3/02/2020

Belajar Sejarah Google Play

RahmanCyber "Perlu Tau" - Hello Sedulur kabeh di seantero Indonesia, Perlu Tau kali ini kita akan membahas tentang Google Play Store, untuk sedikit menambah wawasan tentang salah satu produk unggulan dari Google - Android, Apa sih itu Google Play?



Google Play merupakan layanan distribusi digital yang dikembangkan dan dioperasikan oleh GOOGLE, sebelumnya Google Play sendiri disebut Android Market. Tetapi sekarang kita tau sendiri bahwa public mengenalnya sebagai Google Play Store, yang tidak asing lagi bukan… karena pengguna ponsel android emang banyak dan mungkin kamu salah satunya, sehingga tidak asing lagi dengan GOOGLE PLAY STORE.

Sejarah Google Play


Google Play awal rilis pada 22 Oktober 2008 atau 11 tahun yang lalu sejak tulisan ini di terbitkan, dan memang dulu namanya Android Market.

Google Play (google Play sebelumnya / tempo dulu) berasal dari tiga produk yang berbeda: Android Market, Google Music dan Google eBookstore.

Android Market diumumkan oleh Google pada 28 Agustus 2008, dan tersedia untuk pengguna pada 22 Oktober. Pada Desember 2010, pemfilteran konten ditambahkan ke Android Market, setiap halaman detail aplikasi mulai menampilkan grafik promosi di bagian atas, dan ukuran maksimum aplikasi dinaikkan dari 25 megabita menjadi 50 megabita.

Google eBookstore diluncurkan pada 6 Desember 2010, memulai debutnya dengan tiga juta ebook, menjadikannya "koleksi ebooks terbesar di dunia". Pada November 2011, Google mengumumkan Google Music, bagian dari Play Store yang menawarkan pembelian musik.

Pada bulan Maret 2012, Google meningkatkan ukuran maksimum aplikasi yang diizinkan dengan memungkinkan pengembang untuk melampirkan dua file ekspansi ke unduhan dasar aplikasi; setiap file ekspansi dengan ukuran maksimum 2 gigabyte, memberikan pengembang aplikasi total 4 gigabytes. Juga di bulan Maret 2012, Android Market diganti namanya menjadi Google Play.

Pada Mei 2016, diumumkan bahwa Google Play Store, termasuk semua aplikasi Android, akan datang ke Chrome OS pada September 2016.


Fungsi Google Play



Fungsi dasar Google Play adalah sebagai toko aplikasi resmi untuk sistem operasi Android, yang memungkinkan pengguna untuk menelusuri dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan dengan kit pengembangan perangkat lunak Android (SDK) dan diterbitkan melalui Google. Google Play juga berfungsi sebagai toko media digital, yang menawarkan program musik, buku, film, dan televisi. Ini sebelumnya menawarkan perangkat keras Google untuk pembelian sampai diperkenalkannya pengecer perangkat keras online yang terpisah, Google Store, pada 11 Maret 2015, dan juga menawarkan publikasi berita dan majalah sebelum perbaikan Google News pada 15 Mei 2018.

Aplikasi tersedia melalui Google Play baik gratis atau dengan biaya. Mereka dapat diunduh langsung pada perangkat Android melalui aplikasi seluler Play Store atau dengan menyebarkan aplikasi ke perangkat dari situs web Google Play. Aplikasi yang mengeksploitasi kemampuan perangkat keras dari suatu perangkat dapat ditargetkan untuk pengguna perangkat dengan komponen perangkat keras tertentu, seperti sensor gerak (untuk game yang bergantung pada gerakan) atau kamera yang menghadap ke depan (untuk panggilan video online).

Google Play store memiliki lebih dari 82 miliar unduhan aplikasi pada 2016 dan telah mencapai lebih dari 3,5 juta aplikasi yang diterbitkan pada 2017. Ini telah menjadi subjek berbagai masalah mengenai keamanan, di mana perangkat lunak berbahaya telah disetujui dan diunggah ke toko dan diunduh oleh pengguna, dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda.

Google Play diluncurkan pada 6 Maret 2012, menyatukan Android Market, Google Music, dan Google eBookstore di bawah satu merek, menandai perubahan dalam strategi distribusi digital Google. Layanan yang termasuk dalam Google Play adalah Google Play Books, Google Play Games, Google Play Film & TV dan Google Play Music. Setelah merek-ulang, Google secara bertahap memperluas dukungan geografis untuk setiap layanan.


Metode Pembayaran


Google memungkinkan pengguna untuk membeli konten dengan kartu kredit atau kartu debit, tagihan operator, kartu hadiah (Gift Card), atau melalui PayPal. Google mulai meluncurkan tagihan operator untuk pembelian pada Mei 2012, diikuti oleh dukungan untuk PayPal pada Mei 2014.



Google sendiri menyediakan tool pengembang bebas dan gratis yang bernama ANDROID STUDIO, dengan beragam training atau pelatihan gratis yang menunjang perkembangan komunitas pengembang, dengan adanya upaya tersebut, Saat ini banyak sekali aplikasi yang tersedia di Google Play Store, komunitasnya benar benar sudah terbentuk, tiap hari bermunculan aplikasi baru di https://play.google.com/store 







Red RahmanCyber F.N.A











Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Harap Jangan Nyepam ya... ^_^

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only