Kumpulan Tempat untuk mencari Referensi dan Inspirasi Warna / Color Palette bagi Desainer

Warna merupakan komponen penting didalam desain grafis, pemilihan komposisi warna yang tepat, terbukti membuat penjualan meningkat, Tidak hanya dimedia cetak, berbagai aspek kreatif, sangat melibatkan warna untuk memicu daya tarik terhadap sebuah desain kreatif, baik itu Video, Image, Presentation bahkan Web Design sekalipun.

 

{getToc} $title={Table of Contents}

 

 

Warna dapat mempengaruhi Psikologis Orang, Dalam dunia desain ini merupakan salah satu trik untuk meningkatkan penjualan, tetapi untuk menemukan komposisi yang tepat kadang butuh waktu berjam-jam- R4CProject

 

Tren warna untuk tahun 2021 meningkat menjadi respons drastis terhadap banyak tren tahun lalu. Pada tahun 2021, tren warna yang akan Anda lihat sebagian besar akan terasa menenangkan dan menenangkan.

 

Entahlah, apakah efek dari pandemi panjang ini, sehingga orang - orang membutuhkan yang namanya ketenangan? entahlah... tetapi memang tren di tahun ini di dominasi warna warna alam lembut yang menenangkan.

 

Pemilihan warna ini juga penting, jangan sampai hal ini membuat teks atau konten utama menjadi malah kabur atau tak jelas, atau kalah dengan dominasi warna sekitar.


Intinya, Warna memainkan peran yang penting di dunia tempat kita hidup. Warna dapat mempengaruhi pemikiran, mengubah tindakan, dan menyebabkan reaksi. Ini dapat mengiritasi atau menenangkan mata Anda, meningkatkan tekanan darah atau menekan nafsu makan Anda. Bila digunakan dengan cara yang benar, warna bahkan dapat menghemat konsumsi energi.

Sebagai bentuk komunikasi yang kuat, warna tidak tergantikan. Merah berarti "berhenti" dan hijau berarti "pergi." yup! Lampu lalu lintas mengirimkan pesan universal ini. Demikian juga, warna yang digunakan untuk produk, situs web, kartu nama, atau logo menyebabkan reaksi yang kuat. Sehingga, Warna itu Penting! 



Didalam dunia per-logo an, membuat logo dan merek dengan warna yang paling kuat, dapat menyampaikan pesan secara instan dan efektif, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan pengakuan merek milik kita. Ini cepat dan mudah menurut saya bro...

 

Tetapi tentu saja mencari komposisi yang pas, enggak mudah, tetapi kadang pula kita seakan diberikan kemudahan dari beberapa pilihan berdasar pengalaman para desainer desainer lain diseluruh dunia yang saling berbagi COLOR PALETTE :)

 

Jadi... ini seperti shortcut untuk percepatan dalam penguasaan pewarnaan...

 

Walaupun kita perlu menemukan style kita, tetapi yang namanya style itu gak bisa instan langsung jadi.. 

 

Butuh Proses gan..



Langsung aja gan, disini saya akan membagikan ke sobatku... anda anda semua.. hihi, tempat saya biasa mencari referensi dalam pewarnaan, atau mendapatkan contekan color pallete langsung, sehingga bisa digunakan... :)



1. Pinterest Color Trend


Tak bisa dipungkiri lagi, jika pinterest itu gudangnya kreativitas, salah satunya.. anda bisa menemukan Color Trend disini, jadi orang - orang diluar sana ( mungkin banyak orang indonesia yang menyamar jadi orang luar negeri ) wkwkkw, hanya dengan mengubah nama dari Julianto menjadi Stephen, aja udah kayak orang luar negeri.. :)


Kunjungi Color Spotter Pinterest disini


referensi color designer




Disitu banyak banget inspirasi desain... ehehe, entahlah siapa pemilik akun pinterest color spotter, dia mengurasi berbagai referensi desain, termasuk konsen utama sesuai artikel ini yaitu pewarnaan..

 

 

2. Shutterstock Color Trend

 

Yep! ini merupakan tempat berbagai macam stock digital, ada vektor, gambar, video dan banyak lagi lainnya yang berkaitan dengan dunia kreatif.. "digital"

Shutterstock sendiri ternyata melakukan pengamatan terhadap trend yang terjadi di lapaknya.. hehe, termasuk warna apa aja yang populer... Kita tau bahwa shutterstock merupakan salah satu dari banyak Microstock yang ada, seperti yang pernah saya rangkum kumpulan microstock untuk jualan stok digital disini

 

 

ss color trend

 

 

 

Untuk Tren Warna yang ada di Shutterstock, Bisa dilihat disini

 

Shutterstock juga merekap beberapa warna yang mendominasi atau populer berdasar negara...


Argentina
#FAEBD7

Australia
#7B68EE

Brazil
#008000

Canada
#7B68EE

Chile
#32CD32

France
#4B0082

Germany
#8B008B

India
#F08080

Italy
#7B68EE

Japan
#FAEBD7

Korea
#0000FF

Mexico
#98FB98

Netherlands
#008000

Norway
#FF6347

Russian Federation
#98FB98

South Africa
#FFFF00

Spain
#32CD32

Switzerland
#7B68EE

Taiwan
#9400D3

Thailand
#7B68EE

Turkey
#00CED1

United Arab Emirates
#66CDAA

United Kingdom
#F08080

United States
#9400D3



3. ColorHunt


Beralamatkan di https://colorhunt.co/, ini bisa dijadikan tempat menggali inspirasi dari rekapan warna populer yang ada...


tempat mencari warna populer

Silahkan langsung berkunjung ke link


https://colorhunt.co/


Langsung menuju ke Warna Populer.. :) , disitu, anda bisa loh langsung save image color pallete yang anda rasa, anda menyukainya..

 

Color Hunt ini merupakan salah satu andalan saya buat cari referensi warna...  Enaknya gan, di Colorhunt itu selain kita bisa copy Color Codenya langsung (Cocok untuk Blog Desainer, Web Desainer) kita bisa save warna yang kita suka dalam bentuk gambar... sehingga akan enak untuk adobe illustrator, photoshop atau software lainnya... tinggal pake pick color.. beres.. :)


warna simpan colorhunt




4. Coolors


Beralamatkan di https://coolors.co/ , ini juga sangat simple untuk mendapatkan referensi, malah saya rasa ini update banget, penyimpanan palletnya mudah...

Disini juga bisa generate warna... dari foto... ini yang saya suka dari situs Coolors ini.. :)


creating color using image


jadi enak ya.. bisa banyak sekali fitur yang disajikan.. :)


coolors

untuk mengunjunginya, silahkan lengsung ke..


https://coolors.co/





5. FlatUI Color


Situsnya https://flatuicolors.com/, disitu terdapat beberapa color palette yang sudah dikategorikan berdasar negara.. 

Jika anda suka desain flat.. disini referensi warna untuk desain flat... sesuai dengan namanya ya.. :)

 

flatuicolor

Anda bisa langsung menuju ke Flatuicolor 

https://flatuicolors.com/







Itulah beberapa referensi saya dalam mencari warna yang tepat... :) enak dan langsung tas tes... :)





Moga bermanfaat...




A.Ks



 

Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال