10/06/2021

Cara Mengintegrasikan WooCommerce dengan PayPal untuk dukungan Pembayaran

Salah satu kelebihan dari menggunakan woocommerce di Wordpress untuk membuka toko sendiri adalah, beragam fiturnya cukup lengkap dan praktis, karena menyatu dengan  situs wordpress kita, tanpa perlu membuat website dengan subdomain sendiri untuk toko online.


Dukungan Pembayaran di WooCommerce


WooCommerce tidak hanya support beberapa pembayaran seperti :

Direct bank transfer yang diperuntukkan untuk mengambil pembayaran secara langsung melalui BACS. Lebih dikenal sebagai transfer bank/wire transfer.

Check payments yang diperuntukkan mengambil pembayaran secara langsung melalui cek. Gateway offline ini juga dapat berguna untuk menguji pembelian.

Cash on delivery yang diperuntukkan untuk Meminta pelanggan Anda membayar dengan uang tunai (atau dengan cara lain) setelah pengiriman.


Selain mendukung ketika metode pembayaran diatas, ternyata WooCommerce ini juga dapat diintegrasikan dengan PayPal.



WooCommerce Paypal Checkout


WooCommerce PayPal Checkout memungkinkan toko Anda menerima pembayaran melalui PayPal dan menggunakan Smart Payment Buttons™ yang dapat disesuaikan. Saat pelanggan Anda menggunakan PayPal Checkout, mereka dapat membayar denganPayPaloranykartu kredit atau debit utama tanpa harus meninggalkan situs Anda. Pembeli dapat membeli langsung dari halaman produk Anda, dan membayar dalam 26 mata uang. Di A.S., pelanggan mendapatkan manfaat tambahan dari Smart Payment Buttons™. Fitur ini secara otomatis menyajikan opsi pembayaran yang relevan, termasuk PayPal, serta Bayar dalam 4 dan Kredit PayPal*—yang memungkinkan pelanggan Anda membeli sekarang dan membayar nanti sementara Anda dibayar di muka.



Cara Melakukan Installasi WooCommerce PayPal Checkout


  1. Silahkan anda menuju: Plugins > Add New on your WordPress site.
  2. Ketikkan WooCommerce PayPal Checkout di bagian Search Plugins bar. Plugin ini resmi disediakan oleh WooCommerce.
  3. Setelah itu klik "Install Now and Activate".


tetapi jika di bagian menu plugin tidak terdapat opsi untuk menambah plugin baru, berarti anda menggunakan Wordpress Network, sehingga caranya adalah anda instal melalui Network.

Hal ini saya alami, karena saya memakai wordpress multisite.




Install Plugin WooCommerce Paypal melalui Wordpress Network



Cara intall plugin melalui network :

 

1. Silahkan Menuju ke "My Sites" pada bagian bar atas

2. Setelah itu pilih "Network Admin", lalu kemudian pada sub menu yang muncul, silahkan pilih "Plugins", hal ini mungkin bisa berbeda bahasa, tetapi layout peletakkan biasanya sama.


Ini lebih jelasnya.

Install Plugin Wordpress


3. Setelah itu pada halaman plugin, anda bisa pilih "Add New" tepat disebelah kanan judul Plugin

 

Add New Plugin


4. Setelah itu anda akan berada di halaman penambahan Plugin baru, silahkan menuju ke kotak pencarian plugin, dan ketikkan "WooCommerce PayPal Checkout", dan pada pilihan pencarian (ada tag, author, keyword), ubahlah ke "Keyword".

Bagaimana jika WooCommerce Paypal Checkout tidak ditemukan? anda bisa ganti keyword ke  WooCommerce Paypal Payments.


Kenapa? karena dari pihak WooCommerce mengumumkan,

 

Support for PayPal Checkout will discontinue from 1 Mar 2022 and updates to the plugin have stopped as of 1 Sept 2021. We recommend switching to PayPal Payments.

This is a PayPal Checkout Payment Gateway for WooCommerce.


paypal checkout woocommerce discontinue announcement


artinya, tanggal tersebut untuk plugin WooCommerce Paypal Checkout , dan disarankan untuk install WooCommerce Paypal Payments yang merupakan plugin lebih terbarukan, tetapi hanya support wordpress 5.3 atau lebih tinggi, sedangkan untuk wordpress versi dibawah itu, tidak disupport.

 

Sedangkan untuk WooCommerce Paypal Checkout, ini bisa support wordpress lama versi 4.4, dan juga support wordpress terbaru saat artikel ini ditulis, yaitu wordpress versi 5.8


Dengan adannya pengumuman diatas, bukan berarti WooCommerce Paypal Checkout yang sudah terlanjur terinstal tidak bisa digunakan, melainkan berhenti untuk supportnya. Terlebih ketika anda melakukan update Wordpress versi terbaru untuk kedepan, mungkin akan ada error.


Jika anda berencana untuk terus memperbarui wordpress ke versi terbaru, saya sarankan anda untuk instal plugin WooCommerce Paypal Payments saja.




woocommerce add plugin

jika anda mendownload plugin secara offline, anda bisa upload dengan klik tombol "Upload Plugin", tepat disebelah kanan judul add plugin.


5. Silahkan Klik "Install Now" pada WooCommerce Paypal Payments, yang disediakan oleh WooCommerce sebagai authornya. Jangan salah memilih ya. Setelah itu anda perlu menunggu proses installasi selesai.


6. Setelah selesai, silahkan klik "Activate" untuk mengaktifkan plugin WooCommerce Paypal Payments anda.


woocommerce paypal payments install

7. Selesai sudah anda Install Plugin untuk mengintegrasikan Paypal di situs wordpress dengan woocommerce toko online anda.




Setting Pembayaran Paypal WooCommerce



Setelah itu, anda bisa melakukan Setting Pembayaran Paypal anda.


1. Masuk ke Dashboard Wordpress

2. Pilih Menu "WooCommerce" > "Settings"

3. Setelah itu, pergi ke bagian "Payments"


setting payment paypal di woocommerce

Nah, sekarang anda tidak hanya memiliki 3 opsi pembayaran saja, melainkan ada 4 dengan tambahan integrasi pembayaran Paypal.


Pada gambar diatas untuk pembayarannya belum saya enable kan, jadi untuk mengaktifkan, anda hanya perlu menggeser Panel "Enable" yang saya lingkari di tengah. Geser kanan sampai berwarna hijau.


Untuk setup Paypal, anda bisa klik "Set up" pada opsi Paypal.


4. Seilahkan hubungkan WooCommerce PayPal Payments dengan akun paypal anda dengan klik tombol hubungkan "Connect to Paypal" seperti yang saya lingkari di gambar ini.

paypal payments


Setelah itu ikuti proses verifikasinya sampai selesai, jika sudah, baru anda klik "Save Changes"






Itulah cara mengintegrasikan Paypal di Toko Online berbasis WooCommerce Wordpress.

KENAPA BUTUH INI? KARENA DENGAN PAYPAL INI KITA BISA MENJANGKAU MARKET INTERNASIONAL DENGAN MUDAH.








Semoga bermanfaat untuk anda.






English version on MyShorTTips -> here









Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu, Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link https://www.youtube.com/rahmancyber
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Artikel Pilihan

Posting Komentar


Whatsapp Button works on Mobile Device only