Kumpulan Channel Pendidikan Keren ( Populer ) di Youtube

RahmanCyber.NET | Pendidikan - Youtube saat ini menjadi platfom berbagi video yang populer,  Siapa sangka, youtube ini dulunya dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal yaitu  Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim pada 2005 silam, waktu itu saya masih SMP mungkin yah.. hehe dan Situs RahmanCyber ini juga masih belum terbayangkan.

 

Hurley saat itu belajar desain di Indiana University of Pennsylvania, sementara Chen dan Karim belajar ilmu komputer di University of Illinois at Urbana-Champaign.   

 

Youtube ini akhirnya diakuisisi Google pada bulan oktober 2006 dengan nilai yang fantastis yaitu $1,65 Milliar - Sumber : Wikipedia.


Saat ini platform ini sedang di gandrungi banyak orang, semua berlomba lomba untuk membuat channel dengan traffic yang tinggi, ada yang memang pure untuk berbagi ilmu, dan kesenangan hobi atau aktivitas vlog apapun, ada yang tujuannya mencari uang ( karena kita tahu di Youtube ada sistem monetisasi yang tergabung dalam Adsense ), ada yang ingin membangun personal branding, dan ada yang semuanya.. 

 

 

channel youtube pendidikan

 

 

 ( tapi kemungkinan besar memang tujuannya kebanyakan mencangkup semua kriteria tersebut..) hehe, mungkin awalnya iseng iseng atau tujuannya berbagi ilmu atau share video untuk hobi, tapi lama kelamaan ketika melihat peluang..entah itu trafficnya bagus, ratensinya tinggi, dan attensinya lumayan banyak, jadi sambil menyelam minum air..

 

Kebanyakan youtuber yang berawal dari Hobi banyak yang cepat naik, ketimbang yang tujuannya Money.. Walaupun ada yang naik habis itu langsung tenggelam.. tapi ya.. tak bisa dipungkiri lagi, di youtube kamu bisa menyalurkan bakat dan minat kamu dan memperlihatkan kepada dunia kemampuan kamu.


Tak bisa dipungkiri lagi, semakin tinggi ke populeran suatu platform, pasti banyak sekali pemain pemain baru berdatangan, dengan beragam konten yang ditwarkan. 


Kali ini kita merangkumkan beberapa Channel Pendidikan yang kita pilihkan untuk teman teman sebagai penambah wawasan pengetahuan. 


Beberapa Channel ini merupakan Channel yang sudah kita kurasi, jadi tidak semua channel pendidikan masuk. Oh iya peletakan urutan channel bukan berarti yang itu perangkingan ya, melainkan secara random.



1. Kok Bisa?

 

Artikel : 14 Desember 2020

 

Sebenarnya udah lama saya ingi buat list dan memasukkan channel ini, karena memang ini channel  pengetahuan dengan infografis beranimasi dan narasi yang mudah dipahami, pertama kali saya liat channel ini sekitar 2017 an, dan sekarang sudah 2 jutaan lebih subscriber.

 

channel kok bisa?

 

 

Channel yang konsisten menurut saya pribadi





Channel kok bisa? ini udah bergabung di Youtube sejak 15 Juni 2015 dilihat dari halaman about atau tentang channel, dengan jumlah view yang sangat tinggi udah mencapai 266.063.997 x ditonton.



2. Quipper Indonesia


Artikel : 14 Desember 2020 

 

Channel ini berisikan berbagai materi pembelajaran, ada bahasa inggris, biologi, fisika dan masih banyak materi lainnya yang disampaikan tidak hanya konten penyampaian materi saja melainkan juga latihan soal.

 

Quipper youtube

 

Saat artikel ini ditulis, Quipper Indonesia udah memiliki 467 rb Subscriber dengan 61.092.673 x ditonton. 

 


 


3. Kamu Harus Tau - KHT!

 

Artikel : 14 Desember 2020  

 

Ini merupakan channel yang berisi pengetahuan juga yang disampaikan dengan menggunakan infografis beranimasi dengan sulih suara. 

 

kamu harus tahu

Konsepnya sih serupa seperti channel Kok Bisa, tapi perbedaannya disini ada karakter joni yang selalu ingin tahu. Kreatif memang.

 


Saat kita memuat artikel ini, Kamu Harus Tahu sudah memiliki 92,4rb Subscriber dengan 2.095.794 x ditonton.



4. Yufid EDU


Artikel : 14 Desember 2020 

 

Yufid EDU ini menyajikan video pendidikan islam ( seperti belajar Iqra', belajar Shorof bahasa arab,) dan pengetahuan sains ( Matematika, fisika, kimia, biologi )


yufidedu




Saat kita memuat artikel ini, tercatat Yufid Edu sudah mencapai 218rb Subscriber dengan 14.454.957 x ditonton 



5. Ayo Mikir


Artikel : 14 Desember 2020 


Merupakan channel edukasi yang menekankan pada pembelajaran mengenai sains modern mulai dari fisika, astronomi hingga psikologi. 

 

ayo mikir

Saat artikel ini di muat, Ayo Mikir sudah memiliki 111rb Subscriber dengan 5.217.651 x ditonton

 



6. Kenapa? [ ARSYPEDIA ]


Artikel : 14 Desember 2020 


Kenapa? Channel ini sebelumnya adalah Arsypedia, tetapi berganti nama menjadi Kenapa? , Channel ini banyak memuat konten edukasi pengetahuan yang dikolaborasikan dengan hiburan, humor  yang dikemas dengan animasi 2D. 


Silahkan di Kepoin...



Sejak artikel ini diketik, Channel Youtube Kenapa? sudah memiliki 71,6rb Subscriber dengan 13.057.798 x ditonton.



7. Hujan Tanda Tanya


Artikel : 14 Desember 2020 


Hujan Tanda Tanya ini merupakan channel yang membahas seputar pemikiran sains, teknologi dan masyarakat dan beberapa pertanyaan pertanyaan yang random.

Semua itu dikemas secara ringan untuk mudah dipahami.




Ketika artikel ini diketik, Hujan Tanda Tanya sudah mencapai 442rb Subscriber dengan 14.570.015 x ditonton






Nah itulah beberapa Update untuk Pilihan Channel Youtube Pendidikan yang dapat menambah pengetahuan dan mengasah pemikiran kamu. Kira kira mana nih yang paling favorit menurut kalian? 

 

atau kalian punya channel tambahan yang materinya bagus tapi belum dimuat di daftar ini? bisa kalian sematkan di kotak komentar ya.. ^_^




Semoga Bermanfaat.





A.Ks -RED


 



Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال