7+ Platform Blog Pilihan buat NgeBlog ( Ada yang Bisa Ngasilin Uang! )

RahmanCyber.NET | Tekno - Punya blog itu seperti kita punya buku catatan kecil layaknya diary, tetapi disini bukan untuk curhat ya.. walaupun sebenarnya juga bisa jadi tema blognya curhat.. hehe..

 

Tapi tujuan punya blog itu biasanya untuk mencatat ilmu pengetahuan yang didapat atau untuk mengamalkan ilmu pengetahuan.. itu adalah tujuan kita RahmanCyber.NET ketika awal buat blog ini.

 

Untuk dapat memulai kegiatan blogging, biasanya kita perlu login atau daftar dulu di platform blog tersebut yang notabene ada situs penyedia layanan blog gratis, maupun yang menerapkan sistem berbayar.

 

Sebenarnya platform blog itu bukan hanya blogger aja ya teman teman... 

 

ada banyak, Blogger adalah salah satunya yang paling banyak kita bahas di web RahmanCyber ini.

 

 


1. Blogger

 

Jika kalian bertanya contohnya, maka kita dengan lantang bisa memberikan contoh.. ketik aja RahmanCyber.blogspot.com, maka kalian bakalan nemuin www.rahmancyber.net.

Platform blogger ini tak terasa udah 21 tahun loh, sejak diluncurkan tahun1999.. waktu itu aku masih SD.

 

Blogger.com

 

Tempat ngeblog Blogger

Disinilah awal saya ngeblog di tahun tahun awal saya masuk SMK, waktu itu masih ngandelin Ruang ICT dan ketika Pelajaran Komputer, saat itu juga Ruang ICT itu baru resmi dibuka di Sekolah Kejuruan tempat saya menempa ilmu di bidang Multimedia. 


Kalau dulu, multimedia itu luas memang, makannya saya sendiri sampai terbawa suasana dan buat blog tema gado gado atau campuran.. tetapi kebanyakan berkaitan dengan komputer.

 

Mau tau pelajaran yang saya dapatkan ketika SMK? Desain Grafis Adobe Photoshop, Premiere, Flash, After Effect, Audition, Media Interaktif, TKJ / Jaringan Komputer, Topologi, Perawatan Komputer, Komputer Hardware dan Software, 3D Blender, 3DS MAX, Adobe Direktor, Kameraman, Videografi... itu masih yang kejuruan ya.. hehe

Belum Kewirausahaan, PAI, Matematika, Bahasa Indonesia, Jawa, Inggris, PKN, dan Pelajaran Pelajaran wajib lainnya..

 

Itu belum Kegiatan Ekstrakulikuler ya, macam Rohis, Pramuka Bantara, Prakerin, Jurnalistik... dllll...  Saya pernah Share kok Laporan Prakerin di Blog ini juga..  "Jangan disalahgunakan ya..." buat referensi, tapi sanyangnya udah 10 taun yg lalu..

 

Makannya itulah yang mempengaruhi saya membuat blog yang "tidak nyaman ketika dipaksa satu NICHE" udah coba buat, tapi ujung ujungnya ya.. gado gado... Tapi gak apa lah ya.. 


Waktu itu memang belum ada gadget macam sekarang, hape aja Nokia 3310 yang besar, monokrom ada permainan snake nya.. hehe.. Kalo inget waktu itu rasanya pengen nangis. :)


Kenapa kok saya milih Blogger? ya karena gratis, dan bisa di custom templatenya itu aja alasannya dulu.. Template pertama yang saya pake adalah bertemakan Naruto Sasuke... maklum film itu menemani saya dari dulu.


Menurut saya Blogger ini platform yang konsisten memberikan ruang gratis kepada pengguna, apalagi sekarang antarmukanya keren dan udah responsif.


Bahkan kita sudah bisa nyaman ngedit dan nulis blog pake Smartphone.





2. Wordpress



Jika kamu orangnya simpel dan enggak terlalu rumit, artinya hanya pengen fokus tulisan / fokus nulis aja... Wordpress bisa menjadi tempat yang tepat untuk kamu nge Blog..

Tempat ngeblog Wordpress


Wordpress.com

Sebenarnya wordpress sendiri memiliki versi blog dengan domain wordpress.com dan versi self hosted / hosting sendiri.. jadi lebih ke CMS yang memiliki fitur yang menarik dan banyak di sukai developer web karena kemudahan setup dan kehandalannya. 


Oh iya, sekarang untuk blog dengan domain wordpress.com bisa diarahkan ke domain kita loh, dengan membeli paketnya domainnya langsung dari wordpress.. kemaren pas saya buka.. tak sengaja liat fitur tersebut..




3. Medium



Tempat ngeblog Medium

Medium.com

Medium ini ternyata foundernya juga penemu blogger, Mr. Evan William.

Saya pernah buat curhatannya di Platform Medium https://rahmancyber.medium.com/optimasi-tampilan-mobile-blogger-e3898810261c


Menurut saya Medium itu cocok buat kamu yang memang fokus menulis. Entah kenapa ketika saya mencoba MEDIUM, rasanya seperti kalo mau asal nulis itu ditahan untuk publish... hehe, entah perasaan saya aja.. sepertinya sakral, beda dengan Blog ini.. heher, nulis disini, saya agak bebas.


Saya sih pengennya "Apa adanya sama pengunjung" ya inilah saya.





4. Penzu



Tempat ngeblog Penzu

Penzu.com


Penzu ini seperti journal, jadi disini kamu bisa benar benar membuat blog kamu privat... semacam diary gitu deh kalo kamu suka yang privat privat..




5. Tumblr



Tempat ngeblog Tumblr

 

Tumblr.com

Tumblr ini merupakan platform blog yang cocok banget buat kalian yang memiliki konten utama berupa gambar, entah itu jpg, png maupun animasi gif.. karena di tumblr saya banyak menjumpai hal itu... kumpulan orang orang kreatif.




6. Wattpad

 

Tempat ngeblog Wattpad

 

Wattpad.com


Bagi kalian yang suka nulis cerita, puisi, cerpen.. bisa tuh ngeblog disini.. hehe, kenapa? karena platform ini kumpulan pecinta literasi, jadi sangat tepat jika memang kamu pengen bikin karya tulis seperti NOVEL misalnya.


Bisa juga loh nanti NOVEL kamu dilirik penerbi, akhirnya kamu secara tidak sadar bisa jadi penulis besar.

Tetapi memang kamu juga perlu hati hati diplatform ini. Saya sarankan untuk pintar pintar memfilter agar tidak tenggelam terlalu jauh dalam imajinasi.


Ya, selain kamu menulis, kamu juga bisa membaca karya penulis lain buat referensi, tetapi bukan berarti kamu JIPLAK ya, hal itu merupakan hal yang buruk, karena bisa dengan mudah ketahuan dan bakalan di ekspose ke grup.






7. Kompasiana



Platform Blogging Kompasiana


Kompasiana.com

Tahun 2012 kalo gak salah saya pertama kali daftar di platform ini, waktu itu saya enggak ngeh, padahal kompasiana ini merupakan tempat yang memungkinkan untuk menyisipkan BACKLINK untuk memperkuat DA / PA Blog, karena kita tau Kompasiana memiliki Domain Authority yang tinggi.


Terlepas dari hal itu, platform ini karena bentuknya komunitas, jadi kita bisa mendapat respon yang cepat ketika artikel kita terbitkan.


Kalo ada pengguna yang menyukai artikel kita, mereka bisa melakukan Follow ke akun Kompasiana kita, jadi disini mempunyai dampak bagus, agar seorang penulis dikenali sebagai penulis.


2019 saya coba buka akun saya yang lama, rencana mau saya sisipkan backlink, ternyata gak bisa dibuka T_T , aduhh.. gak bisa deh, niatnya tak sampai.. wkwkwk





8. IDNTIMES COMMUNITY



NGEBLOG DAPET DUIT DI idntimes community





Community.Idntimes.com


Jika kamu nulis IDNTIMES ini kamu bisa dapet bayaran loh, tetapi memang ngeblog disini enggak mudah ya gan / sis, kenapa? karena ada moderasinya.. artinya ada seleksi.. 


Jadi jika artikel kamu lolos seleksi, maka akan nampil di IDNTIMES COMMUNITY... keren keun?

Kelebihannya, disini kamu sembari bisa belajar ngeblog untuk surat kabar.. hehe, banyak sekali aturan yang dapat meningkatkan skill tulisan kamu..  kemungkinan ini bisa jadi portofolio buat adek adek smua yang pengen bekerja di surat kabar.. karena memang moderasinya ketat sih.






Beberapa blog diatas ada yang Gratis, ada yang Berbayar dan ada yang dibayar

*Kecuali yang berbayar, maka jika platform nya tutup ya siap siap untuk backup artikel

Nah.. kalo yang berbayar.. selagi kita masih bisa ngebayar.. maka  blognya akan tetap bertahan




Nah, itulah teman teman beberapa platform yang bisa kalian gunakan buat nge Blog.. Udah coba satu persatu? hehe




Moga bermanfaat.. 




RED. 






Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال