RahmanCyber NET!

Switch!

Boxed Style

Favorite Post Style

Post Layout

MY STORE


11/21/2020

Apa saja Kelebihan dan Kekurangan Merakit Komputer Sendiri

RahmanCyber.NET | Tekno - Hello sobat Tekno merakit PC merupakan pekerjaan yang mudah-mudah susah kenapa karena selain Kita harus teliti tentang komponen yang akan kita pasang, maka kita juga perlu teliti harga dari komponen tersebut sehingga akan bisa menyesuaikan dengan budget yang kita miliki. Kenapa mudah? Karena jika kalian mau mengakses YouTube atau blog lewat mesin pencari, 

 

atau berbagai sumber lainnya sekarang mudah didapatkan, sehingga kalian tinggal mempraktekkan saja untuk merakit PC sendiri. Karena dengan merakit PC sendiri Kita bisa menentukan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan kita, dan dan bisa jadi fisik kita menjadi lebih unik ketimbang isi orang lain. 

 

Tetapi kendalanya adalah muncul pertanyaan, Apakah komponen yang kita beli itu sudah sesuai satu sama lain karena jika tidak sesuai maka akan terjadi kegagalan dalam perakitan komputer sehingga komputer tidak bisa menyala dengan normal.  Misalnya saja memilih motherboard dan processor, jika terjadi perbedaan socket, atau tempat dudukan prosesor yang ada di motherboard, maka akan menyebabkan processor tidak bisa dipasang pada motherboard.

 

 

cpu

 

 

Ada  Beberapa kelebihan dan kekurangan ketika kita merakit PC sendiri, akan kita coba jelaskan satu persatu dimulai dari kelebihannya terlebih dahulu.

 

Kelebihan Merakit Komputer Sendiri

 

1. Merakit PC Sendiri jauh lebih Murah

 

Ya  tentu saja merakit PC Sendiri jauh lebih murah karena sudah dipangkas untuk biaya perakitan PC itu sendiri, di samping itu kita juga bisa menentukan komponen-komponen sesuai dengan budget yang kita miliki sehingga, kita bisa mendapatkan PC sesuai dengan yang kita inginkan dengan budget yang sesuai dengan kantong kita. Walaupun kita juga bisa melakukan Cicil mencicil komponen, 

 

Misalnya saja ketika ada komponen isi tertentu misalnya motherboard yang sedang promo di toko online atau di toko offline, kita bisa membelinya terlebih dahulu, sehingga itu akan sangat memangkas biaya pengeluaran.

 

 

2. Lebih Puas

 

Hal ini sama halnya dengan ketika kita melakukan aduh Sama halnya ketika kita melakukan ujian SEKOLAH dan kita menyelesaikan soal ujian dengan kemampuan kita sendiri. Rasanya akan jauh lebih memuaskan karena itu yang membuat adalah kita sendiri walaupun untuk komponennya kita beli satu persatu dan kita hanya merakit nya saja tetapi saya rasa ada ada kepuasan tersendiri untuk itu.



3. Perangkat Bisa di cicil

 

Dengan merakit dengan merakit PC sendiri maka kita akan bisa melakukan pembelian secara bertahap pembelian komponen komputernya, misalnya kita bisa menyesuaikan dengan adanya promo atau tinggi rendahnya harga harga di toko,  kalau sekarang kita bisa kita bisa melakukan cek harga komponen komputer di toko o online sehingga kita bisa menentukan Kapan kita akan membelinya, Biasanya kalau saya sendiri menyesuaikan dengan event-event tertentu yang diadakan toko online sendiri 

 

misalnya 10 10, 11 11 atau pas ada diskon... 



4. Kita jadi terbiasa merawat komputer sendiri 

 

karena kita yang merakitnya sendiri, maka kita pun juga memahami seluk-beluk dari PC yang telah Kita rakit itu, sehingga kita bisa terbiasa untuk merawatnya. Karena bisa jadi karena kita membuat desain atau kita merakit isi dengan desain kita sendiri, maka itu akan membuat semangat untuk kita dalam merawat komputer jika terjadi trouble kedepannya titik berbeda dengan kalau kita beli PC nya sudah jadi, 

 

maka kita biasanya akan mengandalkan jasa service komputer karena merasa takut kalau semisal ada hal yang membuat komponen, atau komputer malah konslet, sehingga cenderung lebih baik mengeluarkan uang ke tukang service. Tetapi kalau saya sendiri lebih suka merawat komputer Punya saya sendiri karena itu jauh lebih murah karena hanya butuh segelas kopi, ya Sambil beberapa makanan ya.







Apa kekurangan ngerakit pc sendiri?


Ini merupakan kekurangan, atau bisa dibilang kelemahan ketika kalian ngerakit PC Sendiri..




1.  Rakit PC sendiri itu itu Terkadang Melelahkan

 

Ada beberapa ada beberapa komponen yang kita perlu ketelitian, Biasanya berupa PIN kabel yang kecil yang ditancapkan ke motherboard sebagai penghubung antara casing dengan motherboard Iya terutama daya listrik, hal itu kadang membuat kita menjadi lelah, karena kalau misalnya kita memasangnya salah maka akan terjadi error, atau malah bisa menjadi konsleting yang menyebabkan Perangkat tidak bisa digunakan, sehingga memang merakit PC sendiri itu resiko


2.  Membutuhkan Waktu yang Lama

 

Hal ini terjadi ketika kalian melakukan pembelian perangkat PC yang akan kalian rakit secara bertahap, atau menyesuaikan potongan harga atau diskon di toko, sehingga perakitannya lebih lama walaupun kalian akan mendapatkan harga yang paling murah.


3. Perlu pengetahuan dibidang komputer

Ya, karna ini bukanlah murah hardwarenya, sehingga gak mau kan hardware rusak akibat salah pasang, atau bahkam yang terburuk konslet.. bahaya kan.. sehingga setidqknya perlu pengetahuan dibidang komputer software dan hardware. Makannya untuk jasa service komputer itu juga resiko. Jadi kalau tidak yakin, kaliam bisa memanfaatkan jasa service komputer.







Nah dari berbagai faktor diatas kalianlah yang menentukan. 


Oke sekian untuk pembahasan kita kali ini tentang Kelebihan dan Kekurangan Merakit Komputer Sendiri... lalui Bagaimana Sih Merakit Komputer PC Sendiri dan Apa Aja Komponen dan alat yang dibutuhkan?

 

 




Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Harap Jangan Nyepam ya... ^_^

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only