13+ Situs Web Social Media dan Forum Populer n LEGIT ( Branding dan Marketing )

RahmanCyber.NET | Tekno - Lha dalah, apalagi ini... hehe, kalo dulu bahas Social Media itu untuk bersosial, cari teman.. eh maksudnya supaya tetap bisa menjalin pertemanan walau jaraknya jauh..

Tapi di Masa masa yang serba diital di genjot untuk pertumbuhan ekonomi.. maka Topik dengan tagar Marketing Branding menjadi mendadak naik.

Artikel artikel tentang Cara Branding, Cara Marketing, Tips Sukses menjual Produk.. menjadi makanan ringan yang laris manis...

 

Bahkan Platform Sosial Media pun melakukan Ekspansi di dunia bisnis... ehehe, jadi sekarang penggunanya pada bisa buka toko nih di Sosial Media.

 

Sebenarnya tidak ada tolok ukur yang pasti disini bisa sukses atau disana bisa sukses karna suksesnya tiap orang itu relatif, artinya tiap orang itu berbeda beda. 

 

Untuk menjembatani hal itu, nih disini kita list kan beberapa Sosial Media Populer, siapa tau bisa menjadi ladang utama kamu buat BRANDING maupun Marketing, karena memang di luar negeri sana juga banyak memanfaatkan sosial media untuk menjalin komunikasi dengan para fans..

 

Apakah kalian termasuk fan mereka?

 

Yuk Simak Terooosss...

 

 

1. Facebook

 

 

SOSIAL MEDIA FACEBOOK

Facebook yang dulunya menjadi platform untuk microblogging, atau sekedar berbagi cerita dengan teman teman dekat kita di dunia maya, pun sekarang sudah menjelma menjadi sangat besar, dengan ruang lingkup tidak hanya dengan teman teman yang biasa kita kenal di dunia nyata, melainkan yang sebelumnya kamu tidak kenal pun, bisa kenal melalui Grup grup yang ada dan sudah banyak sekali dibuat di Facebook.



Mau Branding? Buka aja Fan Page, disana kamu bisa posting berkenaan dengan Bisnis kamu, sehingga orang tidak harus menjadi temanmu, ia bisa berinteraksi dengan kamu melalui Fanpage, tentunya mereka ingin terhubung dengan Brand mu..



Contoh nyata adalah Fanpage RahmanCyber, disitu saya bisa memposting segala hal tentang Branding yang telah saya buat sejak lama, yaitu "RahmanCyber" tanpa mengganggu teman teman saya di akun facebook personal, karena memang semua orang bebas untuk like atau mengikuti, bergantung pada minat mereka.



Kalau dilihat dari segi branding, ini sangat tepat sekali, karena yang mengikutimu adalah yang benar benar berminat dengan apa yang kamu bagikan, apa yang kamu buat, sehingga postinganmu tidak dianggap spam, karena salah kamar, atau tidak tepat sasaran..



Untuk segi market, pun di facebook ada arena jual beli yang memang disitu kamu bisa menjual barang secara langsung di Fanpage.



Jika ingin ekspansi lebih luas, kamu bisa pakai Ads dari Facebook untuk menjangkau interaksi dan keterlihatan brand yang kamu buat, mengingat, basis data facebook sendiri banyak sekali pengguna aktif.



Tetapi, tentu ada strategi dalam pengiklanan, tidak asal.. sehingga nanti akan mendapatkan interaksi kepada orang yang tepat, dan tentunya kesempatan untuk Closing pun juga lebih tinggi.



 

 

 

2. Twitter

 

 

 

SOSIAL MEDIA TWITTER

 

Bagi perusahaan, twitter ini cocok untuk update informasi terbaru, karena memang singkat padat dan jelas, terlebih kita bisa memakai tagar tagar tertentu untuk melakukan spread informasi...

 

Tetapi tentu saja, jumlah follower aktif akan mempengaruhi penyebaran informasi yang lebih cepat.

 

Artinya dengan kapasitas, kualitas dan tagar informasi yang sama dengan jumlah follower yang berbeda itu, hasil penyebarannya akan berbeda juga.

 

Bagi yang memiliki follower banyak, tentu akan lebih mudah mendapat retweet, maupun interaksi yang meningkatkan engagement.

 

 

 

 

3. Instagram

 

 

 

SOSIAL MEDIA INSTAGRAM

 

Berbeda dengan Twitter dan Facebook, sebenarnya si Instagram ini lebih ke branding Visual. sehingga Photo dan Video sangat berpengaruh untuk menarik minat.

 

Kenyataannya FEED Instagram yang rapi itu mengundang follower dan dapat meningkatkan Trust.

 

Sehingga ini cocok juga sebagai media branding.

 

Jika kamu pengen merambah ke branding sosial media, usahakan untuk mendapatkan merek yang belum pernah didapat orang. Jika anda memesan konsultan, tentu konsultan anda paham akan hal ini. Tidak asal asalan membuat merek.

 

Jangan sampai ada sengketa dengan merek lain, atau mendzolimi merek orang lain.

 

 

 

4. Linkedin

 

 

 

MEDIA SOSIAL LINKEDIN

 

 

Bagi kalangan perusahaan, branding di Linkedin juga menjadi salah satu untuk meningkatkan trust didalam dunia marketing.

 

Kenapa, tentu setiap perusahaan memiliki karyawan, dengan perusahaan membuat halaman khusus perusahaan di Linkedin, hal ini akan dijadikan tautan bagi karyawan yang bekerja di perusahaan anda, dan tentu bagi kalangan professional, hal ini akan menjadi pertimbangan untuk bekerja sama dengan perusahaan anda.

 

 

5. Telegram

 

 

TELEGRAM

 

Telegram ini sebenarnya di dunia marketing, bisa dijadikan sebagai tempat untuk soft selling, ataupun berinteraksi secara realtime dengan pelanggan kita. Sehingga ini memberikan efek bahwa pelanggan kita merasa dihargai.


Ini juga bisa menjadi tempat diskusi yang tepat untuk menerima masukan dari pelanggan terhadap produk - produk kita.


 

 

6. Pinterest

 

 

 

Sosial Media Kreatif Pinterest

 

Sesuai dengan namanya, di sosial media ini banyak sekali orang yang memposting hal yang kreatif. Jika perusahaan anda bergerak dibidang Kreatif, misalnya Arsitektur, Painting, Dekorasi dan lainnya yang lebih menjurus ke arah kreatif.

 

Pinterest ini cocok untuk membagikan contoh produk yang anda tawarkan, dan ini menjadi media yang tepat untuk model marketing atau branding secara langsung by product.

 

 

7. Whatsapp

 

 

 

whatsapp

 

 Whatsapp lebih kearah komunikasi ya gan, jadi mirip dengan telegram untuk penjelasannya.

 

 

8. Quora

 

 

 

Quora forum pengetahuan

 

Quora tidak cocok untuk Jualan, Bahkan untuk Marketing... lalu kenapa dimasukkan dalam list? 

 

karena Quora itu adalah sebenarnya adalah tempat untuk berbagi ilmu pengetahuan ya gan.. tetapi dengan itu, orang bisa tahu.. Siapa Anda, Seperti apa Anda.. dan tidak menutup kemungkinan, penggunanya bisa KEPOIN usaha kamu di Planet lain.. :)

 

 

9. Youtube

 

 

 

Youtube

 

Kalo youtube ini memang saya lihat, banyak perusahaan sekarang punya akun marketing sendiri, dengan menjadikan Youtube sebagai media untuk Soft Selling...Biasanya ini digunakan untuk menggaet komunitas.

 

Misalnya sih perusahaan anda menjual peralatan Camping atau Pecinta Alam, tentu anda bisa membuat VLOG tentang itu... 

 

 

Walau sebenarnya, anda bisa bekerja sama dengan VLOGGER VLOGGER di bidang yang tepat. Misal dalam hal ini adalah Pecinta Alam, berarti sasaran anda adalah VLOGGER Pecinta Alam yang sering naik GUNUNG.

 


Selain itu, anda juga bisa bekerja sama untuk memasang iklan di Youtube untuk menaikkan keterlihatan Brand Anda.


 

10. Tumblr 



Tumblr Bersosial

Bagi seorang ilustrator atau yang bergerak dibidang visual, tentu tak asing dengan Tumblr! yup, ini platform yuang cocok untuk branding anda, terlebih untuk memajang dan memperlihatkan karya anda.

 

Sehingga anda bisa menjual sesuatu, atau memperkenalkan produk kreatif anda, sehingga anda memiliki personal branding yang kuat di bidang anda.




11. Reddit

 

 

 

 

Cara akses Reddit diblok

 

Reddit ini lebih ke forum sih, sebagai marketing.. ini tempat yang tepat juga untuk soft selling dan melihat trending.

 

Sehingga, cocok juga sebagai bahan inovasi produk. Terlebih jika produk anda sasarannya adalah luar negeri.

 

Tapi sayangnya Reddit ini di Blokir.  :)


 


12. Medium

 

 

 

Medium bersosial

 

Jika target market anda di luar negeri, maka MEDIUM ini cocok untuk memperkenalkan perusahaan anda, tetapi tidak secara langsung, anda bisa memperkenalkannya dengan membagikan artikel artikel yang memiliki nilai manfaat, terlebih berkaitan dengan Brand anda.

 

Anda bisa melibatkan tokoh tokoh medium yang anda pilih untuk meningkatkan engagement terhadap brand anda di MEDIUM.

 

Medium ini sangat tidak cocok untuk HARD SELLING.

 

 

13. Kaskus 



Kaskus forum





Itulah beberapa Sosial Media yang Cukup Populer dengan Masing Masing Basis Penggunanya, tiap platform memiliki ciri khasnya masing masing. Ini beberapa tips dari saya.




Tips Branding Sosial Media




1. Hindari Nyepam

 

Nah ini, Jangan sampai di cap tukang nyepam ya.. karena beneran bisa ngancurin BRANDING, merusak Merek yang kamu bangun.



2. Personal Branding

 

Branding itu bukan melulu tentang perusahaan nawarin produk loh ya, tapi Personal Branding juga, beberapa forum / sosial media diatas ada juga yang merupakan tempat buat membangun citra / image personal melalui tulisan tulisan. Ada juga Platform sosial media / forum yang memang untuk personal yang real, alian bukan akun perusahaan!


Dengan hal itu, mereka bisa dikenal banyak orang dan kalo udah gitu "Marketing" bakalan ngalir... ya hal ini sama hal nya dengan K-POP , J-POP dan Band band lainnya kali ya.. pertama emang personal brandingnya dibangun dulu, kalo udah dapet basisnya ya udah enak..

 

Nah tapi kalo udah gitu, semakin tinggi, semakin perlu hati hati.. kenapa?

 

Contoh konkrit adalah Artis dengan Fans nya, mungkin tidak semua tapi ada orang yang apa aja yang di omongin artis, statement apa aja itu diikuti..

 

Kalo contoh itu baikya baik, kalo buruk ya buruk, dan biasanya itu akan mempengaruhi karir kedepan, karena semakin terkenal, semakin banyak hal yang di cari tahu oleh publik..

 

Untuk saya enggak terkenal... hehe, kalo terkenal.. tolong ya, jangan apa apa yang saya katakan ditelan mentah mentah... "saya gak mau nanggung pokoknya! titik! " saring dulu lah, yang baik dan buruk.. kalian punya pendirian! jangan ngikut apa aja yang saya katakan.. kalo baik silahkan dicontoh, kalo kebetulan buruk yang saya tidak menyadarinya, tolong saya diingatkan dan pokoknya yang buruk jangan dicontoh.. oke!




3. Aktiflah Secara Normal bukan Kayak Mesin

 

Artinya, kamu itu manusia, bukan mesin auto bot.. hehe, yang cuman ngomentarin pakek template.. hehe, ambillah sisi kemanusiaannya.. komentar layaknya manusia.. bukan robot auto like... :D

 

Karena biasanya hal ini lebih dihargai di forum.




4. Hati hatilah bersikap

 

Ya, ada banyak sosial media, tiap sosial media punya ciri khasnya masing masing, janmgan sampai kau praktekkan cara sosial media satu ke sosial media lainnya.. bisa kena damprat!

 

hehe, misalnya teknik promosi blak blakan kok ditaruh di media forum yang mengedepankan ilmu pengetahuan.. ya di geguyu pithik... 



5. Jangan jepret!

 

Ya, jangan asal ambil screenshot tanpa seizin author, TS atau pembuat bahasan untuk dilempar ke Medsos lain dengan tujuan agar banyak trafik dan dapat cuan! waduh, jika itu postingan global atau enggak berbahaya sih enggak apa apa, tapi kalo ternyata malah menimbulkan kontroversi..

 

Malah bisa menghancurkan BRANDING! jadi orang mulai enggak percaya kredibilitas kita. Kalau diselesaikan secara damai sih enggak masalah, coba kalau dibawa ke ranah hukum... waduh bahaya..

 

Maka kita perlu berhati hati ya...

 

 

6. Tempatkan pada tempat yang tepat

 

Pilihlah tempat yang tepat, fitur yang tepat dan pelajari market yang ada di platform sosial media tersebut, jika tidak memungkinkan marketing secara langsung, kamu bisa melakukan marketing secara tak langsung alias PERSONAL BRANDING.. hehe



7. Jika tidak boleh Promosi di Grup atau Forum, Jangan Promosi!

 

Ini dia berlaku di forum grup ya, jadi kalo adminnya udah bilang jangan promosi ya jangan promosi..disitu kamu bisa kok nerapin teknik marketing tidak langsung... kamu bisa aktif jawab pertanyaan.. tapi yang jelas "PROMOSI di FORUM yang memiliki Minat yang sama itu Useless" artinya udah kamu cari partner aja disitu.. kecuali jika produkmu adalah Tutorial atau pembelajaran... hehe

 




Nah itu beberapa tipsnya,




Penutup Pembahasan


Nah itu sebearnya merupakan beberapa hal yang saya pelajari dan amati ketika bersosial di beberapa sosial media dan forum. Karena nyatanya Teknik marketing di Sosial Media dan Branding itu bukanlah urusan yang mudah, kalo salah langkah bisa bisa malah menjadi boomerang dan menghancurkan branding yang telah kita bentuk susah payah.





Semoga Bermanfaat...



Jya..




F.N.A-RED



 

Jika Referensi, Harap Cantumkan Sumber. Thanks.

 

 


Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال