Pengertian Subscription, One Time Purchase, Perpetual dan Lifetime License ketika Beli Software

RahmanCyber Bisnis - Saat ini metode penjualan software sudah jauh berubah dari dulu yang masih memakai penjualan dalam paket CD/DVD, ataupun memakai Penyimpanan Data lainnya seperti Flashdisk untuk mendistribusikan software, sekarang sudah beralih ke penjualan langsung secara online.

{getToc} $title={Table of Contents}

 

beli perangkat lunak ori
Beli Software

 

Walaupun beberapa perusahaan software masih ada yang menerapkan cara lama, tetapi sebagian besar perusahaan software / perangkat lunak sudah beralih ke metode online.

Ada banyak keuntungan sebenarnya ketika pendistribusian software dilakukan secara full online tanpa perlu mengirimkan software dalam bentuk fisik seperti metode penjualan jaman dahulu kala. Selain hemat biaya pengiriman antar negara, penjualan biasanya dibarengi dengan pajak penghasilan yang dibebankan ke pembeli dan dikelola oleh mereka untuk dilaporkan ke pengelola pajak.

Kalo dulu kita fokus ke "ORIGINAL" atau "ORI" dimana software tersebut didapatkan secara legal, tetapi saat ini di metode penjualan perangkat lunak jaman sekarang sudah mulai terbiasa dengan beberapa istilah baru seperti Subscription, One Time Purchase, Perpetual dan Lifetime License.


Oke wait.. sebelumnya, disini kita mengenalkan channel youtube resmi kita dulu ya.. Saat ini ada 3 channel yang ditampilkan, 

https://youtube.com/@rahmancyber
https://youtube.com/@quesearch
https://youtube.com/@rahmancybercom

kenapa 3? agar memudahkanku memanajemen konten, untuk quesearch sendiri mungkin ini adalah channel pertama di indonesia yang berkonsep tanya jawab :) jadi disini buat kalian yang ada pertanyaan di channel rahmancyber, jika diperlukan jawaban dalam bentuk video, maka kita taruh di Quesearch tersebut...


Oke lanjut!

Beberapa poin di judul itu sebenarnya bisa saling berkaitan satu sama lain, karena kadang ada juga perusahaan software yang menerapkan semuanya, tentunya dengan harga yang berbeda beda.


Mari kita Ulik Poin Pertama!


1. Pengertian "One Time Purchase License"

Sebenarnya One Time purchase ini sangat berkaitan dengan yang subscription karena ini adalah antonimnya di mana ketika kalian memilih one time purchase di sini artinya ketika kalian itu membeli sebuah software maka itu softwarenya bisa kalian pakai untuk selamanya dan Kalian tidak perlu bayar lagi!

nah tetapi Tunggu dulu teman-teman karena terkadang One Time purchase ini diikuti dengan beberapa poin yang lain misalnya perpetual ataupun lifetime lisensi Nah nanti di sini kita akan bahas satu persatu ya tetepan tetapi di sini pada intinya One Time purchase ini adalah ketika kalian membeli sebuah perangkat lunak atau software, itu artinya kalian hanya bayar sekali itu saja dan Kalian tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk kedepannya atau bahasa tegasnya adalah tagihan.

aku sendiri pun sebenarnya adalah tipe yang tidak terlalu suka dengan yang subscription teman-teman karena di sini kita perlu bayar bulanan dan itu seperti pikiran kita menyimpan tagihan tagihan... Tetapi kalau memang tidak ada pilihan yang lain tentu di sini saya akan lebih ringan memilih yang langsung 1 tahun atau 2 tahun dimuka seperti itu ketimbang harus membayar tagihan tiap bulan. karena itu lebih ke perencanaan keuangan sih.

beberapa perusahaan ada yang menerapkan One Time purchase only jadi tidak ada pilihan untuk subscription contohnya adalah seperti affinity

dari penelusuran di websitenya langsung di sini afinity menerapkan One Time purchase only sehingga di sini tidak terdapat pilihan untuk subscription dan ini bisa kita jadikan salah satu contoh walaupun di sini kita tidak tahu ya kedepannya Seperti apa Karena yang namanya perusahaan itu bisa saja akan ada perubahan yang kadang tidak bisa diprediksi sebelumnya.

Oh iya affinity itu merupakan salah satu perusahaan perangkat lunak yang dia itu fokus ke software desain grafis Di mana Di situ ada pembagian lagi ada afinity desain ada afinity foto terus ada juga afinity publisher di mana ketiganya itu bisa saling terkait satu sama lain di dalam sebuah industri kreatif.

untuk contoh yang lain aku belum menemukan saat ini referensiku baru itu mungkin kalian bisa menambahkan di kotak komentar

intinya sekali beli ya sudah Kalian pakai untuk selama-lamanya dan tidak ada biaya lain kedepannya

2. Pengertian "Subscription License"

Oke ttadi kita sudah menyinggung tentang Subscription di pembahasan One Time Purchase dan intinya ketika kita fokuskan ke pembahasan ini adalah Subscription itu artinya berlangganan, ketika kalian itu membeli software yang itu bertuliskan subscription tentu kalian akan melihat harganya akan nampak murah tetapi kalian perlu cermati bahwa di situ adalah biaya langganan artinya ketika kalian tidak bisa membayar biaya langganan tersebut lisensinya akan tidak berlaku.

subscription ini biasanya ada yang prabayar ataupun pascabayar atau dibayar dimuka atau dibayar belakangan, biasanya yang beli dibayar dimuka atau prabayar itu paket 1 tahun atau 2 tahun seperti itu. dan harganya lebih murah ketimbang ketika kita itu bayarnya tiap bulan. Biasanya ada selisih harga.

Terus ada yang modelnya itu dia otomatis perpanjang ada juga ketika masa kontrak berlangganan itu habis maka software sudah tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Nah di sini kalian perlu cermati kontrak berlangganan yang disediakan teman-teman Sehingga nantinya tidak salah paham.

Harusnya kalau sudah mencapai di titik pembayaran atau titik di mana kita itu sudah mau membayar itu semua clear untuk kontrak perjanjiannya tidak lagi abu-abu seperti ketika promosi 

Ya seperti ketika marketing gitu kan kadang ada beberapa yang disembunyikan sehingga kalau kita sebagai calon pelanggan tidak terbiasa kita tidak cermat maka ya sudah :) , contoh sederhana adalah tanda bintang kecil yang nyempil di akhir kalimat*... wkwkwk

tapi saya rasa generasi sekarang itu sudah paham ya tentang marketing marketing seperti itu dan tidak perlu diperdebatkan karena memang ya itulah marketing itulah seni marketing, seni itu diciptakan agar mudah menarik calon pembeli dan pembeli pun juga tidak bingung menetapkan pilihan, karena bahasanya sudah dirancang se simpel mungkin dengan target menarik pembeli.

jadi teman-teman perlu bedakan antara iklan marketing dengan perjanjian atau kontrak pembelian, makanya di sini saya bilang bahwa kalau sudah mencapai dikontrak pembelian maka semuanya itu biasanya sudah clear tidak ada yang di sembunyikan sementara.. hehehe

Oke untuk contoh perusahaan software yang menerapkan full subscription adalah Adobe System.

mereka sudah beralih dari penjualan One Time purchase ke full Subscription atau berlangganan sehingga di sini tidak ada opsi lain selain itu. buat yang tidak pengen ditagih tiap bulan kalian bisa memilih opsi pembayaran tiap tahun di muka. Di mana itu harganya biasanya agak lebih murah sih tetapi tidak terlalu banyak perbedaannya.

Sebenarnya ada beberapa keunggulan dari model Subscription ini di mana kita tidak perlu memikirkan nanti ketika softwarenya itu ada upgrade versi karena secara otomatis yang berlangganan itu akan memperoleh upgrade ke versi yang terbaru atau yang sudah terbarukan oleh si perusahaan softwarenya tersebut.

selain itu juga pengguna mendapatkan harga pertama yang jauh lebih murah ketimbang ketika membeli One Time purchase.

contohnya adalah ketika kita membeli sebuah software One Time Purchase seharga 200 dolar maka ketika kita itu membeli yang subscription kita bisa mendapatkan harga misalnya 25 dolar per bulan kalau dilihat nampak kecil ya.. hehe

oke nah untuk contoh lainnya di sini kita belum mendapatkan Ya seperti biasa kalian kalau ada referensi bisa kalian sampaikan di kotak komentar yang tersedia di artikel ini teman-teman karena memang untuk yang full subscription saat ini yang aku tahu ya si Adobe ini dia tidak ada pilihan yang lain.


intinya subscription ini kita berlangganan ya artinya di sini kita berurusan dengan tagihan-tagihan tiap bulannya jika kalian memilih pembayaran perbulan nah tetapi ketika kalian itu pengen pembayaran dibuka maka kalian bisa memilih opsi yang per tahun, ini sangat berguna untuk perusahaan dalam hal budgeting atau mengatur PERENCANAAN KEUANGAN.



3. Pengertian "Perpetual License"

Kalau untuk yang berpetual ini dari pemahamanku di sini lebih berdasarkan versi teman-teman versi Sebuah software,

biasanya ini disandingkan dengan One Time purchase!

dimana kalau disambungkan jadi "One Time purchase Perpetual" Jadi kalian perlu teliti akan hal ini teman-teman jadi misalnya ada perusahaan perangkat lunak yang menjual Sebuah software, di mana dia menawarkan One Time purchase maka di sini kalian perlu lihat nih Apakah di sini ada nyempil kata Perpetual ? Nah kalau ada kata perpetual berarti di sini biasanya hanya berlaku untuk versi tersebut saja sehingga kalau misalnya nanti ada peningkatan versi selanjutnya atau ada update versi terbaru dari perusahaan perangkat lunak tersebut maka kita perlu untuk upgrade dengan membayar biaya upgrade atau kita bisa membeli baru untuk versi selanjutnya.

walau kadang itu kalau dipikir-pikir ini juga bisa menghabiskan budget. karena biasanya perusahaan software yang dia itu menerapkan ONE TIME PURCHASE PERPETUAL, dia itu peningkatan versinya tiap tahun. 

Jadi kalau misalnya ada banyak sekali fitur yang ditawarkan, nah itu yang kadang membikin kita Dilema mau beli UPGRADE atau tidak.

Cuman kalau misalnya kita sudah puas dengan versi yang kita miliki tentu itu akan Menghemat banyak sekali biaya artinya di sini dengan versi yang kita beli itu kita sudah bisa menyelesaikan berbagai macam pekerjaan-pekerjaan kita / bisa dibilang WORKFLOW kerjaan kita dapat terpenuhi lah sampai finishing dan menghasilkan produk :) .

Nah contoh yang menerapkan perpetual secara keseluruhan ini adalah affinity seperti yang kita sudah paparkan di atas jadi di sini itu ketika di sini dia berubah versi dari 2 misalnya ke versi 3 maka kita perlu upgrade teman-teman dengan biaya upgrade tambahan nah tetapi biasanya lebih murah dari biaya beli baru walaupun juga tidak terlalu murah.

Jadi intinya perpetual itu berdasarkan versi yang kalian beli Tetapi ada juga loh Yang versinya itu misalnya 2.0 ke 2.1 itu dihitung perpetual Nah di sini kalian perlu lihat kembali kontrak pembeliannya Bro


4. Pengertian "Lifetime License"

Lifetime ini merupakan lisensi selamanya atau teman jadi kalian sudah tidak perlu bayar lagi ke depannya dari sekian banyak lisensi Sebenarnya saya paling suka yang ini nih One Time Purchase Lifetime. Yup, iasanya memang ini disandingkan dengan One Time Purchase / pembelian satu kali.

nah ini yang kadang juga mengecoh temen-temen Jadi kalian perlu bener-bener perhatikan karena kadang ada juga yang menuliskan lifetime tapi perpetual teman-teman. 

Jadi tulisannya itu one time purchase lifetime perpetual , kadang kadang perpetualnya hurufnya di kecilin... nah sebenarnya kalau misalnya kita lihat dari bahasa marketingnya juga tidak salah karena memang perpetual Itu kan untuk selamanya gitu kan Nah tetapi di sini Sebenarnya Lifetime License sendiri dia ketika Kalian beli Kalian tidak perlu lagi untuk membayarnya ketika ada update versi terbaru jadi selama software itu masih aktif dikembangkan ya kalian sudah tidak perlu bayar lagi seharusnya ya ketika muncul update.

Nah contoh Lifetime lisensi yang sebenarnya itu adalah seperti perusahaan perangkat lunak image Line yang dia itu memiliki produk bernama FL Studio  

Jadi di sana ketika kalian sudah membeli FL Studio itu maka ketika nanti akan ada update update terbaru kalian sudah tidak perlu lagi untuk membayar dan bisa jadi nanti harga yang kalian dapatkan juga berbeda ketika FL Studio itu sudah mencapai versi tertentu.

Sehingga di sini sangat menguntungkan jika kalian itu membeli sebuah software yang memiliki lisensi lifetime yang sebenarnya sejak awal karena kalian tak akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah ketimbang ketika kalian itu membelinya di waktu mendatang ketika software itu sudah memiliki fitur yang komplit.

untuk referensi lainnya saya belum ada ya atau teman jadi referensinya hanya itu dan di sini aku tidak tahu apakah nanti akan berubah atau tidak yang jelas ketika kita membuat artikel ini kita lihat di websitenya mereka menawarkan lisensi true lifetime tersebut artinya Ketika nanti ada update-update lagi ke depan Kalian tidak perlu bayar lagi.

Oh iya FL Studio ini merupakan salah satu digital audio workstation software ya temen-temen Jadi kalau misalnya kalian suka mixing audio suka membuat instrumen yang digabung menjadi satu kesatuan membentuk sebuah Irama gitu kan ya mungkin ini bisa menjadi salah satu software yang dipertimbangkan dengan lisensi yang ditawarkannya.


Nah jadi sekali lagi kalian perlu Perhatikan ya atau teman kalian coba teliti lagi apakah itu benar-benar lifetime yang menawarkan lisensi selamanya untuk updatenya atau hanya di versi tertentu jika memang disitu terdapat tulisan kecil misalnya perpetual, sehingga nantinya kalian sebagai pembeli Juga tidak merasa rugi karena kalian salah paham.


Oh ya tapi ada juga sih yang dulunya itu dia menawarkan lifetime selamanya di dalam pembeliannya tetapi berubah menjadi perpetual,

Dari pendapatku sih seharusnya ketika sudah ada perjanjian di awal ya harusnya kalau sudah lifetime ya lifetime jadi kalaupun nantinya berubah menjadi perpetual tentu itu berlaku untuk pelanggan yang baru bukan pelanggan yang lama sih.

Tetapi itu semua sebenarnya kita kalau mau melihat di bagian tos atau bagian ketentuannya yang kadang ditulis panjang banget ya di situ mesti kadang ada tulisan yang nyempil di mana kita itu untuk terhadap keputusan perusahaan nah itu sih yang kadang kita kan juga tidak memperhatikan hal itu karena memang untuk perjanjiannya itu panjang banget dan kadang berbahasa Inggris sehingga mungkin bagi sebagian orang ya juga membaca satu persatu



Kesimpulan

Nah itulah beberapa pembahasan yang mungkin itu sudah mencakup beberapa istilah yang sering kalian temukan ketika kalian itu membeli software original secara daring untuk saat ini teman-teman dan semoga itu bermanfaat buat kalian dan jika terdapat kekeliruan dalam penyampaian... mohon maaf ya.

dan ya perlu aku tekankan di sini adalah ketika kalian itu sebelum membeli sebuah software pastikan dulu kalian cermati beberapa istilah di atas teman-teman supaya kalian nanti juga tidak kecewa ketika sudah membeli.





Postingan Niat by F





Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال