Kumpulan Situs Tabel Periodik Unsur Kimia Atom di Internet

Bagi yang sedang menjalani pendidikan di bidang kimia, pasti tak asing dengan yang namanya Tabel Periodik, kalo tidak salah dulu waktu SMP sempat saya pelajari.



{getToc} $title={Table of Contents}




Kalau dulu untuk dapat memahami tabel periodik, kita perlu beli buku, supaya kita bisa tahu masing masing unsur kimia dengan melihatnya di buku dan mencocokkannya dengan bahan kimia yang kita gunakan. Misalnya, untuk membuat sabun batang...


Dengan memahami unsur - unsur kimia, kita jadi tidak asal asalan dalam mencampur adukkan bahan kimia.. hehe



Nah, di era yang serba digital ini, sekarang siswa enggak sulit sulit lagi nih hanya untuk mencari nama unsur saja, bahkan berbagai litelattur tersebar dengan gratis bisa anda akses di Internet kita tercinta.



Tentunya modal gadget ya, bisa smartphone, tablet atau komputer...



Tabel periodik ini merupakan tabel yang berisi kode - kode khusus unsur kimia yang disusun dan diurutkan berdasarkan nomor - nomor atomnya, sehingga ini mirip Mesin Contekan nya anak kimia ya.. hehe karena dengan tabel periodik ini, kita bisa mengetahui sifat periodik suatu untur kimia dengan cepat dan mudah.



Ada banyak resource yang menyediakan Tabel Periodik di Internet, ini saya beritahukan kepada anda, supaya anda bisa langsung menuju ke situsnya dengan cepat.



1. PTable


Ini merupakan situs berbahasa inggris yang menyediakan resource tentang tabel peroiodik yang bisa anda jadikan sebagai referensi. Ada banyak sekali informasi yang disajikan disini, kita juga bisa memilih mengklasifikasikan berdasarkan properties, electrons, isotoped maupun compounds.

Tetapi memang ii berbahasa inggris ya sob.

 

PERIODIC TABEL

 

 

https://ptable.com/

 

 



Cara memahaminya sebenarnya cukup mudah jika anda ingin translate ke bahasa indonesia, tinggal salin url ke google translate, maka situs akan berubah menjadi berbahasa indonesia.

 

 

TRANSLATE PERIODIC TABEL




Ini link translatenya langsung aja klik.. hehe

 

 

TRANSLATE BAHASA INDONESIA TABEL PERIODIC

 




Mudah bukan.. ? Iya dong, era teknologi sudah semakin canggih ea kan...





2. Wikipedia


Ya, ini merupakan sumber banyak ilmu yang terstruktur dengan berbagai kontributor dari seluruh dunia yang menyediakan informasi dan pengetahuan secara gratis. Banyak blog yang menjadikan wikipedia menjadi situs rujukan, begitu juga saya.

 

WIKIPEDIA TABEL PERIODIK

 


Di Wikipedia, anda juga dapat menemukan pembahasan khusus tentang tabel periodik Unsur Kimia.


https://en.wikipedia.org/wiki/Periodic_table


Tetapi memang untuk yang paling lengkap adalah yang berbahasa inggris, walaupun anda juga bisa menemukan pembahasan tabel periodik dengan bahasa indonesia.

 

 

WIKIPEDIA TABEL PERIODIK VERSI INDONESIA

 



https://id.wikipedia.org/wiki/Tabel_periodik


Tetapi, sama seperti PTable, jika anda memiliki kendala dalam bahasa, anda bisa dengan mudah melakukan translate.

 

WIKIPEDIA TABEL PERIODIC VERSI TRANSLATE

 

 


Klik aja Wikipedia Tabel Periodik Translate yang udah saya buatkan linknya untuk anda, klik disini



Enaknya, di Wikipedia, tercantum juga sumber literasinya, jadi anda bisa langsung cek ke TKP, hal ini sangat berguna bagi anda yang sedang menempuh pendidikan di bidang kimia ini untuk mencari bahan skripsi... Mudah bukan.. tinggal pergi ke wikipedia aja.. ntar telusuri satu persatu sumber bacaannya yang biasanya berada dibagian footer / bawah artikel.

 

REFERENSI LITERASI WIKIPEDIA

 





3. Google Arts Experiment / Periodic Table


Google sendiri sebagai mesin pencari juga tak mau kalah nih untuk mempermudah sobat sobat yang berkecimpung di bidang kimia, di arts experimentnya, google membuat table periodic yang bisa anda akses secara online... Interaktif... dan tinggal klik - klik kode unsur kimia untuk mendapatkan informasi lebih lanjut secara langsung di layar desktop anda.


https://artsexperiments.withgoogle.com/periodic-table/


TABEL PERIODIC GOOGLE





Itulah beberapa kumpulan situs tabel periodic yang dapat membantumu untuk dapat mempelajari unsur kimia atau sebagai "Contekan" digital untuk mempermudahkan pekerjaan sobat melakukan eksperimen dengan mencampurkan berbagai unsur untuk membentuk unsur baru! Hola!




*Semua gambar screenshot diatas, diakses 15 Agustus 2021, tiap waktu bisa memungkinkan ada perubahan, tergantung dari pemilik situs masing - masing.





Sekian, moga informasi singkat di RahmanCyber Pendidikan ini bermanfaat untuk anda, Pengunjung Masa Depan... :)





Sampai Jumpa...



F.N.A-RED







Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال