1/27/2020

PERBEDAAN LAN, WAN, MAN, INTERNET




UPDATE!!!

RahmanCyber - Artikel PALING BAWAH YANG SAYA KASIH BATAS merupakan Artikel saya yang ditulis sekitar 10 Tahun yang lalu, ketika saya masih awal duduk di bangku SMK, Hmmm kenapa tidak saya hapus? karena itu kenang kenangan masa lalu.. hehe, karena pada waktu itu saya masih belum memiliki apa apa yang mendukung kegiatan blogging.
Boro boro Tablet, Ponsel pintar saja tidak punya, lah darimana nge blognya, saat itu aku memanfaatkan Ruang ICT dan Pelajaran Komputer Praktek. Heh, Ini merupakan perjuanganku waktu itu.

Apa itu LAN (Local Area Network) 



LAN (Local Area Network) merupakan jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah lokal saja, dan untuk jaringan ini hanya bisa digunakan oleh orang-orang yang berada di area LAN saja.
Jaringan dengan akronim LAN ini bisa menghubungkan sebuah perangkat ke internet dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan sederhana, seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.
Ini untuk beberapa Contoh nyata jaringan LAN : komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, Departemen dalam Universitas, perusahaan, warnet, dan banyak lainnya.

Dan untuk beberapa Keuntungan Menggunakan Jaringan LAN

- lebih irit pengeluaran biaya operasional
- lebih irit dalam penggunaan kabel
- koneksi transfer data antar node dan komputer bekerja dengan cepat
- menggunakan jaringan LAN saya rasa kita juga tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk dapat membuat jaringan LAN

Sedangkan untuk Kerugian Menggunakan Jaringan LAN

- cakupan wilayah koneksi yang terbatas, sehingga hal tersebut menjadi salah satu kekurangan dari jaringan LAN


Apa itu MAN ( Metropolitan Area Network )



MAN (Metropolitan Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang lebih luas dari LAN dan teknologinya yang lebih canggih dari semua jaringan komputer berjenis LAN.
MAN sendiri biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari satu gedung ke gedung lainnya dalam satu kota. Namun sayangnya, untuk membuat suatu jaringan MAN, biasanya memerlukan operator telekomunikasi yang bertugas sebagai penghubung antar jaringan komputer.

Keuntungan Memakai Jaringan MAN

-jaringan ini sendiri dapat mencakup wilayah atau area yang lebih luas sehingga untuk berkomunikasi dengan internet menjadi lebih efisien.
-mempermudah anda dalam halnya berbisnis. Bahkan, keamanan berkomunikasi menggunakan jaringan ini juga menjadi lebih terjaga.

Kerugian Memakai Jaringan MAN

-jaringan MAN mudah dirusak oleh seseorang tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan pribadi. Bahkan, untuk memperbaiki jaringan MAN ini juga kita memerlukan waktu yang cukup lama karena kan sudah tidak hanya satu area lagi kan.

Apa itu WAN ( Wide Area Network )


WAN (Wide Area Network) merupakan jenis jaringan komputer yang mencakup wilayah lebih luas lagi dari MAN, dimana ini bisa mencangkup antar negara maupun benua.Untuk dapat menghubungkan ke berbagai negara, jaringan WAN terhubung dengan menggunakan kabel fiber optic dan menanamkannya di dalam tanah maupun di jalur bawah laut.

Keuntungan Menggunakan Jaringan WAN

- lebih canggih daripada LAN ataupun MAN
- jaringan WAN ini memiliki cakupan wilayah jaringan yang sangat luas.
- teknologi yang lebih canggih sudah tentu ditanamkan di mekanisme ini. Otomatis hal tersebut juga membuat jaringan WAN dapat terhubung dengan lebih rahasia dan lebih aman.
- Karena cakupannya bisa membentang antar benua, maka hal ini juga mempengaruhi kemudahan dalam urusan berbisnis.

Kerugian Menggunakan Jaringan WAN

Teknologi canggih, cakupan wilayah yang lebih luas, serta keamanan yang lebih terjaga dari jaringan sebelumnya (LAN, MAN), pastinya membutuhkan biaya operasional yang tidak murah. Karena hal itu, biaya adalah hal utama yang menjadi pertimbangan dalam membuat sebuah jaringan WAN.


Apa itu Internet


Nah kalau internet ini cangkupannya lebih luas ya gaes, alias seluruh belahan dunia bias nyambung, tentu Website ini salah satu hasil dari adanya Jaringan Internet gaes. Intinya lebih luas dari LAN, MAN, maupun WAN. Tentu untuk investasinya gak murah ya gaes… sehingga emang untuk jaringan ini dikerjakan menggunakan dana yang tidak main main.. alias besar buanget.

Kalau di Indonesia ini untuk jaringan Internet di kelola oleh BUMN Telkom ya.. "Telkom Indonesia"

Kalau pengertian secara akademis, ini saya kasih dari Wikipedia ya temen temen,....

Internet (portmanteau dari interconnected network) adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet (TCP/IP) untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia. Ini adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jaringan privat, publik, akademik, bisnis, dan pemerintah lokal ke lingkup global, dihubungkan oleh beragam teknologi elektronik, nirkabel, dan jaringan optik. Internet membawa beragam sumber daya dan layanan informasi, seperti dokumen hiperteks yang saling terkait dan aplikasi World Wide Web (WWW), surat elektronik, telepon, dan berbagi berkas.


==============================================================

























akhir-akhir ini internet menjadi raja dunia,sekakan-akan dunia mati tanpa internet.......nah Skrng untuk meningkatkan mutu dan kualitas blog ini..akan mengulas masalah perbedaan LAN,WAN,MAN,dan INTERNET............

PERBEDAANNYA adl sebagai berikut:

LAN (Local Area Network) : jaringan yang meng hubungkan antara komputer satu dengan yang lain dengan jangkauan satu ruangan,satu gedung.
MAN (Metropolitan Area Network) : jangkauan antar gedung (dengan radius telah melebihi 30 km).
WAN (Wide Area Network) : jangkauan antar benua atau negara.
INTERNET :Jangkauan mencangkup seluruh dunia.

jadi singkat aja....perbedaan dari keempat jaringan tsb adalah pada bagian jangkauannya....jadi jangan bingung akan hal sepele kaya gitu....
\nah begitu yang benar ,maaf atas kesalahan ini ,dan terima kasih atas masukannya

"TETAP BERPIKIR POSITIF DAN TRUZZ BERUSAHA UNTUK MENCARI ILMU...KARNA MENCARI ILMU MERUPAKAN SALAH SATU TUJUAN KITA DIHIDUPKAN"
yang tak kalah pentingnya truz buka www.RAHMANCYBER.BLOGSPOT.com

ok???

==========================

Sekian ya.. Moga Update PERBEDAAN LAN, WAN, MAN, INTERNET ini bermanfaat, dan jika ada salah dalam penyampaian, silahkan di benarkan di kotak komentar.

See You... :D




Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga
  1. g kebalik tuh bro antara MAN sma WAN??????!!!
    klo MAN alias Metropolitan Area Network cakupannya antar kota, yang cakupannya antar negara/benua baru WAN.....

    ReplyDelete

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

RahmanCyber merupakan media referensi yang membahas berbagai topik seperti Info, Tutorial, Tips, Trik, Belajar Bersama... mengapa tidak satu Niche saja yang dibahas di RahmanCyber?
karena disini kita mengutamakan artikel yang kaya dalam satu tempat, sehingga pengetahuan yang di share ke pengguna dapat bervariasi, dan pengguna hanya perlu menuju kategori yang dia senangi atau butuhkan sahaja.
artikel di Rahman Cyber dibuat secara manual dengan bahasa yang kita usahakan ringan agar mudah dipahami pembaca. Salam RahmanCyber Network

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only