12/14/2019

Apakah S-Pen (Stylus Pen) bisa digunakan di Ponsel Samsung Lain?

Kita akan menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin banyak ditanyakan para pengguna HP Samsung, Apakah bisa menggunakan stylus pen pada Samsung Galaxy A50 atau A30 atau A20 atau A10 atau j4 atau j3 atau j6 atau ponsel keluaran Samsung yang terbaru, seperti arti a 50 S atau a30s atau a20s atau a10s atau juga yang lebih mahal seperti A70 atau a70s.










Oke sebelum lebih lanjut ke pembahasan utama kita perlu mengenal nih pen stylus itu apa sih?

 



Jadi ini adalah asal usul dari stylus pen, mungkin akan sedikit terlihat Aneh ketika seseorang yang menggunakan pena dalam akses smartphonenya dulu ya, karena kebanyakan kalau dulu orang masih belum familiar dengan yang namanya stylus pen, di dalam dunia komputasi pen stylus atau pena stylus merupakan sebuah instrumen yang berbentuk pena kecil dan digunakan sebagai alat yang menyalurkan perintah Input ke layar komputer, perangkat mobile, PDA tablet grafis tablet PC, UMPC.



Pen stylus ini berasal dari kata stainless yang bisa diartikan sebagai perangkat input utama sebagai asisten pribadi digital. Kalau dulu Styles ini digunakan pada Nintendo DS dan konsol game Nintendo 3DS. , bahkan dipakai juga pada beberapa Smartphone seperti Windows Phone Mobile yang membutuhkan sebuah stainless untuk melakukan input secara akurat.
 
 

Selain berfungsi sebagai sentuhan input dan ini juga meningkatkan ketepatan pada sentuhan input menggunakan pen stylus sendiri dapat menghindarkan layar ponsel handset kamu dari sentuhan jari yang mengandung minyak.
 
 

Pen stylus ini ada juga yang menyebut stylus driven yang lebih populer daripada pen Stylus, dimana stylus driven memiliki piringan hitam kecil pada ujung jarum penanya, kita bisa ambil contoh pada iPhone.
 
 

Diamond Pada tahun 1957 mengawali penggunaan pen stylus yang pertama kali ya dalam perangkat komputasi. Perangkat modern seperti touchscreen kebanyakan dapat menggunakan Pen Stylus. Kita bisa menemui sekarang ini beberapa ponsel yang sudah touch screen mereka bisa kita beri inputan pakai pen stylus.







Lalu, Apa perbedaan pen Stylus yang ada di Samsung Tab dengan pen touchscreen yang yang banyak beredar di pasaran yang harganya jauh lebih murah.





Sebenarnya kalau saya lihat keduanya sama-sama digunakan untuk dapat menulis di layar smartphone, tetapi perlu kalian ketahui bahwa di Samsung Tab yang mendukung pen stylus atau S pen Digital atau "Aktif" bukan "Pasif" dan sudah ada fitur fitur khusus di dalamnya, 
 
 
 
contohnya saja untuk melakukan seleksi pada bagian tertentu, atau mengambil screenshot hanya bagian tertentu saja, 
 
 
 
atau untuk menggambar tanpa takut bagian tangannya ikut terkam pada touchscreen, bahkan juga fitur s-pen yang ada di Samsung Samsung Tab sudah bisa overlay di layar, artinya walaupun dalam kondisi kalian tidak berada pada aplikasi atau kalian berada di home misalnya di bagian home kalian masih bisa menggunakan S pen nya alias kalian bisa mencoret-coret layar kalian Sesuka hati, tetapi nih sob... itu di screenshot dlu konsepnya.
 
 
 
 



 
Sedangkan kalau kita memakai pen capasitive "passive / pasif" yang biasanya dinamakan kapasitif ya, aku sudah coba sendiri dia bisa dipakai bahkan di Tablet Samsung Tab A8 P205 yang notabene sudah memiliki pen stylus sendiri.. saya akan jelaskan percobaan saya yang mematahkan hasil riset saya sebelumnya... 
 
 
 
 
 

Noted!

 
 
( kenapa saya melakukan riset lebih dalam lagi? karena ternyata artikel ini banyak di minati.. dan sudah di Snipet GOOGLE Search, terlebih saya mendapati ada kekeliruan di riset saya sebelumnya yang berpatokan pada Blog Luar Negeri, yang ternyata Bisa Salah... bahaya juga jika ini jadi semacam missed persepsi )


 
 

Stylus Pen Pasif (Capasitive) / Passive

 
Pen Capasitive atau "Passive" hanya bisa bekerja di dalam ponsel atau smartphone dengan layar capasitive, "KEBANYAKAN YANG DIJUAL DI PASARAN MEMILIKI LAYAR CAPASITIVE", walaupun dulunya paling banyak Resistive.. tapi setelah muncul teknologi capasitive, perlahan pun mulai bergeser..
 
 

Karena dirasa memang Kapasitif / Capasitive jauh lebih responsive, beda dengan Resistive yang kita perlu menekan lebih... :D 



Sekarang Ponsel Layar Sentuh Capasitive juga udah murah murah kok...


 
 
Pen Stylus Pasif ini, Selain untuk menggambar atau Drawing in App, juga bisa untuk melakukan coretan overlay, dengan aplikasi perekam layar yang menyediakan fitur overlay drawing, misalnya Screen Recorder yang biasa tersedia di Google Play Store, karena saya pun juga pernah menggunakannya dan aku juga pernah mencoret coret layar ketika melakukan perekaman layar, tetapi terkadang tidak semua smartphone bisa menggunakan pen touchscreen tersebut, dan beberapa apa merk smartphone, Dia hanya bisa menggunakan pen kapasitif itu, dengan syarat harus diaktifkan fitur Sarung tangannya atau glove.




Hasil Riset Pribadi Update 24/01/2021 tentang Stylus Active dan Passive



Jadi di hasil riset ini kita menemukan secara langsung dengan membandingkan 2 Stylus yang berbeda, satu sisi adalah Stylus Digital ( Milik Samsung Tab A P205 ) sedangkan disisi lainnya adalah Pen Capasitive biasa yang di jual dengan harga dibawah 100rb rupiah.

 

 

PERBEDAAN PEN STYLUS AKTIF DAN PASIF



Jadi Ada 2 Perangkat yang kita gunakan yaitu Asus Selfie ZD 551 KL (Stylus Pasif ) dan Samsung Tab A P205 ( Stylus Aktif )


  1. Ketika kita mencoba Stylus Passive / Pasif / Capasitive di Smartphone Asus ZD551KL, kita bisa menggunakannya, bahkan tanpa harus memindahkan ke Gloves Mode (*Hal ini bisa berbeda, tergantung bahan, tetapi yang jelas bisa, kalau enggak bisa, aktifkanlah Gloves Mode... kemungkinan bahan yang digunakan untuk membuat Stylus Capasitive itu kurang bagus..)
  2. Ketika kita coba Stylus Passive / Pasif / Capasitive di Samsung Tab A P205 yang notabene sudah memiliki bawaan Stylus Pen yang sudah Digital Aktif, ternyata bisa kita menggunakan Stylus Pasif, hanya saja kita tidak dapat menggunakan fitur seperti pada Stylus Bawaan. *Ini tanpa harus memakai settingan Gloves Mode - karena saya nggak menemukan adanya settingan Gloves Mode di Samsung Tab ini.
  3. Ketika kita Coba Stylus Aktif / Digital Active bawaan Samsung P205 untuk digunakan di Smartphone Asus Selfie, tidak bekerja sama sekali.. alias tidak bisa walau sudah dalam keadaan Gloves Mode! - Ini lah menghasilkan temuan baru dari hasil riset sebelumnya yang menghasilkan kesimpulan baru bahwa Stylus ini hanya dapat *Sementara dari Studi Case yang Saya Lakukan, karena saya tidak memiliki ponsel lain" digunakan di Samsung Tab P205
  4. Oh iya, sebenarnya kalo dari Headline yang saya buat diatas waktu dulu, ini cukup luas, karena pada kenyataannya Stylus Pen ada 2 macam yaitu aktif sama pasif, sedangkan yang ada di Samsung P205 itu adalah Stylus Pen Aktif
  5. Karena Headline yang saya buat diatas "Apakah bisa digunakan di Samsung Smartphone lainnya?" Maka saya pun mencobanya di Samsung J4 untuk saya coba pakai Stylus Pen Digital Aktif milik Samsung Tab P205, hasilnya? Tidak Bisa...



Jadi Saya rasa ini udah Clear dan Cukup untuk memperbaiki Hasil Riset yang sebelumnya.



Case Closed!








Kesimpulan dari pembahasan



Smartphone lain bisa menggunakan S pen tetapi tidak bisa menggunakan fitur nya yang dimiliki oleh Samsung Tab yang sudah mendukung stylus pen, kalau Samsung Tab yang belum mendukung stylus pen dia sama aja dengan smartphone lainnya atau smartphone Samsung yang memang tidak memiliki fitur stylus pen.




Update! 24/01/2021

 
 
 
Pen Stylus Aktif Samsung P205

 
 
 
Apakah (Stylus Pen Biasa) bisa digunakan di Ponsel Samsung Lain? Jawabannya bisa jika Stylus Pennya Kapasitif atau Pasif tetapi tidak semua tipe bisa, karena di Samsung J4 milik saya yang digunakan untuk studi kasus, tidak ada opsi GLOVE Modenya.
 
 

Apakah S-Pen Digital Active, Bawaan Samsung Tab P205 bisa digunakan di Ponsel Samsung lainnya? Sejauh hasil uji yang saya lakukan, "Tidak Bisa"
 
 

Apakah Stylus Pen Capasitive bisa dipakai di Tab P205? Jawabnya "Bisa"
 
 

Lalu ada temuan nih, yang mencirikan bahwa itu Stylus Active, YAITU KETIKA STYLUS Belum sampai menyentuh layar, dengan jarak yang dekat.. kita bisa menemukan semacam titik muncul di layar, seperti sorotan laser, tetapi ini kecil.
 
 
 
 
Titik Laser P205 
 
 
 
 

dan kalau di Samsung Tab A8 P205, hal ini akan memunculkan Fitur Bawaannya, seperti catatan, screenshot, overlay dll...





 
Karena stylus pen ini awalnya memang iya ada di Samsung Galaxy versi anodya Galaxy Note, yang merupakan flagshipnya Samsung di Kancah ponsel tablet Android, seperti Samsung Galaxy Note yang pertama dimana Aspen generasi pertama Samsung merupakan hasil kerjasama dengan wacom. 
 
 
Stylus yang dimiliki Samsung Galaxy Note yang pertama memiliki panjang 14 mm dan dilengkapi dengan tingkat sensitifitas tekanan sebesar 256.
 
 
 

Oke, kira-kira seperti itu untuk kesimpulannya, jadi ya kalau memang tidak ada fitur sbnrnya Berarti di situ tidak bisa menggunakan kan fitur stylus pen, karena memang untuk seri note sendiri dia menggunakan resistive touchscreen sehingga dia bisa menggunakan stylus dan jari Sedangkan untuk touchscreen tanpa stylus biasanya menggunakan kapasitif touchscreen, yang sebenarnya bisa pakai stylus tetapi harus layar yang kapasitif.
 
 

Oke semoga artikel ini bermanfaat dan sekian silakan tambahkan atau koreksi penjelasan saya yang ada di atas ini di kotak komentar yang tersedia.
 









RAHMANCYBER NET
Belajar Ilmu - Menerapkan Ilmu - Mengamalkan Ilmu
Situs Website Utama : https://www.rahmancyber.net
Facebook, Instagram : @RahmanCyber
Youtube Channel : YouTube.Com/c/RahmanCyberNET atau YouTube.com/RahmanCyber
Tentang RahmanCyber | Peta Situs

 

 

Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu, Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link https://www.youtube.com/rahmancyber
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Artikel Pilihan

Posting Komentar


Whatsapp Button works on Mobile Device only