6/06/2020

Apa sih Itu VST (Virtual Studio Technology), DAW dan Plug-in Nya

RahmanCyber.NET - Hai.. disini saya akan membahas tentang VST, sebenernya apa sih itu VST, kok banyak yang ngomong.. Pake VST apa... lah VST itu apa sih... kalau kalian pernah ngeliat orang pake Software FL Studio, Studio One, Ableton Live, Cubase Pro, Reaper, dan Akeh pokoke...
Software itu namanya DAW atau singkatan dari Digital Audio Workstation..


Apa sih Itu DAW?


Kalau di Wikipedia sih Stasiun kerja suara digital atau DAW merupakan alat elektronik atau perangkat lunak yang digunakan untuk merekam suara, penyuntingan dan membuat suara. Hemmm.. kalau gitu Audacity bisa masuk dong.. Ya.. begitulah..

Apa itu plug-in VST dan bagaimana cara kerjanya?


VST (Virtual Studio Technology) diciptakan oleh Steinberg untuk membuat studio perangkat lunak yang lengkap menjadi mungkin. Teknologi ini memungkinkan pengembang perangkat lunak pihak ketiga untuk membuat efek, metering dan modul instrumen waktu nyata yang dapat "menyambungkan" ke Digital Audio Workstation (DAW).

Apa yang saya perlukan untuk menggunakan plug-in VST?


Satu-satunya perangkat lunak yang Kalian perlukan adalah aplikasi host yang kompatibel dengan VST (DAW, perangkat lunak editor audio, rak pertama ...). Ada banyak di antaranya yang tersedia, berikut adalah daftar host VST gratis. Kalian juga akan memerlukan CPU yang cukup kuat, karena instrumen dan efek VST bekerja secara real time, dan dalam beberapa kasus bisa sangat menguras daya pemrosesan komputer Kalian. Kartu suara yang kompatibel dengan driver ASIO juga diperlukan untuk memutar atau memproses suara secara real-time.

Apa sajakah jenis VST?


Secara umum ada 3 jenis plug-in VST yang tersedia:

VSTi (Instrumen)

Berbagai perangkat yang menghasilkan suara, baik melalui sintesis atau melalui pengambilan sampel (atau keduanya).

VSTfx (Efek)

Berbagai perangkat yang memproses suara, beberapa contoh adalah gema, delay, phaser dan unit distorsi ...

VSTmidi - MIDI

melacak plug-in yang memanipulasi atau menghasilkan data MIDI (mis. Arpeggiator, pengontrol, chorders ...).

Bagaimana cara saya menginstal plug-in VST?


VST dapat menjadi beberapa program termudah untuk diinstal, karena mereka tidak harus dapat dijalankan sendiri. Biasanya yang harus Kalian lakukan adalah menyeret file DLL ke folder plug-in Kalian, dan saat berikutnya Kalian menjalankan DAW Kalian, plug-in baru akan muncul di daftar VST atau VSTI yang tersedia. Dengan yang datang sebagai file EXE, Kalian perlu memicu file pengaturan untuk menginstalnya di folder plug-in DAW Kalian.




Itulah pemaparan singkat tentang DAW dan VST, moga manfaat.. kenapa singkat? Lagi Males ngetik panjang..! ^_^




Jyaaaaa... Mata Ashita!




A.K - Red





Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di https://www.rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link https://www.youtube.com/rahmancyber
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Follow by Email



Semenjak saya F.N.A-RED mendirikan RahmanCyber ini tahun 2008, saya mendedikasikan situs ini untuk memberikan edukasi dan artikel pengetahuan secara GRATIS, sobat tidak dibebankan Biaya langganan maupun Pembelian Hak Akses untuk dapat menikmati Artikel yang kami sediakan di RahmanCyber. Saya juga tidak berniat menjadikan RahmanCyber untuk model langganan dengan membayar Hak Akses. Semua Pemasukan untuk Mendukung Pemeliharaan Situs dari Iklan dan link affiliasi yang kami tanam di beberapa artikel ( Kami tidak menutupi hal ini, agar semua jelas tidak ada yang disembunyikan dan tidak manipulatif )
Ya, kita punya channel Youtube, tetapi fungsinya memang untuk mendukung penyampaian materi di Blog, sehingga memang untuk kontennya Campuran dan tidak berdasarkan Nice. Tekan aja gambar dibawah ini untuk melakukan subscribe ke channel kita
Image
Jika kalian tertarik untuk bergabung dalam jurnal perjalanan kita, silahkan...
Ada 2 tipe website yang ber ekstensi RahmanCyber.NET,

1. Website Bagian yang merupakan layanan kita untuk fokus materi tertentu maupun berupa produk terpisah yang berbeda untuk konsep dari Website Induk RahmanCyber.NET, tetapi selama ber ekstensi .rahmancyber.net, itu adalah Website Resmi dari kita. Informasi ini juga tercantum dalam Fanpage RAHMANCYBER di Facebook yang linknya tertaut di website utama ini, sehingga hal ini untuk meminimalisir adanya penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab
2. Website Rekanan yang dikelola oleh Kontributor, sehingga kadang memiliki nama personal, yang bertujuan untuk menampilkan Iklan di web, sehingga dengan menggunakan ekstensi .rahmancyber.net, bisa ikut menampilkan iklan sebagai monetisasi untuk websitenya ( Bagaimana cara bergabung agar website saya bisa menampilkan iklan dan mendapat penghasilan? maaf, ini terbatas dan saya tidak membukanya untuk umum )

Disini kita berusaha untuk memberikan konten yang kredibel dan tidak semata mata untuk mengejar traffic dan penghasilan, ( RahmanCyber lebih condong ke "Pengetahuan" )

Whatsapp Button works on Mobile Device only