1/02/2019

Cara Membuat Lagu yang Terstruktur yang kamu Perlu Tau



Hello temen", kali ini Perlu Tau Rahmancyber membahas tentang bagaimana sih membuat Sebuah #Lagu yang bakal menjadi lagu layaknya musisi pro.. ^_^ mari kita belajar bareng.. hehe
Sebenarnya sah sah saja kamu mau buat lirik hanya sebait dan itu di ulang ulang atau bahkan hanya satu kalimat tetapi diulang ulang dengan tingkatan nada yang berbeda beda, tetapi disini kita mencoba untuk belajar nih, bagaimana membuat sebuah lagu pro.. hehe, siapa tau ntar bakal dijadikan Soundtrack Film "Ngayal Ikh" tapi tidak masalah, karena semua berawal dari khayalan.. Karena dengan Berkhayal pasti kan bisa Terbang.



Oke sebelumnya apa sih itu susunan terstruktur dalam lagu? ternyata memang di dunia musik itu semuanya terstruktur, pernah denger 1/8 , 1/4 ? dan ketukan nada TANDA BIRAMA? yey pernah sih, tapi aku juga belum tau lebih dalem, kembali lagi ke struktur lagu ya hehe, Struktur lagu adalah susunan berbagai unsur musik dalam sebuah lagu yang menghasilkan sebuah komposisi lagu yang memiliki makna. Pada dasarnya Sebuah lagu yang biasa kita dengar memiliki bentuk / struktur yang terdiri dari kalimat (verse atau bridge), pola, motif, refrain (pengulangan), segmen, tema, interlude, dan sebagainya.



Untuk membuat lagu yang baik layaknya musisi pro, mempelajari struktur lagu merupakan Kuncinya, disamping kita nanti mengenal Chord dan semacamnya.. hehe, apalagi tuh ^_^
Berikut elemen-elemen yang membentuk struktur (kerangka) lagu (dalam musik populer modern):


Intro/Introduction

Intro merupakan awal dari sebuah lagu, ya definisi singkatnya sih pengantar sebuah lagu. Bagian ini berfungsi memberi jeda penyanyi dan pendengar mempersiapkan diri sebelum lagu benar benar dimainkan. Hmm kalau aku ngliat dari perjalanan ku sebagai pengamat musik sih, biasanya Bagian Intro ini diisi oleh musik instrumental yang biasanya menggelegar.. ya kayak Lagu Flow "go" soundtracknya Naruto, itu aku seneng banget intronya.. hehe, ada bunyi chidorinya.. agak lama juga sih intronya, tapi keren ^_^ atau intronya milik Galileo Galilei "Aoi Shiori" openingnya AnoHana.. seneng banget aku ndengernya teng teng teng teng teng teng teut teut.. wkwk  Tapi ada juga yang pakai suara vokal yang diambilkan dari Reff lagu.. ntar aku jelaskan apa itu reff. Eh, tetapi ada juga yang melakukan Gubahan sendiri yang membuat nada intro sendiri yang berbeda dengan nada ditengah lagu.. contohnya yang tadi lho Lagu Flow "Go" soundtrack naruto. Intro juga terbagi menjadi Intro awal, Intro tengah dan Intro akhir. Intro awal terletak di awal lagu. Intro tengah biasanya diletakkan setelah Reff/Chorus dan Intro akhir pada Coda/Ending.


Verse

Verse merupakan pengantar lagu sebelum masuk ke bagian Chorus ( Kamu harus baca sampai khatam ya, soalnya ada istilah yang dijelaskan pada bagian selanjutnya ), bisa juga disebut bait. Disini kalian bisa membuat kayak promo singkat tentang cerita yang akan kalian bawakan dalam sebuah lagu tersebut... hmmm mungkin seperti trailer film kali ya, eh bukan ding.. kalau trailer kan berisi potongan potongan yang men spoiler bagian bagian film dari awal sampai menjelang klimaks film, tetapi kalau ini seperti prolog sebuah cerita...Yup itu istilah jauh lebih benar. Sebuah Lagu yang Baik memiliki Verse yang Menarik secara melodi dan harmoni hampir yang tidak kalah dengan bagian reffnya... tapi bukan berarti sama plek lho ya.. wkwk


Chorus

Chorus ini merupakan bagian yang paling ditunggu-tunggu dalam sebuah lagu, biasanya statement, Inti Pesan cerita atau misi utama lagu ada di bagian ini. Chorus menggunakan pola nada yang berbeda dan lebih nyaman daripada Verse, chord yang digunakan pun berbeda dengan Verse.  Nada yang terdapat pada Chorus biasanya sudah merupakan pengembangan lebih lanjut dari Verse, yang mengandung lompatan klimaks. Chord yang digunakan pun juga berbeda lho dengan Verse.



Reffrein/Reff

Reffrein/Reff hampir sama dengan Chorus. Bedanya Reffrein ini lebih sederhana daripada Chorus, Reff yang bermakna pengulangan biasanya menggunakan bagian lain dari lagu (biasanya Verse) untuk diulang di bagian ini. Reff ini Notasi pengulangannya sama dan syairnya pun juga sama namun tidak menutup kemungkinan bagi beberapa musisi ada yang syairnya dimodifikasi, namun notasi atau nadanya tetap menggunakan nada yang sama. Inilah yang seringkali tertukar, Reff dianggap Chorus dan demikian sebaliknya. Padahal sebenarnya barbeda ya...



Bridge

Bridge merupakan bagian yang biasanya dipakai untuk menjembatani antara bagian-bagian lagu. Misalnya menjembatani antara Chorus dengan Verse yang overtone ( naik nada dasar ) atau sebaliknya, sehingga Modulasi tidak terdengar ganjil. Nada yang dimainkan pada Bridge biasanya dibuat sangat berbeda dengan nada pada Verse dan Chorus. Namun tetap melihat unsur keselarasan karena fungsi Bridge itu sendiri adalah jembatan penghubung antara kedua bagian yang berbeda sehingga pergantian dari Verse ke Chorus tidak terdengar janggal. Untuk beberapa lagu ada yang menggunakan Bridge dan ada yang tidak. Lagu yang menggunakan Reff biasanya tidak menggunakan Bridge.


   
   

Interlude

Interlude merupakan bagian kosong pada lagu seperti layaknya Intro tidak diisi vocal tapi berada di tengah-tengah lagu. Interlude ini merupakan bagian yang menyambungkan Verse dengan Verse atau Verse dengan Chorus. Bedanya dengan Intro Tengah adalah dari nada yang digunakan. Tidak terdapat syair dalam Interlude ini. Sedangkan bedanya dengan Bridge adalah, Bridge diisi oleh Vocal, sedangkan Interlude ini tidak diisi oleh vocal alias hanya instrumen aja.


Modulasi

Modulasi ini beberapa sumber ada yang menyebutnya sebagai "Overtone", yang artinya adalah perpindahan nada dasar dari suatu lagu. Jika kamu pernah mendengarkan Reff/Chorus suatu lagu dan tiba-tiba Reff tersebut menjadi lebih tinggi dari sebelumnya, maka itulah yang disebut dengan Modulasi yang penempatannya sesudah Chorus dan diiringi dengan Bridge agar tidak terdengar janggal. Modulasi diakhir lagu (sedudah Chorus) bisa menciptakan klimaks yang lebih tinggi dari Chorus/Reff. Namun Modulasi juga bisa terjadi bersamaan saat Reff/Chorus.

Contoh lagu yang mengalami Modulasi saat Reff/Chorus: Noah - Separuh Aku
Lagu yang mengalami modulasi setelah sebelumnya Chorus/Reff normal: Indonesian Voices - Rumah Kita


Elemen Akhir dalam Lagu

 

Ending

Ending merupakan bagian penutup dari sebuah lagu. Ending berfungsi agar lagu berakhir lancar, smooth, dan tidak berhenti secara mendadak. Ending bisa berupa bagian intro yang diulang, bisa juga berupa bagian akhir lagu yang diulang-ulang dan berakhir fade out (suaranya perlahan mengecil dan menghilang).

Coda

Coda disebut juga "ekor" adalah bagian akhir sebuah lagu yang berisi nada dan syair untuk menutup lagu. Coda ini Berbeda dengan Bridge, Coda mengambil beberapa lirik dan nada yang sudah ada sebelumnya pada lagu serta tidak berakhir Fade Out seperti pada Ending.

Contoh Lagu bisa kamu temukan pada lagunya Coldplay - Yellow

Outro

Outro juga merupakan akhir dari lagu yang hanya berisi instrumen musik tanpa vocal. Nada yang digunakan berbeda dengan nada-nada sebelumnya, atau hanya memodifikasi nada sebelumnya untuk mengakhiri lagu dengan lembut dan tidak terkesan berhenti secara tiba-tiba atau janggal. Contoh Lagunya Radwimp - Sparkly Soundtrack Kimino Na Wa.



Ini beberapa contoh Struktur Lagu yang bisa kita jadikan bahan belajar untuk membuat Lagu Layaknya Musisi Pro.. Semoga bisa jadi Musisi Pro Juga ya.. sepertinya menarik kalau lagu yang kita buat menjadi soundtrack sebuah film.. entah itu film orang lain maupun film sendiri hehe..


Separuh Aku by Noah


[intro]

[verse]Dan terjadi lagi
Kisah lama yang terulang kembali
Kau terluka lagi
Dari cinta rumit yang kau jalani

[bridge]Aku ingin kau merasa
Kamu mengerti aku mengerti kamu
Aku ingin kau sadari
Cintamu bukanlah dia

[Modulasi]

[Chorus]Dengar laraku
Suara hati ini memanggil namamu
Karena separuh aku dirimu

[Modulasi] [Intro]

[Verse]Ku ada di sini
Pahamilah kau tak pernah sendiri
Karena aku selalu
Di dekatmu saat engkau terjatuh

[Bridge]Aku ingin kau merasa
Kamu mengerti aku mengerti kamu
Aku ingin kau pahami
Cintamu bukanlah dia

[Modulasi]

[Chorus]Dengar laraku
Suara hati ini memanggil namamu
Karena separuh aku dirimu
Dengar laraku
Suara hati ini memanggil namamu
Karena separuh aku
Menyentuh laramu
Semua lukamu telah menjadi lirikku
Karena separuh aku dirimu

[Outro]









Yellow by Coldplay


[Intro]

[Verse]Look at the stars,
Look how they shine for you,
And everything you do,
Yeah, they were all Yellow.
I came along,
I wrote a song for you,
And all the things you do,
And it was called Yellow.
So then I took my turn,
Oh what a thing to have done,
And it was all Yellow.

[Interlude]

[Chorus]Your skin
Oh yeah, your skin and bones,
Turn into something beautiful,
You know, you know I love you so,
You know I love you so.

[Intro]

[Verse]I swam across,
I jumped across for you,
Oh what a thing to do.
Cos you were all Yellow,
I drew a line,
I drew a line for you,
Oh what a thing to do,
And it was all Yellow.

[Interlude]

[Chorus]Your skin,
Oh yeah your skin and bones,
Turn into something beautiful,
And you know,
For you I'd bleed myself dry,
For you I'd bleed myself dry.

[Intro]

It's true,
Look how they shine for you,
Look how they shine for you,
Look how they shine for,
Look how they shine for you,
Look how they shine for you,
Look how they shine.

[Coda]Look at the stars,
Look how they shine for you,
And all the things that you do.






Hmmm, bagaimana kira kira Sobat Perlu Tau? tertarik membuat lagu ^_^ " Buatlah lagu yang benar benar bermanfaat ya, lirik lagu yang baik dan mengajak ke kabaikan " Jangan lupa untuk terus belajar, disini aku juga masih belajar nih, kalau ada kesalahan dalam penyampaian materi diatas, mohon dikoreksi ^_^



Sumber
https://en.wikipedia.org/wiki/Song_structure
https://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_lagu








Advertisement
RahmanCyber Network merupakan sumber beragam informasi seputar Tips dan Trik, Hal yang Kamu Perlu Tau, Belajar Agama Islam, berbagai Info, dan Pengetahuan lainnya | Selamat datang di http://rahmancyber.net | Semoga yang kita sajikan pada situs ini bisa bermanfaat bagi para pembaca... Disini kita juga menyediakan Video dibeberapa Tips, Tutorial dan Artikel Lainnya untuk memperjelas penyampaian. ini channel youtube kita https://www.youtube.com/channel/UCR-cTDMxvNGfojd-1J3Rz2A? Jangan lupa... like and subscribenya ya.. hehe

Sponsor Rahmancyber Network



Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...


RahmanCyber merupakan media referensi yang membahas berbagai topik seperti Info, Tutorial, Tips, Trik, Belajar Bersama... mengapa tidak satu Niche saja yang dibahas di RahmanCyber?

karena disini kita mengutamakan artikel yang kaya dalam satu tempat, sehingga pengetahuan yang di share ke pengguna dapat bervariasi, dan pengguna hanya perlu menuju kategori yang dia senangi atau butuhkan sahaja.

artikel di Rahman Cyber dibuat secara manual dengan bahasa yang ringan agar mudah dipahami pembaca. RahmanCyber juga memiliki Sub Bagian yang membahas khusus Niche tertentu, Antara Lain : InteenBisnis ( Membahas Khusus tentang Bisnis ), R4CProject ( Galeri Video dan Desain Kreatif di RahmanCyber Network ), BagiDoang ( Merupakan Tempat berbagi Resource dan Unduhan RahmanCyber Network ), AkiraSasori ( Membahas tentang Lirik Lagu Populer dengan Terjemahan Bahasa Indonesia )


Saat ini RahmanCyber.NET juga dapat dinikmati melalui aplikasi android yang tersedia di Google Play Store, untuk mempermudah pembaca mendapatkan konten berkualitas.. insyaAllah.











Salam Founder
RahmanCyber Network






Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only