9/23/2020

Apakah Mengirim Link Video menggunakan SMS SENDER ID melanggar ketentuan Youtube?

RahmanCyber.NET | YOUTUBE - Visitor.. disini sebelumnya saya akan membahas dulu, apa sih itu SENDER ID atau SMS MASKING bagi yang belum tau, baru nanti merambah ke peryoutuban ya.. 


Image by mohamed_hassan-5229782



Apa itu SENDER ID atau SMS MASKING? 

 

Alpha Numeric Sender atau Masking Name. Merupakan susunan dari 11 karakter kombinasi huruf dan angka yang mewakili nama usaha atau ID yang dikehendaki. Sender ID muncul sebagai nama pengirim SMS.Biasanya sih ini disebut SMS BROADCAST ID.

Jadi misal ada bencana Alam nih, dari dinas terkait akan mengirim SMS BROADCAST menggunakan SENDER ID misalnya BNPB ( Badan Nasional Penanggulangan Bencana )

Jadi kalo kalian biasa kirim SMS dengan NOMOR Kartu kalian misalnya 08574637xxxx , maka dengan SENDER ID ini bisa mengirim secara CUSTOM dengan NAMA misalnya "PEJUANG TANGGUH".

Wow, kesannya Propesional gitu atuh akang ya? Yup betul sekali... Saking Professionalnya, kemungkinan bisa dimanfaatkan untuk penipuan jika PERIJINAN tidak diatur, Artinya tiap orang bisa menggunakannya, sekarang banyak juga ternyata perusahaan yang menjual jasa layanan SENDER ID. Jadi tinggal register aja ke perusahaan yang membuka layanan tersebut.. tinggal pilih.

 

 

Apa saja sih keunggulan SMS BROADCAST dengan SENDER ID ini?

 

Dari referensi yang kita peroleh, Keunggulan SMS Broadcast ID atau SMS BROADCAST dengan SENDER ID ini selain namanya yang bisa disesuaikan dengan nama Instansi, adalah dapat diintegrasikan dengan Sistem Informasi yang sudah berjalan melalui Web Services/API. Sehingga SMS dapat dikirim secara otomatis dari sistem tanpa operator secara manual. Sumber : https://www.integraindonesia.co.id/portfolio-items/pengembangan-sistem-sms-broadcast-id-kabupaten-sleman/

 

 

Lalu, perbedaan SMS BROADCAST dengan SMS BROADCAST ID apa?

 

Kalo SMS BROADCAST itu Layanan SMS yang menggunakan nomor secara acak, jadi kayak nomor kartu seluler, dari penyedia layanan SMS BROADCAST. Biasanya ini lebih murah gan... Dari referensi yang kita dapatkan, biaya layanan untuk SMS BROADCAST ini berkisar 80 rupiah per SMS. 

Kalian bisa kroscek sendiri dengan keyword HARGA SMS BROADCAST

sedangkan kalo SMS BROADCAST ID atau SMS BROADCAST dengan SENDER ID ini sedikit lebih mahal.. eh lumayan lebih mahal.. bisa kisaran 350 Rupiah per SMS, terkadang juga tergantung OPERATOR SELULAR Mana yang dituju. Bisa kalian kroscek juga kebenarannya... tinggal cari keyword HARGA LAYANAN BROADCAST ID, atau Harga SMS MASKING.

tetapi memang SMS BROADCAST ID itu lebih terkesan Professional... 

 


Wah berarti SIAPAPUN bisa PAKAI SENDER ID ya KANG?

 

ENGGAK DONG YA... Ternyata khusus untuk perusahaan/organisasi/institusi yang memiliki NPWP. Orang pribadi dengan NPWP pribadi tidak bisa mendaftar., jadi kalo enggak punya NPWP kalian gak bisa daftar, 

cara daftarnya kalian tinggal registrasi saja ke penyedia layanan.Hohoho.. jika kalian pemilik USAHA atau ORGANISASI yang memiliki NPWP loh ya, misalnya Jasa HOSTING nih.. mau memberikan Promo ke Pelanggan.. biar terkesan profesional, maka kalian bisa memakai SMS BROADCAST ID tersebut, karena nyatanya dari referensi yang saya dapatkan, SMS SENDER ID ini bisa diatur juga kok nomor nomor penerimanya siapa aja... Hmmm mungkin hampir sama kayak BROADCAST di WA gitu, kalian bisa buat LIST.

 


Oh, Berarti tinggal Register nanti Bakalan bisa dikirim ke Seluruh Nomer Se Indonesia ya Kang?

 

Waduh.. enak kali kau.. hehe, secara resminya, biasanya penyedia layanan itu tidak menyediakan DATABASE NOMOR HP gan... jadi Nomernya berasal dari kamu sendiri. Ingat sebenarnya nomor hp itu termasuk privasi ya.. 

Tetapi ada SMS BROADCAST ID berdasar wilayah, saya pernah liat di myads.telkomsel.com , yang merupakan layanan IKLAN berbasis SMS BROADCAST, itu bisa namanya Location Based Advertising (LBA), Ini sebenarnya cocok buat USAHA LOCAL aja... atau misal TANGGAP BENCANA gitu.. kalian bisa kepoin sendiri di myads telkomsel tersebut.. ini bukan promosi, cuman saya mengumpulkan Sumber buat penguat Artikel ini.

 


SMS SENDER ID bisa Buat Celah Penipuan Bang?

 

Oke diatas saya sempet menyinggung, karena SMS SENDER ID itu berkesan professional, berarti bisa dipakai celah untuk menipu... BENTAR BENTAR di situ saya tekankan jika PERIJINAN tidak diatur. Ada yang namanya Surat Penunjukan gan.. seperti pada gambar screenshot ini.. Perhatian.. ini hanya sample ya, bisa aja berubah untuk layoutnya.. update kalian bisa langsung kepoin websitenya untuk detailnya. Di Prosedur itu ada lengkapi dokumen dokumen...




Gambar diatas menunjukkan prosedur Aktivasi Akun.. jadi kalian harus ngelengkapi dokumen...

Loh kang... Gambar disitu ada Perorangan Boleh?

Oh iya ya.. kok bisa ternyata ya.. bentar, tetapi disitu tertulis Pakai KTP dan Mempunyai USAHA, ada alamat Kantornya Juga yang wajib diIsi.. hmmm... kurang paham juga sih, coba aja deh tanyakan langsung kalo mau daftar...


Dan pembahasan diatas juga sudah saya jelaskan.. nyatanya semua itu diatur ya.. jadi tidak sembarangan.. dan penipu pun juga akan berpikir ulang harusnya.. karena DATA mereka udah dipegang Pihak Berwenang... jadi jikalau ada laporan penyalahgunaan bisa langsung di proses..

Tapi bukan berarti tidak ada celah ya..  yang terpenting, kalian harus aware ya... hati hati pokoknya, walaupun sudah diatur sedemikian rupa, tak ada sistem yang benar benar sempurna.. "JANGAN TERKECOH dengan IMING IMING atau REWARD" tertentu Atau klik Website tidak menggunakan domain TLD, karena kemungkinan besar itu salah satu celah penipuan.. tetapi saya rasa orang orang sekarang udah pada pintar kok.. hehe

 

Apakah bisa memakai SENDER ID menggunakan nama Operator Sellular? 

 

Ini adalah referensi yang saya ambil dari membaca syarat dan ketentuan pendaftaran MYADS TELKOMSEL, jadi buat contoh ya.. isinya gini :

Telkomsel memiliki berbagai macam merek, logo maupun aplikasi atas produk dan/atau layanan Telkomsel yang seluruhnya dilindungi oleh hukum yang berlaku di Indonesia seperti namun tidak terbatas pada Undang-Undang Hak Cipta dan Undang-Undang Merek. Pengguna tidak dibenarkan untuk menggunakan, menggandakan, mengimplementasikan, mengaplikasikan merek, logo dan/atau aplikasi tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Telkomsel. Pengguna dilarang untuk menggunakan Hak Kekayaan Intelektual milik Telkomsel dan mengatasnamakan diri sebagai Telkomsel tanpa dasar hak yang sah. Telkomsel berhak menuntut penggunaan Hak Kekayaan Intelektual secara tidak sah tersebut berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku. 

Nah bisa dituntut hukum gan, kemungkinan operator lain juga sama.. tapi saya gak tau.. karena referensi saya saat ini adalah MY ADS telkomsel yang sudah mengatur sedemikian rupa sehingga penggunaan SENDER ID pun tidak bisa sembarangan.. hehe.

Untuk lebih lengkapnya.. kalian bisa langsung pergi aja ke myads.telkomsel.com , disana jangan lupa kalo mau register.. baca dulu Syarat dan Ketentuannya...

Pokoknya tetap terapkan "JANGAN TERKECOH dengan IMING IMING atau REWARD" kalau ada, kalian harus bener bener Kroscek.. dari Websitenya.. Social Medianya, dan Profil Perusahaannya.. ok..

Dulu banget ketika masih polos, saya pernah ketipu... tapi belum ada SENDER ID umum saat itu, dan penipu juga menggunakan nomor TELPON 021 ... haha, jadi pengalaman ketipu pertama kali.. dan Jangan lagi deh.. "Untuk mengambil Reward berupa MOBIL, perlu mengirimkan kode voucher sebagai Pajaknya... dan saya kirim kode voucher 100 rb... dan sialnya dia minta lagi.. udah curiga tuh.. PENIPUAN.. udah Rugi 100rb saya akhirnya, padahal waktu Sekolah dulu bisa buat naik bua sebulan tuh duit... 

 

 Lalu sekarang masuk ke Topik Pembahasan ya..👨

 

 

Apakah Mengirim Link Youtube menggunakan SMS SENDER ID melanggar ketentuan YOUTUBE???

 

Oke, sebenarnya setelah saya utek utek atau telusuri di Youtube Creator Studio atau di Kebijakan Youtube sendiri.. saya tidak menemukan larangan kita promosi pakai SENDER ID.

Malah yang saya dapatkan 

 

Hal-hal yang kami periksa saat meninjau channel Anda

Peninjau kami memeriksa kepatuhan konten yang paling menggambarkan channel Anda terhadap kebijakan kami. Karena tidak dapat memeriksa setiap video, peninjau kemungkinan akan berfokus pada konten channel Anda berikut ini:

  1.     Tema utama
  2.     Video yang paling sering ditonton
  3.     Video terbaru
  4.     Proporsi waktu tonton terbesar
  5.     Metadata video (termasuk judul, thumbnail, dan deskripsi)

Konten di atas hanyalah contoh konten yang dinilai oleh para peninjau kami. Perlu diingat bahwa peninjau kami dapat, dan mungkin akan memeriksa bagian lain dalam channel Anda demi memastikan kepatuhannya secara menyeluruh terhadap kebijakan kami.

 

itu.. hehe, artinya.. mungkin kalian boleh Pakai SMS SENDER ID, layaknya jika kalian punya USAHA HOSTING, pengen ngasih tau ke Pelanggan pake SMS BROADCAST ID atau SENDER ID, biar terkesan professional dengan link video Youtube Produk Baru kalian, supaya pelanggan tertarik dan subscribe channel Youtube kalian..

 

Kesimpulannya

 

BISA BANGET...

tetapi kalau tujuan kalian cuman buat dapet penonton dan kalian tidak punya usaha atau tujuan lain selain cari penonton.. sedangkan video kalian cuman lucu lucuan atau gak tertarget...

YAH.. Buang Buang DUIT GAN....

Alasannya ?

1.  Kalau untuk channel pribadi dan tidak memiliki kepentingan lain kecuali dapet viewer.. ini mubazir gan.. belum tentu juga nomor yang kalian kirim itu berminat...

2. Kita perlu punya database Nomornya... mungkin jika berdasarkan minat wilayah Lokal bisa menggunakan Layanan LBA atau Location Based Advertising, tapi kalo tujuannya cari viewer ya.. buang buang uang, apalagi videonya tidak tertarget

3. Kalaupun dapet View, belum tentu juga balik modal.. karena mengandalkan penghasilan youtube itu enggak gampang.. kecuali kalau kamu yaki VIDEO kamu cocok untuk semua kalangan... mungkin bisa membantu.. 

4. Bahayanya kalo penerima itu merasa itu spam, maka bisa aja nonton sekilas dan langsung dislike.. bahaya karena bisa menurunkan rata rata durasi tonton, yang menyebabkan video video kamu jadi tidak banyak direkomendasikan Youtube

5. Mungkin untung untungan juga ya, syukur syukur ada yang tertarik dan ngeview aqmpe tuntas... lalu ngelike, lalu ngoment, lalu subscribe atau jadi pelanggan setia... kalo berharap balik modal.. saya rasa agak susah.. sama kayak kalo kamu buat Website atau Youtube Gado gado seperti saya, susah dapet pelanggan... tetapi kalau kita senang ya gak masalah karena itu udah jadi hobi.. kita sampaikan yang mau disampaikan.. hehe

 

Nah, tetapi nih gan sedikit tips, jika kamu tetap mau menggunakan SMS SENDER ID itu, astikan kamu ada produk yang mau dijual, setidaknya jika orang tidak ngeklik video kamu, maka ia bakalan tau sekilas tentang usaha kamu... wong daftarnya kan juga ada syarat punya usaha kan.. hehe bisa juga kasus dibawah ini...

 

kecuali kalian BUKA BIMBEL disuatu daerah, kalian pengen menjangkau warga lokal, kalian bisa pakai tuh.. LBA ( Location Based Advertising ) tentu kalian perlu punya NPWP ya.. hehe

kalo kasus seperti itu, maka SMS SENDER ID berbasis lokasi bisa jadi senjata ampuh buat menggaet pelanggan, apalagi bimbel kamu punya channel youtube.. bisa COMBO tuh.. hehe


Kesimpulan setelah kesimpulan....

Jadi Pakai aja cara biasa untuk mengembangkan YOUTUBE kalian jika emang itu channel pribadi ya... Pake Teknik SEO YUTUBE, Title, Deskripsi, Tag dan berbagai Optimasi lain yang sebenarnya materi tersebut banyak dibahas Youtuber Youtuber yang buat konten CARA MENJADI YOUTUBE, CARA BUAT CHANNEL TERKENAL, atau CARA OPTIMASI YOUTUBE KAMU.... SIMAK TERUS... 

hehehe...

 

 

Oke.. sekian pembahasan kali ini... yang kalo diruntut malah kebanyakan bahas SENDER IDnya ketimbang jawaban Apakah Mengirim Link Youtube menggunakan SMS SENDER ID melanggar ketentuan YOUTUBE.


Tapi disini saya juga jadi belajar tentang SENDER ID dari mencari referensi untuk membuat artikel.. hehe.. kita sama sama belajar, ea kan.. 

Jadi jikalau ada kesalahan dalam penyampaian.. mohon dikoreksi... tidak ada maksud untuk memojokkan pihak tertentu.. tidak ada maksud promosi juga... beneran.. maksud saya cuman buat Artikel saja untuk menambah pengetahuan sekaligus pengingat buat saya sendiri dan tentunya buat kalian para VISITOR SETIA.... ^_^




Terima Kasih udah Nonton dan Salam Sukses!














Posting Komentar

Harap Jangan Nyepam ya... ^_^

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only