Cara mengatasi pesan error Notice: Undefined index pada Pemprograman PHP



Pernahkah kalian mengalami kedapatan Error Notice: Undefined index saat kalian menjalankan sistem yang telah kalian buat?? Mengesalkan bukan... kalian utak atik tapi masih juga muncul... Sebenarnya Pesan error notice undefine index merupakan sebuah pesan dari variabel atau Constanta yang tidak memiliki nilai (value). Jadi variabel atau contanta tersebut merupakan variabel kosong.. artinya null wkwkwk, lalu bagaimana cara menghilangkan .. eh menyembunyikan pesan tersebut, karna pada dasarnya pesan tersebut tidak berpengaruh pada berjalannya program kita.. alias program kita masih sukses menjalankan fungsinya.

Notice: Undefined offset: 1 in E:\xampp\htdocs\LTE\views\zong.php on line 97

Notice: Undefined offset: 2 in E:\xampp\htdocs\LTE\views\hadiah.php on line 99 

kayak gitu yang gue alamin.. karna gue cukup kesal waktu itu gue otak atik berkali kali tetep aja muncul... eh gue browsing deh.. dan ketemu trik ampuh dan BERHASIL!!

, berikut caranya :

Cara Pertama, Silahkan gunakan tanda @ (red:at) pada tiap variabel yang kosong.
Tanda @ disini digunakan untuk menyembunyikan pesan error pervariabel, kita bisa gunakan dengan cara seperti ini:
@$_ASURA['pg'] atau @$TAKARAIMA bla...bla...bla

Cara Kedua, silahkan gunakan isset()
isset() digunakan untuk mengecek keberadaan dari suatu variabel, apakah udah didefinisikan nilainya atau belum. Dengan fungsi ini kita bisa mencegah keluarnya pesan error. Cara pakainya begini gan :
if(isset($_GET['zepis'])== 9)

Cara Ketiga,  dengan ~E_NOTICE
Dengan cara ini bisa dipastikan semua pesan error akan ditampilkan kecuali error notice. Cara pakainya gampang, letakan code ini dibagian paling atas : 
error_reporting(E_ALL & ~E_NOTICE);

itu beberapa cara yang ampuh gan buat ngatasi yang begituan.. tapi dengan catatan.. program kalian jalan lho ya... kalau error mah...itu ada koding yang hilang atau dimakan tikus... wkwkwk


Ok.. sekian tips informatika kali ini.. gue hanya mau berbagi.. ternyata tak ada yang sulit kalau kita saling berbagi.. ini gue share ilmunya karena gue juga dapet ilmu itu dari guru gue.. semoga bermanfaat ya..





Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال