6/14/2021

Cara Membuat Custom Search Engine Sendiri dengan Google CSE ( Programmable Search )

Pernah membayangkan bisa membuat Search Engine sendiri yang berasal dari Source / Konten Jaringan milik kita? Hal itu bisa dibuat secara gratis.

 

Jika kamu sering mencari sesuatu di Search engine dan mendapatkan result / hasil pencarian dengan seketika... cara ini hampir sama. Jadi Pengunjung akan dapat mencari sesuatu di mesin pencarian yang akan kita buat, tetapi perbedaannya tentu pada Hasil pencarian.

 

Jika Search Engine biasanya akan melakukan pemeringkatan dari berbagai situs di dunia, berbeda dengan Custom Search Engine yang akan kita buat ini yang hanya menampilkan result dari website yang masukkan dalam database.

 

 

 

Panduan CSE Google
Wallpaper CSE Rahmancyber | R4CProject

 

 

Sehingga ketika pengunjung mencari sesuatu jawaban dari permasalahan mereka, maka akan langsung merujuk ke situs kita, dan tentunya akan mendatangkan traffic untuk Website atau Blog di Jaringan kita.



Penasaran Membuat Custom Search Engine Sendiri?



Apakah anda berpikir bahwa darimana kita mendapatkan hosting gratis? sedangkan ketika pengunjung melakukan pencarian, maka akan meminta query dari database dan itu tentu akan memakan biaya hosting untuk limit tertentu dan meningkatkannya jika limit tersebut terlampaui, dan perlu kamu tahu, bahwa itu akan memakan banyak biaya perbulan :)


Maka, urungkan pemikiran anda itu, karena kita tidak mengajarkan cara membuat SEARCH ENGINE dari NOL... dimana itu akan memakan banyak biaya untuk melakukan SCRAPE ke Banyak Website di Dunia, memastikan server on 24 dan banyak lagi resource maintenance, resource untuk stand by... dimana hal itu tak bisa dilakukan perorangan... :) kecuali anda memiliki banyak uang untuk nebgcover hal itu... lalu dari mana anda mendapat penghasilan untuk balik modal dengan Search Engine buatan anda tersebut?


Karena nyatanya, untuk dapat menampilkan hasil yang relevan dan baik untuk pengguna pun membutuhkan waktu bertahun - tahun untuk upgrade Algoritma, dan itu juga memerlukan Resource jika anda ingin membuat Web Search Engine Original, alias tidak memakai Kode Sumber Milik Orang lain... :)


Seperti halnya Website bukan, anda pakai Wordpress? nah itu anda memakai kode sumber orang lain, tentu pekerjaan anda menjadi lebih mudah dan cepat bukan? tetapi anda tidak bisa semena - mena mengakui bahwa itu murni buatan anda.. dengan memasang tarif pembuatan website yang sampai ratusan bahkan bermiliaran... untuk proyek website yang dibuat dengan menggunakan Kode Sumber dari Orang Lain.


Oke Stop!


Kita disini mengajarkan kalian membuat Custom Search Engine sendiri secara mudah, tetapi dengan layanan yang sudah disediakan oleh Google CSE atau juga dikenal dengan Google Programmable Search Engine.


Oh, kalau dari google, berarti kita memakai Index Google ya? Yup! benar sekali.. ini sama halnya dengan melakukan sortir dari Jutaan bahkan Miliaran Web yang di Index Google 7x24Jam.... dan hanya menampilkan Website kita sendiri... atau yang tergabung dalam jaringan kita.


Sehingga konsep intinya membuat website lain itu tidak relevan pada Search Engine Custom yang kita buat tersebut.



CSE sangat Cocok untuk

 

- Anda yang Punya Website Banyak

- Anda yang Memiliki Jaringan Usaha

- Anda yang Sedang membangun Branding / Merek Media

- Anda yang Sedang membangun Authority



Cara Membuat CSE Google



1. Sign In Akun Google

 

Silahkan Sign In dulu, karena ini produk google, maka anda cukup masuk dengan alamat Email anda pada salah satu browser anda, maka anda akan bisa masuk ke akun Blogger, Youtube, dan CSE ini tanpa perlu login lagi.


2. Kunjungi CSE Google

 

Silahkan kunjungi https://programmablesearchengine.google.com/ , jika anda ingin melihat detail program yang ditawarkan, atau langsung saja https://cse.google.com/cse/create/new untuk masuk ke dashboard Custom Search Engine anda dan membuat CSE baru.


cse google register
Pendaftaran CSE Google | Screenshot by RahmanCyber.NET

 

3. Silahkan Isi Formulir Create New Engine

 

 

A) Pada bagian Sites to Search

 

Anda bisa memasukkan situs - situs yang anda miliki, sehingga ketika nanti pengunjung menggunakan Search Engine Custom anda tersebut, maka ia hanya akan mendapatkan result / hasil pencarian dari Situs yang anda daftarkan tersebut ( Pastikan Situs yang anda daftarkan, sudah di Index Google untuk dapat mendapatkan Query langsung ke Halaman Situs yang anda daftarkan ), jika belum di Index... maka yang ditampilkan tidak ada.

 

Hal ini berbeda dengan Widget Search yang biasanya sudah terpasang di Blogger, jika anda menggunakan Platform Blogger untuk Blogging secara Gratis, jika anda ngeblog menggunakan Platform lain, kemungkinan juga sudah tersedia untuk fungsi Search, tetapi biasanya tersedia hanya untuk website tersebut saja.


ada beberapa keterangan disana...



  • Individual pages: www.example.com/page.html


    ini maksudnya adalah anda bisa menambahkan halaman website anda, jika anda ingin custom halaman tertentu saja yang ditampilkan pada pencarian.



  • Entire site: www.mysite.com/*


    Entire Site  ini maksudnya anda bisa menambahkan situs anda atau pada sub domain tertentu saja, artinya subdomain anda yang lain tidak ikut masuk dalam query /  tidak terpengaruh CSE. Dalam hal ini WWW termasuk pada Sub Domain, biasanya ini digunakan sebagai Root / Site Utama Domain.



  • Parts of site: www.example.com/docs/* or www.example.com/docs/



    Part of Site atai Bagian dari Situs ini maksudnya jika anda menambahkan berdasarkan label, jika di blogger... atau jika anda memiliki kategori / folder khusus untuk penenmpatan artikel, maka yang akan masuk dalam query adalah artikel yang berada pada folder itu saja, termasuk sub folder lainnya jika ada.



  • Entire domain: *.example.com



    Ini maksudnya anda bisa menambahkan domain langsung... domain dan situs berbeda ya, artinya situs itu termasuk dalam domain, sedangkan domain itu merupakan url root atau inti yang merupakan wadah dari keseluruhan situs yang menggunakan url domain tersebut.


    Jika anda memasukkan domain langsung, misal rahmancyber.net, maka seluruh sub domain juga ikut untuk ditampilkan pada pencarian custom ini.




B) Bagian Language

 

Anda bisa memilih bahasa situs anda.

 

  • Pastikan anda memilih bahasa yang tepat, sesuai dengan bahasa artikel anda, supaya mendapatkan hasil pencarian yang relevan.

  • Bagaimana dengan mencampur bahasa inggris dan bahasa indonesia?, hal itu tidak disarankan, karena nanti pencariannya terlalu membingungkan... terlebih pada bagian language tersebut, hanya ada satu pilihan bahasa.

  • Jika anda memiliki blog bahasa indonesia dan Blog bahasa inggris, anda bisa buat CSE yang berbeda, atau sendiri sendiri, sehingga nanti result / hasil pencarian bisa menjadi lebih sesuai dan tepat.

    *masak iya pengunjung amerika disuguhi artikel berbahasa indonesia, kalo memang tidak terlalu butuh, maka ia juga tidak akan berusaha untuk translate.. :)



C) Bagian Name of the Search Engine


Pada bagian ini, anda bisa dengan bebas menamai search engine custom yang anda buat tersebut... pastikan menggunakan nama yang mudah anda ingat atau anda bisa melakukan manajemen misal anda memiliki blog lintas bahasa, misal RahmanCyber ID , RahmanCyber EN. RahmanCyber JP


Terserah kamu deh :) hehe



4. Selesaikan Penbuatan CSE Google

 

Kalau sudah anda isi, maka langkah selanjutnya adalah menekan tombol Create.





Custom Search Engine Google Berhasil dibuat!


Yey, akhirnya CSE anda, berhasil dibuat...


CSE Google created
CSE berhasil dibuat | Screenshot by RahmanCyber.NET



Menambahkan CSE ke Situs Web sebagai Widget

 

Selanjutnya anda bisa menambahkan ke Situs anda sebagai widget, dengan tekan tombol Get Code pada bagian Add it to your Site


cse get code
Code CSE | Screenshot RahmanCyber.NET


Langkah selanjutnya tinggal anda sematkan di Website anda, bisa di halaman khusus maupun di Widget Html.


Langkah Penyematan Blogger melalui Widget HTML

 

  1. Dashboard Blogger
  2. Layout / Tata Letak
  3. Add Gadget atau Tambahkan Gadget
  4. Pilih HTML / Javascript
  5. Lalu Pastekan Kode CSE di Widget tersebut, Setelah itu klik Save / Simpan, silahkan lihat hasilnya.


    WIDGET CSE GOOGLE di Blogger
    CSE Google di Blogger | Screenshot oleh RahmanCyber.NET


Langkah untuk menambah kode CSE untuk Wordpress


  • Silahkan anda Login ke dashboard Wordpress.
  • Silahkan anda pilih menu Appearence
  • Lalu pilih sub menu Widget > Widget Teks > Tambahkan Widget Teks
  • Paste kode CSE  yang tadi sudah di-copy
  • Setelah itu klik Save, dan lihatlah hasilnya




CSE sebagai Halaman Publik

 

Anda bisa melihat CSE anda yang sudah tersedia untuk dapat diakses Publik, jika anda ingin menautkan Link khusus di Menu Blog misalnya, sehingga Pengunjung dapat menggunakan fasilitas tersebut dengan melakukan klik melalui link yang anda letakkan di Menu Situs


Gambarannya seperti ini jika di Blogger,

 

Kita tambahkan pada Navigasi Menu

 

cse navigasi menu

 

Hasilnya akan seperti ini


cse navigasi menu result

Ketika Pengunjung melakukan klik pada menu RahmanCyber Search Engine, maka akan diarahkan ke Halaman CSE Google Pencarian milik kita yang telah kita buat tadi.


cse google result

Ketika pengunjung mencari sesuatu, maka akan keluar resultnya yang berasal dari website jaringan yang telah kita masukkan tadi.



Klik aja tombol Public Url pada bagian View it on the Web, lalu copy Urlnya dan letakkan di bagian menu atau dibagian manapun di situs anda.



Custom Tampilan CSE Google

 

Jika anda ingin mengubah tampilan ata melakukan custom lainnya, anda bisa tekan tombol Control Panel pada bagian Modify your search engine






Selamat Mencoba... :)







Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu, Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link https://www.youtube.com/rahmancyber
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Artikel Pilihan

Posting Komentar


Follow by Email

Whatsapp Button works on Mobile Device only