11/05/2011

Menjadi Kameraman Handal.



Untuk menjadi seorang kameraman handal tidak lah mudah,kita harus memiliki jam kerja tinggi untuk menjadi professional.Dan yang menjadi faktor pendukung untuk menjadi demikian juga bab kesehatan dan kekuatan. Seorang kameraman bisa saja berdiri selama 10 jam untuk sebuah acara. Dan kekuatan fisik diperlukan disitu. Tak cukup dengan hanya tutorial saja. Pada kameraman itu harus banyak praktek ketimbang teori. Tapi praktek tanpa teori juga tidak bisa jalan, semua harus seimbang.
Ok sob, kita Jabarkan satu persatu...

*Update 2019

1. Pelajari Situasi


Hal ini yang perlu kamu lakukan adalah membaca acara nya seperti apa? apakah itu dokumentasi  nganten ataukah itu dokumentasi seminar biasa.. hal itu bisa kalian dapatkan dari koordinasi dengan tim acara. Kan aneh juga masak tidak tau acaranya seperti apa, langsung aja main rekam.. kalau kita tidak tau runtutan acara.. ntar sebagai kameraman akan bingung dan banyak momen yang missed atau nggak kerekam.. jadi pastikan ya pelajari situasi.

2. Berteman dengan GEAR atau Kameramu


Seperti layaknya pemain bola, lu juga perlu bersahabat dengan GEAR andalanmu yaitu kamera yang kamu pake.. pastikan kamu tau betul luar dalam.. hehe,  Ya ndak gitu juga kali ya.. yang jelas kamu tau fungsi fungsi yang ada di kamera yang akan kamu pake. Misalnya pengaturan pada IRIS, WHITE BALANCE atau mengatur volume mic, Pada bagian menu biasanya yang sering luput, yaitu size video.. kan lucu juga udah ngrekam.. pikirnya ntar jadinya HD tapi ternyata SD atau PAL Kotak.. wkwk

3. Koordinasi dengan TIM


Ini kalau kamu bergabung dengan tim ya, maksudnya kalau kamu pas tugas dokumentasi dalam bentuk tim, kamu harus sering sering koordinasi dengan tim, terutama dengan Switcher kalau itu live event. Juga kamu harus tau juga pergerakan kamera temen kameraman lain. Jadi biar tidak ada gambar mubazir alias 3 kameraman viewnya sama semua... OMG tamplek**

4. Jangan lupa Kondisi Harus FIT


Menjadi kameraman itu ndak semudah yang dibayangkan orang.. terkadang kita sering juga ngadeg sampai 5 jam, dari awal acara sampai selesai. Kamu harus jaga tubuh agar tetap fit, Kamu harus udah Makan atau sarapan, perbanyak minum air putih sebelumnya. Sehingga Kamu menjadi lebih FOKUS!


Oke, itu beberapa tips untuk bisa menjadi kameraman Handal, ya mungkin hanya sebagian ya, karena menjadi kameraman Handal itu perlu proses dan jam terbang yang tinggi.









RahmanCyber Tutorial
Redaksi yang menulis berbagai Tutorial Berguna
http://www.rahmancyber.net
Facebook : /rahmancyber | Twitter : @RahmancyberNet
Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

RahmanCyber merupakan media referensi yang membahas berbagai topik seperti Info, Tutorial, Tips, Trik, Belajar Bersama... mengapa tidak satu Niche saja yang dibahas di RahmanCyber?
karena disini kita mengutamakan artikel yang kaya dalam satu tempat, sehingga pengetahuan yang di share ke pengguna dapat bervariasi, dan pengguna hanya perlu menuju kategori yang dia senangi atau butuhkan sahaja.
artikel di Rahman Cyber dibuat secara manual dengan bahasa yang kita usahakan ringan agar mudah dipahami pembaca. Salam RahmanCyber Network

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only