Cara Cek Keabsahan Data Pendidikan (Dosen, Perguruan Tinggi, Mahasiswa)

Bagi sobat yang sedang menempuh studi ataupun bagi anda sebagai rekruiter kerja, anda bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Kemdikbud Republik Indonesia untuk melakukan pengecekan tentang data akademis seseorang, apakah itu resmi dan sah secara akademis dan dari kacamata Negara, ataukah ternyata tidak sah.


Hal ini juga dapat anda gunakan sebagai bukti portabel sebagai generasi jaman now, generasi milenial keatas sebagai penunjuk bahwa anda memang telah atau sedang menempuh pendidikan akademis.


Sebagai dosen, hal ini menunjukkan keabsahan anda sebagai dosen yang telah diakui negara, dan valid.


Sebagai Perguruan Tinggi, hal ini menunjukkan bahwa Instansi anda telah resmi dan calon mahasiswa, calon orang tua wali maupun calon perusahaan yang ingin bekerja sama mereka menjadi yakin bahwa Instansi anda benar benar diakui dan menjalankan administrasi peraturan yang telah ditentukan oleh kementrian pendidikan.


Dulu saya pernah membahas tentang Forlap Dikti yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekan data akademis, berikut ini artikelnya.


Sedangkan sekarang ini pengecekan data bisa dilakukan di Situs PDDIKTI (Pangkalan Data Perguruan Tinggi) yang baru, dan lebih cepat, clean dan terbarukan. 

 

Pada kesempatan kali ini, rahmancyber di redaksi "Pendidikan" akan ngebahas lebih detail tentang Cara Cek Data Pendidikan anda, baik itu untuk Mahasiswa, Dosen maupun Perguruan Tinggi.



{getToc} $title={Table of Contents}

 

 

Situs PDDIKTI KEMDIKBUD RI

 

 

Disitus PDDIKTI ini kita sudah tidak susah susah lagi memasukkan satu demi satu form, karena keyword semua dijadikan satu... seperti Search Engine gitu deh, benar benar perubahan yang menurut saya sangat signifikan.

Dengan ini kita sudah tidak susah susah untuk cek dan kadang terjadi ketika ada field/bagian form yang salah dikit saja, maka data tidak ditemukan.

Tetapi berbeda dengan Situs baru PDDIKTI ini, untuk pencarian bisa dilakukan berdasarkan Keyword [Nama PT], [Nama Prodi], [Nama Mahasiswa], [Nama Dosen], [NIM], [NIDN]

Anda tidak harus memasukkan semuanya, dan form pencarian tersebut pun autocomplete, sehingga anda pun juga tidak susah susah untuk mengetikkan secara lengkap, kecuali memang dibutuhkan.



 

 

Cara Cek Data Mahasiswa di PDDIKTI

 

 

1. Silahkan anda langsung menuju Situs PDDIKTI

2. Setelah itu pada bagian form pencarian yang letaknya diatas.. klik saja disitu

 

pddikti

3. Setelah itu akan muncul halaman pencarian seperti ini..


pencarian data mahasiswa
Form Pencarian Data PDDIKTI

disitu saya melabeli 1, jika anda ingin melakukan pencarian global dengan fitur autocomplete yang sangat memudahkan anda dalam melakukan pencarian tanpa harus susah susah mengetik data spesifik.




Jika data mahasiswa itu unik, maka bisa langsung ditemukan, apalagi hanya dengan menggunakan nim

 

Ini adalah Contoh, saya mencari data saya sendiri dengan NIM yang saya miliki..


Pencarian data mahasiswa berdasarkan NIM

tentu hal ini memudahkan rekruiter kerja, hanya dengan meminta NIM saja yang dimiliki calon pekerja yang mengaku memiliki ijasah pendidikan akademis, bisa langsung ditemukan datanya.

 

Juga bagi mahasiswa, hanya dengan memasukkan NIM nya (Saya rasa mahasiswa ingat dengan NIMnya... tapi saya aneh, dulu waktu kuliah malah gak hafal, eh, setelah lulus malah hafal banget...)

 


Jadi tidak perlu ngetik panjang panjang.

 

*Yang perlu anda lakukan, jika tidak mengetahui NIM, anda bisa menggunakan langkah ini :

  1. a. Ketikkan Nama terlebih dahulu (kadang nama banyak yang sama, dan data yang ditampilkan di autocomplete juga terbatas, jadi anda bisa tambahkan keyword tambahan di poin selanjutnya) Contoh : Barjo 

  2. b. Jika masih belum ditemukan, anda bisa memasukkan Nama Instansi Pendidikannya
    Contoh : Barjo Universitas Islam Sultan Agung

    nanti bakalan keluar tidak hanya data mahasiswa saja, melainkan jika ada kesamaan keyword pada data dosen, data prodi, data perguruan tinggi yang memiliki kesamaan keyword, juga akan ditampilkan.

    harusnya sih bisa langsung ditemukan, tetapi jika memang di universitas tersebut, yang memiliki nama yang sama banyak banget, maka anda bisa tambahkan keyword lagi di poin berikutnya.


  3. c. Jika masih belum ditemukan data yang spesifik, anda bisa tambahkan Nama Prodi
    Contoh : Barjo Universitas Islam Sultan Agung Prodi Teknik Informatika

    Harusnya sih sudah bisa tampil bro, tetapi jika masih belum juga ditemukan.


Anda bisa menggunakan fasilitas pencarian yang saya labeli dengan nomor 2, yaitu "data spesifik"



Lalu, pada bagian yang saya labeli dengan nomor dua diatas pada form pencarian, itu adalah form data spesifik.


Mirip seperti forlap, dan fungsi ini masih disertakan... jika anda tidak berhasil menemukan data dari pencariuan menggunakan fasilitas pencari di PDDIKTI yang saya labeli sebagai nomor 1 diatas pada form pencarian.



Sebenarnya di webnya itu diatas pun sudah dipandu loh, tinggal kita baca aja panduannya, insyaAllah akan mudah...



Selanjutnya, anda akan mendapatkan data seperti Nama, Jenis Kelamin, Perguruan Tinggi, Program Studi, Jenjang Studi, Nomor Induk Mahasiswa, Semester Awal, Status Awal Mahasiswa, Status Mahasiswa saat ini (Lulus atau Belum Lulus), Nomor Ijazah (yang bisa anda gunakan untuk melakukan pengecekan ijasah di Sistem Verifikasi Ijazah SECARA eLEKTRONIK YANG BERALAMATKAN DI https://ijazah.kemdikbud.go.id/. Anda bisa langsung klik link disini, dan masukkan data yang diperlukan mengacu pada data yang didapat di pencarian PDDIKTI tadi.)

Selain itu, bahkan anda akan dapat melihat Riwayat Status Kuliah dan Riwayat Studi yang cukup rinci (ini hasil kerja keras dari para elemen pendidik yang ada, bahkan sampai admin universitas yang melaporkan data data pendidikannya)

 

 

Cara Cek Data Perguruan Tinggi


Caranya gampang, lakukan hal yang sama seperti pada cara mencari data mahasiswa diatas. Bedanya, kalo cara mencari data mahasiswa, berarti keyword pertama ya pasti nama mahasiswa dong...

sedangkan jika anda ingin mencari Data Perguruan Tinggi, anda bisa langsung memasukkan Nama Perguruan Tinggi.

 

Contohnya seperti ini..

 

data perguruan tinggi
Cara mencari data perguruan tinggi

 


Lalu, anda langsung aja klik Data Perguruan Tinggi sesuai yang muncul di fitur autocomplete pada pencarian data PDDIKTI

Se Sederhana itu.

 

Disini anda bisa mendapatkan data berupa Kode PT, Status PT, Status Akreditasi, Tanggal Berdiri, Nomor SK PT, Tanggal SK PT, Alamat, Kota/Kabupaten, Kode Pos, Telepon, Faximile,Alamat EmaiL.

Serta Lokasi pada Map, data Dosen Tetap dan Tidak Tetap, Data Mahasiswa Terdaftar, Daftar Program Studi (Beserta Atribut lainnya seperti Status Akreditasi tiap Prodi, Data Dosen tiap Prodi yang berupa nilainya saja, Status aktif, kode Prodi, Jumlah Mahasiswa, Rasio Dosen/Mahasiswa)



dan data ini cukup komplit untuk menunjukkan kepada Wali Mahasiswa jika ingin memilih Universitas ataupun bagi Perusahaan yang ingin menjaring lulusan dengan kerjasama langsung dengan Instansi.



Cara Cek Data Dosen


 

Caranya gampang, lakukan hal yang sama seperti pada cara mencari data mahasiswa diatas. Bedanya, kalo cara mencari data mahasiswa, berarti keyword pertama ya pasti nama mahasiswa dong...

sedangkan jika anda ingin mencari Data Dosen, anda bisa langsung memasukkan Nama Dosen.

Jika anda tau NIDN nya, maka anda bisa langsung ketikkan aja NIDNnya... jika tidak ya... anda bisa menambahkan kata Dosen, pada awal pencarian.

 

Contohnya seperti ini.. 

Dosen Yamato Taichi Universitas Kamehameha Prodi Teknik Ninja

 

hehe...

 

Untuk pencarian lebih spesifik, anda hanya mengganti saja pilihan Data Mahasiswa menjadi Data Dosen.

 

mencari data dosen spesifik di PDDIKTI

 

 

 

itulah beberapa cara mengecek keabsahan data pendidikan, semoga dapat bermanfaat.





Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال