12/22/2015

Yuk Bahas Movie Byōsoku 5 Centimeter




Hmmm sepertinya memang ane telat nonton film ini... makannya baru nyadar, banyak temen yang nanyain film 5cm ke ane udah nonton belum, kirain 5cm yang indonesia itu tuh... ternyata ane ndak nyambung... yang dimaksud adalah 5 Centimeter Per Second ato bahasa jepangnya Byōsoku Go Senchimētoru..yang udah dirilis lama banget dari tahun 2007 silam.. ( ane mah lagi ndaftar SMK....ikikik ) setelah nonton film itu.. ane coba deh ulas di RahmanCyber.. siapa tau ada yang belum nonton.. :D karena ternyata film ini memiliki alur cerita yang bagus.. sungguh luar biasa, di suguhkan dalam 3 segmen dengan tema, drama dan romance serta keindahan animasi luar biasa.


Byōsoku 5 Centimeter (Byōsoku Go Senchimētoru) merupakan sebuah film anime Jepang tahun 2007 oleh Makoto Shinkai. Film ini tamat ditayangkan pada tanggal 22 Januari 2007. Bagian pertama film ini telah ditulis di Yahoo! Jepang sebagai streaming video khusus pengguna Yahoo! Premium pada tanggal 16 Februari hingga 19 Februari 2007. Pada tanggal 3 Maret 2007, film lengkapnya telah ditayangkan sebagai tayangan perdana di Cinema Rise di Shibuya, Tokyo. Film tersebut terdiri dari tiga episode atau bagian: Ōkashō (桜花抄), Cosmonaut (コスモナウト), dan Byōsoku 5 Senchimētoru (秒速5センチメートル), dengan total waktu tayang keseluruhannya adalah satu jam. Sebagaimana film-filmnya yang sebelumnya, soundtrack film ini digubah oleh Tenmon.

DVD Byōsoku 5 Centimeter dikeluarkan pada tanggal 19 Juli 2007. Novel 5 Centimeters Per Second yang merupakan pengembangan cerita dari versi filmnya juga dibuat. Versi manganya yang berbetuk serial diterbitkan oleh Afternoon mulai bulan Juli 2010, diilustrasikan oleh Seike Yukiko.






Film ini mengisahkan tentang Tohno Takaki, tentang kehidupan cinta pertamanya dengan Akari Shinohara. Wanita yang dikenal sejak bangku sekolah dasar, dan lewat pertemuan ini pula keduanya mengenal bagaimana rasanya mencintai dan dicintai, bagaimana rasanya saling menunggu dan saling merindukan. Namun pada akhirnya Takdir memisahkan mereka, Jarak dan waktu merupakan salah satu hal paling penting yang bisa merubah jalan hidup seseorang. Perjalanan hubungan Tohno dan Akari tahun demi tahun tersaji jelas dalam filmnya, terbagi dalam 3 babak :

    - Oukashou – The Chosen Cherry Blossoms (Narator: Tohno Takaki)
    - Kosmonauto – Cosmonaut (Narator: Sumida Akane)
    - Byousoku 5 senchimehtoru – 5 Centimeters Per Second (Tohno Takaki)


Film di akhiri dengan sosok Akari yang perlahan namun pasti mulai menjauh dari kehidupan Tohno, Sampai lulus Sekolah dan bekerja Tohno belum bisa melepaskan bayangan masa lalunya bersama Akari, sedangkan Akari sendiri sudah bertunangan dengan orang lain.  Walaupun pada akhirnya, Tohno menerima kenyataan ini dan memutuskan untuk melanjutkan kehidupan mereka masing-masing.

Di Film ini lebih banyak memadukan Dialog yang sederhana antar tokoh dan Narasi yang mengiringinya.

Untuk urusan teknis kualitas animasinya memang menakjubkan !! Detik demi detik kita akan disuguhi penggambaran yang luar biasa indah dan detail yang sangat sayang dilewatkan, bagaimana efek gugurnya bunga sakura, salju yang turun, cahaya yang indah, kereta api, langit yang luar biasa mengagumkan, jam tangan “casio” yang detail, dan suasana kota yang terkesan hidup, Pokoknya luarbiasa deh. sangat berkesan dan memorable.

Memang sih teknisnya seperti itu, karena plotnya memang berlatarkan Negeri Jepang, dimulai semenjak era 1990an hingga sekarang (2000an), dimana setiap episodenya berkisar pada seorang tokoh bernama Takaki Tōno. Episode pertama berlatarkan pada masa saat telepon seluler masih belum umum digunakan dan email belum digunakan masyarakat luas.



 "One more time, one more chance" (Satu waktu lagi, satu peluang lagi), ditulis dan dinyanyikan oleh: Masayoshi Yamazaki, merupakan lagu pengiring yang membuat suasana menjadi penuh dengan emosi (bagi yang nonton dengan serius sih.. :D)


Apa sih pesan yang dapet diambil dari film ini? ya tentunya tiap film dibuat itu memberikan sebuah pesan atau lebih entah itu tersirat dan tersurat... lalu pesan yang penulis pahami apa sih? "hubungan manusia memang rumit, apapun keputusan yang kita ambil tentunya akan menentukan kemana kita pergi, tiap orang memang memiliki kehidupan masing-masing yang sepertinya sudah memiliki takdirnya sendiri."

Ya sudut pandang lainnya, Film Makoto ini memberi sebuah pandangan yang lebih realistik akan halangan yang dihadapi manusia, waktu, ruang, dan cinta. Film ini diterjemahkan sebagai "5 Sentimeter per Detik", berdasarkan kecepatan kelopak bunga sakura yang rontok, dimana kelopak bunga merupakan representasi metaforikal manusia, mengenai kehidupan dan bagaimana manusia yang memulai kehidupan bersama akan berangsur-angsur berpisah dalam kehidupan mereka sendiri-sendiri.


=============

Penokohan

Takaki Tōno (遠野貴樹 Tōno Takaki)
Suara oleh: Kenji Mizuhashi (Jepang), David Matranga (Inggris)

    Takaki merupakan protagonis pada film ini. Seperti Akari, ia berpindah kota karena pekerjaan orangtuanya. Takaki dan Akari telah menjadi sahabat yang akrab, tetapi berpisah saat Akari pindah kota dan mereka bersekolah di sekolah yang berbeaa. Mereka senantiasa saling mengirim surat satu sama lain sampai akhirnya Takaki mengetahui bahwa ia akan pindah ke Tanegashima. Mereka berdua memutuskan untuk berjumpa pada suatu hari yang bersalju, yang mungkin adalah untuk terakhir kalinya. Takaki mengikuti esktrakurikuler kyūdō.

    Versi manga menceritakan lebih mendetail mengenai hubungan asmaranya (yang gagal) sesudah perguruan tinggi dan usahanya untuk mengatasi.

Akari Shinohara (篠原明里 Shinohara Akari)
Suara oleh: Yoshimi Kondō (Bagian pertama) dan Ayaka Onoue (Bagian ketiga), (Jepang), Hilary Haag (Inggris)

    Sahabat karib Takaki di Sekolah Dasar. Ia ingin bersekolah SMP yang sama dengan Takaki, tetapi terpaksa pindah ke Tochigi karena pekerjaan orangtuanya. Untuk waktu yang singkat, Akari dan Takaki saling surat-menyurat satu sama lain.

Kanae Sumida (澄田花苗 Sumida Kanae)
Suara oleh: Satomi Hanomura

    Teman sekelas Takaki di sekolah menengahnya. Ia jatuh cinta kepada Takaki semenjak Takaki masuk ke sekolahnya, tetapi gagal menyatakan perasaan yang dipendamnya. Ia suka berselancar dan tidak begitu pasti akan masa depannya, sementara kakaknya adalah seorang guru di sekolah menengahnya.

    Dalam manga, ia diceritakan bekerja sebagai perawat sesudah even di film. Ia memutuskan untuk mencari Takaki di Tokyo. Setibanya di Tokyo, ia berada dalam dilema antar menelepon Takaki atau tidak. Kane akhirnya memutuskan untuk tidak menelepon Takaki dan hendak kembali pulang. Namun, Takaki ternyata berjalan melewati bangku taman yang ia duduki. Diduga bahwa keduanya saling menyadari kehadiran satu sama lain.





Ya... Sekian dulu ya #YukBahas Movie kali ini.. Moga bermanfaat :D







RahmanCyber Hobi dan Kegemaran
Mengulas tentang Hobi dan Kegemaran lebih spesifik..
http://www.rahmancyber.net
Facebook : /rahmancyber | Twitter : @RahmancyberNet


Advertisement
RahmanCyber Network merupakan sumber beragam informasi seputar Tips dan Trik, berbagai Info Terkini, dan Pengetahuan lainnya | Selamat datang di http://rahmancyber.net | Semoga yang kita sajikan pada situs ini bisa bermanfaat bagi para pembaca... ini channel youtube kita https://www.youtube.com/channel/UCR-cTDMxvNGfojd-1J3Rz2A? Jangan lupa... like and subscribenya ya.. hehe


Sponsor Rahmancyber Network





Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only