12/23/2015

Yuk Bahas Movie Kotonoha no Niwa




Narukami no sukoshi toyomite (Sambaran Petir yang Samar)
Sashi komori (Langit yang mendung)
Ame mo furanuka (Mungkin hujan akan datang)
kimi wo todomemu? (Jika demikian, akankah kau tetap disini bersamaku?)
Narukami no Sukoshi Toyomite
Sambaran Petir yang Samar
Furazu to mo
Meski Hujan tak Kunjung Turun
Warewa tomaramu
Aku tetap disini
Imoshi todomeba
Bersama dirimu


Haha... dapet lagi deh inspirasi untuk nulis kata - kata, Terkadang kita memang perlu membuka diri.. :D
Kali ini  Yuk Bahas Movie kali ini membahas film yang baru aja ku tonton.. ya setidaknya buat dokumentasi, aku pernah nonton film ini aja .. ikh...ihk..ikh..

Kotonoha no Niwa atau kalau dalam bahasa internasionalnya The Garden of Words | Taman Kata 

bentar deh, sebelum nopik ke alur ceritanya, aku lebih suka bahas ke visualnya dulu ye... :D seperti film Makoto Shinkai sebelumnya, ternyata film yang ini juga memuat visual realistik seperti sebelumnya, scenerynya dapet banget, daun yang bergoyang, air hujan yang jatuh, langit yang berubah warna, lampu yang kerlap-kerlip di atas gedung, sampai kereta barlalu lalang pun terlihat seperti real tapi masih dalam lingkup animasi.. ya mungkin itu kali ya yang menjadi pembeda dengan film animasi lainnya...

Bercerita tentang Takao Akizuki, remaja 15 tahun siswa SMA yang bercita-cita menjadi pembuat sepatu yang sering membolos ketika hujan turun ke sebuah taman. Pada suatu hari, Takao bertemu dengan seorang perempuan yang berpakaian rapi seperti orang kantoran sedang duduk di gubuk di taman sambil minum dan makan cokelat. Bukan sekali dua kali Takao ketemu, tetapi setiap kali datang ke sana Takao ketemu perempuan itu.
Awalnya mereka hanya saling diam ditengah hujan, (Pada bagian pertama ketemu inilah terselip kata yang diucapkan si perempuan itu dalam sastra jepang, yang tentunya si takao kurang paham.. ia pun mencari jawabannya ternyata.. ia tulis kata itu..  ) namun semakin sering bertemu di saat hujan mereka menjadi samakin dekat. Sampai-sampai di saat bangun di pagi hari Takao selalu berharap turunnya hujan agar bisa bertemu dengan Perempuan itu.



Takao memiliki hobi mendesain sepatu. Dia punya cita-cita untuk kuliah desain sepatu. Karena biayanya mahal Takao pun membagi waktunya untuk kerja paruh waktu. Perempuan ini setiap kali datang pakai sepatu yang berbeda-beda dan menginspirasi Takao untuk mendesain sepatu. Lama-lama mereka berdua deket. Ketika tahu kalau Takao suka mendesain sepatu, Perempuan inipun ngasih buku tentang desain sepatu gitu ke Takao. Ketika ketemu lagi, Takao bilang sedang bikin sepatu tapi tidak memiliki ukuran ( model kaki yang bisa diukur ) nah seketika si perempuan itupun bilang ke takao "silahkan kakiku saja bisa dijadikan ukuran" dan takaopun memutuskan untuk membuat sepatu pertamanya untuk perempuan itu.


Suatu hari,
Hujan berhenti turun dan Takao nggak punya alasan untuk datang ke taman itu lagi.

Tak disangka, suatu hari Takao(15) ketemu dengan perempuan itu. Ternyata dia adalah salah satu guru di sekolahnya, Yukari Yukino (27). Yukari mengundurkan diri dari sekolah karena ada masalah dengan anak kelas tiga. Anak kelas tiga itu menyebarkan gosip tentang dirinya yang sampai kedengeran ke orang tuanya.

Takao yang tahu tentang hal itu kemudian dia pun mendatangi anak kelas tiga untuk bikin perhitungan.  Setelah itu, Takao pergi ke taman dan ketemu Yukari. Takao nemuin jawaban dari Tanka yang waktu itu diucapin Yukari di pertemuan pertama mereka.

Yang diatas ntu tuh...

Habis itu, tiba-tiba hujan deras. Dalam keadaan Kehujanan dan kedinginan, Yukari mengajak Takao ke apartemennya. Di situ, Takao ngaku kalau dia suka dengan Yukari. Tetapi, Yukari dengan sopan mengingatkan kalau dia adalah gurunya dan memberitahu Takao bahwa dia mau pindah ke kampung halamannya untuk hidup sendiri.

Kecewa karena ditolak, Takao pun pergi. Sempat tuh Yukari berfikir sejenak dan ternyata ia tak bisa membohongi hatinya sendiri akhirnya ia Menyadari kesalahannya Yukari mengejar Takao sampai jatuh juga. Ketika ketemu di tangga apartemen, Takao pun meluapkan kebenciannya kepada Yukari yang pikirnya ia dianggap sebagai anak kecil 15 tahun, Padahal sebenarnya Yukari hanyalah membohongi diri sendiri, lali Yukari nangis senangis-nangisnya di bahu takao. Dia bilang selama ini takut pergi ke sekolah dan Takao-lah yang bikin dia berani. teeeet...
Udah lah..nonton sendiri aja ya...wkwkwk

Di akhir film, diceritakan kalau keduanya hidup sendiri-sendiri. Takao berhasil menyelesaikan sepatunya dan suatu hari bertekad menemukan Yukari.

Ya....

Film karya Makoto Shinkai memang mempunyai ciri khusus seperti diatas dari segi visual, dan sautan dengan nada sastra membuat karyanya adem dan tidak kasar..  Walau untuk film ini ada beberapa contoh yang tidak perlu ditiru dan mungkin terlihat negatif, seperti Bir dan Kekacauan Rumah tangga ( Ibunya Takao ).

Film yang berdurasi 46 menitan ini udah rilis 28 April taun 2013.. eh aku nya baru nontonnya sekarang.. gara gara 5Cm.. jadi merembet...

untuk endingnya pas banget.. Heh.. aku juga baru nyadar kalo yang bawain Rain - adalah Motohiro Hata .. kalo bicara tentang Motohiro Hata  pasti nyantelnya Doraemon Stand by Me..


Ya begitulah... Jaa.. sampai disini aja.. Silahkan nonton sendiri ya.. jangan tanya ane dapetnya dari mana.. :D

Ini nih inspirasi dari gambarnya si Makoto...

Scenes of Shinjuku Gyoen National Park.





Yang jadinya seperti ini :





















RahmanCyber Hobi dan Kegemaran
Mengulas tentang Hobi dan Kegemaran lebih spesifik..
http://www.rahmancyber.net
Facebook : /rahmancyber | Twitter : @RahmancyberNet



Advertisement
RahmanCyber Network merupakan sumber beragam informasi seputar Tips dan Trik, berbagai Info Terkini, dan Pengetahuan lainnya | Selamat datang di http://rahmancyber.net | Semoga yang kita sajikan pada situs ini bisa bermanfaat bagi para pembaca... ini channel youtube kita https://www.youtube.com/channel/UCR-cTDMxvNGfojd-1J3Rz2A? Jangan lupa... like and subscribenya ya.. hehe


Sponsor Rahmancyber Network





Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only