Cara Mengatasi Inkscape Crash lupa Save Dokumen Vektor (Force Closed)

Terkadang ketika kita asik asiknya ngedit dan membuat karya vektor, sampai lupa nih yang namanya save as dokumen, padahal hal ini penting banget agar pekerjaan yang telah kita lakukan tidak hilang sekejap mata.. padahal kita sudah banyak bermain node, path dan membuat banyak sekali lekukan, manipulasi objek dan banyak hal...

 

{getToc} $title={Table of Contents}

 

Bagi yang belum mengenal Inkscape, silahkan baca Apa itu Inkscape disini


Perhatian! Saya menggunakan Inkscape versi 1.1, dengan sistem operasi Windows 10, Komputer Intel I3, Ram 8gb, Harddisk SSD120-GB


Eh karena suatu hal, tiba tiba inkscape Close! Aaaaaaaa.... harus bagaimana nih, mana klien udah nungguin disamping..


Ini pasti situasi yang sangat mencekam.. padahal udah ditunggu lama, kurang dikit lagi jadi..


Itu merupakan contoh kejadian ya.. yang mungkin bisa aja terjadi, apalagi jika ditungguin klien disamping.. kan horror banget kan.. :)


BTW saya menggunakan Inkscape ya untuk desain vektor, karena cukup familiar dengan Coreldraw.. hehe, dulu waktu sekolah, saya diajarinnya Corel Draw.. :)


Kalau pengalaman saya ini, karena koneksi internet tiba tiba pedot, dan saya pas menggunakan fungsi di inkscape yang terhubung di internet.. eh, malah tiba tiba nge close...


Padahal udah hampir selesai projeknya..


Tenang...


Sebenarnya jika Inkscape tidak anda custom secara total, atau anda ubah ubah preferencenya, alias masih settingan bawaan, Inkscape memiliki fitur Autosave


Tetapi ini tidak langsung muncul recorvery ketika kita membuka inkscape lagi ya, tidak seperti di microsoft word, dimana ketika force closed, maka jika dokumen belum kesimpen, akan muncul recorvery langsung, dan seketika project kembali.


Tetapi di Inkscape kita harus menuju ke Path penyimpanan autosave,,, caranya?


1. Buka Inkscape

2. Silahkan anda buat dokumen baru

3. Klik Edit

4. Pilih Preferences, maka akan keluar kotak dialog, Silahkan cari Input/Output, setelah itu pilih Autosave.. nanti bakalan keluar tab pengaturan untuk autosave... untuk lebih jelasnya, lihat gambar ini..


Auto Recorvery Inkscape



Jika fitur autosave "Enable", berarti project anda bisa diselamatkan.. :) jika tidak... harap bersabar dan ikhlas.. :)


Jika autosave "enable", silahkan seleksi path yang ada di autosave directory ( saya beri nomor 3 ), lalu kalian copy... (Shortcut Keyboard : CTRL + C)


5. Silahkan buka file explorer ( Shortcut Keyboard : Logo Windows + E ), setelah itu pastekan dibagian search bar / path breadcumb / path navigator..

 

paste ke path navigator windows

kalau udah dipastekan, silahkan langsung enter... Taraaaaa... anda bisa pilih penyimpanan auto terbaru... walau mungkin bisa saja ada langkah yang missed, tergantung lama durasi / interval penyimpanan yang kita atur di kotak dialog fitur autosave ya..., tetapi, setidaknya tidak ngulang dari nol...





Itulah fitur auto recorverynya Inkscape yang walaupun keliatannya sepele, tetapi ternyata amat berguna banget, ketika terjadi hal yang tidak diinginkan dan tidak dapat kita prediksi sebelumnya.


secara default, fitur autosave sudah diatur sedemikian rupa, saya liat itu tiap 10 menit auto save, dan batas penyimpanan ada 10, jadi jika tidak kita ubah, file file autosave yang lama akan ketumpuk yang baru, maksimal 10 file..


saya rasa itu udah pas banget, karena kalau kita percepat intervalnya, ntar malah yang ke save tepat pada saat langkah yang ragu - ragu.. :)


hehe,


Apakah tempat autosave bisa diganti? enggak ada tombol browse ik.. tetapi anda bisa copy path folder anda, lalu pastekan di autosave directory tersebut.. coba aja..


Tapi saya rasa filenya kecil kok..  enggak bikin harddisk c anda gemuk :)





Pesan :

1. Usahakan untuk jangan lupa nge save as project, dan save.. :)

2. Enable kan fitur autosave, jangan di disable

3. Setelah kalian mengubah preference, restartlah inkscape.. biar efeknya bisa anda rasakan.. :)





Sekian bro..


Moga manfaat... :)





A.Ks-RED




Untuk Preview Inkscapenya... sudah dibuat videonya ya..







1 Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال