9/29/2020

Tutorial Cara menggunakan EasyCap USB Audio Video Capture Adapter

RahmanCyber.NET | TEKNO - Apakah baru kali ini kalian akan menggunakan EasyCap? atau sebenarnya kalian udah pernah tuh pake, tapi agak agak lupa? hehe, disini saya buat artikel sebagai pengingat diri sendiri dan mungkin artikel ini dapat bermanfaat juga bagi kalian para visitor ^_^ . Siapa tau kan entar pas ada yang tanya, dan saya lupa, bisa langsung saya arahin ke sini.. ehehe.

Kenapa sih saya bahas EasyCap? sebenarnya ini berawal dari Visitor yang kunjungan di Youtube saya dan terjadi percakapan, lalu sampai pada nyelenting perihal EasyCap.

Kok saya kayaknya familiar dengan kata kata itu, saya pun coba cari tuh produknya.. dan ternyata benar.. kayaknya dulu pernah dipakai di tempat saya bekerja di UNISSULA, berkenaan dengan dunia broadcasting, sehingga ini masih relevan untuk di masukkan ke topik Multimedia Broadcasting di RahmanCyber.NET.

 


Apa Sih Itu EASYCAP?

 

EasyCap sebenarnya merupakan merek alat ya temen temen, jadi bukan jenis perangkat ( misal Camera, Tripod ) bukan.. itu adalah merek... saya coba cari cari tentang manufaktur EASYCAP itu sendiri, karena ternyata memang produk easycap itu udah malang melintang atau udah terjual bebas di toko online.. banyak banget, dan untuk mencari dari mana sih produk ini berasal kadang enggak nemu informasinya...

Saya pun mencari lebih dalam lagi.. dan menemukan salah satu website, tetapi bukan DOMAIN UTAMA , melainkan Sub Domain... http://usbeasycap.bossgoo.com/aboutus.html , disitu tertera nama perusahaannya USB Easycap Co., Ltd. yang berasal dari China yang beralamatkan 3F Huaxi Industrial Zone, gongming, shenzhen, guangdong, China. 

dan saya usut lagi, ternyata Bossgoo sendiri merupakan yang mempertemukan Penyedia barang dari Manufacture dengan pembeli (bisa dibilang distributor), semacam alibaba trade gitu... berarti saya belum menemukan website official dari EasyCap. Jadi jika kalian suka bisnis ekspor impor, mungkin mengenal bossgo, ALIBABA, dan lainnya.. banyak soalnya.. hehe. Yang jelas  USB Easycap Co., Ltd. merupakan perusahaan yang membuat produk USB EasyCap USB Video Capture EzCap Capturer DC60+ DC60 EasyCap002 Vista XP Windows System USB DVR Video Record Sticker Recorder ClimaxDigital EzCap USB Video Capute Grabber Mac Video Creator Maker 4 Channel USB Data Colletion Easy Cap Eazy Cap. CMIIW


Oke langsung aja ke Apa sih itu Easycap? EasyCap yang dikenal di indonesia dari pengamatan saya di toko toko online yang menjadi unicornnya startup jual beli dengan foto alatnya sebagai berikut :

EasyCap USB Video Capture Adapter merupakan alat Capture ke USB. Kalo Pengertian panjangnya, Easycap USB Video Capture Adapter merupakan Alat yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat elektronik yang memiliki port penghubung Composite, kabel RCA (AV) / S-VIDEO ke Perangkat Komputasi, PC / Laptop dengan Port USB.

Pengertian lainnya, Alat ini bisa juga disebut DVR, karena bisa mengkonversi sinyal Analog ( Composite RCA AV ) ke Digital yang bisa disimpan di Disk atau Card seperti Hardisk maupun SSD. 


 

Apa itu DVR?

 

DVR merupakan Digital Video Recorder atau kalo di bahasa indonesiakan Perekam video digital, disebut juga dengan perekam video pribadi jangka merchandise, adalah perangkat elektronik konsumen atau perangkat lunak aplikasi yang merekam video dalam format digital ke disk drive, USB flash drive, kartu memori SD, SSD atau perangkat penyimpanan massal lokal atau jaringan lainnya. - Wikipedia

 

 

EASYCAP USB AV Adapter Support Android?

 

Saat ini versi Easycap ada yang sudah support Android Device, kode alatnya dengan IC UTV007. kalau kata kunci yang biasa digunakan untuk mencari produknya adalah Easycap USB Video Capture Adapter 1 Channel utv007 , coba aja cari.. tetapi perlu hati hati dan teliti, beberapa ada yang dikirim barang tidak sesuai, artinya ICnya model lama.. kalian perlu lihat dulu review toko sebelum membeli supaya meminimalisir kekecewaan akibat barang yang dikirim tidak sesuai dengan ekspektasi atau judul yang di tulis di lapak toko tersebut.

Tetapi tidak semua Perangkat Android support ya, kalian perlu cek processor perangkat androidnya, karena dari beberapa pengalaman di forum, ternyata untuk processor MediaTek tidak support (kebanyakan) kalian bisa lihat sendiri di Youtube dengan Keyword UTV007 MediaTek not Supported.



Apa Saja Kegunaan EASYCAP USB Audio Video Capture Adapter ini?

 

Pada dasarnya kegunaannya tentu untuk menghubungkan perangkat elektronik dengan dukungan kabel RCA AV, jadi perangkat apa aja yang memiliki dukungan tersebut, bisa.. karena sesuai namanya AV, pasti yang di transmisikan adalah Video dan Audio ke USB yang di Support adalah PC dengan Windows dan Mac, kalo Mac saya belum tau bisa ato kagak.. tetapi di spesifikasinya bisa.

Kegunaan Secara lebih Rinci.. kita coba ambil dari beberapa sumber yang sudah mencoba, dan seperti biasa, kalian bisa telusuri sendiri.. di kanal youtube. 


* Bisa Untuk Tracking Parabola
* Menghubungkan DVD Player ke Laptop / PC
* Menghubungkan DVR VHS Player ke Laptop / PC
* Bisa Untuk Nonton TV Di Laptop/PC/Notebook
* Dan Bisa Juga Untuk Merekam Perangkat lainnya Nya
* Yang terbaru bisa di gunakan untuk menonton di perangkat Android, tentu bisa merekamnya dengan bantuan Screen Recorder ya

Mana tutorialnya bang? hemmm itu diatas, kalian bisa search di Youtube sebagai Keyword.. 



Bagaimana Cara Penggunaan?

 

Sebenernya penggunaannya tinggal Plug n Play saja, tetapi untuk memperjelas.. bisa dilihat gambar dibawah ini

Step 1, Silahkan kalian instal semua driver yang ada.. kalo belum punya.. silahkan download disini

Step 2, Hubungkan Kabel RCA ke Port Perangkat elektronik kalian, misal DVD Player, lalu kalian colokin ke port sesuai dengan Warna. Misal Kuning ya ke Kuning, Putih ke Putih, Merah ke Merah. Jangan terbalik balik ya.

Nah jika perangkat kalian adanya S Video, kalian bisa colokin kabel S-Video, yang saya lingkari diatas.. jadi kalian pilih salah satu, mau yang RCA atau S-VIDEO

Step 3, Hubungkan USB Ekstension Cable Male to Female yang didapet di paket penjualan atau kalo kalian udah punya, ya bisa pakai punya kalian saja.. 

Step 4, Hubungkan EASYCAP ke Port USB Female kalian itu tadi yang udah nyolok ke komputer.

Step 5, Silahkan nyalakan Perangkat elektronik kalian, dan Play jika itu DVD Player, nyalakan jika itu TV.

Step 6, Buka Software Bawaan untuk dapat melihat Video dan Audio yang berasal dari Perangkat yang kalian hubungkan tadi.


Selesai, kalian juga bisa lakukan record dengan Software Perekam bawaan.



Kesimpulan


- Karena ini bukan perangkat professional ( Seperti Capture Card ) jadi jangan terlalu berharap lebih masalah kualitas.

- Karena harganuya yang murah kisaran 50 rebu - 100  rebu untuk pengamatan harga normal yang saya amati di Toko toko, jadi ya setara dengan kualitasnya. Apabila dibandingkan dengan Capture Card seperti Pinnacle Capture Card, dulu mahal sih.. kalo sekarang mungkin udah discontinyu.. hehe.. tapi banyak kok yang.... eh.. enggak ding, ternyata Pinnacle masih exist menjual Produk Video Editing Software dan Video Capture Card / Recorder.. berikut link website resmi Pinnacle https://www.pinnaclesys.com/en/ Kalian bisa kepoin produk produknya pinnacle.. (ini alat yang buat langganan production house tempat kerja saya 10 tahun yang lalu.. hehe) tapi emang harganya diatas 500rebu yak... hasilnya ya sekelas PH. BTW disini saya tidak berafiliasi dengan pinnacle ya, saya angkat karena masih relevan dengan pembahasan kita.. supaya temen temen visitor paham bedanya dan tidak jelek jelekin suatu produk tanpa alasan dan dasar yang jelas XD




Sekian Pembahasan tentang EasyCap USB Audio Video Capture Adapter , saya harap dapat menambah wawasan kita semua.. tuh kan saya jadi riset!!! butuh waktu berjam jam saya buat nulis artikel ini.. riset sana sini..





Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Harap Jangan Nyepam ya... ^_^

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only