2/01/2019

Bagaimana Sih Membuat Desain Flyer yang Menarik





Membuat Design Flyer atau Poster tentunya membutuhkan trik dan pengetahuan tersendiri yang akan menghasilkan desain yang Menarik, Komunikatif dan Dipercaya akan memberikan kepuasan dari konsumen saat menggunakan produk yang ditawarkan.

Memang tidak mudah untuk membuat sebuah Desain Fyer yang Eye Catching dan itu merupakan hasil explorasi para desainer, karena tiap orang.. aku yakin mempunyai stylenya masing masing, mungkin sih dalam genre sama.. misalnya ada yang suka classic, ada yang suka flat retro dan banyak lagi istilah istilah genre Desain.

Temen temen, disini aku mau share sedikit tentang beberapa tips sih yang dulu aku jadikan acuan untuk membuat sebuah desain flyer. Setidaknya hal ini membantu aku sih agar lebih rapi, karena jujur aku sendiri biasanya berantakan dan tidak termanajemen dengan baik..  dan hal itu yang masih aku benahi sampai saat ini.

Design yang baik meliputi hal-hal sbb:

Flyernya Simpel, Sederhana dan mudah dimengerti



 Jadi Desain Flyer pada saat pertama dipegang harus terasa Nyaman, dari segi Layout, warna dan hasil cetakan yang baik, bisa mencerminkan karakter produk dan secara cepat langsung dipahami konsumen apa sih sebenarnya produk yang mau ditawarkan. Layout yang penuh, padat dan rumit akan segera dilipat atau cuma dipegang tanpa dibaca karna tampilan yang mengganggu keinginan untuk membaca. Jadi lebih baik langsung To The Point aja.

Kalau Sekarang sih lebih ke illustrasi malah lebih bagus dan menarik.



Penempatan Logo yang tepat




Kamu harus Pastikan bahwa Logo adalah hal pertama yang dilihat Konsumen di dalam Desain Flyer, posisi yang jelas terbaca dan terlihat walau dalam posisi diletakkan di tempat yang bergambar.

Tata Layout yang Terstruktur


Desain Flyer Sesuai dengan cara membaca yang umum seperti dari atas ke bawah, dari kiri ke kanan, dimana susunan pesan dibuat menurut Prioritas Pesan yang terlebih dahulu diketahui konsumen dalam membaca dengan susunan sebagai berikut:


1. Logo  2.Headline 3. Illustrasi 4. Bodycopy (Penjelasan produk) dan seterusnya pesan yang lainnya.



Huruf dan Pewarnaan yang Sesuai karakter produk



Pemilihan Huruf (Font) pada Desain Flyer disesuaikan dengan karakter produk, produk untuk wanita tentunya tidak cocok memakai huruf2 yang berbentuk kotak-kaku, meleleh atau pecah-pecah. Warnapun disesuaikan dengan kesenangan genre atau golongan tertentu terhadap karakter produk.

Headline yang Jelas dan Mudah dimengerti



Headline Pada Desain Flyer sebaiknya menggunakan font yang simpel namun artistik tapi tidak meliuk-liuk atau rumit sehingga sulit terbaca.


 Pemakaian font terlalu berlekuk-lekuk bisa saja menciptakan anggapan kurang seriusnya penyampaian sebuah pesan.



Bahasa yang Menarik



Bahasa pada Desain Flyer yang singkat, menarik namun menyampaikan pesan secara lengkap. Sehingga membuat konsumen ingin mengenali produk.


bahasa yang menarik membuat respon yang mengundang pembaca untuk terus mengikuti setiap kata-kata pesan yang sedang dibicarakan. Buatlah kata-kata yang seolah Anda sedang berbicara langsung dengan pembaca,


Design yang Berbeda dengan yang dibuat orang lain .



      Ketika kita berjalan disebuah tempat Umum atau shopping Center, kita akan menemukan atau melihat bermacam-macam flyer dengan design yang hampir sama. Itu memberikan kejenuhan pandangan terhadap flyer ini. atau ketika diletakkan disebuah standing brochure box, anda melihatnya tanpa ketertarikan untuk mengambil.

      Buatlah Design yang sedikit ‘berani’ dan berbeda, anggap saja jika anda berdiri dengan baju merah diantara teman-teman lain yang berbaju berwarna redup atau gelap, anda akan terlihat menonjol dan menggelitik rasa untuk mencoba “menemukan sesuatu” pada diri  anda…



Hasil cetak yang baik dan sesuai peruntukkannya


Hasil cetak yang buruk membuat konsumen merasa tidak penting untuk membaca bahkan akan melipat dan membuangnya ditempat sampah, kualitas yang baik dan sesuai dengan tujuan pembuatan Flyer, akan memberikan keyakinan akan keseriusan pesan yang disampaikan. sesuaikan hasil cetak yang terang atau agak lembut, kertas yang mengkilap atau dof.


Penyebaran yang tepat


Pastikan sebelum disebarkan atau diletakkan disuatu tempat, kita sudah mengetahui dimana area yang tepat sesuai kondisi target konsumen yang dicapai. penyebaran yang asal tersebar akan membuat beberapa lembar Flyer anda menjadi sampah, gulungan atau bertebaran tidak menentu, dan ini membuat hasil komunikasi yang terputus, dibanding jika flyer itu dibawa ke rumah atau ke tempat  “potensial” yang bisa saja akan dibaca oleh orang lain….






Selebaran dapat menjadi cara yang efektif dan murah untuk mempromosikan bisnismu, terlepas dari ukuran bisnis. Bahkan, survei oleh Asosiasi Pemasaran Langsung mengungkapkan bahwa 48% dari selebaran atau penerima brosur secara langsung bertindak atas iklan dengan pergi ke bisnis atau meminta informasi tambahan.

Sementara distribusi selebaran telah menjadi strategi pemasaran yang banyak digunakan, tidak semua selebaran melayani tujuan mereka dengan baik di pasar yang sibuk saat ini. Tujuannya adalah untuk meraih dan menahan perhatian orang cukup lama sehingga mereka dapat benar-benar membaca selebaranmu dan kemudian menindaklanjutinya. Bagaimana Kamu mencapai tujuan ini? Berikut adalah beberapa teknik yang terbukti yang digunakan para profesional untuk membuat selebaran mereka.

Dengan sedikit trik Kamu dapat membuat design flyer yang modern unik dan menarik yang akan memberikan Impact berupa respon dari konsumen.

Nah gimana nih? Sudah siap untuk Jadi Desainer Grafis kategori Flyer Design




Advertisement
RahmanCyber Network merupakan sumber beragam informasi seputar Tips dan Trik, Hal yang Kamu Perlu Tau, Belajar Agama Islam, berbagai Info, dan Pengetahuan lainnya | Selamat datang di http://rahmancyber.net | Semoga yang kita sajikan pada situs ini bisa bermanfaat bagi para pembaca... Disini kita juga menyediakan Video dibeberapa Tips, Tutorial dan Artikel Lainnya untuk memperjelas penyampaian. ini channel youtube kita https://www.youtube.com/channel/UCR-cTDMxvNGfojd-1J3Rz2A? Jangan lupa... like and subscribenya ya.. hehe


Sponsor Rahmancyber Network





Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only