RahmanCyber NET!

Switch!

Boxed Style

Favorite Post Style

Post Layout

MY STORE


10/22/2020

Berbagai Macam Model Promosi Bisnis Afiliasi ( Affiliate Marketing )

RahmanCyber.NET | Bisnis - Bagi seorang pemilik Blog atau Website, tak jarang Bisnis Afiliasi begitu menggiurkan sebagai tambahan penghasilan. Tak jarang pemilik Blog atau Website yang menekuni bisnis ini di juluki juga sebagai Marketing. 

Ya!

 

Apa itu Bisnis Affiliasi ( Affiliate Marketing )

 

Affiliasi itu adalah bagian dari Strategi Marketing, beberapa perusahaan untuk memasarkan produknya, terkadang mereka menggunakan strategi affiliasi selain strategi iklan tertarget menggunakan Adword, maupun Facebook Ads dan berbagai platform promosi tertarget lainnya.

Affiliasi ada yang kita harus daftar sendiri (Kita lebih aktif), ada juga yang kita dihubungin atau diajak kerjasama yang namanya PLACEMENT IKLAN

Karena Affiliasi Bisnis ini berkaitan dengan marketing, tak jarang kita lebih mengenalnya sebagai Affiliasi Marketing.

Tetapi memang walaupun menggiurkan, nyatanya tidak semua orang bisa sukses menggeluti bisnis ini. hehe... Salah satunya saya masih belum sukses..

 


 

makannya ini saya sedang menimba ilmu tentang dunia per affiliate an.... Ingat ya... itung itung share pengalaman, sambil belajar sambil mengamalkan.. ea enggak...\

Tapi hal yang paling ketara yang membuat saya gagal adalah.......

Tau Kenapa?

Karena kurang konsisten dan terlalu gampang ketahuan...!!! hehe, ini pengalaman saya pribadi!

Pelajaran berharga yang saya dapatkan dari praktek jaman dahulu kala... 

Jangan Posting Link Affiliate di Facebook Pribadi kita... haha

Enggak ngefek gaen..  ini hampir mirip ama Jack Ma... ketika dia coba jualan ke tetangga tetangga dekat... tau hasilnya.. "NOL" TETAPI KETIKA... ia jualan keluar.... Tau Hasilnya... Yup! Yang kalian lihat saat ini.. Alibaba.. hmmm

Entah kenapa, tapi yang jelas itu faktanya.... 

Tetapi hal ini beda jika berada di Masyarakat yang islami ya.. bener bener islami.. hehe atau di lingkungan yang agamis, Mereka saring support ketika saudaranya ada usaha... Tapi walau demikian, ini bukan memukul rata semuanya ya.. kita tau, semua itu acak, kita tak bisa menganggap baik.. semua baik... atau buruk.. semua buruk, itu tergantung pada Entitas didalamnya..  


Ok kembali ke afiliasi...

 

Jadi untuk menjadi Seofang Affiliate Marketer, kalian perlu memahami kemampuan menjual secara tidak asal asalan, atau setidaknya kalian perlu memperlihatkan manfaat dan kegunaan dari produk tersebut.

"Lebih baik Sedikit tapi bisa tertarget, daripada banyak tapi membingungkan"

karena dengan lebih menyederhanakan jumlahnya, kita bisa menjadi lebih fokus dan konsentrasi dalam menjual prduk tersebut.


Nah, sesuai dengan pokok bahasan kali ini, yaitu kita mencoba mengenal beberapa model Promosi Bisnis Affiliasi atau Affiliasi Marketing di dunia Internet, Beberapa model ini saya dapatkan dari Situs Affiliasi Luar Negeri.. jadi waktu itu saya coba daftar di sebuah situs Affiliasi Produk, semacam marketplace gitu ya, karena situs itu ada banyak produk dari beberapa vendor yang bekerjasama..

Sebut aja Cj Affiliate.

Saat itu saya disuruh memilih beberapa Opsi Model Promosi yang akan saya lakukan.... Nah langsung deh saya berpikir ini ilmu baru... berikut ini kutipan aslinya...


Affiliate Promotion Model

 

Content/Blog/Media

My customers read original content or articles that I write about topics that interest them.
Primary Promotional Model


Coupon/Deal

My customers come to discover coupons, vouchers, or discounts.


Product Comparison, Reviews, or Discovery

I provide links to specific products that customers can browse, compare, or search for.


Loyalty - Cash Back

My customers receive rewards in the form of cash back as a percentage of their purchase.


Loyalty - Non Cash Rewards

My customers receive non-cash rewards for their purchase in the form of points, airline miles, charity donations, etc.


Loyalty - Closed User Group

I provide a membership service where my customers must have an exclusive login to access benefits, such as employee benefits, credit card rewards, or airline rewards malls.


Trademark Bidding

I purchase search engine ads by bidding on the brand names of my advertisers, but I display my own brand in the ad and when they click, my customers are directed to my own website


Influencer

My customers follow me because I am a personality or figure they are interested in following.


Pay Per Call

I use call tracking to drive customer transactions over the telephone.


I do not see my promotional model listed here

If your property does not fit into any of the above options, please briefly describe your promotional method/property type here so that advertisers can understand what you do.



Nah itulah beberapa Model yang menjadi pilihannya...

Jelas dong, saya pun mencermatinya.. kok selama ini tidak terbesit dipikiran saya... ternyata ada banyak sekali model Promosi Affiliasi...

disini saya coba menafsirkannya... agar mudah dipahami..

 

 

Tafsiran Model Promosi Bisnis Afiliasi




1. Model Promosi Melalui Konten, Blog maupun Media.. 


Tentu melihat hal ini.. jelas pandangan saya langsung tertuju ke Website lewat artikel yang didalamnya memuat sebuah kegunaan atau bagaimana cara, lalu di selipkannya produk affiliate yang relevan... Jahat?

Maksud terselubung?

Enggak lah ya.. karena ini bukanlah paksaan, orang bebas mau mengikuti atau mengabaikan... enggak ada yang dirugikan.. Kadang hal itulah yang menjadi sumber pemasukan admin Blog / Website yang apalagi masih personal, alias mengerjakan semuanya serba sendirian... 

Enggak suruh bayar loh..  Gratissss... jadi kenapa harus merasa dirugikan jika sebuah website yang dikelola admin muncul link afiliasi maupun iklan.. ^_^ , bahkan sampai di block iklannya..

 

Tau Enggak.. dengan melakukan Block Iklan.. sebenarnya itu benar benar mengurangi penghasilan admin blog.. hehe, bukan pembenaran ya.. tapi ini realita, karena untuk mengembangkan dan menghidupkan blog, butuh hosting, butuh sewa domain juga.. yang dibayarkan tiap tahun..


Selain hal itu, pikiran saya terbesit ke Youtube.. yup karena itu berkaitan dengan Media.. jadi Youtube pun bisa jadi sarana mempromosikan link affiliate loh. Banyak kok para Youtuber yang sudah beken namanya pada mempromosikan Link Affiliate..  Apakah kamu salah satunya? 

 


2. Model Promosi melalui Kupon atau Deal!

 

Ya, pernah lihat Situs yang isinya Kupon Kupon Belanjaaaa? Mungkin kalian udah langsung tertuju pada beberapa situs ya.. ketahuan jika kalian pemburu diskonan..

Dari mana penghasilan mereka dapatkan? ya dari produk yang berhasil di jual lah.. dan itu pasti.. ya misalnya ambil untungnya dikit berapa persen kalo di kalikan banyaknya Masyarakat yang pake situs tersebut ya... lumayan jadinya.. tapi mereka biasanya udah kerjasama sama "Penjual Produk" jadi kadang mereka dapet Kode Kupon atau Diskon Khusus... :D

 

Ini seperti model Untung dikit tapi laku banyak... ^_^

Makannya mereka berani menghidupkan Situsnya terus.. pasti kan udah balik modal.. hehe, karena biasanya link affiliasi itu ada cookie yang bertahan selama beberapa hari.. biasanya sih 30 Hari..


 

 

3. Model Mbandingin Produk! Review atau Buat Ulasan

 

Ya.. hal ini biasanya terjadi di arena penggiat teknologi.. pernah lihat situs yang isinya Bandingin Produk Teknologi.. Misalnya Processor Intel YYY vr Processor Amd ZZZ , ya.. itu adalah salah satu strategi juga..

 

Biasanya situs yang sudah kredibel, mereka benar benar membandingkan di labnya sendiri dengan beberapa parameter yang sudah mereka buat tentunya.. Misalnya Versus.Com , https://versus.com/id/intel-core-i3-7100-vs-intel-core-i7-3770

Coba deh klik.. di bagian paling bawah ada penawaran.. ^_^


 

 

4. Influencer! Bukan Flu Penyakit.. tapi biasanya Public Figur

 

Jadi ya biasanya orang orang lebih mengenal Endorsean.. haha, Yeee dapet endorse an lagi..

Ya seperti itulah, tapi memang mereka sudah memiliki pengikut Loyal.. jadi misalnya si Acong, dia Influencer Musik, terkenal karna Youtube, karyanya mendunia.. dan Pengikutnya Jutaaan...

 

Nah si Acong ini bisa memanfaatkan tuh ketenarannya untuk menerima endorse an, berarti mempromosikan produk.. maupun Menawarkan sebuah produk melalui Link Affiliasi.

Tentu dan sangat tentu..

 

Sebagai panutan para pengikutnya.. apa yang di bicarakan Si Acong.. menjadi pemikat tersendiri buat para pengikutnya... yang bisa bilang... Wah iya bang Keren Bet dah.. Auto Beli..

Lalu Pengikutnya Klik Linknya.. dan melakukan pembelian..

Tak Terasa Pundi Pundi Uang Acong pun menumpuk..

Nah itulah model Promosi Influencer...

Apakah kalean adalah Pollower Loyal yang sangat Loyal? haha

"Ingat gan saran saya.. Kalian boleh Ngikuti orang siapa aja.. tapi jangan gitu juga kali.. kalo kamu memang butuh.. belilah.. kalo enggak ya... ngapain beli.. buatng buang duit.."

 

 

 

Kesimpulan

 

Belajar Untuk bisa Konsisten... ya Saya Pemalas... Masih berusaha untuk menjadi lebih baik.. 

 

Itu sih beberapa yang aku bisa pahami.. yang lainnya.. mungkin terlalu asing buat saya.. kalo kalian ada yang paham.. bisa tuh di sambung di kotak komentar..

Kita disini sama sama Belajar.. Siapa tau menghasilkan Uang .. Penghasilan Passive kan lumayan.. iya kan.. :D

 

 

 

Sekian untuk Artikel Macam Macam Model Promosi Bisnis Affiliasi Moga Manfaat bisa kalian ambil dari baca Artikel diatas.. Jika ternyata masih belum ada manfaatnya.. saya mohon maaf.. berarti saya masih harus mengupgrade skill menulis dan riset saya.. hehe

 

 

 

 





Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Harap Jangan Nyepam ya... ^_^

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only