6/23/2012

Pemanfaatan Teknologi digital untuk berdakwah

Entry by Fathkhurrahman

Semangat pagi masyarakat internet! Topik kali ini membahas tentang bagaimana sih kita memanfaatkan teknologi digital yang sudah Populer saat ini agar dapat menuaikan sebuah manfaat bagi semua orang Khususnya di Indonesia ini.
Kita tahu, saat ini kita berada di era serba teknologi, contohnya aja internet. Sobat perlu tahu, berapa banyak warga internet di Indonesia sekarang ini? Hampir 90% semuanya menyentuh yang namanya internet. Dari kalangan paling muda sampai kalangan paling tua.

Tapi bagaimana ya, kalau kemajuan teknologi ini digunakan oleh pihak-pihak yang usil, pihak-pihak yang merusak moral. Wah sungguh sangan berpengaruh nih di belantara dunia internet indonnesia .

Pemanfaatan Teknologi digital untuk berdakwah


Internet yang belum ditemukannya langkah yang jitu untuk memfilter setiap informasi menjadi sebuah malapetaka bagi warga internet indonesia.

Kesalahan informasi dengan topik yang jitu membidik banyak orang untuk mengakses dapat menjadi doktrin tersendiri bagi orang yang mengaksesnya. Karena sebagian orang berpikiran kalau segala informasi yang ada di Internet itu benar. Contohnya adanya sebuah hot news yang di posting kan oleh salah satu media informasi di internet, dan ternyata postinga itu menjadi booming di internet. Tanpa disadari sebuah posting tersebut sudah mendoktrin  ribuan orang yang mengaksesnya. Padahal informasi itu salah.

Lalu bagaimana, agar kita dapat memanfaatkan perkembangan teknologi digital itu agar menjadi sebuah kebaikan untuk semua orang terutama indonesia?

Ini merupakan salah satu bentuk kecil pemanfaatan Teknologi Digital di era teknologi seperti sekarang ini, sebenarnya masih banyak yang lain, tapi kita membahas satu saja bentuk pemanfaatan teknologi untuk kebaikan umat yaitu Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Berdakwah.

Kita mungkin cenderung berpikiran kalau berdakwah itu pasti menyangkut dibidang keagamaan, benar bukan?
Tetapi sobat, yang dimaksud berdakwah disini adalah Menyebarkan Kebaikan yaitu memproduksi konten-konten digital yang memberikan manfaat bukan mudharat bagi setiap orang yang mengaksesnya. Itu juga salah satu berdakwah juga bukan. hitung-hitung memberi contoh bagi sobat internet lain.

ada beberapa penjabaran mengenai Judul ane diatas " Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Berdakwah"
yaitu menyebarkan kebaikan. Karena belum adanya sistem untuk memfilter konten yang tidak seharusnya ada di jagad internet, cara satu-satunya untuk mengurangi tingkat keburukan yang membludag juga di jagad internet yaitu dengan melawannya, bentuk perlawanan berupa penyebaran konten yang baik , tetapi juga berkualitas. Sehingga para penggiat internet yang mempunyai tujuan berdakwah untuk kebaikan harus mensiasati agar konten-konten nya dapat mendominasi masyarakat internet. 

Nah melalui kemajuan teknologi digital di segala aspek ini sobat kita dapat memanfaatkannya sebaik mungkin.
Nih sobat salah satu teknologi digital yang sedang berkembang saat ini yaitu

Blog 

Blog sekarang menjadi trend bagi setiap masyarakat internet di segala lini, Seakan-akan sekarang ini blog dijadikan sebagai diari pemikiran mereka. Segala bentuk pemikiran dicurahkan disini. dari cuma hanya curhat...hingga berbagi ilmu. Kepopuleran blog ini karena disamping gratis(tidak perlu merogoh dompet ntuk memiliki sebuah blog) apalagi fitur-fiturnya yang sudah semakin seperti layaknya sebuah website. Sehingga orang yang memilikinya seperti serasa memiliki website. Sekarang ini mulai berangsur-angsur beberapa jenis blog sudah di anggap sebagai website.

lalu untuk berkontribusi dalam hal dakwah di internet  itu bukan hal yang sulit dan mahal bukan? 
MELALUI BLOG KITA BISA MENEBAR SEBUAH KEBAIKAN, mendakwahkan kebaikan itu juga kita mendapatkan balasan kelak di Akherat.
di akhir artikel ini ane akan memberikan tips bagaimana berdakwah di Internet, tapi istirahat dulu ya. Lihat pemandangan alam yang Sang pencipta ciptakan untuk kita,

-Sebuah kawasan di Magelang Jawa Tengah-      


Tips Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Berdakwah :

1. Sudah siapkah nge blog? Kalau udah siap, beerarti kamu udah siap berdakwah di dunia tenologi digital ini.
2. Lalu kontennya gimana ya?inilah pertanyaan yang sering muncul, Apa sih kontennya?
    a. Pemanfaatan Recording audio, bisa dengan handphone kita yang mendukung fitur recor audio. Mungkin ketika kita sengang pengajian atau seminar, kita record. lalu dari hasil recor itu kita buat resume lalu dimasukkan ke blog deh...jadi konten bukan?
    b. Pemanfaatan kamera photo, bisa menggunakan handphone kita yang mendukung fitur kamera. Misal ketika kita sedang wisata,kita foto keadaan alam sekitar, lalu kita jadikan tuh sebuah artikel.Misal mengenai keagungan penciptaan alam oleh sang Pencipta. Perlu diketahui  artikel dengan foto itu lebih baik bukan? atau event lainnya.
    c. Pemanfaatan kamera video, bisa menggunakan handphone kita yang mendukung fitur video recording. Misal kita buat sebuah drama kecil-kecilan yang mendramakan sebuah kisah nabi dengan bahasa dan logat indonesia, atau lainnya. Tentu akan lebih menambah kualitas blog kita.
    d. Riset di Internet
    e. Membaca buku, ingat buku merupakan sumber ilmu yang dapat kita manfaatkan untuk mendakwahkan kebaikan di blog kita.
    f.  Media sosial / jejaring sosial, nah kita sebagai seorang blogger tentunya tidak menutup diri dengan orang lain. karena terkadang munculnya ilmu itu dari pemikiram bersama juga. Ikutlah di berbagai jejaring sosial, seperti komunitas blog, forum islam, kaskus, detik, facebook, twitter, paseban, rahmancyber dan masih banyak lagi, yang insyaAllah kamu akan mendapatkan manfaat disana.

3.Setelah konten ada yang kita lakukan yaitu membuat agar orang masuk mengakses blog kita itu, merasa nyaman. Misal kita memasang widget jam, Tanggalan, Chat dan masih banyak lagi lainnya. Intinya membuat pengunjung senyaman mungkin di blog kita.

4. Ini tips terakhir setelah semua tips diata udah di kerjakan. Yaitu, populerkan blog sobat. Tidak dengan iklan dimana-mana sobat, melainkan dengan meningkatkan kualitas artikel dan konten sobat.
Ane pernah dapat motivasi dari seseorang, bunyinya seperti ini, " Mungkin kita itu bukanlah ulama terkenal, atau icon terkenal yang memberikan berjuta manfaat dengan orang lain,dan kita bukanlah ahli amal yang sehari-hari beramal, tetapi dengan tulisan yang kita sumbangkan di jagad internet, insyaAllah, ketika ada orang yang mengakses dan mendapatkan manfaat pada tulisan kita, maka itu menjadi bentuk amal kita, entah mungkin sampai kita sudah tiada."  Mendengar hal itu hati ane bergetar. maka tulisan yang kita buat itu juga menjadi hitungan tersendiri, bila konten baik dan mambawa manfaat bagi orang lain, maka kita akan mendapat pahala, bila konten itu membawa orang pada keburukan maka kita akan mendapat dosa.

---Sekian Moga bermanfaat---




Advertisement
RahmanCyber Network merupakan sumber beragam informasi seputar Tips dan Trik, berbagai Info Terkini, dan Pengetahuan lainnya | Selamat datang di http://rahmancyber.net | Semoga yang kita sajikan pada situs ini bisa bermanfaat bagi para pembaca... ini channel youtube kita https://www.youtube.com/channel/UCR-cTDMxvNGfojd-1J3Rz2A? Jangan lupa... like and subscribenya ya.. hehe


Sponsor Rahmancyber Network





Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only