Lighting untuk menambah artistik suasana tempat




Dulu orang mengenal lighting untuk menerangi jalan atau tempat, tetapi beda dengan orang film, Lighting menjadi suatu yang perlu untuk menambah suasana cinematic maupun untuk Mendukung Proses Keylight atau keying pada Adegan menggunakan Greenscreen.

{getToc} $title={Table of Contents}


Apa Manfaat Lighting


Beberapa orang film dan yang bergerak di bidang video production ada yang fokus memanfaatkan lighting untuk menambah kesan artistik dan menghidupkan suasana. Kayak Gini Contohnya :



Tetapi tak jarang juga biasanya bagi para vloger atau youtuber untuk menjadikan keying lebih rapi atau halus seperti yang tak jelasin diatas.



Bagi orang film yang fokus untuk menambah suasana Tak jarang mereka menggunakan lighting warna biru kelam untuk membuat suasana horor. Atau menyorot fill light untuk menghidupkan daya tarik penonton. Tak jarang juga mereka mengarahkan lightingnya ke arah matahari untuk mengurangi backlight, karena kamera menghadap matahari.

Kenang kenangan pas produksi di Magelang ( Photo pake nokia Jadul )



Beberapa Peralatan untuk menunjang Lighting adalah sebagai berikut :


  1. Modelling Lamp


    Lampu untuk menghasilkan cahaya yang membantu kita untuk menentukan, melihat arah jatuhnya bayangan obyek. Biasanya hanya ada di lampu studio. Menyala sebelum lampu digunakan/di trigger.
  2. Standar Reflektor


    Berfungsi mengarahkan sinar ke obyek. Cahaya yang dihasilkan sangat kuat dengan sudut pancaran yang terbatas.
  3. Payung Pemantul


    Melunakkan cahaya yang datang ke obyek agar lebih merata. Biasanya sinar yang datang ke obyek terlalu kuat dan menghasilkan bayangan pekat. Sifat cahaya yang dihasilkan kontras masih tinggi, kuat sinar berkurang 1-2 stop, sudut pancar cahaya luas.
  4. Payung Transparan


    Memiliki fungsi sama dengan payung pemantul, hanya saja cahaya yang dihasilkan lebih lunak, merata, dan lembut. Kuat sinar turun 2-3 stop.
  5. Softbox


    Memiliki sifat melunakkan cahaya, merata, dan menghilangkan bayangan. Kuat sinar berkurang 3-4 stop, pancaran luas.

  6. Honeycomb


    Penyinaran lebih terarah, memusat, simetris, dan sudut penyinaran dipersempit. Biasanya digunakan untuk penyinaran pada bagian-bagian tertentu, intensitas cahaya yang dihasilkan lumayan kontras tergantung ukuran honeycomb (lubang-lubang tawon).
  7. Snoot


    Hampir sama dengan honeycomb, namun sifat cahaya yang dihasilkan lebih sempit dan kecil. Biasanya digunakan untuk hairlight. Kuat sinar turun 5-6 stop. Cocok untuk memunculkan karakter obyek.

  8. Barndoor


    Mengarahkan sudut pencahayaan agar lebih terarah pada bagian obyek yang diinginkan dan tidak menggangu bagian lain yang tidak ingin ditonjolkan/diperlihatkan. Fungsi lain untuk menghilangkan efek flare/fog saat lampu berhadapan dengan kamera.





RahmanCyber Tutorial
Redaksi yang menulis berbagai Tutorial Berguna
https://www.rahmancyber.net
Facebook : /rahmancyber | Twitter : @RahmancyberNet



Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال