4/29/2009

Infrastruktur TI (Teknologi Informasi) dan Pengembangan Potensi Sumber daya Manusia

Saat ini teknologi Informasi memang memegang peranan penting untuk perkembangan di segala sektor / bidang. Semakin cepatnya informasi itu tersebar, maka Inovasi - inovasi baru pun bermunculan.

Ya! kita sekarang berada di peradaban Teknologi, dan sebentar lagi, semuanya akan booming... berbagai perkembangan perkembangan semakin cepat dan tentunya hal itu akan memberikan dampak positif dan negatif.

 

TEKNOLOGI INFORMASI

 

 

Tak bisa dipungkiri lagi.


Sistem yang mulai bergantung pada jaringan internet, tidak hanya untuk pelayanan publik, melainkan e - learning pun dilakukan secara online.


Perkembangan itu sangat massive.


Infrastruktur Teknologi Informasi, seperti penyediaan Jaringan Internet, Komputasi Perkantoran, Gadget, dan Berbagai macam komponen pendukung lainnya dibangun.


Pembelajaran Jarak jauhpun sudah tidak asing lagi, teleconference, multimedia dan berbagai kegiatan remote.


Tetapi ketika kita memahami konsep Teknologi Informasi, dimana Peranan INFRASTRUKTUR itu menjadi sangat penting, disamping sebuah Sistem / Software dan Brainware / Sumber Daya Manusia.\


Kalo kita buat Listnya, maka jadinya akan seperti ini


  • Infrastruktur Teknologi Informasi
  • Perangkat Lunak Teknologi Informasi
  • Sumber Daya Manusia


Yup! hal itu sama dengan sistem Komputasi, ketiganya saling bertautan, tetapi memang yang paling dasar adalah infrastruktur.

 


Tetapi ketika kita klasifikasikan lebih rinci lagi...


SDM Scientist ini memegang peranan awal...

dari situlah Infrastruktur dirumuskan, jika kita berbicara lebih rinci lagi, sedangkan SDM yang kedua adalah mereka yang mengoperatori, dan SDM ketiga adalah mereka yang menggunakan.


Pengguna pun masuk dalam Sumber Daya Manusia, tanpa pengguna, maka teknologi itu tidak berdampak apapun.


Kita coba buat susunannya

 

  1. SDM Scientist ( Peneliti Ulung )
  2. Infrastructur Teknologi Informasi
  3. Perangkat Lunak Teknologi Informasi
  4. SDM Operator
  5. SDM Pengguna


Setiap manusia itu memiliki potensi, sebagai Sumber Daya Perkembangan Teknologi, dari SDM Pengguna bisa memberi masukan dari kekurangan yag dikembangkan oleh SDM Scientist, yang merupakan CORE Teknologi Informasi, entah itu dibidang Hardware maupun Pengembangan Software.



Berarti memang, untuk membangun sebuah ekosistem teknologi informasi, hal paling dasar adalah pengembangan Infrastruktur, perangkat lunak pun bisa jadi bagian dari Infrastruktur, karena keduanya punya keterikatan yang tak bisa dipisahkan.


Bahasa gampangnya HARDWARE dan SOFTWARE.







Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu, Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link https://www.youtube.com/rahmancyber
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Artikel Pilihan

Posting Komentar


Whatsapp Button works on Mobile Device only