4/29/2009

Infrastruktur TI (Teknologi Informasi) dan Pengembangan Potensi Sumberdaya Manusia

Pengembangan dan Implementasi TIK di Universitas Sriwijaya


Dinamika perubahan peradaban manusia terutama didorong oleh muncul dan berkembangnya teknologi informasi. Seiring dengan perubahan ini, tantangan yang dihadapi Universitas menjadi semakin dinamis dan kompleks. Tantangan tersebut berupa kepeloporan atas perubahan-perubahan yang cerdas dan inovatif agar dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dengan berlandaskan kepada Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam rangka menjawab tantangan tersebut, universitas telah mencanangkan visi, misi dan sasaran jangka panjang yang dituangkan dalam sebuah dokumen Rencana Strategis Unsri. Untuk mendukung visi universitas menjadi universitas kelas dunia dibutuhkan dukungan suatu sistem yang dapat mengintegrasikan keseluruhan sistem yang telah dan akan dikembangkan dimasa mendatang.
Membangun sebuah sistem yang mampu mengakomodir keseluruhan fungsi yang ada di universitas yang memiliki struktur organisasi yang kompleks serta jumlah stakeholder yang besar, baik dari sisi pengelola maupun pelanggan, dimana kondisi setiap unit berbeda-beda dengan berbagai proses bisnis yang beragam menuntut adanya pengelolaan dan pengembangan yang spesifik untuk masing-masing kepentingan. Pengembangan dan implementasi teknologi informasi dan komunikasi yang memungkinkan akses informasi universitas dari mana saja, kapan saja serta dengan ragam piranti akses yang senantiasi berkembang dengan cepat berimplikasi munculnya tatanan baru dengan nilai, tradisi dan budaya yang berbeda dengan tatanan tradisional. Sasaran pemanfaatan TIK di Unsri harus dilakukan untuk dapat mendukung dan mengakselerasi seluruh aktivitas yang berkaitan dengan seluruh kegiatan sehingga menghasilkan output dan outcome yang dapat membawa Unsri ketingkat yang dihormati di kalangan Nasional dan Internasional.
Sesuai dengan semangat dasar teknologi informasi dan komunikasi, maka pengembangan dan implementasi TIK di Unsri harus memberikan efek transparansi, efektivitas, efisiensi, akuntabilitas dan realibilitas bagi keseluruhan manajemen universitas yang mampu mendukung Unsri dalam mengemban misi utamanya melaksanakan pembelajaran dan pengabdian berbasis riset, meningkatkan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta mampu mendorong universitas mencapai tujuannya menjadi universitas yang mandiri dan mempunyai tata kelola yang baik.
Berdasarkan misi tersebut, diharapkan implementasi TIK dapat memberikan hasil yang optimal dalam proses belajar mengajar, riset, publikasi hasil riset serta pembelajaran yang dapat dinikmati hasilnya oleh masyarakat. Implementasi TIK akan menjadi salah satu pilar utama untuk menciptakan efektivitas, efisiensi, transparansi, akuntabilitas dan realibitas dalam proses manajemen. Universitas sejatinya mampu memberikan pelayanan bagi seluruh stakeholdernya, dimana masing-masing civitas akademik membutuhkan konsumsi jasa dan informasi yang berbeda sesuai dengan kepentingan masing-masing.
Tujuan utama pengembangan dan implementasi TIK di Unsri harus dibangun selaras dengan pencapaian tujuan dan sasaran strategis universitas, yang diharapkan dapat diwujudkan. Tujuan utama pengembangan dan implementasi TIK Unsri, antara lain adalah: menyiapkan teknologi dan sistem informasi yang mendukung perwujudan Unsri sebagai universitas kelas dunia; menyiapkan dan mengembangkan sistem administrasi dan manajeman berbasis TIK yang handal guna menjamin terlaksananya good university governance
Sasaran utama pengembangan dan implementasi TIK di Unsri, antara lain adalah: tersedianya infrastruktur dan sistem berbasis TIK yang dapat mendukung terselenggaranya proses pendidikan dan pembelajaran; tersedianya infrastruktur dan sistem berbasis TIK yang mendukung pengelolaan sumber daya, terutama SDM, aset dan keuangan serta terselenggaranya tatakelola TIK yang baik dalam pengelolaan berbagai sumber daya yang ada.
Penetapan strategi pengembangan dan implementasi TIK perlu mempertimbangkan kondisi lingkungan internal dan eksternal yang mencakup antara lain: struktur organisasi dan proses bisnis, infrastruktur dan lokasi kampus, jumlah serta jenis stakeholder yang harus dilayani, dan mekanisme pembiayaan. Aspek-aspek ini akan menjadi acuan untuk menentukan prinsip dasar dalam pengembangan dan implementasi TIK.
Tingginya biaya investasi yang diperlukan, luasnya lingkup proses bisnis yang harus ditangani dan dinamisnya perkembangan teknologi itu sendiri membutuhkan prinsip pengembangan dan implementasii yang tepat agar pengembangan dan implementasi TIK ini dapat dicapai sesuai tujuannya. Proses pengembangan dan implementasi secara bertahap, terbuka, terdistribusi dan terintegrasi satu sama lain adalah prinsip utama yang harus dilaksanakan.
Mengacu kepada prinsip dasar pengembangan dan implementasi diatas, telah disusun beberapa rencana strategis yang akan dilaksanakan, antara lain: Revitalisasi sistem tatakelola TIK; Peningkatan kualitas SDM dibidang TIK; Pengembangan infrastruktur seluruh perangkat teknologi yang mendukung sistem informasi; Pengembangan Sistem Informasi Eksekutif; Pengembangan sistem informasi akademik; Pengembangan sistem informasi keuangan; Pengembangan sistem informasi kepegawaian; Pengembangan sistem informasi alumni dan kerjasama.
Fungsi manajemen dalam pengembangan dan implementasi TIK menjadi sangat strategis, berbagai kebijakan perlu ditetapkan agar pelaksanaan rencana kerja dapat berjalan dengan baik, beberapa kebijakan yang perlu diambil, antara lain: Mendorong dan memfasilitasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pendidikan; Mendorong peningkatan kapasitas institusi dalam perencanaan, pengelolaan, penyelenggaraan pelayanan berbasis kinerja; dan Mendorong Peningkatan dan Pengembangan Kapasitas Pengelola dan Pelaksana Pendidikan.
Penyusunan kebijakan tidak akan ada artinya bila tidak diisi dengan program dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan untuk mewujudkan tujuan tersebu, beberapa program yang telah disususn dan direncanakan meliputi: Peningkatan Fasilitas dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam proses layanan informasi dan data; Peningkatan dan Pengembangan sistem Manajemen yang transparan dan akuntabel, dengan kegiatan-kegiatan sebagai berikut: Peningkatan dan Pengembangan Sistem Pelayanan; Pengembangan dan peningkatan sistem informasi akademik berbasis teknologi informasi dan komunikasi; Peningkatan dan Pengembangan Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk penguatan tatakelola; Pengembangan aplikasi sistem informasi manajemen secara terintegrasi dibidang Keuangan; Penataan Pengelolaan Barang dan Aset Perguruan Tinggi; Pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan non gelar dibidang teknologi informasi dan komunikasi; Pengembangan sistem, metode dan materi pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi; Pengembangan infrastruktur dibidang teknologi informasi dan komunikasi
Pengembangan dan implementasi TIK tidak dapat terlepas dari tiga komponen dasar, yaitu perangkat keras dan jaringan, perangkat lunak dan sistem informasi, serta tatakelola dan sumber daya manusia. Pada saat ini Unsri telah memiliki jaringan backbone fiber optik yang menghubungkan semua fakultas yang berada di kampus Inderalaya, dan koneksi radio untuk menghubungkan kampus Inderalaya dan Kampus Palembang. Jaringan backbone fiber optik ini telah menjangkau bagian utama kampus. Fasilitas jaringan komputer yang telah ada ini kemudian menjadi platform untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi dan layanan TIK, seperti sistem informasi akademik, webserver, mail server dan forum diskusi. Dari segi sumber daya manusia, meski dalam jumlah terbatas, Unsri memiliki potensi sumber daya manusia yang cukup memadai untuk dapat merencanakan pengembangan dan implementasi TIK di lingkungan Unsri, selain itu Unsri dapat memanfaatkan tenaga-tenaga terampil yang dihasilkan oleh salah satu program studi yang berada dilingkungan Unsri. Dari segi pengguna, terdapat spread yang sangat besar diantara pemakai. Ada pemakai yang memiliki kemampuan tinggi untuk dapat memanfaatkan dan mengoperasikan sistem berbasis komputer, dan tidak sedikit pemakai yang dapat dikatagorikan sebagai gaptek. Selain hal tersebut dalam melaksanakan pengembangan dan implementasi TIK perlu pula diperhatikan penyediaan sumber daya untuk berbagai macam fungsi dalam sistem tatakelola TIK, seperti arsitektur dan perancang jaringan, pengembangan aplikasi sistem informasi, administrator dan operator sistem dan juga pemakai sistem, Hal lain yang juga yang harus menjadi perhatian adalah efek psikologis yang akan dirasakan oleh pemakai akibat perubahan sistem dan tatanan yang terjadi akibat perubahan ini.
Disamping potensi pengembangan yang ada, tentu saja terdapat juga beberapa kendala yang dapat mempengaruhi pengembangan dan implementasi TIK di Universitas Sriwijaya, sehingga dibutuhkan strategi yang tepat agar dapat mengatasi kendala-kendala tersebut agar pengembangan dan implementasi ini dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Kendala-kendala ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu kendala internal dan eksternal. Beberapa kendala internal yang dapat diidentifikasi antara lain: Ukuran organisasi;Struktur organisasi; Perubahan proses bisnis, sedangkan kendala eksternal yang berhasil diideentifikasi antara lain: ; Perkembangan teknologi ; dan Vendor / Mitra.
Advertisement
RahmanCyber Network merupakan sumber beragam informasi seputar Tips dan Trik, berbagai Info Terkini, dan Pengetahuan lainnya | Selamat datang di http://rahmancyber.net | Semoga yang kita sajikan pada situs ini bisa bermanfaat bagi para pembaca... ini channel youtube kita https://www.youtube.com/channel/UCR-cTDMxvNGfojd-1J3Rz2A? Jangan lupa... like and subscribenya ya.. hehe


Sponsor Rahmancyber Network





Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only