1/05/2020

Cara Memilih Micro SD Sebelum Membelinya

Saat ini ada berbagai macam tipe micro SD, jika kita tidak jeli dalam memilih Nya maka kita bisa saja salah atau tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, tidak sesuai dengan kebutuhan kita, dan malah membuang-buang uang saja karena memilih micro SD yang palsu. Mungkin kalian tahu bahwa beberapa smartphone saat ini sudah memiliki memori internal yang bisa dikatakan sudah besar-besar ya kapasitasnya, bahkan ada yang sudah sampai 1 terabyte, Bayangkanlah teman-teman perkembangan teknologi semakin ke sini semakin cepet banget bahkan internal memory yang kemarin 8 Giga sekarang 8 Giga sudah sangat kurang sekali, belum lagi untuk menyimpan beragam aplikasi yang semakin hari semakin bervariasi di Google Play Store.

Semakin bertambahnya versi dari Android, kebutuhan an penyimpanan semakin besar juga, itu artinya mau tidak mau ketika Smartphone kita memiliki kapasitas memori internal yang sedikit maka dukungan memori eksternal menjadi pilihan yang tepat untuk menambah kapasitas penyimpanan yang ada di Smartphone kita.




Apa sih itu micro SD


Oke ini merupakan pengetahuan yang sangat dasar sekali tentang micro SD, SD sendiri merupakan singkatan dari secure digital yang merupakan memory card dengan ukuran yang sangat kecil tetapi dirancang untuk menyediakan penyimpanan yang besar.

Di pasaran saat ini terdapat dua jenis micro SD antara lain sdhc dan sdxc. Apa saja sih perbedaannya antara sdhc dan sdxc?
Perbedaannya terletak pada kapasitas penyimpanannya sdhc mempunyai kapasitas maksimal 32, Sedangkan untuk sdxc sendiri dia lebih dari 32 GB atau bisa dibilang mempunyai kapasitas yang bisa lebih besar dari 32 GB, tetapi perlu kalian ketahui bahwa untuk memilih kapasitas micro SD, kalian perlu melihat spesifikasi dari ponsel kalian apakah sudah mendukung sdxc atau hanya masih sebatas SD hati yang maksimal ukurannya 32 GB.

Tips memilih micro SD


Inilah beberapa tips yang bisa kalian terapkan sebelum kalian membeli micro SD entah itu secara online atau secara offline di tempat kalian berada, karena dengan kita memilih sebelum membelinya maka itu akan mengurangi tingkat ketidakpuasan kita ketika kita membeli barang dan barang itu tidak sesuai dengan apa yang kita butuhkan atau mungkin bisa sudah kita dapat barang palsu

Pilihlah jenis micro SD yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi ponsel


Ini merupakan hal yang paling dasar sebelum kalian membeli micro SD, karena di luaran sana ada banyak sekali produk micro SD yang tersebar di lapak-lapak, entah itu online ataupun itu offline, dan bahkan tiap brand juga memiliki banyak sekali varian micro SD dari yang kelas bawah kelas menengah, sampai kelas yang premium. Tetapi yang perlu kamu perhatikan adalah memory micro SD itu berjenis sdhc atau sdxc, perlu diingat bahwa semua yang kapasitasnya dibawah 32 itu adalah sdhc Sedangkan untuk yang diatas 32 Itu sudah pasti sdxc, Selain itu jika terdapat kesalahan dalam penulisan, berarti bisa dipastikan bahwa itu merupakan micro SD palsu

Kecepatan micro sd dalam menulis dan membaca


Ada tips Yang kedua kita lebih menekankan, ke bagian informasi menulis dan membaca, Jadi sebelum kamu membeli sebuah micro SD ke mama kamu perlu perhatikan informasi mengenai kecepatan transfer data atau menulis data dan kecepatan dalam membaca data. Karena memang kecepatan micro SD ini menentukan, semakin cepat kemampuannya dalam membaca dan menulis, maka semakin cepat juga aktivitasmu dalam mengorganisasi dan mengelola file yang ada di dalam micro SD, biasanya kebanyakan toko tidak memberikan informasi yang lengkap mengenai hal ini dan dia hanya menyertakan informasi tentang kecepatan unggulan yang biasanya berada di fungsi membaca sehingga jika kita tidak jeli dalam memilih hal ini maka kita bisa saja salah kebutuhan misalnya kita seorang videografer yang ingin mendapat dokumentasi dan Ia menggunakan hp-nya untuk mengamati Kan setiap momen berharga, sedangkan ternyata kata-kata cepatan menulisnya rendah, bahkan rendah banget, sehingga Terkadang untuk mengambil video dengan resolusi yang maksimal dapat menyebabkan macet macet atau terkadang aplikasinya menutup dengan sendirinya.


Perhatikanlah fitur-fitur yang ditawarkan


Kalau kita bicara dengan tentang fitur, maka kita tidak bisa lepas dengan yang namanya software bawaan dari si vendor
Kambing memang terdapat beberapa fitur yang biasanya ditawarkan oleh vendor, dalam penjualan micro SD, yang paling kita ingat adalah garansi, dari garansi merupakan salah satu fitur yang ditawarkan oleh vendor untuk meng-cover micro SD yang telah kamu beli, Walaupun mungkin ketika terjadi kerusakan kamu akan jarang untuk mengembalikan ke service center.


Bedakan antara micro SD asli dengan micro SD palsu


Kemajuan teknologi saat ini sepertinya juga sudah mempengaruhi pemasaran setiap produk, seperti yang kita bahas saat ini yaitu micro SD, Setiap perusahaan saat ini sudah mempunyai tracking terhadap produk yang dia buat, artinya semua informasi perihal produk itu ada di website resmi, dan disini sampelnya adalah SanDisk kok jadi sandi sendiri dia sudah memiliki kumpulan informasi produk yang ada di websitenya termasuk nomor serial yang bisa kalian cek melalui website resminya, sehingga Jika kamu mendapati beberapa hal yang mencurigakan di kemasan misalnya, sdhc dan sdxc, yang saling bertukar, maka bisa dipastikan bahwa micro SD itu adalah palsu. Ada cara lain yang bisa diterapkan di sini untuk kita mendapat barang yang palsu yaitu sego rumah biasanya distributor maupun vendor Iya sudah memiliki segelnya masing-masing jadi kita bisa memilih dari situ.



Itulah beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelum kalian membeli micro SD secara offline maupun online, Jadi selain kalian harus menyesuaikan dengan kebutuhan yang kalian sedang jalani, atau Kalian juga belajar tentang bagaimana membedakan antara micro SD yang asli dengan micro SD yang palsu karena memang banyak sekali micro SD yang ditawarkan di market Indonesia. Jangan sampai ketika kamu membeli hanya membuang-buang buang uang.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di lain kesempatan




RAHMANCYBER NET Belajar Ilmu - Menerapkan Ilmu - Mengamalkan Ilmu Situs Website Utama : https://www.rahmancyber.net Facebook, Instagram : @RahmanCyber Youtube Channel : YouTube.Com/c/RahmanCyberNET atau YouTube.com/RahmanCyber Tentang RahmanCyber | Peta Situs

Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

RahmanCyber merupakan media referensi yang membahas berbagai topik seperti Info, Tutorial, Tips, Trik, Belajar Bersama... mengapa tidak satu Niche saja yang dibahas di RahmanCyber?
karena disini kita mengutamakan artikel yang kaya dalam satu tempat, sehingga pengetahuan yang di share ke pengguna dapat bervariasi, dan pengguna hanya perlu menuju kategori yang dia senangi atau butuhkan sahaja.
artikel di Rahman Cyber dibuat secara manual dengan bahasa yang kita usahakan ringan agar mudah dipahami pembaca. Salam RahmanCyber Network

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only