Apa sih Itu VST (Virtual Studio Technology), DAW dan Plug-in Nya

RahmanCyber.NET - Hai.. disini saya akan membahas tentang VST, sebenernya apa sih itu VST, kok banyak yang ngomong.. Pake VST apa... lah VST itu apa sih... kalau kalian pernah ngeliat orang pake Software FL Studio, Studio One, Ableton Live, Cubase Pro, Reaper, dan Akeh pokoke...
Software itu namanya DAW atau singkatan dari Digital Audio Workstation..



{getToc} $title={Table of Contents}









Apa sih Itu DAW?


Kalau di Wikipedia sih Stasiun kerja suara digital atau DAW merupakan alat elektronik atau perangkat lunak yang digunakan untuk merekam suara, penyuntingan dan membuat suara. Hemmm.. kalau gitu Audacity bisa masuk dong.. Ya.. begitulah..

Apa itu plug-in VST dan bagaimana cara kerjanya?


VST (Virtual Studio Technology) diciptakan oleh Steinberg untuk membuat studio perangkat lunak yang lengkap menjadi mungkin. Teknologi ini memungkinkan pengembang perangkat lunak pihak ketiga untuk membuat efek, metering dan modul instrumen waktu nyata yang dapat "menyambungkan" ke Digital Audio Workstation (DAW).

Apa yang saya perlukan untuk menggunakan plug-in VST?


Satu-satunya perangkat lunak yang Kalian perlukan adalah aplikasi host yang kompatibel dengan VST (DAW, perangkat lunak editor audio, rak pertama ...). Ada banyak di antaranya yang tersedia, berikut adalah daftar host VST gratis. Kalian juga akan memerlukan CPU yang cukup kuat, karena instrumen dan efek VST bekerja secara real time, dan dalam beberapa kasus bisa sangat menguras daya pemrosesan komputer Kalian. Kartu suara yang kompatibel dengan driver ASIO juga diperlukan untuk memutar atau memproses suara secara real-time.

Apa sajakah jenis VST?


Secara umum ada 3 jenis plug-in VST yang tersedia:

VSTi (Instrumen)

Berbagai perangkat yang menghasilkan suara, baik melalui sintesis atau melalui pengambilan sampel (atau keduanya).

VSTfx (Efek)

Berbagai perangkat yang memproses suara, beberapa contoh adalah gema, delay, phaser dan unit distorsi ...

VSTmidi - MIDI

melacak plug-in yang memanipulasi atau menghasilkan data MIDI (mis. Arpeggiator, pengontrol, chorders ...).

Bagaimana cara saya menginstal plug-in VST?


VST dapat menjadi beberapa program termudah untuk diinstal, karena mereka tidak harus dapat dijalankan sendiri. Biasanya yang harus Kalian lakukan adalah menyeret file DLL ke folder plug-in Kalian, dan saat berikutnya Kalian menjalankan DAW Kalian, plug-in baru akan muncul di daftar VST atau VSTI yang tersedia. Dengan yang datang sebagai file EXE, Kalian perlu memicu file pengaturan untuk menginstalnya di folder plug-in DAW Kalian.




Itulah pemaparan singkat tentang DAW dan VST, moga manfaat.. kenapa singkat? Lagi Males ngetik panjang..! ^_^




Jyaaaaa... Mata Ashita!




A.K - Red





Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال