RahmanCyber NET!

Switch!

Boxed Style

Favorite Post Style

Post Layout

MY STORE


11/21/2020

7 Prinsip dari Pengalaman Pribadi dalam Menjalin Hubungan dan Berkomunikasi

RahmanCyber.NET | Kehidupan - Sekai! Dunia! World! atau apalah itu namanya.. kita semua sekarang ini ada di dunia. Ingatlah bahwa kenyataan Setiap orang itu adalah aktor itu nyata adanya. Mereka adalah Aktor untuk kehidupan mereka sendiri.

 

komunikasi

 

 

 

Bagaimana mereka bersikap, bagaimana mereka menjalani kehidupan, mereka sendirilah.. eh kita sendirilah yang menentukan. Kenapa saya bisa menyimpulkan hal semacam itu.. karena pengalaman.

 

Semuanya karena pengalaman, berbagai hal yang dilalui yang disesali maupun tidak bercampur menjadi satu sebagai pengalaman, kenapa? karena tentu kita tak akan bisa mengulang untuk kembali ke masa lalu dan memperbaiki apa yang kita anggap sekarang sebuah kesalahan.

 

Karena tentu kita mungkin sadar atau tidak waktu itu yang jelas, sekaranglah kita menarik sebuah kesimpulan untuk apa yang telah kita jalani.

 

Sobat, Pada postingan kali ini saya akan menitik beratkan pada pengalaman berhubungan atau berkomunikasi dengan orang lain... ya belajar dari kesalahan dan ampak yang ditimbulkan, yang terkadang bisa menjadi dampak jangka panjang.

 

Saya mencoba merangkumnya disini... di Rubrik RahmanCyber Kehidupan, yang membahas tentang berbagai hal tentang kehidupan atau bahasa kerennya dalam bahasa inggris adalah "LIFE".

 

 

1. Ketika sedang bersama temanmu, jagalah lisanmu

 

Artinya ketika kamu sedang bersama temanmu, ingatlah.. apa yang kau ucap akan menjadi sebuah memori yang tersimpan didalam benaknya yang menumbuhkan karaktermu dalam pikirannya. Dan terkadang hal itu akan mempengaruhi caranya bersikap denganmu. 

 

Ada nasehat bahwa, jika kita tidak bisa berkata baik, lebih baik diamlah... dan itu hal yang benar.. 

 


2. Ketika sedang dalam masalah, jagalah emosimu

 

Biasanya orang yang sedang dalam masalah itu akan sulit sekali mengontrol emosi, bahkan tidak niat menyinggungpun akan menjadi masalah, tapi ingatlah dengan tidak mengontrol emosi itu malah kamu akan mendapatkan masalah baru. Bahkan akan lebih rumit.

Bayangkan jika kamu berumah tangga, sedang ada masalah, dan kamu emosian, maka itu benar benar menambah aura yang tidak mengenakkan. Jadi jika dalam masalah jagalah emosimu, jangan lampiaskan ke orang lain yang mungkin itu tidak bersalah.. atau jika kamu seorang suami.. 

Apapun masalah yang sedang kamu hadapi.. yang ada didepan kamu itu adalah istrimu, seorang yang telah kamu pilih.



3. Jika sedang berada dalam kelompok, jagalah tingkah lakumu

 

Sebenarnya hal ini relevan juga dengan jawaban yang ada di poin pertama, tetapi disini lebih menyeluruh terhadap tingkah laku.

Berhati hatilah.. karena didalam sebuah kelompok itu ada banyak sekali kepribadian yang berbeda beda, jadi yang penting Jaga lisan, jangan memancing emosi.. karena tidak semua orang bisa tahan dipancing...

Tiap orang memiliki level dan tingkatan berbeda beda dalam menanggapi suatu hal.. jadi.. lebih aman " Jika tidak ada yang penting.. lebih baik diam" 



4. Jika didalam kelompok, Jangan Mengintimidasi Seseorang Untuk Mentraktir Kamu

 

Ya, kita tidak pernah tahu kondisi keuangan seseorang yang sebenarnya. Mungkin tampak dari luar tidak ada masalah tetapi ternyata ia menyembunyikan.

Karena ketika berada didalam kelompok, hal itu akan membuatnya malu... ingat tiap orang memiliki level dalam menangani hal tertentu, jadi jikalaupun kamu hanya bergurau, perhatikan dulu, seberapa dekat kamu dengannya dan tau kepribadiannya.. dan Bagaimana ia menyikapi gurauan.. apakah serius ataukah juga larut dalam gurauan.

 


5. Jangan Menolak di Traktir jika kamu berada di dalam kelompok

 

Bagi sebagian orang, untuk memberi kepada orang lain itu benar benar menguras tenaga.. mungkin takut akan ditolak atau takut jika diabaikan... jadi hargailah teman yang tiba tiba mentraktir kalian, jangan ditolak, karena itu mungkin akan menyakiti hatinya, 

Ingat semakin kuat rasa saling memberi pada sebuah kelompok itu juga akan mempererat tali persaudaraan didalam kelompok tersebut.. jadi salinglah memberi dan diberi.. "Jangan di Tolak" tetapi dengan catatan : Ia mentraktir makanan atau minuman atau barang yang Baik atau Halal untuk di konsumsi.. Jika tidak "Kamu Harus Menolak" daripada kamu terjerumus, karena setitik keburukan itu melahirkan keburukan lain yang lebih besar dampaknya dimasa mendatang..



6. Jika kamu tidak menyukai topik yang dibicarakan dalam Grup Chat, lebih baik diam

 

Artinya jika didalam grup bercandanya sudah kelewatan, dan kamu enggak suka, lebih baik diam, enggak usah menanggapi.. 



7. Berhati hatilah dengan Hutang, saudaraku...

 

Hutang Piutang itu kadang bisa meretakkan sebuah hubungan, maka berhati hatilah.. jangan memberi hutang kepada teman, sahabat, kerabat jika kamu tidak memiliki keuangan yang stabil, karena jika ternyata ia tidak menepati janji.. hal itu akan membuatmu kecewa.

 

Berikanlah mereka hutang, jika kamu yakin keuanganmu stabil dan jika ia tidak menepati janji.. kamu bisa mengikhlaskan.

Karena jika salah satu merasa kecewa, hal itu akan membuat retak sebuah hubungan.


Nah.. itulah 7 Prinsip yang saya rangkum dari pengalaman pribadi.

Jika ada yang kurang berkenan mohon dimaafkan, silahkan saring yang kiranya baik untuk kamu ya.. sebagai generasi milenial, kita harus pintar menyaring informasi yang sudah enggak terkontrol berceceran dimana mana.. kita harus cerdas! menghadapi era globalisasi.. jangan semua ditelan mentah mentah layaknya ORANG TAK BERPRINSIP!



Moga Bermanfaat..

Mohon Sertakan sumber jika mau mengambil pembahasan ini sebagai referensi.. thx.




Salam Sampai Jumpa di Postingan pada Rubrik Kehidupan di RahmanCyber NET lainnya..



Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Harap Jangan Nyepam ya... ^_^

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only