kita membahas lebih dalam tentang seputas dunia broadcasting, kali ini kita membahas tentang Streaming. "Penggunaan OBS untuk mendukung kegiatan Daring untuk pendidikan maupun kegiatan Marketing". Karena saya lihat dan amati keduanya kok jadi tak terpisahkan... Marketing secara alus dengan memasukkan komponen "Pendidikan" misal webinar, workshop... :) karena ujung - ujungnya meningkatkan Sales, lalu ya.... "Cuan" kata orang sono bilang... Tapi ya... gak ada salahnya kan... :) , terlebih jika memang dapat memberikan sumbangsinh di  dunia pendidikan, itu malah bagus... kan pada akhirnya... audience lah yang menentukan... hehe.



{getToc} $title={Table of Contents}



Tetapi memang OBS ini juga sangat membantu di dunia pendidikan murni loh, apalagi untuk kegiatan daring.. untuk dapat menampilkan pembelajaran yang professional dengan penggabungan beragam source yang dapat membuatnya menjadi lebih interaktif dan hidup.


Bahkan anda dapat menggabungkan Shootingan kameran diri anda, dengan Slide Power Point, beserta coretan menggunakan Pen Tablet yang di Mix dalam satu Scene.


Kita juga bisa beralih scene dengan mudah, artinya kita bisa mempersiapkan tampilan Scene 1 untuk apa, terus scene 2 untuk apa,... ketika Live Stream, anda bisa beralih dengan mudah, bahkan anda juga bisa membranding Live Stream anda dengan menggunakan Transisi "Stinger", yang cukup populer dikalangan streamer pada platform TWITCH.



Pengertian OBS (Open Broadcaster Software)


OBS Studio merupakan perangkat lunak (software) komputer untuk streaming dan perekaman lintas platform gratis dan open-source yang dibuat menggunakan Qt dan dikelola oleh Proyek OBS.


OBS ini cukup tangguh untuk menjadi partner live streaming anda, sekaligus partner live recording anda, selain bisa anda dapatkan secara gratis, seperti yang saya jelaskan diatas bersumber dari situs officialnya OBS, ternyata OBS ini juga mendapatkan banyak sekali dukungan komunitas yang aktif. Sehingga jika anda mengalami permasalahan, akan mudah untuk mencari solusi.


Anda bisa download OBS terbaru disini



Platform yang didukung OBS


Anda bisa download untuk platform OS Windows, Mac, maupun OS Idaman kita semua yaitu berbasis LINUX.


Untuk windows sendiri, OBS sudah sangat support untuk windows 10, sepertinya juga akan support windows 11.


Anda bisa ikuti saja perkembangannya di situs official OBS tersebut.

Proyek OBS menggalang dana untuk Open Collective dan Patreon.



Fitur - fitur penting OBS (Open Broadcaster Software)

 

 

Ada 3 Hal penting yang saya soroti pada bagian kegunaan dari OBS,

 

 

1. OBS bisa digunakan untuk Streaming


karena ini memang basisnya sebagai software Streaming. Anda bisa melakukan streaming ke berbagai platform yang di dukung, termasuk Youtube, Twitch dan Facebook bahkan Twitter! anda pun juga bisa LIVE Instagram dan platform lainnya secara professional dengan ketersediaan pengaturan stream secara Custom.


OBS Streaming

 

Tetapi tentu anda perlu mempelajari "mastering OBS" terutapa pada bagian user interface dari software OBS ini, untuk dapat memanfaatkan fitur - fiturnya dan dapat mengoperasikannya dengan baik untuk kebutuhan streaming anda.


 

 

2. OBS juga bisa untuk Live Recording

 


jadi sembari anda live, anda juga bisa melakukan recording live streaming anda, selain itu, anda juga dapat memilih opsi untuk melakukan recording saja tanpa live streaming. Anda dapat mengatur Output ke format MP4 ataupu MKV, anda bisa mengatur "BITRATE", "Recording Quality" dan "Encoder" yang dapat meningkatkan kualitas 



recording obs




3. Anda juga bisa menjadikan OBS untuk Virtual Camera

 

Fitur ini sangat berguna banget ketika anda melakukan Meeting di Zoom misalnya, atau Google Meet, atau ketika anda sedang Live menggunakan Youtube sekaligus juga Stream ke Zoom Meeting.



obs virtual camera

 

Seperti ketika Acara Wisuda di kampus tempat saya bekerja, kita memakai OBS untuk dapat melakukan Streaming melalui dua platform tersebut, jadi bisa Live Streaming di Youtube, sekaligus juga dapat melakukan interaktif di Zoom Meeting.


Walau kita juga butuh alat tambahan, seperti ATEM MINI PRO, untuk mendukung itu, karena tidak hanya live streaming saja, melainkan juga terhubung ke berbagai Proyektor di tempat acara.


Sehingga dengan adanya software ini, dapat lebih memudahkan kita dalam kegiatan Broadcasting.




itu adalah ketiga Fungsi Utama menurut saya, selain itu, jika ditarik lebih luas lagi.. ada fungsi lainnya dalam berbagai aspek kegunaan di segala bidang yang lebih spesifik.


Karena dengan OBS tidak hanya sekedar Streaming saja, melainkan anda bisa melakukan Mixing Source untuk memperkaya tampilan streaming anda serta meningkatkan professionalitas tayangan. Untuk materi Mixing Source, saya tempatkan di pembahasan yang terpisah, tentunya masih dalam satu kategori pembelajaran seputar OBS, anda bisa membacanya di materi Mixing berbagai Source dengan OBS (Open Broadcaster Software)





Kegunaan OBS dalam bidang broadcasting yang lebih terkonsentrasi atau spesifik


  1. Untuk pembelajaran Daring secara Online agar dapat menjadi arsip fakultas atau kampus apalagi di era Kolaborasi Kampus Merdeka / Merdeka Belajar.
  2. Sebagai sarana streaming workshop
  3. Sebagai sarana streaming relaksasi
  4. Sebagai sarana streaming untuk konser musik
  5. Sebagai sarana untuk mendukung pengajian secara Live di berbagai Platform
  6. Sebagai sarana untuk melakukan conference internasional yang dapat dilihat oleh publik atau penonton terbatas
  7. Sebagai sarana streaming webinar
  8. Sebagai sarana streaming Youtuber
  9. Sebagai sarana streaming permainan di Twitch
  10. Sebagai sarana untuk story telling interaktif
  11. Sebagai sarana pendukung siaran News/Berita
  12. Sebagai sarana pendukung streaming acara hajatan :) misal acara resepsi pernikahan, ulang tahun, khitanan, dll


dan masih banyak lagi lainnya, anda bisa tambahkan di kolom komentar.. :)




Kesimpulan Pembahasan OBS Software Streaming


 

OBS ini sangat banyak kegunaannya, terlebih di dunia broadcasting, bahkan di dunia pendidikan pun, kita bisa melakukan rekaman langsung yang lebih interaktif dan banyak sekali source yang bisa di tampilkan, sehingga ini akan sangat memudahkan proses produksi video bahan ajar.


Sangat meringankan beban kerja EDITOR VIDEO, yang jika harus ngedit multicam, itu benar benar membutuhkan waktu yang lumayan, apalagi dengan dukungan perangkat komputer yang standard produksi video, agar tidak tersendat sendat, terlebih tuntutan resolusi video yang makin tinggi dari waktu ke waktu.


Bayangkan aja, dari ukuran PAL 720x576, sekarang mencapai 4K bahkan 8K, yang notabene resolusinya sudah mencapai 8000 px ... ngeri dah pokoknya..


Dengan OBS ini... bisa lebih memangkas waktu produksi untuk meningkatkan pembuatan konten bahan ajar..


Tentu jika multi kamera, anda perlu alat yang namanya Switcher, saya pernah bahas materi ROLAND V1HD switcher untuk multicam,


Lalu ada pilihan lain juga switcher yang dapat mendukung kegiatan streaming dan udah dapat bekerja dengan OBS dari pengalaman saya, yaitu ATEM MINI jika anda memiliki budget dibawah 10 jt, atau ATEM MINI PRO yang fiturnya lebih lengkap jika budget anda diatas 18jt...sampai 20jt...






Moga pembahasan kali ini dapat menambah wawasan anda dan sebagai pengingat ilmu bagi saya..



Sampai jumpa di pembahasan lainnya di RahmanCyber.NET.





A.Ks-RED

















Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال