Menjalankan OS lain di Chromebook dari SSD External? Bisa! Experimen Virtual Machine (VM) QEMU-KVM Linux

Chromebook Linux - Oke teman-teman bayangkan ketika Chromebook kalian itu bisa menjalankan sistem operasi lainnya. Tetapi kalian tidak perlu menuju ke mode developer ataupun Kalian juga tidak perlu untuk mereplace chromebook dengan sistem operasi lainnya.


{getToc} $title={Table of Contents}


Oke kita tahu bahwa kapasitas penyimpanan chromebook yang beredar di pasaran saat ini masih sangat sedikit kapasitasnya, dan beberapa hanya 32 gigabyte dan itu tentu ketika kalian menggunakannya untuk berbagai macam hal seperti menginstal aplikasi di Linux misalnya, atau menginstal aplikasi Android itu pun cukup kurang sekali teman-teman makanya kita juga sudah memberikan alternatif kepada teman-teman di beberapa tahun yang lalu itu memakai APPIMAGE di mana ini merupakan ide yang cukup berlian mengatasi permasalahan seperti kerupuk yang memiliki penyimpanan yang minim.


vm linux chromebook
Screenshot salah satu pembahasan Seri Experiment VM Linux ini



Awal Experiment!


nah lalu di sini kita mencoba untuk melakukan eksperimen untuk menambah leluasaan kalian untuk melakukan ekspansi Chromebook tanpa harus melakukan replace ataupun mengganti sistem yang sudah di buat di dalam sebuah perangkat tersebut di mana tentu sistem itu memiliki tujuan tertentu bagi penggunanya.

project ini kita mulai sebelum puasa dan di sini kita mencoba untuk melakukan berbagai macam riset di mana Di Sini Kita juga membuat berbagai macam pembahasan yang berkaitan dengan ini tetapi di Linux sebagai bahan uji coba awal dan ketika di situ ternyata untuk Linux pun juga possible berarti di sini kita jadi memiliki kesimpulan bahwa kemungkinan besar dikelompok juga possible ketika kita menjalankannya di sini melalui SSD.

untuk seri pembahasan yang berkaitan dengan bagaimana caranya kita membangun virtual machine yang dapat dijalankan dari SSD kita bagi menjadi 3 part, di mana 3 part tersebut mewakili dari awal ketika kita itu menginstal engine sampai ketika kita membuat sebuah virtual machine dengan OS tertentu untuk bisa berjalan dari SSD eksternal yang tentunya ini dijalankan di lingkungan Linux ini, dimana sebelumnya memang banyak sekali dilema di situ,


VM didalam VM


karena dulu juga pernah ada flashdisk maupun sdcard yang keluar sendiri karena memang di sini untuk perangkat akan masuk ke mnt bukan ke media karena memang di sini crostininya Itu adalah sebuah virtual machine juga sehingga di sini bisa disimpulkan bahwa kita membuat virtual machine didalam virtual machine.





Install QEMU KVM + GUI VM Manager [1] Virtual Machine SSD External Experiment!



Nah Hal pertama yang kita lakukan untuk mengawali pembahasan ini adalah kita mencoba untuk menunjukkan pada teman-teman untuk langkah demi langkahnya menginstal engine VM DULU.




Kali ini kita eksperimen menjalankan Virtual Machine di dalam Virtual Machine Chromebook .. :) tetapi kita tujukan untuk SSD , apakah bisa.. ikuti perjalanan experiment chromebook virtual machine kita...
Pada video ini fokus ke instalasi engine nya dulu...

Sebelumnya kita coba VirtualBox, tetapi sayangnya kita tidak bisa akses Bios dan tentu tidak bisa menonaktifkan Secure Boot karena chromebook membutuhkan ini.. sehingga misinya kita abort! 

Lalu kita beralih ke Qemu/KVM ini.. dan kita lihat nanti kedepannya..
oh iya disini kita gak pake Command Line, melainkan kita memakai GUI dari Virtual Machine Manager.. agar mudah..



7 Fakta lebih! Menjalankan Lubuntu OS  [2] Virtual Machine SSD External Experiment!


nah pembahasan yang kedua ini lebih ke menunjukkan terlebih dahulu hasil jadinya dan di sini kita kebetulan tidak melakukan perecord-an ketika kita melakukan instalasi pembuatan virtual machine LUbuntu, sehingga di sini kita fokus ke mengamati hasil yang ada sembari kita mengukur performa Samsung chromebook 4 ketika kita menggunakan virtual machine di dalam ya.

Merangkum beberapa temuan dalam listicle fakta.





Lanjutan Part Pertama ya, kali ini kita tunjukkan langsung hasilnya seperti apa ketika kita melakukan eksperimen menjalankan linux os di chromebook, disitu kita listicle kan menjadi lebih dari 7 fakta penemuan...



Langkah Membangun VM OS Alpine Linux [3] Virtual Machine SSD External Experiment!


pada video ini berisi tentang step by step atau langkah demi langkah kita membuat virtual mesin di SSD eksternal dengan contoh yang kita ambil di sini memakai Alpine Linux





pada video ini berisi tentang step by step atau langkah demi langkah kita membuat virtual mesin di SSD eksternal dengan contoh yang kita ambil di sini memakai Alpine Linux.

ini merupakan part final "Virtual Machine SSD External Experiment!" walaupun di sini nanti kita juga bisa coba file-file iso dari OS lainnya atau dari distro-distro Linux lain di masa yang akan datang tetapi di sini kita tidak janji akan hal itu

diharapkan di sini Kalian juga bisa mencoba OS lainnya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah kita tunjukkan



Selamat Mencoba.


Semoga Bermanfaat.







Kesimpulan


kini kalian sudah bisa menjalankan OS atau operating system lainnya dari SSD kalian SSD eksternal kalian yang memiliki keterbatasan storage internal di Chromebook.

ini saya rasa lebih baik ketimbang teman-teman melakukan replace chromebook dengan sistem operasi lainnya

Kalian juga bisa melakukan ekspansi ke ssd eksternal untuk dapat melakukan instalasi aplikasi lain dengan mengalokasikan penyimpanan yang kalian butuhkan di situ.


saran admin kepada Developer chromebook di sini agar pengguna dapat melakukan ekspansi SSD eksternal sehingga pengguna bisa melakukan instalasi aplikasi yang lebih banyak di chromebook dengan storage yang minim, karena ternyata virtual machine kvm qemu bisa melakukannya.. saya rasa Crostini pun sebenarnya juga mampu.. misalnya diberikan opsional.

karena kita tahu kita bisa buat multiple crostini, semisal utama di internal dan penambahan lainnya bisa dilakukan dengan membuat sebuah ruang di penyimpanan external.



















Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال