12/21/2017

Ulasan tentang Film Clannad Session 1 dan After Story



Sebenarnya agak mubazir sih ngreview nih film, karena udah banyak ulasan yang berceceran dimana mana.. tapi tidak masalah, film ini sy masukkan ke "Yuk Bahas Film".

Sebenarnya awalnya sy sendiri menduga.. ini film alay nih, ato cuma cinta cintaan gak jelas.. tapi ternyata setelah menyimak lebih dalam, muncullah penghayatan yang mendalam tentang alur cerita, sy mendapat kesimpulan.. nih film sukanya buat sir siran ( sedih mendalam ) lalu dihibur dengan akhir yg bahagia.. yang membuat terharu ( senang mendalam )

film animasi yang diambil dari visual novel karya KEY yang di produksi oleh Kyoto Animation. Clannad tayang di Jepang pada Oktober 2007 dan berakhir Maret 2008. Sedangkan season 2 yaitu Clannad After Story tayang pertengahan tahun 2008-2009.

CLANNAD merupakan film animasi yang lebih mengisahkan pada kehidupan sehari-hari serta permasalahan dalam sebuah hubungan. Clannad itu artinya adalah KELUARGA 

Clannad mengisahkan tentang kehidupan Tomoya Okazaki, seorang siswa SMA kelas 3 yang sering bolos dan dicap sebagai anak nakal.
Ia membenci kota tempat ia tinggal dan dilahirkan. ia harus tinggal bersama ayah yang mabuk-mabukan dan bahkan tidak menganggapnya anak ( ntar di AS ada surprise tentang sudut pandang ini ). Ia juga harus menanggung kesedihan dan berhenti dari klub basket karena cidera akibat pertengkarannya dengan ayahnya. Dari pada dirumah, Tomoya lebih suka di kost-kost an milik Misae, dimana Sunohara temannya sesama bandel kos disana.

Suatu hari di musim semi, Tomoya berangkat kesekolah dan bertemu seorang gadis aneh yang bicara sendiri, pada dirinya sendiri sambil bergumam 'Roti Kacang Merah', dan entah kenapa Tomoya malah masuk dalam percakapan itu. Itu adalah pertemuan awal dengan Nagisa Furukawa, gadis yang tinggal kelas selama 1 tahun karena penyakitnya, gadis yang bermimpi mendirikan klub teater, gadis yang kurang percaya diri namun ceria, gadis manis yang mengubah kehidupan Tomoya.

Sejak saat itulah cerita dimulai.. hmmm

Cerita Clannad tidak hanya terpaku pada kehidupan Nagisa. Tapi bervariasi pada hampir semua tokoh, entah itu tokoh utama maupun tokoh pendukung dan inilah yang membuat menarik, bahwa tiap tokoh ternyata punya peranan penting dalam pembentukan cerita.


Sebenarnya sy sendiri punya anggapan bahwa Clannad ini mempunyai cerita dalam cerita...
Jadi konsepnya seperti
Cerita [ Cerita 1, Cerita 2, Cerita 3, dst ]
dimana setiap sesi cerita memiliki alur yang ditutup dengan penyelesaian... ah mbuh lah..
Analisa sy sih berawal dari cerita pertama,

Tentang si hantu cantik Fuko Ibuki yang tubuhnya masih koma karena kecelakaan tapi Roh-nya ada disekolah, mengukir gambar bintang laut untuk diberikan kepada siswa agar menghadiri pernikahan kakaknya, Ibuki Kouko dan Yoshino.

Jujur disitu feelnya seperti dikoyak koyak, ( apalagi ketika keberadaan fuko mulai terlupakan .. hiksss.. ) [ perlu diketahui..Ibuki adalah mantan guru di SMA itu, dan Nagisa adalah siswi terakhirnya. Sementara Yoshino adalah mantan penyanyi Rock idola Sunohara dan adiknya Mei..]
apalagi ketika pas resepsi pernikahannya.. suasananya membuat bener bener meneteskan air..

Tuh kan cerita dalam cerita..

Lalu ada juga pertemuan dengan Tomoyo, gadis yang mengagumi Misae-Chan. Ia ingin menjadi Ketua OSIS di SMA itu demi melindungi pohon sakura yang ada di jalan menuju sekolah. Karena adiknya yang sakit menyukai tempat itu, ia dan keluarganya juga sering menghabiskan waktu disana. Tomoyo gadis yang jago berkelahi, ia dulunya mantan anggota Geng yang cukup ditakuti. Jiga setelah itu seorang Gadis bernama Kotomi, gadis yang sangat pintar dan sering menghabiskan waktu di perpustakaan. Pertama kali Tomoya bertemu dengannya ia mengira gadis itu sangat aneh karena sering menggunting buku di perpustakaan. Tapi Kotomi gadis yang baik dan pandai memasak sehingga ia sering menghabiskan waktu bersama Tomoya untuk makan. Siapa sangka ternyata ia adalah teman masa kecil Tomoya yang memiliki masa lalu kelam.


Clannad sendiri kalo di review kayak gini mah, seperti film animasi laennya.. tapi ketika kalian nonton sendiri tuh sempai tamat... Sy yakin siapa yang nonton pasti meneteskan air mata. Entah itu karena masalah teman-teman atau mungkin karena masalah Nagisa dan Tomoya sendiri. Apalagi iringan backsound yang sedih.. ha..


masalah keluarga sepertinya menjadi topik utama. Karena CLANNAD sendiri memiliki arti Keluarga. Bahwa keluarga bukan hanya orang yang tinggal bersama kita, tapi orang yang dekat dengan kita, teman-teman kita adalah keluarga. Dan lagi sy suka pas tiba saatnya club teater tampil dan nagisa saat itu merasa bersalah ketika sebelum hari H tampil di acara festival sekolah, ia menemukan foto foto kenangan yang disembunyikan ayah dan ibunya digudang ( ceritanya panjang kalo dijelasin), saat benar benar pertunjukan itu diujung kegagalan,
Ayah nagisa datang berteriak mengakui kebohongannya selama ini di depan para penonton, apa yang selama ini ia sembunyikan semata mata agar anaknya tidak depresi akibat rasa bersalah karena dulu karirnya di dunia teater berhenti gara gara, nagisa sakit.

Juga kata-kata ibu Nagisa yg menjelaskan, bahwa setelah menikah dan memiliki anak, orang tua bukannya menghentikan mimpi mereka, tapi mengubah mimpi mereka menjadi impian anak mereka. Anak adalah impian pada orang tua. Ibu Nagisa dan Ayah Nagisa berhenti mengejar mimpinya setelah Nagisa lahir dan mengubah impian mereka, bahwa kebahagiaan Nagisa dan impian Nagisa adalah impian mereka.

Meski begitu sebenarnya ada juga hal yang awalnya sy tak mengerti, yaitu ada beberapa adegan dimana muncul sebuah negeri di dimensi lain. Ada seorang gadis yang sendirian disebuah dunia yang dibuang. Dan ia membuat boneka dari rongsokan dan bisa hidup. Nagisa mengatakan ia pernah tahu cerita itu, dan dalam pertunjukan teaternya ia mengambil kisah itu. Tak ada yang pernah mendengar kisah itu. Tapi Tomoya merasa bahwa ia tahu kisah itu.



Clannad season1 berakhir dengan pernyataan cinta yang cukup sederhana dari Tomoya pada Nagisa. Tapi tetap mengharukan.

Misteri [ setelah cerita fuko, ternyata pada episode lain, ia sering muncul sebagai karakter figura yg bodoh.. sepertinya sang direktor mencoba menentramkan hati penontonnya yg dikoyak koyak sebelumnya.. seakan akan memberi isyarat bahwa Fukoo baik baik saja ]


Nah sebenarnya yg palik kusuka itu
Adalah Clannad After Story, kalau sy boleh bilang tuh " dari sinilah cerita sebenarnya baru dimulai "

MAsih menceritakan kehidupan Nagisa dan Tomoya, kali ini setelah mereka berpacaran. Tomoya masih tinggal di rumah Nagisa.

Nah ini nih cerita dalam cerita... hehe istilah baru,
Muncul Kisah lainnya adalah mengenai Mei-Chan yang ingin kakaknya berubah menjadi seperti dahulu. Perjuangannya agar kakaknya bisa di terima benar-benar kereeeen!!!


Lalu kisah Misae, sang penjaga asrama putra, bener-benera bikin banjir air mata. Percaya nggak percaya, aku juga awalnya nggak percaya, Tapi sepertinya Tomoya punya kekuatan khusus dalam mimpinya. Karena ia melihat sesuatu dalam mimpinya, dari kucing milik Misae. Dulu waktu Misae SMA ia menyukai seniornya, tapi ada seorang pria mendekatinya, namanya Shima yang mengatakan kalau ia datang untuk membalas budi pada Misae.

Namun saat Shima sadar, ternyata bukan dirinya, melainkan tuannya dulu yang ingin membalas budi melalui dirinya. Sayangnya Shima malah jatuh cinta pada Misae, begitu juga Misae. Namum waktu memisahkan mereka. Sebelum itu Shima sering berkata kalau ia bisa mengabulkan satu permintaan Misae. Misae mengatakan kalau ia ingin Shima ada disisinya selama-lamanya. Well, dan hal itu terjadi. Shima memang ada disisi Misae selama ini, karena dia adalah kucing milik Misae itu.

Dan setelah itu masalah Yukine, dimana kakaknya adalah pemimpin salah satu Geng di kota itu,Kazuto ( rambutnya pirang kayak sonohara ). Kazuto amat ditakuti karena tak ada yang tahu wajahnya dan tak ada yang pernah menang melawnnya.
Perlu diketahui nih sob, ternyata tuan-nya Shima itu adalah Kazuto! WOW! Sy beneran terkejut dengan hubungan ini!


Yukine pernah berkata mengenai legenda kota itu, jika ada kebahagiaan maka akan ada bola cahaya yang terbang ke angkasa. Siapa yang bisa menangkap bola itu maka satu keinginannya akan terkabul. Orang yang bisa menangkapnya adalah orang yang sangat baik dan beruntung, orang yang istimewa. Kakak Yukine lah salah satunya. Dan Tomoya akan menjadi salah satunya juga.


Setelah itu Kita juga dibawa menuju kisah Yoshino - Ibuki. Bagaimana mereka bertemu sewaktu Yoshino SMA dan Ibuki adalah guru Seni-nya. Ibuki mungkin orang yang pertama memuji Yoshino dan ia jatuh cinta pada Ibuki. Sejak itu Yoshino mulai merajut mimpinya dengan bakatnya dalam musik. Ia menjadi terkenal. Tapi konsekuensinya adalah ia harus meninggalkan kota itu. Ia meninggalkan kota itu dan berjanji akan kembali pada ibuki.

Sayangnya, Yoshino melupakan Ibuki setelah dirinya menjadi terkenal. Bahkan saat dirinya terpuruk, sangat terpuruk hingga tak bisa tertolong lagi. Ia kembali ke kota itu dan bertemu kembali dengan Ibuki. Hal ini menyadarkannya, apa yang membuatnya menjadi seperti sekarang adalah karena ia melupakan Ibuki. Dulu ia membuat lagu hanya untuk dirinya sendiri dan orang lain menyukainya, saat ia mencoba membuat lagu untuk semua penggemarnya, ia gagal. Sampai ditingkat yang paling buruk dan depresi. Saat ia kembali ke kota itu, ia baru menyadari ia melupakan janjinya dan ia juga baru menyadari harusnya sejak awal ia menujukan lagu buatannya untuk Ibuki, gadis yang dicintainya. Yoshino yang sudah menikahi ibuki mengatakan pada Tomoya, bahwa ia tak boleh melupakan orang yang penting baginya, apapun yang terjadi.

Memasuki inti kisah ini. Yaitu pada hubungan Tomoya-Nagisa. Nagisa sakit begitu musim gugur dan akhirnya tinggal kelas. Tomoya awalnya ingin tinggal kelas juga, tapi dilarang oleh orang tua Nagisa. akhirnya ia dkk lulus sementara Nagisa harus mengulang lagi. Sediiiiiiiiiiiih. Saat semuanya berpisah, tinggal Nagisa dan Tomoya yang bersama. awalnya Tomoya membantu di toko Nagisa. Tapi kemudian ia memutuskan pindah rumah dan bekerja sebagai tukang listrik bersama Yoshino. Nagisa sendiri menjalani sekolah seperti biasa. Namun ia sulit berteman. Bahkan klub teaternya dihapus karena tidak ada anggota. Namun Nagisa tetap bisa ceria.

Pada kelulusan SMA, Nagisa sakit lagi sehingga ia tidak bisa datang. Tapi Tomoya mengundang semua teman SMA dulu dan membuat upacara kelulusan untuk Nagisa. Mengharukan. Apalagi saat Nagisa memberikan pidatonya, meski ia membutuhkan waktu 5 tahun untuk lulus SMA, tapi ia bahagia karena bisa bertemu dengan semuanya dan juga Tomoya.
 

Sebenarnya Cerita yang menarik perhatian adalah ketika Nagisa setelah menikah dengan Okazaki, beberapa bulan kemudian ia mengandung. Pada saat mau melahirkan, penyakitnya kambuh, kebetulan saat itu adalah musim dingin, sehingga menyebabkan demam misteriusnya muncul. Dia harus berjuang untuk melahirnkan anaknya yang direncanakan bernama “Ushio Okazaki”. Namun, setelah anaknya lahir, Nagisa meninggal dunia. Hal ini membuat Okazaki benar-benar putus asa , dan ia menitipkan Ushio pada orang tua Nagisa. Setelah 5 tahun berlalu, dimana 5 tahun tersebut Okazaki menjalani hidupnya dengan berantakan. Sepertinya rasa sakitnya masih belum sembuh. Seperti cerminan ayahnya dulu. namun, suatu hari ketika ia piknik bersama anaknya, Ushio, ia berubah. Ushio yang dikira Okazaki akan membencinya, ternyata malah sebaliknya, ia sangat sayang kepada ayahnya. Dan pada saat piknik tersebut, Okazaki mulai mengingat masa lalunya bersama sang ayah, yang ternyata beliau sangatlah menyayangi Okazaki. Mulai dari sini Okazaki dan Ushio hidup bersama.

Tetapi...

Suatu hari, ketika musim dingin tiba, Ushio tiba-tiba jatuh sakit, dan ternyata ia mengalami penyakit yang sama dengan ibunya, Nagisa. Okazaki saat itu benar-benar tertekan. Dan suatu ketika, Ushio ingin pergi piknik lagi bersama ayahnya, namun Okazaki membujuknya agar setelah ia sembuh. Namun karena keinginannya yang kuat, Okazaki mengabulkan permintaan anaknya tersebut. Ketika mereka berdua berjalan bersama-sama, demam Ushio mulai kambuh lagi, dan tak lama kemudian ia terjatuh, lalu pingsan (entah pingsan atau apa saya juga belum tau jelas). Tekanan yang diterima Okazaki-pun sudah mulai memuncak, hingga ia putus asa. Namu ketika ia memeluk anaknya sambil menangis, kemudian membuka matanya, ia terkejut, ia kembali ke kejadian 5 tahun yang lalu, dimana Nagisa mau melahirkan. Apa yang terjadi selama 5 tahun tersebut bagaikan mimpi. Namun, ternyata bukan, pengalaman 5 tahun tanpa Nagisa itu benar-benar terjadi. Ia kembali ke 5 tahun yang lalu karena keinginannya yang dikabulkan oleh legenda cahaya di kota tersebut
(hal ini ada kaitannya dengan mimpi aneh di mana di dunia (Illusionary World) itu hanya ada seorang gadis yang selalu sendirian. Lalu gadis itu mulai mencoba untuk membuat suatu boneka yang terbuat dari sampah dan barang bekas yang dia kumpulkan. dan menurutku Gadis yang ada di mimpi itu adalah anak Tomoya.. yaitu Ushio, dan robotnya itu adalah Tomoya sendiri... karena juga diperlihatkan pada scenenya.. )

Semenjak itulah kehidupan keluarga Okazaki yang sebenarnya dimulai. Okazaki bersama Nagisa dan juga Ushio. Kehidupan yang mereka inginkan, selalu bersama. So good ending.. (~_~).... terharu banget...









*** Udah itu aja.. hehe ***


Itu hanya Cerita ya... Fiksi Pula.. yang udah ditonton ya sudah.. hehe jangan dibawa perasaan teruss.. kayak sy nih.. sy tuliskan aja disini.. biar gak kepikiran terus dan berganti pemikiran.. *** Udah itu aja.. hehe ***


























Advertisement
RahmanCyber Network merupakan sumber beragam informasi seputar Tips dan Trik, berbagai Info Terkini, dan Pengetahuan lainnya | Selamat datang di http://rahmancyber.net | Semoga yang kita sajikan pada situs ini bisa bermanfaat bagi para pembaca... ini channel youtube kita https://www.youtube.com/channel/UCR-cTDMxvNGfojd-1J3Rz2A? Jangan lupa... like and subscribenya ya.. hehe


Sponsor Rahmancyber Network





Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only