7/17/2020

Cara Mudah Mengatasi Video Youtube Macet setelah Upload "95% Processing"



Hello Insider! eh.. salah... Hello Visitor! Kali ini kita bahas nih tentang YOUTUBE, ketika kalian mampir di postingan ini, saya yakin, kalian memiliki permasalahan seputar ini.. ya permasalahan yang sama dengan salah satu penulis di RahmanCyber yang memiliki Youtube Channel sendiri.

Yup! Gagal dalam proses Upload, seperti apa sih kronologisnya?

Video Youtube Stuck 95% Processing


Kronologis Permasalahan Upload Konten Video di Youtube

Berikut saya paparkan nih kronologis permasalahannya...

File Video Siap Upload

Jadi ceritannya videonya sudah berhasil di render nih dengan resolusi FULL HD, durasinya kira kira 5 Menit doang, tetapi filenya itu mencapai 550MB. Ini kalo nggak percaya, saya screenshotkan filenya.

jadi itu tanpa proses convert ya, filenya MP4 H264...


Koneksi Internet Juga Putus Putus


Yah, tak bisa dipungkiri memang, kalo lokasi kita gak di perkotaan, sinyalnya sulit, sehingga kadang 4G kadang berubah 3G kadang E! ya tak sesuai yang ada di iklan memang.. internet ngebut... jadi kadang ngerasa rugi tapi ya gimana lagi.. gak ada pilihan lain..

Mau pasang SPEEDY pun juga penuh katanya..

Mau pasang internet kabel lainnya juga gak nyampe jangkauannya.. Emang susah kalo yang berurusan dengan Internet...

 BTW, itu pas upload butuh waktu 4 Jam...
udah nunggu segitu lama.. eh PROCESSING STUCK di 95%...


Nah disini yang jadi pertanyaan... Uploadnya udah sukses... tetapi macetnya di Processing.. berarti itu di server Youtube.

Ada 2 kemungkinan..
Video Transcoding atau Conversinya tidak di dukung atau memang memakan waktu lama (ini mungkin kesalahan di proses rendering) atau gara gara terputus dengan koneksi internet, jadi dari server tidak bisa memvalidasi bahwa itu video kita.
Sehingga kalo dalam model antrian itu langsung dilempar ke belakang... alias bakalan nunggu lama dan bahkan tidak diproses, karena saya yakin kalo sistem di youtube itu udah otomatis. Jadi if tidaK sesuai, maka Lewati.


Stuck di Pemprosesan 95%


Nah ini... jadi filenya itu berhenti di 95% ketika udah diproses youtube.. Apa yang terjadi? dan sampai artikel ini diketik, sudah ada 8 Jam, dan masih saja demikian.
Anehnya itu bisa diplay linknya, kayak gini...


tetapi untuk analitiknya gak ada dan Video tidak nampil di Channel yang Bersangkutan, Jadi untuk video terbarunya masih video yang kemaren katanya. Ini screenshot yang dikirimkan.


 Sebenarnya mau ditunggu sampai besok, kalo masih belum juga, upload ulang.. tetapi ia udah gak sabaran.. sehingga nemu nih informasi di internet... jika Pemprosesan melebihi 8 Jam, berarti solusinya adalah Upload Ulang.

Jadi ini saran dari tim google dan youtube jika udah ngelebihin 8 Jam...

Apabila kalian pake PC atau Desktop untuk Upload Video ke Youtube, Silahkan lakukan cara dibawah ini :

1. Masuk ke Akun Youtube kalian yang digunakan untuk upload bermasalah tadi
2. Langsung menuju ke Creator Video dengan klik logi / ikon channel di pojok kanan atas.
3. Lalu pada Video Manager, silahkan langsung klik Video yang tadi masih processing lama banget.
4. Klik tanda panah pada video itu, lalu tekan delete / hapus









tetapi cara itu kalian gunakan ketika kalian udah re upload file yang sama ya, pengaturan yang ada di video yang mau dihapus diatas bisa di copy dulu ke video re uploadnya.




Jika kalian menggunakan Smartphone Android maupun IOS :

1. Silahkan Download dan Buka Aplikasi Youtube
2. Klik logo orang atau profil akun youtube yang kalian gunakan untuk upload
3. Cari video yang processing tadi, lalu klik lingkaran kecil tiga titik vertikal
4. Pilih Hapus / Delete Forever

tetapi cara itu kalian gunakan ketika kalian udah re upload file yang sama ya, pengaturan yang ada di video yang mau dihapus diatas bisa di copy dulu ke video re uploadnya.


Ok singkat cerita.. ia pun terpaksa Re Upload lagi... tentu hal ini sangat berbeda ketika Upload kalian Stuck, maka ketika kalian re upload maka akan menjadi lebih cepat, karena masih ada cache yang sebelumnya di Rack Channel kalian.. Ini kasusnya beda... Jadi di Processing stuck nya,, tepatnya Processing 95% , bisa juga terjadi Processing 0%.

Setelah Reupload, semua deskripsi dan tag yang udah dibuat di video lama yang mau di hapus, di copy dulu ke Halaman Video Reupload...

Baru setelah itu dia menghapusnya FOREVER.... dan harus nunggu lama lagi deh.. kecuali koneksi internet kamu stabil dan mak wusss... peoses upload pun akan secepat kilat.

Kenapa harus dihapus? untuk mengantisipasi Duplikat File, dimana nantinya ketika kalian selesai upload akan ada error muncul... yang mengabarkan bahwa duplikat file. 


Penjelasan dari Pihak Youtube tentang Video Macet Upload


Saya pun juga tak berhenti sampai disitu, jadi langsung cari soluasi dong, dan nemu beberapa statement dari pihak youtube jika terjadi permasalahan seperti itu.

Permasalahan Upload Video Youtube 


" Waktu upload bervariasi, bergantung pada ukuran file, bandwidth internet, dan traffic upload. Waktu yang dibutuhkan bisa beberapa menit hingga beberapa jam. Jika file yang Anda upload macet, atau memerlukan waktu yang lama, 

penyebabnya mungkin karena:

  • Jenis dan ukuran file: Jenis file video dan format video menentukan ukuran video. Untuk mempercepat proses upload, enkode video Anda ke dalam salah satu format yang direkomendasikan.
  • Koneksi internet lambat: Telusuri “Uji kecepatan internet” di google.com untuk memeriksa koneksi internet Anda. Koneksi internet yang lambat atau tidak stabil adalah salah satu penyebab utama upload yang lambat.
  • Traffic upload berat: Anda mungkin mengupload pada jam sibuk. Pada jam-jam sibuk, Penyedia Layanan Internet Anda mengalami peningkatan traffic upload, sehingga perlu waktu lebih lama untuk mengupload video ke YouTube. Pelajari performa video di YouTube lebih lanjut.
  • Resolusi: Video yang beresolusi lebih tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk diupload. Misalnya, video 4K akan memakan waktu lebih lama untuk diupload daripada video 1080p.
    Jika Anda mengalami salah satu dari masalah di atas, sebaiknya biarkan video selesai diupload ke YouTube.



    Kesimpulan


    Saya sendiri sudah coba cari di forum forum bagaimana cara mengatasi hal ini, karena filenya cuman 5 menit doang, kan gak wajar jika processingnya lama...
    Dan ketika dia udah upload.. barulah nemu, ada salah satu orang luar negeri yang memiliki permasalahan sama persis plek...


    dan dari edited statementnya dia menuliskan " Nevermind... Problem just Solved Itself.."

    What!!!
    Berarti kuncinya perlu sabar kali ya... ternyata itu bisa sendiri... tinggal nunggu... tau gini gak usah upload ulang khan??? udah terlanjur juga, padahal tadinya mau komitmen nunggu esok hari, siapa tau udah selesai processingnya... Tapi ya udah terlanjurr dong..

    Nasi udah jadi Bubur... eittt .. tapai kalo gak gitu.. saya jadi gak nulis pengalaman itu disini ya...
    Tapi jika memang dalam waktu 1x24 jam tetap gak bisa ya silahkan pakai cara diatas... :D


    Perhatian!!! Semakin tinggi Resolusi Video yang di Upload, maka akan semakin lama pemprosesannya, Contoh, video resolusi 1090p akan lebih lama proses render youtubenya daripada yang 720p maupun 480p atau 360p








    Moga Maaannnfaat.. dan GOOD LUCK! itulah Cara Mengatasi Video Youtube Macet setelah Upload "95% Processing"





    Update Case UPLOAD VIDEO Youtube STUCK di 95% Pemprosesan


    Ternyata setelah di Upload ulangpun hasilnya sama, stuck di 95% Pemprosesan, Kata si Atkur Rugi Kuota neh... udah habis banyak bet... tapi gagal semua, karena udah ditunggu lagi lebih dari 8 Jam tetap stuck di 95% Pemprosesan dan tidak bertambah, udah bolak balik di refresh juga sama aja... gak bisa.

    Alhasil saya sarankan untuk di CONVERT! ya, saya analisa itu permasalahannya ada di RENDERING VIDEO, karena biasanya sih enggak dan lancar, bahkan file video yang ber jam jam juga lancar jaya.. gak nunggu lama...

    Lalu dia pun melakukan Converting video eh... lebih tepatnya compress ya.. karena formatnya tetap sama, yaitu MP4.

    Setelah di Convert, file yang tadinya 550MB menjadi 250 MB, dengan RESOLUSI VIDEO yang masih Sama, cuman disini BITRATEnya yang Tadi CBR berubah menjadi VBR dengan penurunan bitrate video tentunya.



    Alhasil.. langsung deh di upload tanpa menghapus file yang di Proses 95% itu.. dan tereeeeengggg, Langsung Sukses bro...

    Ternyata SOLUSINYA adalah CONVERT / COMPRESS dengan aplikasi Converter yang di Desktop maupun di Smartphone!



    Nah, itu adalah penampakannya... Jadi yang masih Stuck 95% dibiarin, coba eksperimen berapa hari Solvednya.. atau emang udah diabaikan..

    Roman Tigue - Atkur Kastara


    ini untuk video livenya untuk MV atau Music Video VLOG Jatim Jogjanya... Normal dan berhasil semua diputer di Youtube untuk ukuran 360p, 480p,720p, 1080p.




    Kira kira seperti itu gan untuk mengatasi permasalahan Video Upload Stuck atau Macet 95% atau 0% Processing...

    Sepertinya emang sumber masalahnya kemungkinan ada disini... Salah Export di Premiere, karena menggunakan CBR atau menggunakan same as source.



    Perlu diketahui nih sob biar lebih aman, bisa pakai settingan adaptive (biasanya VBR), yang bisa kompatibel dengan berbagai macam Platform Posting video, saya sudah coba juga di Google Drive langsung kebaca... gak pake lama...

    Kemungkinan kedua adalah di Aplikasi Editing Video yang nge Bug... di Hape, dia pake aplikasi yang dia beli seharga 179 ribu kalo gak salah udah selamanya...
    karena dia bilang mau ditambahin apa gitu, sehingga perlu pake aplikasi hape..


    Oke dah.. karena CASE udah berhasil Solved.. maka dengan ini kita Tutup...




    Case UPDATE FINAL Upload Video Youtube!!!! Hasil Eksperimen


    Ternyata benar yang dikatakan di forum, Video sebenarnya udah kita biarin aja 1x24 jam... ternyata setelah dicoba yang tadi tidak dihapus, berhasil deh di proses dan tidak 95% processing lagi, tepat jam 20:54 19 Juli 2020. Sedangkan dia kemarin uploadnya sekitar jam 11 malem baru selesai.


    Jadi double deh videonya.,.........



    Semoga bermanfaat.






    -----------------------------
    Catatan Kaki
    Referensi Pendukung, Google Youtube https://support.google.com/youtube/answer/4525858?hl=id




    Advertisement
    Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
    Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
    Matur Nuwun...

    Sponsor Rahmancyber Network



    Baca Juga

    Posting Komentar

    Harap Jangan Nyepam ya... ^_^

    Rahmancyber Network

    ...
    Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

    Whatsapp Button works on Mobile Device only