8/25/2018

Cara mengatasi pesan error Notice: Undefined index pada Pemprograman PHP



Pernahkah kalian mengalami kedapatan Error Notice: Undefined index saat kalian menjalankan sistem yang telah kalian buat?? Mengesalkan bukan... kalian utak atik tapi masih juga muncul... Sebenarnya Pesan error notice undefine index merupakan sebuah pesan dari variabel atau Constanta yang tidak memiliki nilai (value). Jadi variabel atau contanta tersebut merupakan variabel kosong.. artinya null wkwkwk, lalu bagaimana cara menghilangkan .. eh menyembunyikan pesan tersebut, karna pada dasarnya pesan tersebut tidak berpengaruh pada berjalannya program kita.. alias program kita masih sukses menjalankan fungsinya.

Notice: Undefined offset: 1 in E:\xampp\htdocs\LTE\views\zong.php on line 97

Notice: Undefined offset: 2 in E:\xampp\htdocs\LTE\views\hadiah.php on line 99 

kayak gitu yang gue alamin.. karna gue cukup kesal waktu itu gue otak atik berkali kali tetep aja muncul... eh gue browsing deh.. dan ketemu trik ampuh dan BERHASIL!!

, berikut caranya :

Cara Pertama, Silahkan gunakan tanda @ (red:at) pada tiap variabel yang kosong.
Tanda @ disini digunakan untuk menyembunyikan pesan error pervariabel, kita bisa gunakan dengan cara seperti ini:
@$_ASURA['pg'] atau @$TAKARAIMA bla...bla...bla

Cara Kedua, silahkan gunakan isset()
isset() digunakan untuk mengecek keberadaan dari suatu variabel, apakah udah didefinisikan nilainya atau belum. Dengan fungsi ini kita bisa mencegah keluarnya pesan error. Cara pakainya begini gan :
if(isset($_GET['zepis'])== 9)

Cara Ketiga,  dengan ~E_NOTICE
Dengan cara ini bisa dipastikan semua pesan error akan ditampilkan kecuali error notice. Cara pakainya gampang, letakan code ini dibagian paling atas : 
error_reporting(E_ALL & ~E_NOTICE);

itu beberapa cara yang ampuh gan buat ngatasi yang begituan.. tapi dengan catatan.. program kalian jalan lho ya... kalau error mah...itu ada koding yang hilang atau dimakan tikus... wkwkwk


Ok.. sekian tips informatika kali ini.. gue hanya mau berbagi.. ternyata tak ada yang sulit kalau kita saling berbagi.. ini gue share ilmunya karena gue juga dapet ilmu itu dari guru gue.. semoga bermanfaat ya..





Advertisement
RahmanCyber Network merupakan sumber beragam informasi seputar Tips dan Trik, Hal yang Kamu Perlu Tau, Belajar Agama Islam, berbagai Info, dan Pengetahuan lainnya | Selamat datang di http://rahmancyber.net | Semoga yang kita sajikan pada situs ini bisa bermanfaat bagi para pembaca... Disini kita juga menyediakan Video dibeberapa Tips, Tutorial dan Artikel Lainnya untuk memperjelas penyampaian. ini channel youtube kita https://www.youtube.com/channel/UCR-cTDMxvNGfojd-1J3Rz2A? Jangan lupa... like and subscribenya ya.. hehe

Sponsor Rahmancyber Network



Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...


RahmanCyber merupakan media referensi yang membahas berbagai topik seperti Info, Tutorial, Tips, Trik, Belajar Bersama... mengapa tidak satu Niche saja yang dibahas di RahmanCyber?

karena disini kita mengutamakan artikel yang kaya dalam satu tempat, sehingga pengetahuan yang di share ke pengguna dapat bervariasi, dan pengguna hanya perlu menuju kategori yang dia senangi atau butuhkan sahaja.

artikel di Rahman Cyber dibuat secara manual dengan bahasa yang ringan agar mudah dipahami pembaca. RahmanCyber juga memiliki Sub Bagian yang membahas khusus Niche tertentu, Antara Lain : InteenBisnis ( Membahas Khusus tentang Bisnis ), R4CProject ( Galeri Video dan Desain Kreatif di RahmanCyber Network ), BagiDoang ( Merupakan Tempat berbagi Resource dan Unduhan RahmanCyber Network ), AkiraSasori ( Membahas tentang Lirik Lagu Populer dengan Terjemahan Bahasa Indonesia )


Saat ini RahmanCyber.NET juga dapat dinikmati melalui aplikasi android yang tersedia di Google Play Store, untuk mempermudah pembaca mendapatkan konten berkualitas.. insyaAllah.











Salam Founder
RahmanCyber Network






Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only