9/07/2021

Encoder Software (x264) atau Hardware (QSV) di OBS pilih yang mana?

A.Ks disini... kali ini kita bahas lagi tentang OBS, pembahasan kali ini adalah tentang Encoder! OBS atau Open Broadcaster Software ini memiliki 2 pilihan encoder, letaknya dibagian Setting, tepatnya pada Tab Output, kalo anda mengikuti pembahasan kita tentang FPS dan Bitrate OBS, letaknya disekitaran yang Bitrate ya.. hehe.. kalo FPS berada di Tab Video.


Jika anda masih asing dengan pembahasan ini, saya sarankan untuk membaca artikel tentang FPS dan Bitrate OBS

 

Karena saya sudah membahas panjang lebar tentang itu,,,terutama bagaimana menuju ke bagian pengaturan di OBS dan beberapa bahasan lainnya..


Ini merupakan pilihan encodernya.. Software (x264) atau Hardware (QSV)


Software (x264) atau Hardware (QSV)


Lalu, Apa sih itu Software (x264), Hardware (QSV)?

 

 

Sebenarnya keduanya itu terkait dengan dampak terhadap performa Perangkat Komputer yang anda gunakan untuk streaming.


Hal ini sebenarnya mirip Adobe Premiere vs Davinci Resolve...


Hehe, tau kan jika Performa Adobe Premiere bagus bagi anda yang tidak memiliki GPU/Graphic Card Eksternal, karena kinerjanya lebih condong ke CPU, sedangkan untuk Davinci Resolve lebih condong ke GPU...


Jadi, jika anda memiliki GPU yang mumpuni, tentu Davinci Resolve merupakan pilihan yang tepat, tetapi jika performa PC anda lebih condong ke CPU/Processor, maka Adobe Premiere merupakan pilihan yang tepat.


Ini mirip dengan Software x264 vs Hardware QSV(Intel QuickSync Video)


Secara default, OBS akan memilih Software x264...



Kita bahas dulu Software x264,



Encoding video adalah operasi intensif di CPU, dan OBS tidak terkecuali. OBS menggunakan perpustakaan penyandian video sumber terbuka terbaik x264 untuk menyandikan video. 

 

 

Namun, beberapa orang mungkin mengalami penggunaan CPU yang tinggi, dan program lain yang berjalan di komputer Anda mungkin mengalami penurunan kinerja saat OBS aktif jika pengaturan Anda terlalu tinggi pada perangkat keras komputer. 

 

 

Dalam beberapa kasus, OBS akan mengatakan "Encoding kelebihan beban!" pada bilah statusnya, artinya komputer Anda tidak dapat menyandikan video Anda cukup cepat untuk mempertahankan pengaturan yang telah Anda atur, yang akan menyebabkan video membeku setelah beberapa detik, atau tersendat secara berkala.

 

 

Jadi ini akan menjadi beban di CPU, bagaimana jika ingin OBS, ZOOM, POWERPOINT dan Program lainnya berjalan multitasking ketika streaming OBS? Upgrade perangkat lah... hehe, Processor kasih I7 gen8 keatas... RAM 8GB keatas..., kalo perangkat pas pasan seperti ane,ya, usahakan pintar pintar dalam memanajemen... hehe



Alternatifnya, anda bisa pake Laptop terpisah, tentu anda perlu perangkat tambahan, yang menghubungkan Laptop 1 ke Laptop 2, misalnya Switcher.. "Atem Mini","Atem Pro", "V1HD"... ini yang pernah saya pake.. dan saya pelajari.



Tetapi jika pengen ringkas... 1 Laptop, 1 Kamera (Kamera HDMI, anda butuh HDMI In Out Splitter)... bisa langsung ZOOM, sekalian operato presentasi... anda bisa memilih perangkat high spec... minimal Processor I7 Gen 8 keatas, biasanya udah bagus... dengan GPU 8GB MEMORY KEATAS, biasanya udah bagus juga untuk multitasking...



Jadi intinya, settingan Software Encoder ini, lebih menitik beratkan ke CPU.





Mari bergeser ke Hardware (QSV) , apa sih ini? kapan kita menggunakan Hardware (QSV?

 

Manfaat pengkodean hardware (perangkat keras) adalah mengurangi beban pada CPU Anda dengan menggunakan perangkat keras dengan GPU/GPU Encoding gitu deh nyebutnya. 

 

Pengkodean perangkat keras didukung di OBS versi Mac dan Windows, namun pengembang hanya menyarankan untuk menggunakannya di komputer yang menjalankan Windows

 

jika anda memiliki graphic card (kartu grafis), maka anda pada bagian Hardware Encoding akan bernama NVENC (biasanya Nvidia), jika Intel, maka pada bagian Hardware Encodingnya akan bernama Hardware (QSV), seperti pembahasan ini, karena pada studi kasus ini, kita memakai Perangkat Komputer rancangan sendiri yang memiliki GPU bawaan Processor Intel I3 Gen 8.


Komputer yang saya rancang sendiri menggunakan paket pembelian Intel I3 generasi ke 8, SUDAH MENDUKUNG GPU, dan disini untuk Encoding Hardwarenya QSV atau Intel QuicSync Video, mungkin jika anda memiliki GPU lain..

 

Jika AMD, dari informasi yang saya dapatkan untuk Hardware Encodingnya AMD VCE.


Jadi untuk Hardware encoding umumnya via QSV/NVENC/VCE



Tetapi walau demikian, di Forum, ternyata Software Encoding lebih baik daripada Hardware Encoding...


Perbandingannya :


Perbandingan Cepat


x264 720p30 2000Bitrate (Kualitas Baik)
NVENC 720p30 3500Bitrate (Kualitas Baik)
QSV 720p30 ~2500-3000 Bitrate (Kualitas Baik)


Sumber : https://obsproject.com/forum/threads/gpu-encoding-cpu-importance.44975/

 

 

untuk mengakalinya, anda bisa menaikkan bitrate jika memakai Hardware Encoding, tetapi ini memakan ruang penyimpanan yang lebih besar.



Jadi sebenarnya ini bisa jadi lanjutan untuk pembahasan Bitrate... kualitas video yang baik itu minimal bitrate 2000Kbps... dibawah itu akan nampak pecah, tetapi ya, tidak macet macet..



Kalo disuruh milih Encoder Software (x264) atau Hardware (QSV)?


Lebih memilih Software (x264).



*x264 adalah sebuah pustaka perangkat lunak bebas untuk meng-encode stream video ke format H.264/MPEG-4 AVC. x264 dirilis di bawah pasal-pasal Lisensi Publik Umum GNU.

Repositori: code.videolan.org/videolan/x264
Jenis: Video codec
Situs web: www.videolan.org/developers/x264...
Pengembang: x264 team


Lebih hemat space harddisk, walaupun perlu sadar diri juga untuk multitask. 


Tetapi jika memang anda memiliki banyak space harddisk, anda bisa memilih Hardware Encoder, dengan trik meningkatkan value bitrate anda... seperti pada perbandingan cepat diatas...

Kelebihannya, CPU anda jadi lebih terbantu dengan GPU yang ada, sehingga anda bisa menjadi lebih bisa untuk multi task.





Sekian Studi kali ini..


Moga Pembahasan tentang OBS ini bermanfaat buat Mastering OBS (Open Broadcasting Software).


#PanduanMasteringOBS





A.Ks-Red


 

 

 

 

 

Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu, Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link https://www.youtube.com/rahmancyber
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Artikel Pilihan

Posting Komentar


Whatsapp Button works on Mobile Device only