Cara Beralih ke Developer Mode / Mode Pengembang Chromebook ChromeOS

Ketika kita ingin menghilangkan batasan chromebook, maka kita tidak cukup hanya dengan berpindah channel chromeos dari stabil, melainkan kita juga perlu menghilangkan verifikasi OS yang notabene menghilangkan batasan keamanan chromebook. Hal ini biasanya bagi tingkat mahir yang memahami dampak dari itu semua, karena jika terjadi kerusakan hardware yang diakibatkan dari perubahan itu, sedangkan kita berada di developer mode atau mode pengembang, maka bisa menghilangkan garansi jika chromebook kita masih dalam garansi.


Beralih ke Developer Mode atau Mode Pengembang membuat kita dapat mengakses linux layer atas, atau tanpa batasan container.


Bagaimana kita beralih ke Mode Pengembang?


Berikut ini kami sajikan dalam bentuk materi video langkah demi langkah.



Disini kita ngebahas tentang Mode Developer ya bro... dengan menghilangkan batasan security atau keamanan chromebook.
untuk bisa masuk ke Shell Linux, Layer Atas atau ROOT... :)
tapi saya lebih enjoy menyebutnya Layer Atas yang paling Atas dah... :)

 

Tetapi agar lebih familiar, kita bisa sebut dengan Sistem ChromeOS utama yang tidak berada dalam sangkar yang di jaga dengan ketat, sehingga kita bebas untuk mengakses resource utama di chromebook kita, terutama untuk berbagai fungsi yang berkaitan dengan SHELL.



Apa yang perlu kamu perhatikan sebelum beralih?


Ingatlah, sebelum kamu beralih, perlu diketahui bahwa kamu kehilangan 'batasan keamanan' yang memberikan kamu keamanan, bahkan tanpa kamu install antivirus sekalipun, sehingga kemungkinan untuk ada celah itu ada yang dapat memberikan kamu masalah, jika kamu tidak terbiasa dengan permasalahan komputer yang biasa muncul.

Bahkan jika kamu tidak sengaja memasang program yang dapat merusak sistem inti, maka jika kamu tidak memiliki pengalaman pemecahan permasalahan, kamu akan kebingungan dan mungkin akan banyak menunggu jawaban pertanyaan yang tentu memakan waktu produktif kamu.

Maka, sebelum kamu beralih, pastikan kamu berpengalaman dalam menghadapi permasalahan komputer sendiri. Sehingga kamu nantinya tidak lama dalam menunggu jawaban di forum misalnya...


Jika kamu tidak yakin, dan kamu memiliki mobilitas yang sangat tinggi, atau chromebook itu merupakan satu satunya perangkat yang kamu gunakan untuk bekerja, dan kamu memiliki banyak dokumen rahasia...


Saya rasa kamu perlu pertimbangkan untuk tidak beralih ke mode pengembang, karena kamu akan lebih aman dengan chromebook yang berada di mode stabil dan terjamin keamanannya.



Apa Saja yang Bisa dilakukan di Mode Pengembang?

 

Mode pengembang ini berbeda dengan Channel Pengembang, walaupun sama sama memiliki nama "pengembang" atau dalam bahasa inggrisnya adalah "developer"

 

Karena, jika channel developer itu, berarti kamu berada di channel yang benar benar untuk orang yang pengen dapet fitur terbaru lebih cepat, ini sangat cocok untuk konten kreator yang expert, dan memiliki pengalaman menangani permasalahan sendiri, karena tentunya di channel dev, semuanya tidak stabil, ya logikanya seperti kamu menyelesaikan draft tulisan, dimana masih acak acakan dan belum nyaman dibaca...


Kalo di dunia blogger, seperti ketika kamu buat artikel pendek terlebih dahulu dengan keyword dan judul yang sudah kamu reservasi lebih dulu, sembari nantinya dengan pelan pelan, kamu sempurnakan menjadi artikel yang lebih baik dan enak untuk dibaca.

Kenqapa saya paham hal ini, karena memang saya berada di bidang ini, sebagai seorang blogger, dimana kecepatan kadang bisa menjadi penentu kemenangan :) tidk hanya di dunia blogger bro... di dunia per youtuban juga... siapa cepat, maka dia akan mudah mendapatkan tempat, terutama di pencarian, tetapi  kalo di youtube, cepat aja tidak cukup.. tetapi kita perlu pikirkan kualitas, minimal standar lah..

 

 

Apa saja sih yang bisa kalian lakukan di Mode Pengembang? tentu banyak hal, dan kalian tentu seperti memiliki sistem operasi linux, kalian bisa masuk Shell, dimana kamu bisa mengutak atik sistem.

Jika kamu sudah expert, tentu akan banyak hal yang bisa kamu lakukan.

 

Karena disini saya tidak terlalu expert di linux, jadi disini Saya mengubah ke Mode Pengembang untuk Menginstal Crouton agar saya bisa mendapatkan tampilan Linux, entah itu Ubuntu, saya pernah coba di Channel RahmanCyber pernah kita bahas gan, mengubah ke Mode tampilan Ubuntu, jadi seakan akan kita memiliki Linux Distro Ubuntu, bahkan bisa melakukan beragam aplikasi dan software dari repository ubuntu.

 Tetapi perlu diketahui bahwa itu bukan ubuntu Native, hanya saja hal ini lebih enak, karena kita bisa mendapatkan dukungan aplikasi yang lebih luas, karena ada playstore, linux, bahkan ubuntunya sendiri... 

 

Sayangnya Chromebook yang saya miliki memiliki penyimpanan terbatas banget, hanya 32GB dan itu EMMC yang sudah di solder di board, sehingga kita kesulitan untuk upgrade sendiri, berbeda dengan SSD ataupun Harddisk...

 

Jika anda penasaran, anda bisa pergi ke pembahasan tentang Crouton, ini artikelnya

 

Lalu Apalagi?

 

Disini kalian bisa juga menjalankan OBS STUDIO untuk live streaming, hanya aja, sayang sekali memang... penyimpanan menjadi permasalahan utama dengan beragam fitur yang harusnya bisa dimiliki di chromebook... sehingga dengan keterbatasan itu... kita perlu mengalah dan mencari alternatif lain.. seperti dengan menjalankan aplikasi portabel linux yaitu APPIMAGE, yang bisa kita jalankan di SD CARD ataupun SSD External untuk loading dan transfer data lebih cepat.  

 

Disini saya bisa bilang, bahwa Penggunaan SSD External bisa jauh lebih cepat, ketimbang memakai SD CARD yang kadang memiliki kecepatan Read/Write yang rendah, sehingga transfer data dan loading aplikasi agak terasa berat, hanya aja sih bisa... karena memang ini kita berkaitan dengan harga juga sih..

Sehingga memilih SD Card pun juga kita perlu mempertimbangkan READ/WRITE nya... Selain itu juga Originalitas menjadi konsentrasi utama... karena tentu perangkat yang original akan lebih baik dan terjamin...

 

Ini adalah SSD Eksternal yang saya pakai..

 


 

 

Pembahasan AppImage juga telah kita bahas di Channel RahmanCyber, bahkan juga sudah saya sematkan dalam bentuk artikel di Website RahmanCyber ini, untuk artikel tentang AppImage, bisa anda baca disini




 

 

 

 

 








 

 








#developermode #chromebook #chromeos






Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال