11/07/2021

Cara Membuat Segmen untuk Durasi Video panjang di Youtube

Jadi di sini segmen youtube adalah batasan untuk setiap pembahasan atau lebih mudah dipahaminya "rentang bahasan", jadi ini sangat bermanfaat buat kalian yang memiliki durasi yang panjang dalam 1 video YouTube, nanti tampilannya akan menjadi sepertipada contoh "segmen youtube video" dibawah ini.

 

 

Contoh Segmen pada Video Youtube dengan Durasi Panjang

 

 

Saya pernah membuat di video Setting Perangkat Rekaman, anda bisa melihatnya disini... hehe ini video yang kurang terjual.. ^_^



SEGMEN YOUTUBE


jadi nanti user atau penonton akan bisa melakukan pemilihan topik yang dia butuhkan, 

 

intinya langsung menuju ke topiknya. Cocok banget untuk video dengan tema tutorial atau pembelajaran.

 

 

 

Dampak Segmen Youtube




memang di sini dampaknya adalah ke ratensi teman-teman, ketika user itu dia hanya menonton pada bagian yang penting saja maka bisa jadi ratensi dari video itu akan menurun karena hitungannya adalah satu video misalnya 1 jam dan yang dibutuhkan oleh penonton itu hanya beberapa menit saja,

 

sehingga itu akan dihitung persentase nya hanya berapa persen di bawah 5%, misalnya sehingga ini sangat riskan sebenarnya, tetapi jika memang materi-materi yang ada itu tuh merupakan hook atau memiliki daya tarik tersendiri di tiap-tiap pembahasannya atau runtut dari awal sampai akhir, bisa jadi si penonton itu akan menonton dengan penuh.

 



kan kadang ada fasilitas di Youtube untuk bisa save untuk ditonton ketika offline sehingga si penonton itu akan bisa membukanya nanti lain kesempatan dan itu sudah sudah dianggap sebagai satu video.


Segmen ini sangat cocok buat Anda yang sudah memiliki base penggemar atau sudah memiliki penonton yang menggemari video-video Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ratensinya menurun, karena itu nanti akan bertambah oleh orang-orang yang tertarik.



misalnya 1 orang dia hanya menonton  Katakanlah 2% sedangkan orang lain 100% maka nanti di akan diakumulasikan dibandingkan dijumlah dan menghasilkan hasil final yang bisa anda lihat di bagian ratensi video di bagian YouTube analytics.




Membuat Segmen Video di Youtube



Cara untuk membuat segmen untuk video Anda ini sangatlah mudah, anda hanya perlu untuk menuliskan menit keberapa sampai menit keberapa.





misalnya menit awal yaitu yang mau dibuat segmentasi pertama menit nol, tinggal tulis aja 00:00.


Setelah itu tulis menit selanjutnya untuk segmen setelahnya.



Contoh :

00:00 Intro
00:15 Perkenalan HTML
02:00 Macam - macam tag HTML



Jadi 00:00 sampai dengan 00:14 merupakan segmen intro ya..

Begitupun juga selanjutnya..

00:15 sampai 02:00 itu merupakan segmen kedua.. yaitu perkenalan HTML.


Seperti itu seterusnya..


Anda letakkan itu di deskripsi Video Youtube Anda.


Selesai deh.. 


Ini contoh jadinya.....

 

setting segmen video youtube

 





Bang udah tak buat ada Timecodenya.. tapi tetep gak muncul..? Bigimini?


 

Pastikan anda memulai Timecode dari 00:00

Jika tidak, maka segmentasi gagal.. :)


Simple kok.. tinggal mulai dari 00:00

Ntar sistem youtube akan memotong sendiri.. :)

Sehingga penonton akan bisa jump atau lompat ke pembahasan yang diinginkan.





Jadi seperti itulah cara membuat segmentasi di video YouTube, sehingga dengan menggunakan ini diharapkan video kita dengan durasi panjang itu dapat terstruktur dan terlihat lebih rapi sehingga penonton pun juga tidak aras-arasen dalam melanjutkan menonton video anda karena dia tahu konten apa saja yang akan dibahas di video tersebut yang memiliki durasi panjang banget.



Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat sampai jumpa di pembahasan tentang YouTube selanjutnya di rahmancyber net kategori YouTube.







Note :

Aras-arasen itu agak ragu



Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu, Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link https://www.youtube.com/rahmancyber
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Artikel Pilihan

Posting Komentar


Whatsapp Button works on Mobile Device only