6/18/2020

Cara Record Layar (SCREEN RECORDER) memakai Internal Audio terbaru! (NO ROOT)

Screen Recorder dengan Internal Audio - Hello jumpa lagi dengan F.N.A-Red... nah disini kita akan memberikan cara untuk merekam layar dengan menggunakan internal audio saja artinya suara yang direkam akan menjadi lebih jelas karena tidak terpengaruh dengan suara-suara bising yang ada di luar, seperti ketika kalian merekam layar smartphone menggunakan microphone, maka biasanya suara yang dihasilkan menjadi tidak jernih dan terdapat banyak gangguan-gangguan bising yang ada disekitar, kecuali ketika kalian menggunakan kan ruangan Studio.
Tetapi pasti akan sangat mahal untuk membuatnya.

Berapa sih Biaya Pembuatan Studio Rekaman


Mahal! Yup.. untuk kelas peredam yang benar benar kedap suara, kalian perlu mengeluarkan budget yang lumayan banyak.
Untuk pembuatan ruangan 3x3x3m kubik aja bisa sampai puluhan juta... perkiraan nyampai 10-20juta.. coba deh kalian browsing dan tanya langsung.. atau kalkulasi sendiri jika kalian mau DIY, bahannya juga tidak murah..
Kalo ada yang punya pengalaman buat studio sendiri, silahkan share di kotak komentar apa saja yang dibutuhkan dan berapa uang kau habiskan.. hehe

Emang ada cara buat Screen Record Internal Audio


Memang di android melarang hal itu untuk Android OS versi 7 keatas sampai versi 9 saya rasa dengan alasan tertentu.. sehinhga kebanyakan orang menggunakan root untuk membuka batasan tersebut, kalian tau sendiri kan akibatnya apa jika root... ^_^
Yup.. itu berpengaruh pada garansi jika smartphone kalian masih bergaransi.


Lalu? Ini pengalaman Saya Pakai Mobizen



Ya, pada banyak Screen Recorder yang ada di Android, salah satunya adalah mobizen. Ketika saya memakai smartphone Samsung j4 dengan OS yang masih Android 8 kalau nggak salah, Ketika saya memakai mobizen masih bisa menggunakan mobizen versi Samsung, di mana itu bisa melakukan screen record menggunakan internal audio, tetapi Ketika saya meng-upgrade ke Android 9, maka seketika itu pula mobizen nya masih bisa merekam menggunakan audio internal, dan ketika saya instal ulang alias factory reset karna suatu hal.... dan saya instal lagi.. ternyata mobizen samsung tidak bisa di instal.... saya coba instal mobizen biasa, ternyata opsi internal audionya hilang.. dan ketika cari link installer buat mobizen versi samsung... ternyata udah tidak kompatibel.. Aneh!
Tetapi itu nyata... bahkan ketika saya instal apk dari luar pun sama aja, jadi mobizen biasa.. alias tidak bisa record internal.

Nah

saya berpikiran bahwa mungkin tadi pas upgrade pertama masih nyangkut codecnya, ketika di factory reset .. ilang deh..


Lalu saya pun instal berbagai aplikasi lain dan hasilnya...



Pengalaman pakai Az Recorder


Ketika instal ini, bagus memang screen recorder ini karena di sini kita tidak hanya bisa melakukan perekaman layar, tetapi kita juga bisa melakukan drawing secara langsung di layar, dimana fungsi ini sangat berguna sekali untuk membuat video tutorial.
Tetapi bagaimana hasilnya...? Nihil.. gak bisa buat rekam internal audio saja. Alias udah di lock ama android pakai peraturannya... sehingga developer gak bisa ngelanggar aturan ekosistem...

Pengalaman pakai Inshot ScreenRecorder


Ya.. ternyata inshot  tidak hanya mengeluarkan produk untuk editing video saja di Android, tetapi in shot juga mengeluarkan produk untuk Screen Recorder, tetapi hasilnya apa..? Gak bisa.. pokoknya sama aja..


Cari lagi pakai Aplikasi Kimcy Scree Recorder


Ini katanya tanpa iklan.. atau No Ads.. tetapi tetap ya.. sama aja gak bisa record layar menggunakan internal audio.

Berbagai screen recorder


Ya langsung aja ya.. berbagai screen recorder saya coba satu persatu.. tapi hasilnya nol.. gak bisa record audio internal saja.


Bagaimana Selanjutnya?


Saya menyesal udah upgrade ke android 9.. andai saja waktu bisa diulang.. hehe
Tetapi, Pada suatu hari saya melihat sebuah forum di mana itu memberitakan bahwa di Android 10 kita bisa melakukan perekaman audio internal, Wah itu bisa menjadi sebuah angin segar, tetapi ternyata smartphone saya tidak mendapatkan update Android 10, Wah sangat mengecewakan ya ya, berarti tidak ada cara lain kecuali melakukan rooting, tetapi saya tidak mau melakukan itu, sehingga saya pun pasrah dan tetap menggunakan record memakai microphone seperti biasa, artinya saya tidak menggunakan audio internal murni, yang dikenal suaranya jelas dan jernih.


Suatu ketika Ada Rejeki


Suatu ketika saya ada rejeki.. hehe dan memutuskan untuk membeli Samsung A50S, dimana model itu sudah dipastikan dapat android 10.. hehe, kebeli deh dengan harga 3jt, nah jadilah saya upgrade smartphone.
Ada beberapa kelebihan yang menjadi daya tarik saya memilih ponsel tersebut, sebagian besar untuk mendukung produktifitas saya.

Dan benar ketika udah upgrade.. sayapun instal screen recorder.. gak pakai lama dong..


Instal Mobizen Screen Recorder di Android 10


ternyata.. jeng jeng jeng.. benar..
Mobizen biasa bisa record internal audio murni!
Wah wah.. ternyata di android 10 sudah di linggarkan lagi peraturannya.. hehe..

Instal Az Recorder


Tak lupa akupun instal ini software, karena memudahkan hntuk buat video tutorial..kita bisa menggambar langsung dilayar.. plus udah bisa dong buat screen recorder internal audionya..

Kejadian diluar nalar!


Dan beberapa hari berlalu.. saya enjoy setelah menggunakan android 10.. karena kita sudah bisa rekam layar smartphone menggunakan internal audio saja...
Tetapi kejadian diluar nalar!!! Menghampiri.. ternyata di samsung UI sudah disediakan screen recorder built in dan hasilnya lebih bagus!!! Astaga, dimana ketika saya memakai beberapa software screen recorder ada yang gak bisa keluar suaranya di beberapa aplikasi dan game tertentu.. tetapi ketika memakai screen recorder built in dari samsung one ui 2.0 ini, sebagian besar bisa..





wow.. menakjubkan..! Kenapa nggak dari awal saya tau hal ini!


Kesimpulan


Kita udah bisa merekam layar dengan audio internal saja ketika sudah upgrade ke android 10 ( dengan normal tanpa root ) .




Sekian, moga bahasan bermanfaat, salah kata mohon dimaafkan..




F.N.A - Red


Posting Komentar

Harap Jangan Nyepam ya... ^_^

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only