11/04/2021

Cara membuat Perfect Rectangle (Square) di Inkscape

Tutorial Desain Grafis di rahmancyber kali ini membahas tentang Inkscape. Lebih spesifik, kita bahas perfect rectangle..


Apa sih itu Perfect Rectangle? Perfect rectangle yang saya maksud disini adalah bentuk kotak yang benar benar presisi, artinya tiap sisi memiliki ukuran yang sama panjang.

 

perfect rectangle

 


Memahami Perfect Rectangle


Misalnya sisi sebuah kotak atau segi empat digambarkan sebagai A,B,C,D

disini artinya :

A=3,9

maka untuk sisi B,C,D harus memiliki nilai yang sama, tidak boleh lebih 0,00000001, misal 3,92. Hal ini sudah dianggap tidak perfect, alias tidak sama., walaupun jika dilihat secara kasat mata, keliatan sudah sama.

 

Jadi sisi A,B,C,dan D harus memiliki nilai 3,9

 

Kenapa Harus Perfect?


Sebenarnya mewngharuskan dalam desain atau seni itu bersifat Subjektif...


Tetapi jika desain menggunakan prinsip "Presisi", ini menjadi penting, contoh Biasanya ini berkaitan dengan "Pembuatan Logo", pernahkah anda mendengar pembicaraan GOLDEN RATIO? atau misalnya karya anda di suruh untuk menggunakan GOLDEN RATIO? 

 

Golden Ratio

 

golden ratio

 

Dalam matematika, dua nilai dianggap berada dalam hubungan rasio emas jika rasio antara jumlah kedua nilai itu terhadap nilai yang besar sama dengan rasio antara nilai besar terhadap nilai kecil. Nilai yang lebih besar dilambangkan dengan huruf a, sedangkan nilai yang lebih kecil dilambangkan dengan huruf b.

 

Rujukannya, ada disini untuk yang lebih lengkap.


Jika disini Golden Ratio menjadi semacam template berupa Circle yang dihasilkan dari  "PERFECT RECTANGLE" tersebut, dimana nantinya dari situ, bisa kita buat Circle atau lingkaran yang akan kita gunakan dalam membuat Logo yang baik berdasarkan GOLDEN RATIO.

 

Ini contoh Golden Ratio.

 

 

GOLDEN RATIO

 

nantinya, circles - circles yang sudah berhasil kita letakkan di tiap tiap perfect rectangle tersebut, akan menjadi template untuk mengimajinasikan 



 

 

 

Membuat Perfect Rectangle


Perfect rectangle disini maksudnya adalah bentuk kotak yang benar benar presisi. Di Inkscape, kita bisa membuat bentuk segi empat yang sempurna dengan cara

1. Klik "Create Rectangles and Squares" atau anda bisa klik "R" pada Keyboard.


rectangle



2. Setelah anda klik, lalu silahkan di drag secara diagonal (untuk membuat objek segi empat atau kotak seperti biasa). Tetapi jika anda ingin Perfect! maka anda harus klik dan tahan "CTRL" di Keyboard anda. Sehingga langkahnya menjadi...


ctrl



Klik "Create Rectangles and Squares", setelah itu klik dan tahan "CTRL" di Keyboard, sembari anda menahan tombol "CTRL" silahkan drag/tarik secara diagonal di artboard/papan kerja anda.

Maka, jadilah Perfect Rectangle tersebut :)









Sekian...






Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu, Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link https://www.youtube.com/rahmancyber
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Artikel Pilihan

Posting Komentar


Whatsapp Button works on Mobile Device only