Cara Menjalankan Software Linux (AppImage) dari SD CARD di Chromebook





Appimage Penyelamat Chromebook Storage 32GB!

Di awal saya memulai pembahasan tentang chromebook, ini adalah sesuatu yang saya garis bawahi...
Yup! Storage..

Samsung Chromebook 4 yang saya miliki ini memiliki storage yang minim... tetapi memang sih menyesuaikan budget yang saya keluarkan juga untuk membeli chromebook ini..

Walau sebenarnya varian chromebook ini ada yang vesi 64GB cuman, saya gak ngliat ada di Marketplace yang biasa saya gunakan untuk mencari barang... hal itu biasanya saya juga gak memaksakan untuk beli, karena kalo gak banyak di marketplace.. biasanya harga bakalan mahal.

Gak coba beli offline? nah itu... kadang ada kelebihan offline juga.. misal barang gak ada di marketplace online.. eh ternyata di offline ada... cuman masak iya harus menyambangi toko komputer di kota satu persatu... ehehe

Ketika kita berbicara tentang linux, dalam sistem installasi aplikasi, sekarang ini terdapat banyak cara, bahkan selain dari distronya.. karena memang ada penyedia pengemasan independen yang memungkinkan kita untuk install aplikasi tanpa berpikir lagi masalah perbedaan distro, misal DEBIAN memiliki ekstensi installer .deb , sedangkan untuk FEDORA memiliki ekstensi .rpm.




 

 

Appimage Penyelamat Chromebook Storage 32GB!

Di awal saya memulai pembahasan tentang chromebook, ini adalah sesuatu yang saya garis bawahi...
Yup! Storage..

dengan Storage 32GB, dan sisa separuhnya.. kita tak dapat leluasa disini, untuk menginstall beberapa aplikasi atau software linux, entah itu melalui APT, Flatpak, Snap.. itu akan benar benar menggunakan banyak penyimpanan, sehingga kadang muncul pesan yang menginformasikan bahwa Linux Storage Penuh..


Sehingga tentu saya mencari berbagai alternatif, dan ketemulah AppImage...
awalnya saya ragu, kenapa? di Video sebelumnya yang membahas tentang File Manager, saya pernah menyarankan bahwa aplikasi akan lebih lancar jika dijalankan dari Storage Internal..

Dan Itu benar, kadang SD CARD sering keluar sendiri, tiba tiba tidak terdeteksi..

Yups! tenang aja, saya udah ada solusi untuk hal ini.. ntar kita bahas dibelakang..

Kembali lagi ke AppImage.

AppImage ini merupakan format untuk mendistribusikan perangkat lunak portabel di Linux tanpa memerlukan izin pengguna super untuk menginstal aplikasi. Ia juga mencoba untuk mengizinkan penyebaran perangkat lunak biner distribusi-agnostik Linux untuk pengembang aplikasi, juga disebut pengemasan upstream.

Yup.. beberapa Pengembang Aplikasi sudah mulai memperhatikan hal ini,
seperti Inkscape, KDE dengan beberapa aplikasi andalan seperti KRITA, KDENLIVE, The Document Foundation dengan Libre Officenya...

Mereka sudah menyediakan versi Appimage..



Contohnya seperti ini..


Ini seperti memiliki container sendiri...sehingga entah itu di chromebook ataupun linux distro sekalipun, kita bisa dengan mudah menjalankan aplikasi dari Micro SD CARD, Flash disk dengan format disk yang umum seperti FAT, exFAT maupun NTFS.

Wow! menarik...


Saya masih berharap beberapa Developer lain Official mulai menyediakan versi ini, karena memang toolnya untuk mempackage aplikasi dalam format AppImage, sudah didistribusikan...


Anda bisa lihat beragam informasinya di https://appimage.org/


Nah!

Dengan pengembang aplikasi menyediakan dalam bentuk format App Image tersebut, maka pegguna pun akan lebih merasa aman, karena AppImage benar benar berasal dari Official.



Lalu bagaimana dengan beberapa Independent Package Distribution / Paket Distribusi Universal lainnya?  seperti Snap, Flatpak?

 

Semuanya bagus, terlebih untuk memudahkan pengembang juga untuk mendistribusikan paket tanpa terganggu perbedaan sistem installer tiap distro linux.. seperti Debian .deb dengan FEDORA .rpm, 


Contoh paling gampang.. ketika anda ingin instal firefox terbaru, terkadang ketika memakai terminal APT sering telat mendapat versi terbaru, tetapi untuk versi flatpak udah mendapat versi terbaru...



Perlu diketahui bahwa Snap adalah sistem pengemasan yang dikembangkan oleh Canonical dan memiliki dukungan perusahaan yang cukup signifikan.

Saat menginstal aplikasi versi snap, itu mencakup semua perpustakaan dan dependensi yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi itu. Ini menghemat waktu yang dibutuhkan pengelola aplikasi untuk meluncurkan build yang berbeda untuk sistem distro linux yang berbeda.


sedangkan 


Flatpak adalah format paket independen distribusi yang bertujuan untuk menyederhanakan distribusi dan penggunaan aplikasi secara keseluruhan dalam sistem Linux, bisa dikatakan UNIVERSAL.

Flatpak memiliki sistem terdesentralisasi, artinya Anda dapat memperoleh paket dari beberapa repo atau remote (dalam istilah Flatpak). Flathub adalah remote paling populer dan memiliki ribuan aplikasi.

 

Untuk instalasinya pun cukup mudah, ini sudah tersedia di website flatpak,  


Pertama, Install dulu Flatpak nya..


Instalasi di Debian/UBUNTU
sudo apt install flatpak


ARC LINUX
sudo pacman -S flatpak 


On Fedora, RHEL, and CentOS
sudo dnf install flatpak



Kedua, kita tambahkan Flathub REPO yang merupakan sumber berbagai aplikasi/software yang bisa kita download
flatpak remote-add --if-not-exists flathub \ https://flathub.org/repo/flathub.flatpakrepo




Karena ketiga format paket adalah OS-independen, Kamu dapat memilih untuk menggunakan salah satunya. Namun, ada skenario di mana masing-masing mengungguli yang lain. Misalnya, jika kecepatan aplikasi dan ukuran program paling penting bagi kamu, maka AppImage akan menjadi solusi ideal.



dan disini, kita membutuhkan itu untuk dapat menjalankan berbagai aplikasi linux dengan Storage Internal yang terbatas di Chromebook... :)




Di Video ini, kita bahas "Cara Menjalankan Aplikasi/Software LINUX" di SD Card (Micro SD Card - Mnt).

Disini kita buat step by step, langkah demi langkah, agar sobat dapat menguasai teknik ini, sehingga diharapkan akan dapat menguasai teknik ini, dan memudahkan untuk kedepannya menjalankan aplikasi linux dari SD CARD dengan Graphical User Interface (GUI).

:)



Apa yang dipelajari?
1. Latar belakang Masalah
2. Pengenalan AppImage
3. Pengenalan Sistem Package Universal Independent (AppImage, Flatpak, Snapcraft)
4. Langkah Menjalankan Software Linux dari SD Card
5. Contoh Penggunaan Software
6. Mengatasi Permasalahan Error yang Muncul
6. Kesimpulan




#sdcard #chromebook #softwarelinux


2 Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

  1. bang, chromebook saya gbs install linux. device HP Chromebook 11

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini yg message di facebook page rahmancyber ya...?

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال