2/26/2020

Plus Minusnya Adblock ( Opini )

RahmanCyber NET - Selamat pagi sobat… Saat ini menjadi seorang Publisher Konten itu tidaklah mudah, padahal dulu nih sob, menjanjikan banget… Kita tau, penghasilan Utama seorang publisher konten, misalnya kita contohkan publisher artikel di Blog maupun Website, Penghasilan Utama kita adalah berasal dari Iklan.

Dulu orang Berbondong bondong gaes untuk mendaftar adsense yang katanya memang sangat sulit… dan itu sudah saya buktikan sendiri, untuk proses diterimanya juga hamper kayak Penerimaan PNS, Banyak yang ngajuin…. Nunggu beberapa hari… ditolak…. ngajuin lagi… ditolak… sampai berkali kali, Di RahmanCyber ini saya juga membahas lebih detail tentang adsense, mungkin sobat bisa melihat pembahasan seputar Google AdSense pada Artikel Pembahasan Iklan Google AdSense, disitu saya juga bercerita awal mula channel ini diterima adsense dan bagaimana setelahnya.


Yang tentunya mungkin kata guru ada benernya, sebenarnya hal yang sesungguhnya itu ketika kamu sudah diterima!


Beberapa paparan diatas merupakan latar belakang dari pembahasan ini ya tentang dampak Ad-Block bagi kesejahteraan Publisher.


blokir iklan


Kenapa Publisher tidak memasang Script Anti AdBlock?


Sebenarnya hal itu bisa saja dilakukan siapapun itu, termasuk RahmanCyber juga, tetapi kenapa sih kok tidak memasang Script Anti AdBlock. Ada beberapa alasan dari kacamata Redaksi RahmanCyber ya tentunya…. kenapa kita tidak memasang Anti AdBlock.

1. Mengingat tujuan awal kita membuat website ini adalah untuk berbagi Ilmu dan latihan, tetapi untuk beberapa sub website kita memang ada yang memasang Adblock Killer atau Script Anti Adblock, kenapa? karena memang disana adalah website khusus untuk bisnis... Jadi beda dengan website tempat temen temen baca artikel ini ya...

2. Saya pernah mengunjungi website yang memasang script Anti AdBlock, dan popupnya itu muncul terus sebelum kita mematikan fungsi AdBlock, hmmm saya pun berpikir "Mungkin kalo saya sesame publisher, saya memahami hal ini.. karena jujur saya paham betul menulis sebuah artikel itu tidak lah mudah...semudah COPY PASTE Ribuan Artikel.. bahkan butuh waktu berhari hari mungkin untuk menghasilkan 1 artikel terstruktur doang… Dari berbagai riset yang ada, itu dari sudut pandangku… lalu bagaimana kalo dari sudut pandang pencari konten? tentu disini saya akan mengambil contoh yang paling PRO dengan AdBlock, kemungkinan besar, dia bakal memaki maki ( walau mungkin hanya terbenak dalam hati ) atau bahkan menyebarkan ke orang lain agar tidak mengunjungi website kita..itu adalah contoh yang paling PRO, loh ya... diluar sana ada juga yang gak tau tentang adblock, eh ternyata browser yang ia pakai sudah ada fitur tersebut, anti tracker..." saya Yakin.. temen temen yang baca artikel bukan golongan yang fanatik ama adblock ya... setidaknya tinggal abaikan ajalah kalo memang merasa tidak nyaman, jangan sampai memaki maki ^_^

3. Saya percaya, diluaran sana masih banyak orang orang yang memiliki sifat dan sikap yang baik, menghargai orang lain... jadi saya tidak perlu  repot untuk sebagian kecil lainnya.

4. Rejeki sudah ada yang ngatur… kita sebagai manusia hanyalah berusaha… ea khan... :D


Apa sih itu AdBlock?


Di jagat internet, saya mengenal ada 2 jenis adBlock, yaitu adblock dan adblock plus. Loh, bukannya yg satu cuman tambahan plus... berarti itu versi premiumnya ya? Bukan! itu beda pengembang.
Oke saya ceritakan sedikit ya...

Jadi AdBlock Plus (ABP) adalah ekstensi penyaringan konten dan pemblokiran iklan sumber terbuka untuk penjelajah web Mozilla Firefox (termasuk Firefox for mobile), Google Chrome, Internet Explorer, dan Opera. Ekstensi ini merupakan ekstensi pertama di bidang pemblokiran iklan yang dikembangkan oleh :



Current lead developer:Wladimir Palant
Former lead developers:
Henrik Aasted Sørensen,
Michael McDonald

dan dirilis pada tahun 2006, dengan versi yang stabil 2.4 / 1.7.2[1][2] / 19 Desember 2013; 6 tahun lalu , pengembangannya sendiri memakai Bahasa pemprograman JavaScript, XUL, CSS. Lisensi ABP ini GPL atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi lisensi publik umum.
Untuk situs web resminya, bisa kunjungi adblockplus.org


Sedangkan yang satunya adalah AdBlock yang dikembangkan oleh BetaFish Incorporated,


Pengembang AdBlock mengaku terinspirasi oleh ekstensi AdBlock Plus di Firefox, seperti yang dilansir dari Wikipedia, AdBlock ini dirilis 08 Desember 2009, dengan rilis stabil 2.6.13 / 5 November 2013; 6 tahun lalu. Bahasa Pemprograman yang dipakai HTML, CSS, JavaScript, jQuery. dan tersedia dalam beberapa bahasa seperti bahasa Indonesia, Deutsch, English, Français, Nederlands, Türkçe, català, dansk, español, hrvatski, italiano, magyar, polski, português (Brasil), português (Portugal), română, slovenský, slovenščina, suomi, svenska, čeština, Ελληνικά, Српски, български, русский, українська, עברית, తెలుగు, ‫العربية, 中文 (简体), 中文 (繁體), 日本語, 한국어

untuk Lisensi AdBlock ini GPLv3 yang merupakan versi setelah GPL dirilis 27 Juni 2007.
Untuk situs web resminya, bisa kunjungi getadblock.com


Oh iya Ada juga nih adguard, saya juga baru tau nih, dan ini menawarkan beberapa opsi, free dan premium.. beberapa fiturnya ada Ad Blocking, Browsing Security, Privacy Protection dan parental control.. jadi semakin banyak yang nge Block iklan...hehe



AdGuard adalah serangkaian perangkat lunak pemblokiran iklan dan perlindungan privasi yang terdiri dari produk open-source dan shareware yang melindungi pengguna Microsoft Windows, Linux, OS X, Android dan iOS dari iklan yang tidak diinginkan, pop-up, serta dari pelacakan, malware, dan phishing. Utilitas lintas platform, AdGuard juga tersedia sebagai ekstensi untuk browser yang paling banyak digunakan, Firefox, Google Chrome, Opera, Safari, Yandex.Browser, dan Microsoft Edge.  Lebih dari 5 juta orang dilaporkan menggunakan perangkat lunak pada tahun 2018.

Adguard sendiri dikembangkan oleh AdGuard Software Limited.  Rilis pada 1 Juni tahun 2009, dengan Rilis stabilnya 7.3 / December 22, 2019. tersedia di 28 Bahasa seperti yang dilansir di Wikipedia, dan adguard ini sendiri memiliki 2 tipe lisensi yaitu Open source and shareware. Situs web pengembang adguard.com.


Apa dampak Positif Adblock?


Tentu sebenarnya ada banyak juga dampak positif adblock, kita tahu tidak semua iklan yang bertebaran di internet itu baik / aman, ada juga yang iklan itu mengganggu dan ketika di klik, bisa diarahkan ke situs yang mengandung malware.

Tetapi sekarang ini browser browser seperti chrome, firefox, opera, edge sudah melengkapi fungsi canggih yang menolak / bakalan memberitahu jika suatu website tidak aman... dan secara otomatis aksesnya bakal di block.. walaupun itu juga ada peran ISP yang mempunyai tingkat pengamanan terhadap jaringannya juga, tetapi itu juga belum menjamin kita bakalan aman 100% khan... Ingat konsep virus dan antivirus... sampai sekarang.. mereka kucing kucingan mulu,
Biasanya orang kesel ama iklan Pop Up yang muncul terus, dan AdBlock datang memberi solusi.
AdBlock bisa memberi rasa aman terhadap penggunanya…. nah tetapi saat ini juga muncul loh ekstensi ekstensi baru adblock… dan ini menjadi bahan hati hati lagi para pengguna… kenapa? karena emang muncul adblock adblock yang palsu alias abal abal.

Sebenarnya sekarang ini hanya berbekal browser keluaran terbaru dan menjalankannya pada private mode, kita sudah bisa tidak menampilkan iklan... karena sudah ada fasilitas do not track

Apa dampak Adblock bagi kesejahteraan Publisher


Seperti yang kita ketahui diatas pada latar belakang, saya juga telah menjelaskan lumayan panjang, bahwa sekarang ini sebagian publisher penghasilannya masih bergantung pada iklan, sehingga dengan adanya adblock dan bahkan anti tracker yang sudah di integrasi di browser, hal itu akan menurunkan penghasilan dari para publisher entah itu blog, website hosting, bahkan juga platform video semacam Youtube.

Perlu diketahui ada beberapa hal yang diperlukan publisher untuk menunjukkan eksistensinya, tak jarang beberapa hal itu berbayar / atau itungannya sewa gitu lah.

1. Domain,
nama domain ini merupakan hal berbayar yang rutin dibayarkan publisher tiap tahun, entah itu hosting sendiri maupun ditautkan ke platform blog, intinya nama atau alamat domain ini berbayar. Besar kecilnya tergantung pada ekstensi yang dipilih.... tentu domain ekstensi .com harganya beda dengan domain ekstensi .xyz

2. Hosting,
bagi pemilik website mandiri, hal ini menjadi biaya tambah yang rutin dikeluarkan entah itu bulanan maupun tahunan, yang jelas semakin premium hosting yang dipilih, maka semakin mahal pula.

3. Pengetahuan,
tentu tanpa adanya pengetahuan maka biasanya yang ada hanyalah publisher abal abal… karena menulis eh mengetik artikel berkualitas itu tidaklah semudah copy paste. Butuh berhari hari juga terkadang hanya untuk membuat satu halaman pembahasan. Seperti halnya mangaka atau penulis NAME... tanpa adanya pengetahuan dan inspirasi… hanyalah halaman kosong yang ada didepannya.

4. Membangun Lingkaran Social Media,
yup hal ini juga merupakan salah satu usaha dalam menunjukkan eksistensinya, tanpa ini, maka akan sulit diketahui. Dan untuk itu juga tidak murah khan? liat aja berapa bayaran seorang social media analis, atau penggiat social media dibayar.


nah, lumayan banyak khan? jadi kalo nggak ada penghasilan dari iklan… ?




Bagaimana Mengaktifkan Proteksi AdBlock di Mozila Firefox



Yup, setahu saya… firefox sudah memasang keamanan dibrowsernya yang membantu pengguna untuk memberi rasa aman dari berbagai bahaya dari dunia PARALLEL tersebut.. hehe, salah satunya itu sudah termasuk dalam blocking iklan, tetapi emang sih untuk proteksinya pada defaultnya akan ada di mode PRIVAT alias Private Mode atau Private Window... tau sendiri khan... atau Incognito Mode... gitu lah, kalo untuk yang biasa atau window biasa, secara default mode strinct itu belum aktif… kalian bisa sih mengaktifkannya, caranya :

1. Silahkan kalian pergi ke Option seperti yang saya tunjukkan di gambar bawah ini ya...


2. Setelah itu kalian pergi ke tab Privacy dan Security, secara default / bawaan yang kecentang adalah STANDARD, artinya iklan masih bias tampil… Tetapi ketika kamu mengubahnya seperti pada gambar dibawah ini, atau strict, maka iklan kemungkinan besar akan di blok, entah kalo masih ada yang lolos, tetapi pengalaman admin RahmanCyber sih nggak nampilll.


Setelah itu, kalian langsung aja reload semua tab, atau tutup firefox dan muat ulang lagi… Jika masih bingung, disini RahmanCyber juga membuatkannya dalam program TJR (Tanya Jawab RahmanCyber) merupakan program acara di youtube yang menjawab pertanyaan pertanyaan yang berserakan di Dunia Parallel.. hehehe


Btw... di video itu sedikit menyinggung pembahasan pada artikel ini…  ^_^



Bagaimana Membuat Pengecualian Block


Pada dasarnya AdBlock sendiri sangat bermanfaat bagi pengunjung, sehingga mereka bias berselancar dengan nyaman dan aman (mungkin), nah tetapi memang hal itu berbeda dengan Publisher, terutama yang emang ngebangun artikelnya sendiri, menulis ber jamjam didepan layer computer... dan kemana mana cari inspirasi buat bahan artikel… heh, kok jadi curhat sih..

Ok, sebenarnya ada opsi pengecualian, jadi disitu kita bias mengecualikan situs mana saja yang tidak kita block alias iklannya bias tampil, namanya "Daftar Putih" yah, artinya itu bukan Black List yah.. hehe, jadi setiap kita mengakses situs tersebut, maka iklan dari publisher akan bisa tampil, dan tentu hal itu akan bermanfaat untuk menyambung biaya operasional website.

Caranya Membuat Pengecualian Bagaimana sih? sebenarnya ini cara saya memakainya di firefox yang memang sudah tertanam Tracking Protection nya, tetapi kemungkinan juga relevan dengan browser yang memakai ekstensi tambahan atau addon..

1. Silahkan kamu buka Website favorit kalian, kalo disini saya buka www.rahmancyber.net


nah, kalian klik icon tameng disebelah url input diatas tu... secara default ketika kalian aktifkan protection atau adsblock maka akan ada informasi protection diatas, artinya iklan di blok. Untuk membuat pengecualian, tinggal kalian geser scroll centang, jadi seperti pada gambar dibawah ini



2. Selamat, kamu sudah membuat www.rahmancyber.net berada di daftar putih, dan itu hanya berpengaruh pada situs www.rahmancyber.net saja / situs yang kamu bebaskan blocknya… jadi sebenarnya semudah itu… jika kamu emang percaya sama Publishernya.. maka kamu bisa deh melakukan hal diatas.. dan itu diatas cuman sample atau contoh ya, jadi kamu bisa melakukannya di situs yang dapat kamu percaya dan bermanfaat buat kamu… ya mungkin semacam bookmark gitu lah ya.








Kira kira seperti itulah beberapa paparan pembahasan kali ini, dan saya yakin temen temen bisa mengambil kesimpulannya sendiri dan..
Sampai jumpa sob di pembahasan topik lainnya di RahmanCyber.








Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Harap Jangan Nyepam ya... ^_^

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only