Tutorial OBS Studio untuk Streaming (Siaran Langsung) di Chromebook (Kelemahan dan Kelebihan)

 


 

 

OBS Studio merupakan Software untuk streaming ya..
Selain itu ini juga bisa buat recording layar..


OBS Studio ternyata bisa dipakai di Chromebook.

Walau disini kita pakai Samsung Chromebook 4, tetapi ya memang dari segi performa kalo buat yg biasa streaming pake pc atau laptop streaming..  rasanya berbeda..

karena kita mesti sabar..

*Cuman ya dengan itu OBS Studio bisa di Jalankan di Chromebook tidak hanya bisa install doang..

 

 

Kok OBS STUDIO punyakku tidak bisa dijalankan?

 

Walau sobat sudah mengaktifkan linux di chromebook sobat, dan sudah download dan berhasil install obs studio, hal ini tidak serta merta obs bisa kalian gunakan.

Karena OBS tidak bisa berjalan di dalam container chromeos. Jadi dia tidak bisa jalan di crostini linux yang bisa dibilang mirip Virtual Machine.

 

 

Cara Menjalankan OBS Studio di Chromebook

 

Maka dari itu OBS Studio bisa dijalankan hanya ketika sobat menghilangkan batasan chromebook dengan beralih ke Mode Developer / Mode Pengembang. Setelah itu, sobat tetap tidak bisa menjalankannya di linux yang sobat buat menggunakan crostini chromebook, karena memang OBS ini tidak bisa jalan didalam container. Jadi dia harus mendapatkan akses resource langsung ke hardware fisik.


Maka disini saya install Crouton untuk menjalankan Ubuntu versi yang masih Xeniel.

Untuk lengkapnya, caranya seperti ini :


1. Anda harus beralih dulu ke Developer Mode, tidak hanya pindah channel, melainkan pindah mode chromebook dari stabil ke Developer Mode. Berikut ini untuk video panduannya.


2. Anda perlu install Crouton untuk menjalankan UBUNTU secara berdampingan dengan ChromeOS. Video tutorial Chromebook memakai Crouton ada disini dalam bahasa indonesia.

 


 


3. Setelah itu barulah sobat bisa menggunakan Terminal Ubuntu untuk melakukan instalasi seperti kalian memakai Debian di Crostini, karena memang Ubuntu merupakan turunan debian, jadi


sudo apt update && sudo apt upgrade


setelah itu kalian tambahkan dulu repository obs studio untuk ubuntu..

 

sudo add-apt-repository ppa:obsproject/obs-studio


Baru kemudian kita jalankan perintah seperti biasa...


sudo apt install obs-studio


pada perintah pilihan Y/N pilih Y


4. Setelah itu sobat bisa menjalankan OBS Studio dengan Normal seperti pada video ini..

 


disini kalian sudah bisa menyalin stream key dan meletakkannya di pengaturan streaming obs dan memulai stream.



Kelemahannya OBS Studio di Chromebook :

 

1. Ketika OBS Studio kita jalankan di chromebook low end seperti yang saya miliki yaitu Samsung Chromebook 4, hal ini akan melambat ketika kita memakai banyak layer, sedangkan untuk beberapa source ada yang tidak bisa digunakan karena terlalu lag, biasanya yang ini berkaitan dengan graphic raster.

2. Terdapat seperti garis di Monitor OBS Studio, cuman hal ini tidak berdampak pada kualitas stream dan recording di chromebook, hasilnya akan tidak muncul garis. Itu hanya muncul di monitor preview saja.

3. Karena chromebook berada di mode developer, dan tidak ada batasan keamanan yang melindungi, maka akan berbahaya untuk pengguna biasa. Jika terdapat permasalahan hardware akibat ini, garansi bisa dibatalkan. Jadi kalian perlu pertimbangkan ini. 

4. OBS Studio ini kemungkinan besar bisa lancar banget ketika berada di chromebook dengan spesifikasi hardware yang mumpuni, cuman ya untuk harga chromebook dengan spesifikasi hardware yang tinggi masih cukup mahal dan langka.


Kelebihan OBS Studio di Chromebook :

 

1. Kita bisa streaming menggunakan Chromebook, entah itu untuk perekaman layar maupun untuk menampilkan diri kita di kamera webcam, serta menambah resource lain yang biasa dilakukan di obs studio.

2. Kita bisa streaming dimana saja ke platform twitch, youtube, facebook, ig dengan chromebook.




Sekian pembahasan Cara Menjalankan OBS-STUDIO di Chromebook, semoga bermanfaat untuk anda.






Article in English







#obsstudio #chromebook

Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال