Tutorial Menggunakan Linux Ubuntu Desktop (Bahasa Indonesia) dari Nol!

Linux RahmanCyber - Ini udah seminggunan lebih kita icipi linux ubuntu untuk di install di SSD Portabel yang bisa dibawa kemana - mana, tinggal colok dan lebih privat :)

{getToc} $title={Table of Contents}

Sebelumnya kita membagikan pembahasan atau bisa dibilang preview untuk ubuntu 23.10 yang terbaru dengan nama kodenya Mantic Minotaur , tetapi memang aku sendiri mendapati beberapa permasalahan yang murni karna kesalahanku sendiri, jadi bukan ubuntunya yang bermasalah tapi cara aku menginstall library tertentu menyebabkan kerusakan.. ehehe, memang kita perlu aware sih masalah ini.. :) ati ati...

 

Pembahasan Linux di rahmancyber sudah dikategorikan dalam Link Pembelajaran Linux

 

tutorial linux ubuntu bahasa indonesia
Banner Pembelajaran Linux Ubuntu Desktop di RahmanCyber

 

Kebutuhan Hardware untuk Penggunaan OS Ubuntu Desktop 

Sumber resmi Ubuntu Desktop Edition menjelaskan bahwa kebutuhan hardware untuk menjalankan sistem operasi mereka adalah sebagai berikut :

  • 2 GHz dual core processor
  • 4 GiB RAM (system memory)
  • 25 GB (8.6 GB for minimal) of hard-drive space (or USB stick, memory card or external drive but see LiveCD for an alternative approach)
  • VGA capable of 1024x768 screen resolution
  • Either a CD/DVD drive or a USB port for the installer media 

Kalo kita lihat lagi, itu sangat bersahabat untuk komputer komputer generasi lawas dimana kalo dipaksakan memakai Windows 11 tidak mendukung, walau beberapa orang dapat menggunakan versi pemaksaan, tapi tentu kurang optimal juga. Menurutku sendiri windows 11 itu minimal RAM 8GB apalagi dengan adanya Ai yang mungkin nanti akan full di integrasikan, tentu akan membutuhkan perangkat yang mendukung, semisal dari segi processornya generasi terbaru, dan tentu penggunaan RAM dan Grafis juga menjadi konsentrasi utama agar sebuah perangkat READY Ai.


Cara Membuat Bootable Linux Ubuntu 23.10 di MicroSD Card dengan Rufus dan Instalasi OS

Yup! Rufus masih menjadi software pembuat bootable yang cukup lengkap dan gratis andalanku, selain mudah pengoperasiannya, banyak os yang bisa langsung dibuat bootablenya dnegan Rufus.


Kalo bisa sendiri itu murah gan... coba aja... tapi modal download file iso ding.. hehehe

Dulu kita pernah bahas linux kalo gak salah Ubuntu Studio...
kali ini tak terasa ubuntu udah 23.10 aja nih...

Playlist : Linux Experience - https://www.youtube.com/playlist?list=PL1qiMzpnaZtaj0y5Cn_g0bCoNpLs9n13d


Ubuntu 23.10 Wireless Adapter Ready?

Yup! RahmanCyber udah buktikan sendiri di perangkat yang kita miliki, ada TP Link Wifi Adapter yang cukup umum. Ini kita sertakan videonya


bahkan kita juga eksperimen menggunakan Mirascreen. Untuk Cast linux jarak jauh, ya semacam ChromeCast.


Experience! Setup Desktop Ubuntu 23 Mantic Minotaur! OBS Blankscreen Solved, Steam, Davinci Resolve

Disini kita penasaran nih dengan Ubuntu Linux versi terbarunya, dari segi tampilan dan kita coba beragam software, tetapi video explorasi terpotong karena memang ubuntunya crash akibat aku salah install library.

Ini kita record langsung menggunakan OBS Studio di Linuxnya, jadi kita tidak pakai capture card ya...

Sebelumnya kita mendapati permasalahan OBS ketika Record itu hanya Layar Hitam gitu,dan cara mengatasinya sudah kita bagikan ke pembahasan singkat di Quesearch, artikelnya bisa kalian baca disini cara mengatasi OBS BlackScreen Pipeware

 


 

Ini Record screen langsung dari linux menggunakan OBS yang berhasil kita selamatkan datanya.

Linux Ubuntu 23.10
Intel I3 3310

Tetapi setidaknya itu dapat memberi gambaran kalian tentang Linux Ubuntu 23.10 tersebut gan..

#linux #ubuntu


Experience! Recorvery Ubuntu 23 Corrupt! Misi Penyelamatan File Rekaman OBS Studio! Partisi Ext4

Kita tau bahwa linux itu memiliki partisi sendiri yang unik, yaitu ext4, dimana jika terjadi apa apa, kita perlu buka dengan os linux juga, jika kita buka di windows, maka kita tidak bisa bro untuk saat artikel ini dibuat.. kecuali jika memakai metode tertentu yang lebih expert, tapi gampangnya drive tersebut tidak kebaca.

Di Video ini kita memiliki misi penyelamatan, terutama file Rekaman OBS yang udah seharian kita record, kalo hilang kan percuma juga... file di video atas itu bro.


Dan akhirnya berhasil..


Di Video itu kita bagikan pengalaman ketika desktop Ubuntu 23 Non LTS Minotaur Rusak/Corrupt! Padahal kita sudah melakukan perekaman layar di OBS. Apa sih Penyebab kerusakan? Simak agar sobat tidak mengalaminya...


#linux #ubuntu #ubuntu23


Experience! Create Bootable dan Install Ubuntu 22.04 LTS dan Setup OBS Studio (Blackscreen Solved!)

Karena permasalahan diatas, kita jadi berpikiran untuk install Ubuntu versi LTS aja, kita langsung ganti ke versi LTS, karena kemaren itu Non LTS. Dan disini kita lebih memperlihatkan settingan obs di linux agar tidak blackscreen.

 


 



#linux #ubuntu #obsstudio


Experience! Setup & Explore Ubuntu 22.04 Jammy Jellyfish LTS dari NOL

Karena kita sudah belajar dari pengalaman, maka kita lebih berhati - hati, dan pembahasan disini udah lebih terstruktur, disini kita explore sekaligus menunjukkan kepada teman teman, apa aja yang bisa dilakukan Ubuntu Desktop, terutama dengan acuan aku sebagai penggunanya, beraga software yang pernah aku gunakan.



selain topik utama tentang permasalahan OBS Studio, disini juga kita step by step install Davinci Resolve di Ubuntu sebagai software editing video professional.

Beragam Software kita coba disini dirangkum dalam video rekam layar langsung dari Ubuntu sekaligus menunjukkan kepada teman teman, bahwa Ubuntu Linux itu mampu digunakan sebagai OS pendukung kegiatan kreatif konten kreator... :)

Untuk Streaming? Bisa...
Editing Video? Bisa.. Davinci Resolve? Bisa!
Ngoding? Bisa...

Selengkapnya kita uprek uprek di video durasi 1 Jam ini...


#linux #ubuntu #ubuntu22 #davinciresolve #obsstudio #androidstudio #linuxexperience



Pembahasan Praktis, kita taruh di Quesearch Tutorial Linux Bahasa Indonesia








Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال