8/12/2021

Cara Mengatasi Peringatan Update PHP versi Terbaru untuk Wordpress Self Hosting

Bagaimana sih mengatasi notice yang tiba tiba muncul di dashboard wordpress yang isinya menyarankan kita untuk mengupgrade versi PHP? ini yang akan kita bahas sob..

 

Pada suatu ketika, halaman dashboard wordpress saya terdapat sebuah notice php update recommended, padahal saya kemarin baru saja menginstal wordpress ini di hosting saya.

 

Wordpress yang saya instal adalah Wordpress Art Tatum atau Wordpress versi 5.8 yang udah rilis  20 Juli 2021 yang lalu... yup Art Tatum merupakan musisi Jazz... ia musisi jazz ke 42 ketika saya hitung di daftar rilis Wordpress... 


Karena Developer core WordPress menyukai musik jazz, jadi ya seperti itulah untuk penamaan versi wordpress... mau nama anda jadi nama versi wordpress? hehe, jadi musisi jazz dulu bro.. kalo lagunya jadi favorit mereka.. ntar bakalan nampang namamu...hehe..


 

Kembali lagi ke pembahasan! intinya disini pada bagian dashboard wordpress ditunjukkan bahwa situs wordpress saya berada pada versi php 7.2.34, di mana ini harus diupdate, sebenarnya kalau misalnya tidak di update ini tak masalah juga selagi beberapa plug in dan fungsi lainnya itu masih bisa berjalan.

 

 

 

notice upgrade php di wordpress

 



tetapi pada peringatan php update recommended, ia menyarankan untuk saya mengupdate ke versi terbaru dari php.



setidaknya minimal rekomendasi php versi 7.4 dan ternyata php sudah ke mencapai PHP versi 8.0.



Paling tidak versi php 7.41 merupakan versi minimal dari peringatan php update recommended wordpress ini.


Tapi perlu diketahui juga bahwa pada beberapa kasus ketika pengguna melakukan update php, terkadi error pada websitenya, kebanyakan itu karena versi tema wordpress yang dibelinya, mungkin belum dioptimalkan untuk versi setelahnya.



Jika kita beli tema wordpress di marketplace... pastikan selalu melihat untuk dukungan wordpress berapa dan php berapanya, sehingga setidaknya tidak terlampau jauh.

 

beli tema wordpress di marketplace

 

Disitu tertulis wordpress versi 5.8x, sesuai pada postingan artikel ini diterbitkan ya, wordpress terbaru pada saat ini adalah 5.8, sehingga itu aman biasanya.. karena versi wordpress terbaru, biasanya udah disesuaikan juga dengan wordpress terbaru.. lihat notice ini dari official wordpress..

Itu notice tentang permasalahan ini.. jadi wordpress pun juga selalu mengikuti perkembangan update PHP versi terbaru... keduanya saling terkait :).



Jadi penyebab error Misal php si pembuat tema versi 5 maksimal.. ternyata kita update php versi 8, itu jaraknya terlampau jauh..


Sehingga kemungkinan terjadi error tinggi, terlebih tema tersebut digunakan juga untuk WooCommerce (tapi kalo tema sih, biasanya yang error hanya di tampilannya.. )


Tetapi selain tema, versi wordpress juga pengaruh..  ketika kita menggunakan versi wordpress terbaru.. ini pasti sudah dioptimalkan juga untuk php versi terbaru, jadi memang inilah kenapa versi wordpress dan versi php di tempat hosting kita saling keterkaitan..


Jadi ketika terjadi error, biasanya saya identifikasinya kalo tidak wordpress versinya ya pluginnya kalo tidak ya temanya..

Tetapi yang paling vital memang wordpressnya, karena kita tau bahwa php itu termasuk core yang menjembatani antara frontend dengan database... :)


Yup! Wordpress ternyata memakai PHP ya kawan kawan.. bukan Ruby.. kita tau bahwa bahasa pemprograman server side, tidak hanya PHP.. melainkan ada Top bahasa lainnya, seperti Phyton(Opensource), Node.js, Ruby ( ini kalo pake framework ruby on rails ) dan ada juga yang bernama Go!



Betewe... konon PHP versi terbaru memiliki kecepatan yang lebih baik ketimbang versi sebelumnya.. walau hanya dibawah 10% mungkin tak terlalu terasa..



Karena disini saya pakai cPanel untuk hosting tempat saya memberikan rumah untuk website saya tercinta, maka saya memberikan caranya juga melalui cPanel saja ya.. hehe



Cara melakukan upgrade versi PHP di cPanel

 

 

1. Silahkan Masuk ke cPanel

kalo versinya sama sih walau beda hosting biasanya akan sebagian besar  sama.. paling cuman dikit dikit aja bedanya, biasanya penyedia hosting juga uptodate untuk cpanel... :)


2. Silahkan menuju pada bagian "Software"

Silahkan pilih "Select PHP Version" klik aja...

Update PHP versi di cPanel terbaru

 

3. Setelah itu anda akan berada di halaman "PHP SELECTOR"

 

Pada bagian yang saya lingkari, itu menunjukkan versi PHP yang saat ini kita gunakan... klik aja yang saya pada segitiga kecil bawah yang beri tanda panah...

 

HALAMAN VERSI PHP DI CpANEL

 


4. Pilihan Versi PHP

 

Nanti akan keluar pilihan versi PHP yang tersedia di Hosting.



Pilih php versi yang mau di set di cPanel


Disitu sesuai yang saya bahas tadi, dari pihak wordpress menyarankan untuk minimal PHP 7.4, selain agar menjadi lebih aman / meningkatkan keamanan website... kemungkinan besar akan menjadi lebih cepet..


Karena di tempat hosting langganan saya udah ada php versi 8.0, maka saya pun memilih PHP versi terbaru sekalian, agar tidak bolak balik Upgrade... :) terlebih juga saya baru aja install wordpress, jadi belum banyak yang perlu dibackup... atau saya tidak perlu backup, karena sementara belum ada yang penting - penting amat.. hehe


Tetapi kalo sobat pengguna lama, dan sudah banyak aset berharga disana, anda bisa melakukan backup terlebih dahulu... :) kalo nanti ada kesalahan, bisa direstore... tapi kalo menurut saya sih... yang penting kontennya aja agar tidak kehilangan.. karena konten adalah hal yang berharga untuk mendatangkan visitor.. khan.. :)


Kalo udah mantap.. silahkan klik pilihan anda, lalu silahkan klik pada "Set as Current"

set php v8 cpanel

Maka permintaan upgrade akan diproses otomatis oleh sistem hosting dan cpanel ini.. :)


Nanti bakalan seperti ini jika berhasil Upgrade, PHP versi 8.0 dalam posisi tercentang...


upgrade PHP versi 8.0 berhasil


5. Cek Wordpress Dashboard

 

Silahkan Cek Halaman Dashboard Wordpress anda.. :)


mengatasi notice upgrade php wordpress berhasil

Yup! berhasil... berhasil.. berhasil.. horeee... :) sudah gak ada notice / peringatan upgrade ya.. jadi sekarang kita udah pake versi yang terbaru semua...





Tapi ingat.. itu nanti bakalan ada update lagi.. :)  - ntar caranya sama seperti diatas ya... kalo cPanel naik versi.. setidaknya nama diatas bisa jadi acuan, karena biasanya peletakannya yang digeser atau dibedakan...





Itulah cara Mengatasi Peringatan Update PHP versi Terbaru untuk Wordpress Self Hosting terbaru.. :)

Ternyata mudah ya sob, enggak susah susah amat...



Moga manfaat,





Z.N-Red








Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu, Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link https://www.youtube.com/rahmancyber
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Artikel Pilihan

Posting Komentar


Whatsapp Button works on Mobile Device only