RahmanCyber NET!

Switch!

Boxed Style

Favorite Post Style

Post Layout

MY STORE


10/28/2020

Kenapa Beli Samsung Portable SSD T5? Oke Saya Ceritakan Pengalaman Pemakaiannya

RahmanCyber.NET | Tekno - Samsung Portable SSD T5 merupakan media penyimpanan yang saya beli beberapa bulan yang lalu... loh? ya baru sempat buat artikelnya sekarang.. sebenere udah buat rekam video.. tapi masih belum kober buat ngedit.. banyak sekali emang yang udah aku rekam, tidak hanya Samsung Portable T5 aja, tapi banyak.. belum sempat aja buat aku ngedit.. T_T , maklum semuanya masih dikerjakan sendirian.. jadi disamping itu kerjaan bulan bulan ini emang lagi lumayan padet.. 

 

Ekspektasi awal saya membeli Samsung Portable T5 ini adalah karena Bentuknya Mungil DIMENSION (WxHxD) 74 x 57.3 x 10.5 mm  yang tidak berat WEIGHT 51 g  kata orang orang yang udah pernah pake sih, udah kompatibel dengan koneksi Type C, USB 3.1 Gen 2 ( 10Gbps ), kapasitas penyimpanan 500GB sih (walau sebenarnya ada versi lain yang 250gb atau 1Tb, 2Tb ) tapi aku sukanya yang tengah tengah.. menyesuaikan budget juga, karena yang 1Tb lumayan mahal, dan 250gb itu sedikit menurut saya.. dan perbandingan selisih harga yang enggak jauh, hanya terpaut 250rb.. rasanya emang mendingan beli yang 500gb.

 

Kemampuan Transfer Speed Up to 540 MB/s , membuat saya berpikir untuk "Ya saya mau beli deh.. eh tapi liat budget dulu ada ato kagak" 

 

 

Faktor yang Mempengaruhi saya Membeli sebuah Produk

 

Tentu dalam membeli produk semacam ini yang harganya lumayan mahal menurut saya, tidak main main perhitungannya.. banyak hal yang menjadi faktor saya membeli produk :

  • Kebutuhan Saya akan Produk tersebut ( Kalo Nggak butuh butuh amat.. Ngapain Beli? )
  • Pengamatan saya dengan beberapa produk lain.. misal penyimpanan lain
  • Ketersediaan Budget... jangan sampai kita membeli barang tapi malah menjadikan keuangan kita menjadi krisis
  • Garansi juga menjadi pertimbangan saya. biasanya semakin lama Jangka Waktu Garansinya... berarti perusahaan itu yakin akan produknya dapat bertahan sampai sejauh itu..Misalnya ada Perusahaan ngasih garansi LIFETIME.. wah ada nggak ya.. hehe, jadi kalo rusak tukar dengan yang baru gitu.. (bisa rugi perusahaannya.. hehe) tapi biasanya ada beberapa syarat dalam pengajuan garansi deh..
  • Kebutuhan mendesak atau tidak ( saya tau bahwa saya bukanlah orang kaya untuk saat ini, saya lebih berhati hati juga dalam mencari penghasilan.. semoga kita bisa Istiqomah mencari penghasilan yang halal ) jadi kita emang harus menentukan prioritas mana yang di dahulukan, jika emang butuh banget.. kenapa tidak..




Kenapa saya pilih Beli Samsung Portable SSD T5

 

itu beberapa hal.. nah kenapa kok saya malah memilih Samsung Portable SSD T5, ini? 

  • Beberapa ekspektasi diatas sudah mendasari kenapa saya memilih Beli Samsung Portable SSD T5. Walaupun sekarang udah muncul ya versi baru yang T7.. tapi emang masih relatif mahal.. sedangkan sebenarnya ini udah telat banget ngereview Samsung T5, karena keluarnya udah dari 2017 kalo saya ngeliat review yang paling jadul. Makannya disini harganya udah dapet murah.. hehe
  • Walau sudah tergolong lama.. ternyata Samsung Portable T5 ini masih banyak digandrungi gan...terlihat dari banyaknya ulasan yang ada di toko online.. mungkin yang pada beli sekarang sekarang ini, merupakan golongan yang sama dengan saya.. hehe ( tunggu dulu... baru beli.. hehe )
  • Tahan Goncangan! Ya.. goncangan kecil ya.. misal SSD ini mau di bawa kemana mana, naik motor kan pasti ada goncangan ya.. ( bukan berarti di banting banting... ini goncangan.. ) Sehingga ada rasa aman tersendiri.
  • Di dalam samsung T5  terdapat SSD SATA 1,8 inch yang menggunakan TLC vertikal 64-bit terbaru (Triple Level Cell / 3-bit) NAND. https://www.samsung.com/semiconductor/global.semi.static/2bit_V-NAND_technology_White_Paper-1.pdf    dari beberapa referensi menyebutkan bahwa SSD NAND, T5 menggunakan sebagian kecil dari kecepatan NAND sebagai write cache untuk mempercepat operasi tulis. Jadi, apabila kita mentransfer file berukuran sangat besar maka akan ada momen dimana kinerja tulis menurun saat transfer. Ukuran write cache ini tergantung pada kapasitas SSD. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa deh membaca pape dari samsung tersebut diatas dalam bentuk pdf.
  • Saya emang hanya bertujuan untuk menjadikan Portable T5 ini sebagai penyimpanan sementara, artinya ketika pas dibutuhkan ketika diluar sana... bisa langsung tertampung disini, baru entar di taruh ke harddisk utama, apalagi beratnya yang ringan, sehingga tidak membuat tas menjadi berat.. karena ini menjadi device yang wajib untuk dibawa ( versi saya )
  • Harganya mungkin masih terbilang mahal, karena pas saya mau beli itu sekitar 1.59jt dapet potongan bla bla bla, jadinya 1.5jt free ongkir ....( tapi 1.5jt itu gak sedikit bro bagi saya, mungkin murah ya bagi kalian T_T, saya kalo enggak pas kebetulan ada order tambahan... hehe mungkin pikir pikir dulu.. ) Jadi hasil dari orderan ngedit video tersebut saya buat deh beli ini SAMSUNG PORTABLE T5, hitung hitung investasi alat.
  • Dapet Kabel asli dong ( ini inceran saya juga... hehe ) jadi aku liat yang pada review dapet kabel Type C ke Type C, dan Type C ke USB 3.1.
  • Fleksibel, bisa dijalankan di MAC, Windows, Linux dan Android.. karena format SSDnya ExFAT

 

Nah, karena beberapa alasan diataslah akhirnya saya pun beli SAMSUNG PORTABLE T5, yang masih belum ada Fingerprint... oh iya Samsung Portable T5 ini udah ada fasilitas buat ngeLock, alias kita kalo mau buka file didalamnya, harus memasukkan password.


Lalu.. akupun membelinya di salah satu Toko Online, yang sudah saya teliti.. hehe, maklum ini kebiasaan saya.. karena saya cenderung orang yang agak hati hati dalam menentukan keputusan.. bukannya saya takut resiko.. tetapi kalo kita bisa menghindarkan dari resiko besar.. kenapa harus menantang resiko? 

 

 

Samsung PORTABEL SSD T5, First Look!

 

Dan ternyata benar gan.. barang yang saya terima benar benar asli.. original dan tersegel.. didalam box tertulis MADE IN KOREA, berarti produknya dibuat di korea. Segel masih utuh, tidak terlihat terkelupas dusnya. Warranty atau Garansi tertulis 3 Years atau 3 Tahun.


Samsung Portable SSD T5  Overview


Samsung Portable SSD T5 made in korea


Samsung Portable SSD T5 Warranty 3 Years




langsung dong ya, saya langsung Unboxing... sebenarnya videonya udah saya rekam.. seperti yang udah saya jelaskan sebelumnya.. tapi belum sempat ngeditttt..


Emang beneran kecil gan.. dan pas pertama megang.. Wuiiihh.. enteng bangett, ternyata benar dan sesuai.. 

lalu perlahan akupun buka segelnya dan Taraaaaaaaaaaanggggg..


Samsung Portable SSD T5 isi kardus

 

 

 

Isi di dalam Kardus Samsung Portable SSD T5

 

Inilah isi dari Kotak Kardus Samsung Portable SSD T5, kalo kalian lihat gambar diatas, sudah bisa ditebak ya isinya apa aja..

1. Kabel Type C - Usb 3.1

2. Kabel Type C - Type C

3. Samsung Portable SSD T5

4. Buku Manual

 

udah.. isinya itu aja teman teman.. paling plusnya ya kardus sama packagingnya yang menarik menurut saya.

 

 

Percobaan beberapa Case

 

Setelah itu, ada beberapa tindakan yang saya coba..

 

Pertama, Menghubungkan Kabel Type C dari A50S ke Type C Tab A8 P205, dan ternyata hasilnya lancar.. kabelnya beneran bisa berfungsi untuk transfer antar gadget!

Kedua, Menghubungkan Kabel Type C ke A50 S  ke USB 3.1 di komputer.. dan Jeng jeng... lancar jaya.. tidak tersendat.. 

Ketiga, Saya menyimpulkan bahwa Kabel Type C - Type C dan Type C - Usb 3.1 Yang merupakan bawaan Samsung Portable SSD T5 ini.. fleksibel dan bisa berguna untuk device lain asal portnya sama.. hehe dengan kualitas Original tentunya ya..  sehingga saya merasa lebih aman untuk Device saya.

Keempat, Saya coba deh transfer data ke Samsung Portabel T5 SSD ini dan ternyata benar untuk transfer data file lumayan cepat, terutama file yang besar... beda dari yang biasanya...( Write dari A50S ) untuk file 30Gb an , bisa selesai 15 Menitan...  Agak merasakan panas sih kalo dipegang.. apalagi untuk transfer kloter ke 2... hal ini bisa diatasi dengan kipas USB.

 


 

Kelima, Saya coba deh Transfer data dari Samsung Portable SSD T5 ini ke Komputer.. dan Wah.. cepet ya.. beda dari yang biasanya, transfer file 2 gb gak sampe 1 menit udah kelar aja.. hehe, ekspektasi saya sih... 1Gb 1 Detik.. hahaha... enggak enggak..

Keenam, Saya coba taruh Samsung Portabel T5 ini ke Tas Organizer... hehe, wow.. pas men.. dan enggak berat dong..

 

 

 

Kesimpulan 

 

Beberapa hal yang saya amati secara awam.. tidak pengujian detail maksudnya.. menghasilkan beberapa kesimpulan 

+ Samsung Portable SSD T5 ini ringan

+ Transfer Read dan Write sesuai ekspektasi.. ya cepet lah..

+ Kabel Type C - Type C dan Type C - USB 3.1 nya berguna banget fleksibel untuk perangkat lain

-  Panas.. terutama pas melakukan Write Data yang cukup besar ( karena portabel memang tidak ada ventilasi udara keluar )

+ Karena bahan atau Materialnya Alumunium jadi untuk mengurangi panas, yang menurut saya pribadi tidak terlalu panas sih.. masih wajar.. kalian bisa menggunakan kipas

+ Karena material alumunium, sehingga memiliki ketahanan cukup baik terhadap benturan

-  Harganya masih tergolong Mahal untuk nilai kapasitas per Mb nya..


Samsung Portable SSD T5 ini sangat cocok buat kalian yang mempunyai mobilitas tinggi, bagi photographer dan videographer mobile, samsung portable t5 atau versi lainnya misal T3 atau T7, sangat bermanfaat untuk backup sementara photo atau video dari ponsel.. ukurannya yang ringan dan pilihan kapasitas 250 / 500 mb dan 1/2 tb bisa jadi daya tarik buat kalian, tinggal sesuaiin budget dan kebutuhan. Cocok juga untu transfer file klien.. hehe, karena klien diluar enggak perlu nunggu lama buat transfer data.. jadi lebih cepat lebih baik.. apalagi di masa pandemi seperti ini.. ^_^




Oke sekian Review dari Saya... ini bersumber dari pengalaman pemakaian pribadi ya.. 




Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Harap Jangan Nyepam ya... ^_^

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only