Kenapa tidak bisa Aktivasi Kartu SIM by-U, padahal sudah sesuai petunjuk?

RahmanCyber.NET | Internet - by.U merupakan salah satu provider internet yang saat ini sedang digandrungi, terlebih untuk kalangan anak anak muda yang eksis di jagat internet. Selain berada di jaringan 4G LTE Telkomsel, by-U ini sendiri juga memiliki banyak keunggulan yang menjadi daya tariknya yaitu adanya Toping... jadi kita bisa pilih kuota untuk aplikasi tertentu, misalnya
kalian sering buka youtube atau mantengin kanal Youtube RahmanCyber NET, hehe.. kalian bisa beli kuota khusus untuk nonton Youtube aja.

 

{getToc} $title={Table of Contents}



Disamping itu promo dengan julukan "Cuan" entahlah itu yang saya amati ya, karena tiap promo ada Cuan nya.. hehe.. lumayan menggoda juga bagi pengguna internet yang tidak bisa pasang internet kabel seperti saya.. jadi harus pinter pinter loncat sana loncat sini cari promo.. ehehe.

kalian bisa cek sendiri lebih lengkapnya ke sumbernya ya di https://www.byu.id/


by-U



Latar Belakang


Nah beberapa hari yang lalu aku di kasih tau ama temen sekantor perihal by-U , sebenarnya waktu itu juga nyelenting kalo koneksi internet di daerah saya agak gimana gitu dan sekarang jadi boros kuota akibat dari seringnya berseluncur di internet memakai PC atau Desktop.



Beda Akses Internet di PC Desktop atau Laptop dengan di Smartphone atau Tablet

 

Tak bisa dipungkiri lagi keduanya berbeda.. katakanlah kalo di smartphone 25 GB itu cukup lah buat sebulan kalo saya.. tetapi ternyata jika di PC itu enggak cukup... makannya dulu saya sebenarnya pernah ada niat pasang internet kabel disalah satu penyedia, karena beberapa tetangga saya pada pasang.. eh ternyata berkali kali hubungin "gak bisa" dengan alasan jalur penuh.. kalo dihitung udah 3x dengan jarak sebulanan,  Yo Wes lah.. mungkin belum rejekinya.. atau sang Pencipta sedang menyelamatkan saya dari sesuatu.. Wallahu'alam.. yang jelas udah lah ikhlas dan udah males saya hubungin lagi. Kalopun entar ada.. ya untuk provider lain akan saya pertimbangkan..


Yang jelas saya disini memanfaatkan MIFI saya yang masih tinggal Mifi MOVIMAX MV003 karena kartu bawaannya udah HANGUS... hehe, untuk bisa di Upgrade All Operator.. jadi bisa bebas cari yang mana yang murah.. jadi saya lebih fleksibel..

dan ternyata ketika saya sering pakai PC Desktop, Kuotanya jadi cepet habis.. jadi saya bisa perkirakan kurang lebih dalam sebulan untuk akses ke PC saya butuh 150GB.

Dan itu Pas, jadi saya ada 1 kartu yang wajib isi.. hehe karna pasca bayar dan itu kartu utama, dulu saya beralih karna kartu Hangus juga, jadi terpaksa pasca bayar. Satunya lagi adalah kartu bisnis juga.

Dan yang baru ini saya coba kartu by-U.



Kenapa pilih by-U?

 

Kalo saya sendiri karena kepincut promonya, jadi pas sore hari tiba tiba ada promo di websitenya beli kartu by-U 25GB untuk 30 Hari, pengiriman gratis seharga 50rb... Wow..

Sayapun langsung buat akun dan pesan..

Pemesanannya pun serba digital, jadi enak.. tinggal pilih paketnya, pilih nomornya ( saat itu aku pilih dengan preferensi 4 angka yang saya sukai 7979..  ), setelah itu saya isi alamat pengiriman dan pilihan pembayaran.. aku pun pakai Mandiri Online.. dengan Pembayaran Multipayment ke Finnet sesuai dengan Nomor Virtual yang diberikan sesuai instruksi pembayaran.

Oke transaksi sukses dan tinggal tunggu Kartu di antar.

3 Hari setelahnya... akhirnya dateng juga tepat dihari minggu 22 Nov 2020. 

Langkah selanjutnya adalah Aktivasi by-U.



Aktivasi by-U


Berbekal info yang saya dapatkan melalui websitenya by-U, kita perlu download aplikasinya dulu, setelah itu masukkan kartu ke tablet atau smartphone dengan catatan sebagai berikut :

- Sim Card by-U ditempatkan di sim Utama dan nyalakan akses Internet... ( nah ternyata benar kartunya sudah bisa dibuat untuk internetan ternyata.. cuman belum diaktivasi dan ini masih lelet koneksinya..) jadi perlu aktivasi dulu

- Matikan Wifi yang terhubung ke smartphone yang akan digunakan untuk aktivasi

- Aktivasi kartu hanya bisa melalui Aplikasi By-U aja, jadi kita tidak bisa pakai SMS atau USSD

 

Kalo Instruksi di Website by-U nya seperti ini :


step 01 Masukkan SIM card by.U ke HP kamu

Pastiin kamu registrasi dengan menggunakan aplikasi by.U yang berada di handphone yang sama dengan SIM card nya

step 02 Pastikan internet HP terhubung ke by.U

Pastikan kamu sudah mematikan jaringan Wifi dan/atau jaringan selular SIM card ke 2 ya (jika ada)

step 03 Buka aplikasi kamu dan klik “Aktifkan SIM Card”

Ikutin proses cara melakukan registrasi dan aktivasi SIM card yang ada di aplikasi ya!

step 04 Masukkan nomor NIK/KTP dan KK kamu

Silahkan cek NIK di kolom NIK di kartu keluarga atau di KTP kamu ya. Pastiin data yang dimasukkan sudah benar

step 05 Yeay, registrasi dan aktivasi SIM card kamu berhasil!

Sekarang, kamu udah bisa menikmati seluruh layanan by.U semuanya semaunya :)

 

Untuk tampilan infografisnya, bisa kalian lihat di website resminya langsung https://www.byu.id/id/aktivasi

 

Tetapi ternyata GAGAL TERUS di STEP 03.

Yup, semua sudah saya lakukan sesuai instruksi yang diberikan, dan ketika aplikasi dibuka, adanya malah "DAPATKAN SIM" dan Login.

Saya pun coba login pakai kartu by-u, Gagal terus dan tidak bisa, coba deh saya Login pakai Google.

Bisa masuk tetapi enggak ada tombol "AKTIFKAN SIM CARD"

Saya pun beralih dari device satu ke device lainnya dengan cara yang sama.. dan ternyata juga GAGAL...

Stuck di STEP 03.


Lalu saya pun hubungin by-U di Instagram melalui DM, karena malam, saya agak ragu akan langsung dijawab.. saya bertanya kenapa kartu saya tidak bisa di aktivasi? dan belum ada jawabanyya dong.. hehe

Saya positif thinking.. karena udah malam..

lalu


Saya pun Merenung...


Sekejap...


Tiba tiba ada pencerahan.. saya terpikirkan begini ...

Pas saya beli kartu by-U ini saya daftar akun dulu, dan waktu itu saya ingat pake FACEBOOK daftarnya.. lahhh..

langsung setelah dapet wejangan itu.. saya pun bergegas untuk Login FACEBOOK Apps saya pake akun yang saya gunakan buat daftar..

Jreng jrengg... saya buka Aplikasi BY U nya dengan koneksinya masih menggunakan koneksi by U, bukan wifi.

dan ternyata enggak langsung redirect ke aplikasi facebook, melainkan ke browser minta login facebook...  alahay...

Masukin Username dan Password.. setelah itu dari browser langsung redirect ke Aplikasi By-U...


dan Muncullah nama saya disitu dan ada tombol "Aktifkan Sim Card" astaga.. ternyata seperti ini..

Saya pun lolos di step yang ke 3..

untuk selanjutnya menyesuaikan sesuai arahan..

 

step 04 Masukkan nomor NIK/KTP dan KK kamu

Silahkan cek NIK di kolom NIK di kartu keluarga atau di KTP kamu ya. Pastiin data yang dimasukkan sudah benar

 

Setelah step 04, saya nunggu agak lama, karena kartu sedang di aktivasi, dan terlihat sinyal datanya mati hidup mati hidup... sampai suatu ketika udah suksessss...



step 05 Yeay, registrasi dan aktivasi SIM card kamu berhasil!

Sekarang, kamu udah bisa menikmati seluruh layanan by.U semuanya semaunya :)

 

 

Kesimpulan

 

Nah jadi penyebabnya kenapa gagal terus... karena loginnya tidak sesuai dengan Akun yang kita daftar buat beli kartu by-U nya...

Pantesan gagal terusss...

dan Pada pagi harinya, di Instagram ada balesan, yang intinya menanyakan penyelesaian permasalahan... akhirnya saya balas deh.. "Udah bisa Aktivasi kok Kak" sambil ikon nyengir... hehe

Ada kelebihan lain, ternyata kualitas jaringannya mantap.. di ruangan komputerku yang biasanya kartu enggak bisa H alias Edge mulu jaringannya.. pake By-U langsung 4G, waoww.. ini sangat membuat saya terkagum kagum...  jadi sekarang modemnya atau theateringan enggak perlu dong ditaru di dekat pintu rumah depan.. T_T 


Ada lagi kelupaan.. jadi ada hal yang mengganjal di pikiranku.. "kalo ada permasalahan kan kita suruh live chat tuh di aplikasinya".. nah setelah sukses, saya coba chat.. dan ternyata saya mendapati bahwa live chatnya itu bot.. hehe, jadi iseng pertama saya tulis APN, langsung dijawab panjang dan cepat... detail.. nah..saya coba dengan chat zxzxzxzz , tau enggak jawabannya apa?Seperti ini..

 

 

Ya, ini salah satu inovasi juga ya, teman teman.. jadi pengembangan Bot semacam ini sebenarnya sangat berguna untuk mendapatkan informasi secara realtime seakan akan kita berchat dengan Customer Servece sungguhan... Joss tenan pokoknya..


 

Oke, kira kira itulah pengalaman saya  mengatasi Kenapa tidak bisa Aktivasi Kartu SIM by-U, padahal sudah sesuai petunjuk.



Berapa LAMA SIH MASA AKTIF by-U?


Semoga dapat bermanfaat untuk teman teman yang kiranya mendapat permasalahan yang sama...


 




Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال